Rekomendasi Browser VPN Pintar Antiblokir Terbaik Untuk PC dan APK

by

helmy

Blog Orang IT – Untuk memastikan privasi anda terjaga selama berselancar di internet, berikut ini kami rekomendasikan aplikasi browser dengan fitur VPN terbaik yang bisa digunakan di PC maupun smartphone.

Privasi dan internet sepertinya bukan dua kata yang bisa disandingkan. Ketika masuk dan mengakses internet, saat itu juga privasi pengguna akan hilang. Semua aktivitas pengguna meliputi kunjungan situs, kata kunci pencarian akan dicatat semuanya dalam history browser dan akun google. 

Bahkan setiap klik, pencarian, interaksi (sukai, bagikan, komentari) dan percakapan maupun yang kita unggah akan memiliki catatannya sendiri.

Rentannya eksploitasi akan privasi pengguna tentu saja menjadi sebuah kekhawatiran yang tidak bisa dihiraukan. Untuk itu saat ini semakin banyak pengguna internet yang memanfaatkan browser ber-VPN.

Seperti halnya aplikasi VPN, banyak aplikasi browser sudah dilengkapi fitur bawaan VPN sehingga pengguna tidak [erlu menginstall aplikasi VPN tambahan yang akan menjaga privasi aktivitas pengguna selama online. Browser VPN akan menyembunyikan alamat IP pengguna dan melakukan serangkaian enkripsi data pada traffic yang digunakan selama beraktivitas di internet.

Penggunaannya pun sangat mudah. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi maupun ekstensi VPN terpisah demi melindungi privasi ketika mengakses situs-situs di browser. Pasalnya browser-browser pintar antiblokir ini sudah memiliki fitur VPN bawaan.

Keren sekali, bukan? Agar tidak penasaran, langsung saja intip rekomendasi browser VPN terbaik yang bisa digunakan di PC maupun smartphone di bawah ini.

Rekomendasi Browser VPN Terbaik Untuk PC

Rekomendasi browser vpn terbaik

1. Epic Browser (https://www.epicbrowser.com/)

Epic Browser menjadi pilihan pertama untuk rekomendasi daftar browser VPN terbaik. Browser ini bertekad untuk memfokuskan fungsi mereka dalam hal perlindungan privasi. Sehingga ada cukup banyak pilihan keamanan dan juga enkripsi server VPN yang bisa diberikan oleh pengguna.

Dibangun dari proyek open source Google Chrome, Chromium membuat pengunaan Epic Browser sangat stabil. Pengguna tidak akan mengalami masalah-masalah seperti koneksi menjadi lemot maupun pembatasan data seperti pada aplikasi VPN umumnya. Sebaliknya Epic Browser justru bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet bila menggunakan server VPN yang tepat.

Agar lebih jelas mengenai fungsi browser VPN terbaik satu ini, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Epic Browser.

Kelebihan Epic Browser

  • 1. Bisa digunakan secara gratis.
  • 2. No-logs policy, memastikan aktivitas internet tidak di-tracking.
  • 3. History di browser akan terhapus otomatis ketika menutup browser.
  • 4. Tidak perlu registrasi dan tidak mencatat data-data pribadi pengguna.
  • 5. Memblokir semua iklan dan metode web tracking.
  • 6. Menggunakan basis open source code.

Kekurangan Epic Browser

  • 1. Server VPN tidak memiliki banyak pilihan.
  • 2. Tidak memiliki banyak fitur selain fitur keamanan.
  • 3. Keamanan VPN masih kurang dibandingkan browser sejenis.

Seperti yang disebutkan di atas, Epic Browser memang hanya berfokus pada keamanan dan privasi pengguna. Browser yang bisa digunakan secara gratis ini memastikan semua aktivitas dan traffic pengguna tidak akan di-tracking.

