8 Peluang Pekerjaan di era digital, semua orang pasti bisa kerja

by

helmy

Blog Orang IT. Tingkat Pengangguran di Indonesia paling tinggi terjadi saat pandemi covid-19 sekitar tahun 2020 mencapai 7,07%. pada saat itu jumlah angkatan kerja di indonesia yang menganggur sebanyak 9,77 juta orang.

Terdapat beragam faktor yang melatarbelakangi pengangguran bisa terjadi mulai dari Jumlah tenaga kerja dengan lapangan pekerjaan tidak seimbang, kemajuan teknologi sehingga tenaga manusia digantikan oleh robot, keterampilan yang dimiliki tidak sesuai kriteria, kurangnya pendidikan/ rendahnya pendidikan , pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga lulusan baru akademisi nol pengalaman nol keterampilan selain menguasai Microsoft word :v yang notabene anak SD pun sudah mahir

Pada tahun 2020, Indonesia seperti berada di ambang resesi ekonomi. Kita sebagai warga negara indonesia haruslah selalu bersiap menghadapi berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, termasuk risiko hilangnya penghasilan. 

Mungkin sebagian orang berpendapat menjadi seorang pekerja akan lebih aman karena ada kepastian penghasilan setiap bulan.

Ada sebagian lagi berpendapat lebih baik menjadi seorang pebisnis karena mempunyai kebebasan dan waktu kerja fleksibel dalam mengerjakan bisnisnya. Antara menjadi pebisnis dan pekerja  tentu adalah pilihan bagi masing-masing orang.

Saya merekomendasikan kepada anda untuk tidak mengandalkan penghasilan yang hanya berasal dari satu sumber. maksudnya apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan kita masih memiliki penghasilan lain yang bisa menompang kehidupan kita, setidaknya sampai kita mendapatkan jalan keluar terbaik.

Pada era digital saat ini mulai banyak bermunculan lapangan pekerjaan baru yang bisa anda coba untuk mencari penghasilan tambahan. Kuncinya adalah kita harus selalu meningkatkan Hardskill dan Softskill di eradigital. 

Sumber daya Manusia (SDM) yang unggul serta melek teknologi menjadi prasyarat mutlak jika ingin memenangkan persaingan pekerjaan di era digital saat ini.

Jenis – Jenis Pekerjaan di Era Digital yang menjanjikan;

Pekerjaan di Era Digital yang menjanjikan

1. Freelancer

Sebagian orang berkeinginan untuk menjadi seorang freelance  karena memang waktu kerja seorang freelance ditetukan oleh orangnya sendiri sehingga tidak ada tuntutan mulai dan harus berakhir jam berapa, sehingga punya lebih banyak waktu bersama keluarga.

Freelancer diartikan sebagai pekerja lepas yang tidak terikat kontrak perusahaan. Ada banyak website yang mempertemukan seorang freelance dan pemberi project  seperti: Sribulancer, upworks, fiver, freelancer dan project.co.id.

Tentunya pekerjaan dari freelancer beranekaragam ya sobat seperti:

a) Videografer dan fotografer

b) Penulis Artikel

c) Editor Video

d) Penerjeman Naskah

e) Data Entry

f) Membagikan Kuesioner

g) Coding

Sebelum sobat terjun ke dunia freelancer, sobat harus menentukan terlebih dahulu bidang pekerjaan apa yang ingin ditekuni, kalau belum punya sebaiknya ambil kursus berbayar dan mengasah skill sampai tahap bisa dijual kepada orang lain.

Jika sobat misal masih mahasiswa bisa mencoba lowongan freelancer yang mudah seperti menulis artikel, memasukkan data, membagikan kuesioner dan membuat konten.

Untuk sobat yang sudah menguasai minimal satu keahlian bisa mencoba untuk menentukan jenis freelance. Dengan mencoba freelance sobat bisa memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, waktu dan juga hasil.

Semakin banyak pekerjaan yang berhasil diselesaikan dengan baik, maka rating anda sebagai freelance juga semakin naik. Sobat akan mendapat bayaran setelah menyelesaikan pekerjaan sesuai brief dan kesepakatan dengan pemberi kerja

Baca juga: Besaran iuran BPJS Kesehatan

2. Digital Marketer

Digital marketer atau Digital Marketing Specialist adalah seseorang yang mengunakan beragam channel digital untuk menjangkau customer, membangun kepercayaan brand. serta mempromosikan produk/service.

Inti dari seorang Digital marketer adalah bertanggung jawab dalam mengerjakan kampanye marketing, menyusun strategi marketing, dan membuat konten untuk channel digital.

Channel digital bukan hanya sosial media ya, ada website,  search engine, email, display advertising dan blog. Digital marketer haruslah menguasai berbagai keterampilan untuk menunjang dalam perkembangan media digital.

Intinya pekerjaan digital marketing adalah menjangkau konsumen baru dan meningkatkan penjualan suatu brand

3. Content Creator

Content  creator dapat diartikan sebagai orang yang membuat konten, kemudian disebarkan ke berbagai platform media sosial yang tersedia ,seperti youtube, facebook, instagram dan tiktok.

