9 Cara Mengecek Ketersediaan Jaringan Indihome Di Kota Anda

by

helmy

Blog Orang IT – Sebelum melakukan pemasangan jaringan internet rumahan yang disediakan oleh layanan Indihome, diperlukan pengecekan ketersediaan jangkauan layanan lebih lanjut untuk memastikan bahwa tempat tinggal anda masuk dalam cover area jaringan indihome. 

Penting bagi Anda untuk mengetahui dimana lokasi paling dekat dari tempat tinggal agar nantinya saat proses pemasangan bisa langsung konfirmasi kepada tim petugasnya.

Mengecek Ketersediaan Jaringan Indihome

Indihome sendiri merupakan perusahaan penyedia jasa internet (internet service provider) yang cukup populer meski harga langganan lumayan mahal dan koneksi sering error namun di kalangan masyarakat Indonesia tetaplah populer

Salah satu kendala umum, jaringan indihome masih belum merata di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini seringkali membuat calon pelanggan berpikir dua kali, terlebih lagi jika lokasi ketersediaan jaringan indihome terdekat jaraknya lumayan jauh dari rumah, jika dipaksakan pasti tagihannya menjadi lebih mahal karena biaya tambahan untuk peralatan pendukung kabel dsb

Daerah yang belum mendapatkan jaringan fiber optic sebagian besar yang berada di pelosok – pelosok tanah air. Nah untuk mengetahui lebih lanjut apakah wilayah tempat tinggal Anda sudah ada jangkauan jaringan internet indihome atau belum, melakukan pengecekan sangat diperlukan. Caranya pun tidak sulit dan sangat cepat, Anda bisa melakukannya dengan sistem online.

Cara Cek Jaringan Indihome Secara Online

Agar lebih jelas terkait dengan proses pengecekan jaringan internet indihome, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang akan diulas secara detail kali ini.

1.Gunakan Situs Fibermap

Anda bisa memanfaatkan layanan online yang disediakan oleh pihak Indihome di situs Fibermap (fibermap.indihome.co.id). Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa mengakses situs tersebut melalui berbagai device seperti laptop, PC, smartphone, tablet, ipad dan device lainnya. 

Yang perlu diperhatikan, koneksi internet yang terhubung pada device harus dalam kondisi stabil dan baik, agar prosesnya pun bisa berjalan dengan lancar.

Langkah – langkah pengecekan :

• Silahkan kunjungi situs Fibermap fibermap.indihome.co.id.

• Pada halaman utama, Anda akan diminta untuk mengisi nomor HP atau email terlebih dahulu.

• Lanjutkan dengan memilih menu “Cek Fiber di Lokasi Anda”.

• Pilih list kolom yang muncul isi mulai dari provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, kelurahan, kodepos hingga nama perumahan (jika ada).

• Jika inputan sudah oke, silahkan untuk klik submit.

• Tunggu sampai ada notifikasi yang muncul terkait dengan ketersediaan jaringan internet indihome di daerah tempat tinggal Anda.

2.Melalui Call Center dari Layanan Jasa Internet Indihome

Jika Anda tak mau repot, bisa kok menggunakan cara lain dengan menghubungi langsung call center dari layanan jasa internet indihome. Untuk melakukan pengecekan ketersediaan jaringan internet indihome, Anda bisa menelpon melalui nomor 147.

Namun, konsekuensi menggunakan cara ini adalah berbayar, yang mana akan dikenai biaya pulsa untuk tarif lokal. Untuk itu, sebelum memutuskan menelpon call center indihome, pastikan sisa pulsa  mencukupi, agar selama konsultasi tidak terputus di tengah jalan.

Langkah – langkah pengecekan melalui call center :

• Silahkan ketik nomor 147 dan langsung telpon.

• Tunggu sampai ada petugas yang merespon telpon Anda mungkin agak lama.

• Jika sudah berhasil tersambung, langsung sampaikan maksud dan tujuan Anda (cek ketersediaan jaringan internet indihome).

• Usahakan untuk memberikan alamat rumah secara terperinci dan jelas.

• Tunggu proses pengecekan.

• Petugas akan menyampaikan status ketersediaan jaringan internet indihome dalam beberapa detik.