Sayangnya, Epic Browser tidak memiliki banyak fitur tambahan yang akan membuat pengguna merasa berkesan dan nyaman saat mengakses situs-situs di browser tersebut, namun kesederhaaan itulah yang terkadang menjadi daya Tarik bagi pengguna yang ingin mengakses situs www.helmykediri.com dengan nyaman

2. Avast Browser (https://support.avast.com/en-id/article/use-secure-browser/)

Avast Browser menjadi aplikasi browser VPN andalan berikutnya yang menarik untuk dicoba. Berasal dari pengembang yang sama dengan Avast VPN, fitur keamanan privasi di browser ini telah ditingkatkan ke versi yang lebih tinggi. Avast Browser melakukan enkripsi untuk semua data dan informasi pengguna selama menggunakan browser ini. Sehingga bukan hanya kerahasiaan data traffic dan alamat IP saja yang dijamin.

Untuk meningkatkan keamanan, Avast Browser juga memiliki integrasi tambahan add-ons premium dari Avast. Tentunya VPN add-ons selain menjadi bawaan juga akan memastikan data-data, informasi, dan juga privasi pengguna benar-benar rahasia dan sulit dilacak

Kelebihan Avast Browser

  • 1. Bisa digunakan secara gratis.
  • 2. Terdapat pilihan Avast Browser Premium dengan sistem berlangganan setiap bulannya.
  • 3. Pengguna bisa memanfaatkan trial gratis Avast Browser Premium selama 60 hari terlebih dahulu.
  • 4. Browser dengan sistem open source.
  • 5. Memiliki VPN bawaan dari Avast SecureLine.
  • 6. Tersedia hampir di semua platform. Mulai dari Android, Windows, hingga MacOS.

Kekurangan Avast Browser

  • 1. Fitur premium tidak gratis.
  • 2. Avast Browser versi gratis tetap mengumpulkan beberapa data pengguna. Sehingga tidak sepenuhnya aman.

Kekurangan paling utama dari Avast Browser adalah pengguna harus berlangganan setiap bulan untuk mendapatkan fitur premium. Avast Browser memang menyediakan versi gratis yang bisa digunakan oleh pengguna. Namun Avast Browser versi gratis tidak memberikan sistem keamanan maksimal (bertingkat)

Baca juga: Daftar browser untuk mengakses Deepweb

Agar sistem keamanan maksimal, pengguna harus berlangganan terlebih dulu pada Avast Browser Premium. Semua itu agar privasi benar-benar terjaga sepenuhnya, pengguna masih harus kembali berlangganan untuk add-ons Avast Premium.

3. Opera Browser (https://www.opera.com/id/download)

Siapa yang tidak mengenal browser satu ini? Sudah ada sejak jaman feature phone Symbian dan Nokia jadul. Opera Browser sebagai rekomendasi browser VPN terbaik yang sudah popular sejak dulu kala. Browser satu ini bisa digunakan di berbagai platform berbeda. Mulai dari di iOS, Android, Windows, Linux, hingga MacOS.

Selain dikenal sebagai browser multi-platform, Opera Browser juga populer berkat built-in VPN dan ad blocker yang diusung. Berselancar di internet menggunakan browser ini dipastikan tidak akan terblokir untuk mengakses berbagai situs. Selain itu semua data dan traffic pun akan terlindungi sistem VPN yang terbilang sangat aman.

Kelebihan Opera Browser

  • 1. Bisa diunduh dan digunakan dengan gratis. Tidak ada versi premium yang mengharuskan pengguna membayar atau berlangganan.
  • 2. Memiliki banyak fitur. Baik itu fitur keamanan maupun fitur untuk memastikan pengguna bisa mengakses berbagai situs dnegan mudah dan nyaman.
  • 3. Tidak ada data limit.
  • 4. Ukuran terbilang ringan. Cocok digunakan di mobile maupun PC.
  • 5. Ada fitur adblock yang memblokir segala jenis iklan mengganggu

Kekurangan Opera Browser

  • 1. Server VPN terbatas.
  • 2. Jurisdiksi mengenai privasi masih belum begitu jelas.

Bila mencari browser VPN yang benar-benar sempurna, Opera Browser adalah jawabannya. Browser dengan built-in VPN dan ad-blocker ini memiliki berbagai fitur yang menjamin kenyamanan sekaligus keamanan.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Opera Browser secara gratis sepenuhnya. Tidak ada fitur premium yang mengharuskan pengguna untuk membayar. Keren!

4. UR Browser (https://www.ur-browser.com/)

Beberapa browser dalam daftar rekomendasi di atas memang memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Namun sayangnya tidak semua browser mudah digunakan oleh pemula.