Menjadi seorang content creator tidak harus menjadi selebriti atau publik figure terkenal, kamu yang hanya membuat video seperti review make up di youtube sudah termasuk konten kreator. Pada dasarnya content creator lebih melibatkan kreativitas seseorang dalam membuat suatu konten.

Banyak anak usia sekolah terjun sebagai content creator dan meraih pundi-pundi penghasilan dari sana terutamanya tiktok, Instagram, meskipun separuhnya membagikan konten tidak mendidik karena yang berpeluang viral di Indonesia kalau tidak bermuatan agama yaa asusila

Tetapi saya tetap mengarahkan agar sobat membuat konten yang mendidik, bermanfaat, memberikan pengaruh baik dan menghibur.. semoga bisa menjadi amal jariyah

4. Programmer

Prospek kerja seorang programmer  tentu banyak cabangnya.  seorang programmer memiliki tugas utama untuk membuat/ mencoding program computer atau website. programer bisa bekerja secara mandiri ataupun bisa juga berkontrak dengan perusahaan yang menyewa jasanya.

Terdapat beragam profesi programmer yang sedang naik daun pada 2023, seperti:

• Backend Developer

• Frontend Developer

• DevOps Developer

• Android Developer

• Ios Developer

• Cloud Enginner dan

• System Analyst

Tentunya penghasilan yang didapat dari tiap – tiap bidang pemrograman berbeda – beda ya sobat tergantung dari tingkat kesulitan misalnya gaji seorang web developer menurut indeed.com sekitar Rp.4.845.033 per bulan.

Jika dibandingkan dengan gaji seorang mobile developer dilansir dari indeed.com perkiraan gaji yang didapatkan berkisar Rp. 6.368.546 s/d 17.445.000. Data dari indeed ini berasal dari  85 gaji yang telah dikirimkan secara anonim kepada indeed.com. 

Bagaimana tertarik untuk menjadi seorang programmer? Ada banyak kursus singkat berbayar dan memberikan sertifikat untuk melengkapi portofolio apabila anda baru saja mau terjun ke dunia programmer

5. Graphic Designer

Desainer grafis merupakan pekerjaan yang menghasilkan desain ilustrasi, fotografi, tipografi, vector ataupun grafis motion untuk keperluan penerbitan.

Gaji seorang desain grafis menurut lifepal, rata – rata di Indonesia gajinya Rp42 Juta per tahun atau Rp21,5 ribu per jam. sementara, gaji desainer grafis dimulai di kisaran Rp10,8 juta per tahun dan untuk yang sudah berpengalaman berkisar Rp71,4 juta per tahun

Terdapat beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer grafis seperti mampu berpikir kreatif, keterampilan komunikasi visual, menguasai aplikasi desain dan kemampuan presentasi.

Apalagi dengan menjamurnya NFT, situs penjualan font/foto/video, sudah banyak graphic designer dengan penghasilan pasif bermunculan di Indonesia

6. Social Media Specialist

Selanjutnya, Social Media specialist merupakan pekerjaan yang berfokus pada bagaimana menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk digunakan berbagai platform media sosial perusahaan tertentu.

Tujuan dari Social media Specialist adalah untuk meningkatkan brand awarness, mendorong angka penjualan dan usaha marketing produk/service.

Tanggung jawab dari Social media specialist  mulai dari menciptakan, mengembangkan dan mengelola konten yang dibuat. serta berinteraksi dengan para followers di media sosial dan bisa pula menggunakan beberapa tool analitik seperti Google analytic, Hootsuite pro dan Facebook insight.

7. Web Designer

Web designer memiliki tanggung jawab untuk membuat tampilan website terlihat lebih menarik seperti menambah efek ilustrasi, tipografi, keseimbangan kontras, layout, color dsb.

Web designer fokus untuk membuat desain dengan pendekatan user experience dan user interface agar mudah digunakan dan tampilan menarik.

Seorang Web designer minimal memahami bahasa yang digunakan untuk mengembangkan website seperti HTML, CSS dan Javascript.

8. SEO Specialist

Seorang Search Engine Optimizing (SEO) specialist menggunakan skill analitik dan marketing untuk dapat meningkatkan visitor/pengunjung website dan meningkatkan ranking website perusahaan di SERP (Search Engine Results Page) dengan mendapatkan banyak leads akan membuka peluang untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

SEO Specialist harus bisa melakukan keyword research serta menggunakan tools SEO seperti Google Analytic, Ahref, MOZ, dan semrush, dengan meningkatkan visitabilitas  website di Google  yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan terhadap bisnis.

Pesaing untuk pekerjaan SEO Specialist lumayan banyak, tetapi ayolah Sebagian besar dari mereka hanyalah omong kosong jadi anda tidak perlu minder

Itulah tadi 8 (delapan)  jenis-jenis pekerjaan di era digital saat ini. Salah satu kunci mengurangi pengangguran adalah bekerja di dunia digital dengan terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan zaman era saat ini 

Wwww.helmykediri.comm

👻👻

Related Post

%d