3.Menggunakan Aplikasi MyIndihome

Untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggannya, Indihome juga menyediakan aplikasi berbasis mobile. Di dalam aplikasi tersebut, Anda tak hanya bisa melakukan pengecekan ketersediaan jaringan internet saja, tetapi juga bisa melakukan pengecekan tagihan bulanan, menyampaikan keluhan hingga berbagai aktivitas lainnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan ketersediaan jaringan internet, ikuti langkah ini :

Baca juga: Mengatasi indihome lemot

• Unduh Aplikasi MyIndihome di Playstore atau AppStore

• Jika Anda belum terdaftar, silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk.

• Lanjutkan dengan login.

• Pilih Menu Beli dan pilih berlangganan baru indihome.

• Pilih menu cek ketersediaan jaringan indihome dengan menginputkan alamat lengkap dan benar.

• Terakhir, pilih cek ketersediaan. Jika jaringan tersedia, maka akan muncul keterangan bahwa lokasi tersebut sudah bisa dilakukan pemasangan Indihome.

5.Menggunakan Situs Resmi dari Indihome

Situs resmi dari indihome juga menyediakan layanan untuk melakukan pengecekan ketersediaan jaringan internet. Dengan cara ini, Anda tak perlu melakukan pengunduhan aplikasi terlebih dari seperti halnya cara nomor 3.

Langkah – langkahnya :

• Kunjungi situs resmi indihome di www.indihome.co.id.

• Silahkan daftar akun dan login.

• Silahkan pilih menu langganan baru.

• Masukkan alamat lengkap tempat tinggal Anda untuk mengetahui status ketersediaan jaringan internet.

• Terakhir pilih ketersediaan jaringan. Jika memang sudah terjangkau, maka akan muncul notifikasi bahwa daerah tersebut sudah bisa dipasang jaringan internet indihome.

6.Menggunakan Media Sosial Resmi dari Indihome

Sebagai informasi, Indihome cukup aktif dalam memberikan respon dan melakukan interaksi dengan para pelanggannya (saat jam kerja). Jadi Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk melakukan pengecekan.

Langka – langkahnya :

• Silahkan kunjungi akun sosial media resmi dari indihome melalui Facebook atau Twitter (@IndihomeCare).

• Silahkan DM dengan mencantumkan alamat lengkap tempat tinggal Anda.

• Tunggu sampai Admin Media Sosial indihome memberikan respon terkait ketersediaan.

7.Cek Jaringan Internet dengan Mengamati ODP

ODP (Optical Distribution Point) biasanya akan dipasang pada tiang listrik yang ada di sekitar rumah Anda. Biasanya banyak orang yang tak menyadari kondisi tersebut. Untuk mengamatinya lebih lanjut, apakah ada ODP atau tidak di tiang listrik sekitar rumah Anda, biasanya pihak indihome akan memasang sebuah kotak berwarna putih. 

Jika Anda menemukannya, perlu pengecekan lebih lanjut, apakah ODP tersebut sudah aktif atau belum.

8.Menggunakan Surat Elektronik (Email)

Untuk menghubungi pihak indihome, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan email. Hanya saja melalui cara ini memang dibutuhkan kesabaran, karena untuk mendapatkan respon dibutuhkan waktu berhari – hari karena banyaknya antrian pelanggan. 

Untuk mengirim email ke pihak indihome, Anda bisa mengirimnya ke alamat [email protected]. Pastikan isi pesan tersebut singkat dan jelas. Pada bagian title isi dengan “Cek Ketersediaan Jaringan” kemudian untuk isinya jelaskan secara lengkap alamat tempat tinggal Anda.

8.Bisa Mengunjungi Kantor Telkom Terdekat

Jika Anda mempunyai banyak waktu luang, berkunjung langsung ke kantor Telkom sangat direkomendasikan. Selain Anda bisa menanyakan langsung kepada petugas, Anda juga berkonsultasi lebih lanjut terkait dengan layanan jaringan internet indihome yang disediakan oleh Telkom Indonesia.

Terutama dari segi harga paket langganan hingga konsultasi masalah kedepannya..
www,helmykediri com

Related Post