Cara mengatasi blog tidak terindeks google dengan mudah

by

helmy

Blog Orang IT – Cara ini bisa anda terapkan jika blog yang baru anda buat masih saja belum terindeks atau menampilkan pesan semacam error pengindeksan. Normalnya, ketika suatu blog sudah online dan dapat diakses dengan benar, tidak perlu ada langkah lanjutan yang diperlukan untuk sekedar mengindekskan blog ke hasil pencarian google. 

Kita hanya harus bersabar beberapa hari atau bisa saja lebih dari seminggu agar blog terindeks dengan sendirinya

Sedangkan untuk beberapa kasus, ketika sudah menunggu beberapa hari, blog tidak kunjung terindeks google. Ketika memanfaatkan fitur inspeksi URL di Searchconsole hasil pengujian malah menunjukkan pesan error server 5xx blablabla.

mengatasi inspeksi url error

Meskipun tidak langsung membuat blog muncul di google saat itu juga, setidaknya cara inspeksi URL melalui Searchconsole memberitahu bahwa blog bisa diakses secara normal tanpa adanya error yang mempengaruhi masalah pengindeksan
Pengujian dan request indexing juga sudah menyatakan hasil web dapat terindeks normal dan tampil di hasil pencarian google. 
melakukan inspeksi url digsc

Disclaimer : Tutorial ini ditujukan jika blog anda sulit terindeks google baik secara manual maupun dengan request pengindeksan di halaman Searchconsole, memakai layanan indexer dan sebagninya. Artinya, pengaturan blog diatur ke setelan default (pastikan anda tidak merubah pengaturan robot.txt)
 
Jika Anda tidak tau apa itu robot.txt, itu lebih baik karena artinya kemungkinan besar anda tidak mengotak-atiknya dan membiarkannya default
Pertama, mulai dengan menambahkan  properti baru di Google Search Console  (https://search.google.com/search-console) yang berbeda cara dengan penambahan properti yang sebelumnya. 
GSC sekarang punya 2 mode verifikasi blog. Yaitu melalui Domain dan melalui URL. Cara verifikasi menggunakan Domain relatif lebih dari daripada melalui Url. 
Karena saya sebelumnya menggunakan By URL, sekarang saya pilih By  Domain.
mendaftarkan blog ke searchconsole

Perbedaan keduanya dari yang paling mendasar adalah cara pemasangan kode verifikasinya. Kalau By Url dengan mengupload kode verifikasi ke file root web Anda/di template blogger tepatnya bawah kode </head>/menggunakan akun google yang sama dengan owner blogger
Sedangkan By Domain dilakukan dengan menambahkan Record baru di DNS Manager di tempat kita membeli dan mengelola domain (khusus domain berbayar bukan subdomain gratisan misal, helmykediri.com)
Langkah kedua, ikuti cara pemasangan recordnya dan jangan salah. Kalau error tidak perlu panik, hapus saja record yang baru ditambahkan. Silahkan masukan dulu domain anda di kolom Property Type bagian domain. Lalu download atau salin kode verifikasinya. 
salin kode verifikasi domain

Setelahnya, buka tab baru di browser dan login ke tempat anda membeli domain. 

Tapi, jika anda menggunakan SSL dan Pengaman web dari Cloudflare, maka pengaturan DNS domainnya bukan lagi di penyedia domain anda, tapi di Dashboard dan DNS Manager Cloudflare.

Langkah pemasangan record TXT di DNS Manager : 

a. Buka pengaturan DNS Manager atau Kelola DNS domain Anda 
b. Add Record baru, pilih TXT 

Isi kolomnya 
isi txt verifikasi domain

Kembali ke GSC, lalu klik verify 

verifikasi kepemilikan domain

Pastikan verifikasi berhasil sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. 
c. Di halaman GSC, buka tab Sitemap/peta situs 
submit sitemaps blog
Biasanya, link sitemap anda adalah : https://domainanda.com/sitemap.xml 
d. Lakukan pengujian URL 
Setelah tersubmit. Tunggu beberapa menit untuk melakukan pengujian untuk mengetahui apakah error sudah hilang atau belum. Perlu proses bagi GSC untuk memproses permintaan anda
Lakukan pengujian URL

Terus lakukan pengujian secara bertahap, baik itu menggunakan Request Indexing atau Pengujian langsung. Lakukan jeda dalam setiap pengujian sampai semua centang hijau ditampilkan. 

submit url ke google

e. Sudah selesai. Jika URL ada di google. Anda hanya perlu mengeceknya langsung di google setelah beberapa jam atau di hari besoknya. 
Lakukan pengecekan mudah dengan menambahkan “site:” di depan domain Anda. 
Contoh : site:domainmu.com 
cek indeks blog digoogle

Nah, cukup mudah bukan mengatasi blog baru yang tidak kunjung terindeks google? 

Www.helmykediricom,,
💧💧💧💧

Related Post