Cara menempatkan Hidden HPK diBlogger dengan mudah

by

helmy

Mengenal Hidden HPK 

HPK adalah sekumpulan keyword yang telah diriset kemudian dimasukan secara khusus ke dalam blog dengan tujuan untuk mendorong Google Adsense agar menampilkan iklan dengan nilai klik (CPC) yang lebih tinggi dari biasanya. Dengan nilai klik yang tinggi, diharapkan penghasilan dari Adsense juga meningkat setiap bulan

Sesuai dengan namanya, HPK sendiri merupakan singkatan dari High Paying Keyword

Sebelum memulai, saya akan memberi sedikit gambaran tentang cara kerja HPK ini di blog dan garis besar tentang HPK ini. Umumnya, ketika kita menerbitkan setiap post, di dalam artikel tersebut sudah diselipkan keyword unggulan yang digunakan untuk mendorong posisi dan peringkat blog di google.

Mirip seperti itu, ketika kita memposting artikel tentang “Tutorial Riset Keyword dengan Ahrefs” biasanya iklan Adsense yang muncul adalah produk-produk digital seperti Ahrefs, Moz, Ubersuggest sesuai dengan apa yang dibahas 

Riset keyword selain menampilkan daftar keyword dengan volume pencarian tinggi juga menampilkan daftar keyword dengan perkiraan CPC tinggi

Dinamakan “Hidden/Tersembunyi”berarti kita membuat orang lain tau dengan sisipan keyword tersebut. Dan tidak disisipkan pada setiap post secara manual, tapi otomatis karena kita memasangngnya di template blog langsung. 

Konsep dasar hidden HPK sebenarnya cukup sederhana yaitu, menyisipkan secara tersembunyi atau bisa dibilang juga dengan menyamarkan keyword tertentu yang sudah kita tentukan ke dalam setiap artikel blog. 

Baik itu yang sudah terposting maupun yang akan diposting. Intinya mendorong munculnya saluran iklan Adsense agar sesuai dengan keyword yang sudah kita sisipkan tersebut. Sederhananya, jika background blog anda putih, berarti Hidden HPK yang anda tambahkan juga menggunakan font putih. 

Dan untuk mendorong keberhasilan dari trik tersebut, beberapa peran pendukung dari blog juga perlu anda jalankan, yaitu diantaranya : 

1. Menggunakan niche yang spesifik atau cenderung mikro niche. Bukan gado-gado. Contohnya jika anda membahas smartphone, Anda bisa tetap fokus hanya di pembahasan smartphone. Lebih terfokus lagi tidak masalah. Atau kalau ada tambahan pembahasan lain yang masih serupa juga tidak masalah misalnya tentang laptop. Kedua teknologi tersebut masih dalam satu jenis yang sama. 

2. Selain pemasangan keyword yang sudah anda riset sebelumnya. Kode di bawah juga akan menampilkan sedikit tambahan optimasi dari sisi artikelnya. Yaitu dengan penempatan tag H2 Atau H3 (sesuai selera anda) di awal artikel. Dalam SEO itu penting, meskipun tidak jarang di beberapa template atau tatanan blog keberadaab heading ini justru menganggu. 

Cara menempatkan Hidden HPK diBlogger dengan mudah

1. Login ke dashboard blogger, lihat dibagian theme > edit HTML

mengedit tema blogger

2. Setelah terbuka jendela editor template, gunakan shortcut CTRL + F lalu cari <data:post.body/>

3. Tujuan kita sekarang adalah untuk menampilkan keyword Hidden HPK secara otomatis yang akan muncul di semua post. Letaknya nanti berada tepat di bawah judul artikel 

Umumnya di setiap template ada 2 sampai 3 kode <data:post.body/>-nya, dan anda bisa mencobanya satu per satu, jika gagal di  <data:post.body/> pertama, coba tempelkan kode di <data:post.body/> kedua dan seterusnya sampai berhasil. 

