Hal yang diperhatikan sebelum mengupdate windows 11

by

helmy

Blog Orang IT – Melihat ada sistem operasi baru pastinya banyak yang ingin segera melakukan update. Apalagi Windows 11 ini mengusung banyak fitur menarik bagi penggunanya. Namun, sebelum melakukan update pastikan terlebih dahulu PC atau laptop Anda memenuhi kriteria dan dibekali kemampuan yang cukup untuk bisa melakukan update Windows 11.

windows 11 via helmykediri

Salah satunya ialah laptop atau PC setidaknya sudah pernah menggunakan Windows 10, dengan begitu nanti akan muncul pembaharuan Windows. Nah, baru setelah itu Anda bisa melakukan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Tidak hanya itu, laptop ataupun PC Anda sebaiknya sudah dibekali oleh TPM 2.0. Apabila belum memenuhi spesifikasi tersebut akan sangat berat dan beresiko untuk melakukan peningkatan ke Windows 11.

Jadi, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum melakukan update windows 11 agar tidak kecewa nantinya. Memang permasalahan mengenai sistem Windows bisa di atasi, tetapi ini akan menghambat kerja Anda apabila terjadi sebuah problem selama proses update Windows 11 karena perangkat kurang mumpuni.

1.Cek Spesifikasi PC atau Laptop Agar Memenuhi Syarat Update

Hal pertama yang harus dipenuhi sebelum melakukan update ialah menyesuaikan syarat dengan kapasitas yang dimiliki oleh laptop atau PC. Memang dalam melakukan update sistem operasi ini harus menyesuaikan dengan tahapan update, salah satunya yakni sudah pernah menggunakan Windows 10. 

Windows 10 merupakan sistem operasi sebelum Windows 11, jadi bagi Anda yang belum pernah menggunakan Windows 10 ini tidak bisa langsung melakukan pembaharuan sistem. Selain itu, ada juga persyaratan lain yakni terkait dengan spesifikasi update Windows 11. Laptop atau PC Anda setidaknya sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni yaitu menggunakan TPM 2.0 yang menjadi syarat wajib bagi calon pengguna Windows 11. 

Untuk PC atau laptop yang tidak memiliki kapasitas tersebut tidak akan bisa melakukan pembaharuan Windows 11. Jadi, cek dulu spesifikasi laptop atau PC Anda sebelum melakukan pembelian lisensi Windows 11 agar tidak sia-sia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Bagi pengguna laptop atau PC yang kurang mumpuni akan mendapat peringatan yang mana akan muncul ketika pemasangan dilakukan. Anda akan memperoleh notifikasi terkait ketidakmampuan laptop atau PC Anda dalam melakukan pembaharuan. Ada baiknya Anda cek semua syarat sebelum melakukan update Windows 11.

Spesifikasi umum yang mendukung windows 11;

  • Prosesor 1 gigahertz (GHz)  atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada  prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC) .
  • RAM 4 gigabyte (GB).
  • Penyimpanan Perangkat penyimpanan 64 GB atau lebih besar Catatan: Lihat di bawah “Informasi lebih lanjut tentang ruang penyimpanan agar Windows 11 tetap terbarui” untuk detail selengkapnya.
  • Firmware sistem UEFI, mampu Boot Aman. Periksa di sini untuk informasi tentang bagaimana PC Anda mungkin dapat memenuhi persyaratan ini.
  • TPM Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0. Periksa di sini untuk petunjuk tentang bagaimana PC Anda dapat diaktifkan untuk memenuhi persyaratan ini.
  • Kartu grafik Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0.
  • Menampilkan Tampilan definisi tinggi (720p) yang lebih besar dari 9” secara diagonal, 8 bit per saluran warna.

2.Kehilangan Data Saat Melakukan Update

Tidak menutup kemungkinan selama proses update atau pembaharuan sistem akan ada data yang hilang. Setiap ada pergantian sistem dengan data yang tidak di back up terlebih dahulu kadang menjadi momok menakutkan bagi pengguna yang ingin melakukan update sistem operasi terbaru. 

Kehilangan data saat melakukan update ini bisa terjadi karena berbagai alasan, misalnya laptop atau PC tiba-tiba mati. Nah, laptop mati beragam penyebabnya.. bisa jadi karena tidak memiliki kompabilitas terhadap sistem baru sehingga laptop menjadi blank. Bisa pula terjadi karena baterai habis saat proses instalasi berlangsung.  

Hal penting yang harus diperhatikan ketika sedang melakukan update ialah memastikan bahwa komponen laptop atau PC sudah sesuai dengan syarat untuk melakukan pembaharuan. Selain itu, untuk menghindari kesalahan teknis, pastikan saat melakukan pembaharuan sudah menyiapkan charger dan memastikan tidak ada info pemadaman listrik mendadak. 