Untuk itulah hadir UR Browser. UR Browser merupakan browser VPN dengan fitur keamanan lengkap yang menjamin privasi pengguna. Selain itu browser ini juga memiliki tampilan interaktif dan mudah digunakan. Bahkan oleh pemula sekalipun.

Kelebihan UR Browser

  • 1. Bisa diunduh dan digunakan gratis.
  • 2. Tampilan layaknya browser pada umumnya sehingga mudah digunakan.
  • 3. Server VPN hanya bekerja di RAM. Memastikan browser tetap ringan bahkan saat digunakan secara mobile.
  • 4. Terdapat built-in ad blocker.

Kekurangan UR Browser

  • 1. Untuk mengakses VPN, pengguna harus mendaftar lebih dulu. Sehingga browser tetap meminta data pribadi para pengguna.
  • 2. Fitur keamanan dan privasi dinilai masih sangat kurang.
  • 3. Tidak ada kelebihan pada fitur lain yang diusung.

UR Browser bisa dikatakan sebagai browser VPN yang sederhana. Browser ini bekerja dengan melakukan enkripsi dan mengamankan data traffic pengguna. Sayangnya, UR Browser masih belum maksimal pada aspek perlindungan data dan informasi pribadi.

Meskipun bisa digunakan secara gratis, pengguna masih harus mendaftar untuk bisa mengakses server di VPN. Tentu saja ini menjadi kekurangan tersendiri. Dimana seharusnya browser VPN tidak meminta informasi pribadi pengguna.

5. Brave Browser: Brave adalah browser berbasis Chromium yang juga dilengkapi dengan fitur bawaan VPN. Fitur ini disebut “Brave Firewall + VPN” dan dirancang untuk melindungi privasi dan keamanan Anda saat online. VPN bawaan Brave menggunakan jaringan VPN anonim, sehingga memungkinkan Anda mengakses konten yang dibatasi secara geografis dan menjaga privasi Anda. (https://brave.com/)

6. Vivaldi Browser: Vivaldi adalah browser yang dioptimalkan untuk penggunaan pribadi dan pengaturan yang sangat dapat disesuaikan. Browser ini juga menyediakan fitur bawaan VPN yang dapat diaktifkan untuk menjaga privasi Anda saat berselancar di internet. Anda dapat memilih lokasi server dari berbagai negara untuk menyembunyikan alamat IP Anda dan mengakses konten yang terbatas secara geografis. (https://vivaldi.com/id/)

7. Microsoft Edge: Mulai dari versi 91, Microsoft Edge memperkenalkan fitur bawaan bernama “Microsoft Edge VPN” yang dihadirkan melalui kemitraan dengan layanan VPN populer, yakni ExpressVPN. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan VPN langsung dari pengaturan browser dan menjaga privasi saat menjelajahi web. (https://www.microsoft.com/id-id/edge?form=MA13FJ)

8. Tor Browser: Tor Browser dirancang khusus untuk privasi dan anonimitas. Browser ini menggunakan jaringan Tor untuk mengenkripsi dan meneruskan lalu lintas internet melalui serangkaian node acak, menjadikan penggunaan Anda hampir tidak dapat dilacak. Ini memungkinkan akses ke konten yang diblokir dan melindungi identitas online Anda. Namun, perlu diingat bahwa kinerja Tor Browser mungkin sedikit lambat karena rute lalu lintas yang kompleks melalui jaringan Tor. (https://www.torproject.org/download/)

Di atas merupakan deretan rekomendasi browser VPN terbaik untuk mengakses situs-situs diblokir bisa diinstall ke PC maupun Android. Pastikan privasi Anda terjaga selama berselancar di internet dengan menggunakan salah satu browser VPN paling direkomendasikan di atas!

Dalam semua kasus di atas, penting untuk menyadari bahwa meskipun VPN bawaan dalam browser dapat memberikan beberapa tingkat privasi dan keamanan, layanan VPN pihak ketiga yang berlangganan biasanya menawarkan lebih banyak fitur dan keandalan. Jika privasi dan keamanan Anda sangat penting, Anda mungkin ingin mempertimbangkan layanan VPN terpisah yang bisa digunakan bersama dengan browser pilihan Anda.

wwww..helmykediricom

Related Post