Caranya, setelah kode <data:post.body/> pertama ketemu, coba masukan nama anda persis di atasnya.

edit bawah judul artikel

Setelahnya simpan template anda dan lihat salah satu artikel yang sudah anda buat. Apakah terdapat nama anda atau teks yang baru saja anda masukan. Dalam contoh ini teksnya adalah HELMY KURNIAWAN

menampilkan kata dibawah judul artikel blogger

Pastikan kata tersebut ada di semua posting/artikel yang anda buat.

Jika semuanya sudah benar. Anda sekarang hanya perlu fokus memasang keywordnya dibagian itu. Jika ingin menampilkannya di akhir artikel, cukup letakan teks dan scriptnya atau apapun itu yang dibutuhkan tepat di bawah kode <data:post.body/>

4. Tempatkan script ini diatas kode <data:post.body/>

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’><script type=’text/javascript’> 

//<![CDATA[ 

var relatedTitles = new Array(); var relatedTitlesNum = 0; var relatedUrls = new Array(); function related_results_labels(json) { for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == ‘alternate’) {relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href; relatedTitlesNum++; break;}}}} function removeRelatedDuplicates() { var tmp = new Array(0); var tmp2 = new Array(0); for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) { if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) { tmp.length += 1; tmp[tmp.length – 1] = relatedUrls[i]; tmp2.length += 1; tmp2[tmp2.length – 1] = relatedTitles[i];}} relatedTitles = tmp2; relatedUrls = tmp;} function contains(a, e) { for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true; return false;} function printRelatedLabels() { var r = Math.floor((relatedTitles.length – 1) * Math.random()); var i = 0; document.write(‘<ul>’); while (i < relatedTitles.length && i < 20) { document.write(‘<li><a href=”‘ + relatedUrls[r] + ‘”>’ + relatedTitles[r] + ‘</a></li>’); if (r < relatedTitles.length – 1) { r++; } else { r = 0;} i++;} document.write(‘</ul>’);}//]]> 

</script></b:if> 

  <span itemprop=’itemreviewed’><H3><data:post.title/></H3></span> 

Simpan dan lihat artikel anda. Jika benar, maka saat ini setiap artikel anda akan memuat tambahan heading otomatis mengikuti judul. Sebagai tambahan optimasi, ini bisa dibilang cukup penting. 
Karena disarankan setiap artikel kita memuat awalan Heading (H2,H3 atau H4) yang memuat kata kunci yang digunakan di artikel tersebut. Dan memang sebaiknya, dalam judul yang kita buat juga memuat kata kuncinya, selain penempatan di artikel.
membuat heading otomatis diblogger
Foto : Heading otomatis dibawah judul artikel blogger
Lalu untuk mengubah ukuran HEADINGNYA, anda bisa mengedit bagian ini. Ganti <H3>….</H3> dengan <H4>….</H4> atau lainnya jika hasil teks dirasa terlalu besar.  Atau jika anda sama sekali tidak ingin memasangnya, anda bisa melewati langkah ini.
5. Berikutnya adalah memasang Hidden HPK-nya. Dengan cara yang sama, anda kali ini hanya perlu mengganti warna setiap keyword yang anda tambahkan menjadi warna putih atau sesuai background blog anda. 
Sekarang masukkan keyword yang menurut anda punya nilai CPC tinggi. Anda bisa mencari toolsnya di internet, menggunakan list keyword sendiri atau tools gratisan seperti https://www.mondovo.com/keywords/ dan  https://tools.wordstream.com/fkt?website/ 
Contoh keyword : libertymutual, car insurance, insurance, travel insurance, farmer insurance, medi care, medicaid, life insurance, car insurance quotes, renters insurance. 
Saya ambil contoh keyword asuransi karena HPKnya terbilang salah satu yang lumayan tinggi. Anda bisa menambahkan lebih banyak lagi dan bisa disesuaikan dengan niche/topik blog yang anda bawakan. Jika ingin diterjemahkan ke bahasa Indonesia juga bisa, meskipun HPK ini mungkin lebih relevan jika blog anda adalah blog bule, menggunakan HPK bule juga. 
Setelah menemukan HPKnya, anda bisa memulai pemasangan dengan beberapa gaya pemasangan.  
a) Teks normal warna putih