Apabila terjadi kegagalan saat tengah proses pembaharuan biasanya banyak file hilang atau rusak. Hal ini akan sangat mengganggu sekali. Maka dari itu penting untuk melakukan back up data sebelum melakukan update Windows 11.

** Kalau pengalaman saya pribadi selama proses upgrade dari windows 10 ke windows 11, file pada drive C: folder document, pictures, download, video, tidak ada yang hilang

Baca juga: Cara upgrade ke windows 11

3.Prosesor AMD Memiliki Performa Buruk

Beredar isu bahwa Windows 11 memiliki performa prosesor yang buruk. Dikutip dari The Verge bahwa Windows 11 berjalan dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen. Meskipun digadang memiliki kecepatan dalam melakukan pembaharuan serta banyak fitur baru yang menarik. Namun, kemampuan performa AMD mengalami penurunan sebanyak 15% ketika digunakan untuk bermain game tertentu. Hal ini disebabkan oleh latensi dari L3 yang mengalami peningkatan cache tiga kali lipat.

Tidak hanya performa menurun, tetapi juga mempengaruhi teknologi inti prosesor AMD yang mana bisa menggeser tread menuju inti tercepat pada prosesor. Hal ini bisa saja terjadi pada aplikasi tertentu yang memang bisa membuat performa AMD pada update Windows 11 ini menjadi buruk, namun tidak terjadi pada semua aplikasi.

Kinerja prosesor menjadi berat apabila aplikasi yang dibuka terlalu membebani atau menitik beratkan pada CPU. Sehingga tidak menutup kemungkinan bisa menurunkan performanya. Maka dari itu, perlu pertimbangan lagi apabila Anda ingin melakukan update Windows 11. Ada kemungkinan pula pihak Microsoft masih berupaya untuk memberikan hal baru lainnya terkait Windows 11 agar bisa digunakan dengan aman dan nyaman.

** Laptop saya pun setelah upgrade ke windows 11 belakangan ini agak ngelag terutama saat browsing dan bekerja dengan Microsoft office

spek laptop windows 11

4.Tidak Semua Aplikasi Android Tersedia

Windows 11 memiliki fitur menarik yakni bisa menjalankan aplikasi Android yang bisa diakses langsung melalui PC atau laptop tanpa bantuan emulator. Di mana pengguna bisa mendapatkannya melalui aplikasi Amazon Store. Sehingga pengguna bisa lebih mudah mendapatkan berbagai aplikasi Android yang sudah terintegrasi dengan sistem operasi laptop atau PC. Jadi, Anda bisa mengakses berbagai aplikasi populer melalui laptop, seperti TikTok, Netflix, Disney, dan lainnya.

Hal yang disayangkan ialah, tidak semua aplikasi Android ini bisa terakses dengan baik melalui laptop. Ada kemungkinan hanya sekitar 500 ribu aplikasi Android yang tersedia di Amazon Store. Di mana aplikasi Android di Google Playstore sudah mencapai sebanyak 3,5 juta. Bagi pengguna Windows 11, harus bersabar apabila terdapat aplikasi yang belum bisa ditemukan pada Amazon Store.

5.Ada Kemungkinan Windows 11 Tidak Support Aplikasi Tertentu

Tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa aplikasi yang mengalami permasalahan saat dijalankan pada Windows 11. Hal ini dikarenakan Windows 11 masih OS baru yang mana belum bisa menjalankan aplikasi secara optimal. Kompabilitas aplikasi yang tidak sesuai dengan Windows 11 ini pun bisa menjadi salah satu faktornya.

Ketika Anda memaksakan pemasangan windows 11 melalui metode install ulang, mungkin tidak support aplikasi yang biasa anda butuhkan saat bekerja. Dikutip dari Spieltimes bahwa ditemukan permasalahan terkait membuka aplikasi game Valorant pada OS Windows 11. Pada saat membuka game muncul notifikasi error, sehingga aplikasi tidak bisa dijalankan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, pengguna mendapatkan perintah untuk mengaktifkan TPM 2.0 dan melakukan secure boot di BIOS agar bisa menjalankan aplikasi tersebut. Sejauh ini masih ada aplikasi Valorant yang mengalami kendala dalam Windows 11. Ada kemungkinan untuk aplikasi yang mengalami problem serupa bisa diatasi dengan mengaktifkan TPM 2.0 serta pengaturan BIOS.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai update Windows 11. Informasi di atas bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda melakukan update Windows 11. Penting halnya bagi Anda untuk mengetahui hal-hal tersebut agar tidak terjadi masalah kedepanya Ketika anda memutuskan untuk update Windows 11.

www,helmykediricom

Related Post