<span style=”color: white;”>libertymutual, car insurance, insurance, travel insurance, farmer insurance, medi care, medicaid, life insurance, car insurance quotes, renters insurance</span> 

Sesuaikan keyword warna oren dengan keyword sesuai topik blog anda. Sesuaikan kode warna “white” dengan background blog anda. 
b) Text Area
Pertama, salin kode css di bawah ini dan tempatkan di atas kode </head>. Persis di atas </head> dan di bawah </b:skin> 
<style> 
#overflowTest {   background: #4CAF50;   color: white;   padding: 6px;   height: 10px;   overflow: auto; 
  border: 1px solid #fff; 
</style> 
Masukan kode berisi keyword anda di atas  <data:post.body/> seperti pada langkah sebelumnya
<div id=”overflowTest”>keyword 1, keyword 2, keyword 3, keyword, 4 dan seterusnya</div> 
Simpan template, dan sekarang coba buka blog anda di salah satu artikelnya, jika sudah muncul kotak hijau seperti ini berarti berhasil. Sekarang silahkan ganti kode warnanya agar tampil tersembunyi. 
Kembali ke css atas, ganti #4CAF50 jadi #FFF untuk kode warna putih.
Hasilnya akan jadi blank atau sudah tersembunyi.
menempatkan Hidden HPK diBlogger

Untuk memastikan hasilnya, klik kanan lalu view source atau CTRL+U 
  
Gunakan CTRL + F, Cari salah satu kata keyword yang anda tambahkan sebelumnya 😁
Jika anda merasa jarak kosong ini terlalu tinggi, anda bisa mengubah padding dan heightnya di css yang sebelumnya anda masukan. 
  
Anda juga bisa menghapus border yang tidak kelihatan tersebut. Anda bebas mendesain di bagian ini agar keyword tersembunyi rapi dan tidak terlihat aneh.  

Cara menempatkan hidden HPK di header blogger

Jika anda kurang suka dengan penempatan di dalam artikel tepat dibawah judul, anda juga dapat menempatkannya di header (mirip seperti logo). Untuk langkah awal pemasangan dimulai dengan cara yang sama, yaitu memasang kode css di atas </head>
Silahkan salin kode css di atas dan lakukan pemasangan seperti sebelumnya. 
Tapi jika kode sebelumnya masih ada, anda bisa mengabaikan langkah ini. Jangan memasangnya dobel atau duplikat, karena bisa terjadi bentrokan antar kode yang sama. 
Setelah itu, masih di bagian head, anda cari bagian yang mirip dengan tulisan section header.  
Bagian ini adalah bagian yang menampilkan logo dan deskripsi blog. Jika sudah ketemu, coba tarik ke bawah, biasanya terdapat bagian <div id=’header-container’>. Tambahkan kata KEPALA 1 tepat di atas div tersebut untuk uji coba.  
menempatkan hidden HPK di header
Setelahnya buka kembali blog anda, klik kanan dan view source. Cari kata KEPALA 1 dan pastikan kata tersebut sudah ada di blog anda. 
Sekarang anda dapat memasang kode aslinya dan menghapus kata KEPALA 1.  
<div id=”overflowTest”>ini helmy, itu helmy, aku helmy, dia helmy, kamu helmu </div> 
Cek kembali pemasangan anda dengan view source. Selain itu, penempatan HPK di header juga dapat anda tempatkan di bawah <div id=’header-container’>. Atau di bagian manapun di dalam section header. 
Keberhasilan munculnya iklan CPC tinggi  tidak cukup hanya didorong dengan  penempatan hidden HPK, tapi bisa dengan optimasi pihak ke 3 yakni riset keyword
Kalau anda bertanya apakah cara ini aman untuk publisher adsense, sebenarnya aman-aman saja.. sejauh ini saya belum pernah melihat postingan berisi keluhan adsense dibanned akibat penggunaan hidden HPK
Wwww.helmykediricom,

Related Post