Perbedaan iPhone XS Dan XR, Kelebihan Kekurangan

by

helmy

Blog Orang IT – Sampai saat ini, produk keluaran Apple salah satunya iPhone, masih banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari kelas menengah hingga kelas atas. Kesan pertama saat melihat produk keluaran Apple memang berbeda, bisa meningkatkan gaya dalam berpenampilan dan berkelas. 

Namun dari sisi manfaat pun, produk iPhone tak main – main, mereka menawarkan banyak fitur yang tak dimiliki produk dan merek lainnya. Tak heran jika banyak orang rela merogoh kocek dalam – dalam untuk membawa pulang iPhone. 

Perbedaan iPhone XS Dan XR

Perbedaan iPhone XS dan XR

Perbedaan paling mendasar antara iPhone XS dan iPhone XR terletak pada pilihan warna, ketahanan baterai, bobot, spesifikasi kamera dan layarnya. Adanya sederet perbedaan tersebut, rasanya sangat layak untuk menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya. Lantas, apa saja detail perbedaan antara keduanya?

1.Jenis Layar yang Digunakan

iPhone seri XS menerapkan jenis layar dasar OLED. Sedangkan untuk iPhone seri XR menerapkan jenis layar dasar LCD. Perlu Anda semua ketahui, bahwa penggunaan jenis layar OLED terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan jenis layar LCD karena kemampuannya dalam menampilkan kualitas grafis. 

Hal ini bisa terjadi karena jenis layar OLED mempunyai kemampuan dalam memproduksi cahaya pada piksel sehingga bisa membentuk layar itu sendiri.

Kemudian, jenis layar OLED juga memiliki kualitas cahaya yang lebih terang dengan contrast ratio dan dynamic range yang lebih luas. Kondisi ini membuat iPhone XS menawarkan kualitas gambar yang lebih fantastis.

Namun dengan segala keunggulah layar OLED tersebut, bukan berarti menunjukkan bahwa layar LCD tidak baik ya. Layar LCD pada iPhone XR terbukti lebih menghemat penggunaan baterai jika dibandingkan dengan layar OLED pada iPhone XS.

2.Dari Segi Kamera yang Disematkan

Dari segi fitur kamera, iPhone XS bisa digunakan untuk melakukan zoom dengan cara optic. Yang mana proses zoom tersebut juga melibatkan bagian hardware. Kondisi ini mendukung hasil jepretan foto dengan kualitas yang lebih baik.

Sedangkan untuk fitur kamera pada iPhone XR, tidak bisa digunakan untuk melakukan zoom secara optic layaknya pada fitur kamera yang dimiliki oleh iPhone XS. Tanpa adanya fitur zoom secara optic ini, membuat hasil jepretan saat zoom pada iPhone XR tampak berbintik dan kurang halus.

Baca juga: Ciri-ciri baterai iphone rusak

3.Dari Segi Bobotnya

Jika melihat dari segi bobot keduanya, juga terdapat perbedaan. Untuk seri iPhone XS memiliki bobot mencapai 177 gram, kemudian untuk iPhone XS Max memiliki bobot mencapai 208 gram. Sedangkan iPhone XR mempunyai bobot mencapai 194 gram. Perbedaan tersebut tak terlalu mencolok mengingat hanya selisih belasan gram saja.

4.Dari Segi Kapasitas dan Ketahanan Baterai

Baik iPhone XS maupun iPhone XR mempunyai kemampuan baterai yang berbeda. Salah satu perbedaan mendasar terkait dengan kekuatan baterai adalah penggunaan jenis layar pada masing – masing seri. Pada iPhone XR yang notabene menggunakan jenis layar LCD, menyediakan cukup ruang yang lebih besar sehingga ketahanan baterainya pun lebih baik.

Jika digunakan untuk aktivitas panggilan telepon, iPhone XR mampu bertahan hingga 25 jam, sedangkan iPhone XS hanya mampu bertahan 20 jam saja. Kemudian untuk pemutaran audio, iPhone XR mampu bertahan 65 jam, sedangkan iPhone XS hanya mampu bertahan 60 jam saja. 

Terakhir, pada saat digunakan untuk memutar video, iPhone XR mampu bertahan 16 jam dan iPhone XS hanya mampu bertahan 14 jam saja.

5.Pilihan Warna yang Ditawarkan

Dari segi pilihan warna, iPhone XR lagi – lagi lebih unggul karena varian warnanya lebih banyak. Sedangkan iPhone XS dikeluarkan dengan pilihan warna lebih sedikit. Untuk pilihan warnanya, iPhone XR tersedia dengan varian warna biru, hitam, koral, putih, kuning dan merah. Sedangkan varian warna pada iPhone XS hanya ada 3 yakni silver, abu – abu dan hitam.

Dari perbedaan yang terlihat jelas antara kedua seri iPhone tersebut, menunjukkan bahwa keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing yang mana bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut pada saat hendak menentukan pilihan.

Kelebihan iPhone XS 

Beberapa kelebihan yang ditawarkan olah iPhone XS :

1.Peforma Super Cepat

iPhone XS menggunakan chipset Apple A12 Bionic dengan kecepatan mencapai 7 nm dan juga didukung langsung oleh Apple GPU atau sering dikenal sebagai 4 Core Graphics.

2.Memori Internal Berkapasitas Besar

Meski pada iPhone XS ini tak dibekali dengan fitur memori eksternal, namun tak perlu dikhawatirkan, karena kapasitas memori internal sudah cukup besar yakni 64 GB, 256 GB dan 512 GB. Untuk penggunaan umum sehari – hari, pilihan tersebut sudah lebih dari cukup.

3.Fitur Dua Slot SIM Card

Pada generasi sebelumnya, Apple belum pernah menyematkan fitur dual sim card. Namun pada seri XS, pihak Apple menyediakan fitur dual sim card (nano sim card dan eletronik sim card) sebagai salah satu kelebihannya.

4.Memiliki Ketahanan Terhadap Air Lebih Lama

iPhone XS dibekali dengan teknologi water resistance IP68 sehingga bisa tahan terhadap air lebih lama lagi yakni diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman mencapai 2 meter sampai dengan dua puluh menit.

5.Peningkatan Sistem Operasi

iPhone XS sudah menggunakan sistem operasi iOs 12 yang mampu mendukung keberadaan body serta processor yang kuat dan tahan lama.

Kekurangan iPhone XS

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh iPhone XS :

1.Desain Terlihat Kurang Inovatif

iPhone XS tak terdapat perubahan desain yang berarti jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ini yang menjadi kekurangan paling menonjol karena kurangnya inovatif.

2.Harga yang Tidak Ramah untuk Berbagai Kalangan

Bagi sebagian kalangan, harga yang dibanderol pada iPhone XS saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 tidaklah ramah di kantong. Harganya kala iti mencapai Rp 14 jutaan. Terlebih lagi jika dilihat tak banyak perubahan dari generasi sebelumnya.

3.Tidak Ada Perubahan Pada Bagian Layar

Resolusi pada layar iPhone XS dan iPhone X memiliki kesamaan yakni menggunakan predecessor yakni super AMOLED capacitive touchscreen, ukuran 5,8 inci dengan rasio 19:5:9 dan resolusi 1125 x 2436 pixels.

Baca juga: Perbedaan iPhone iBox TAM, Inter, dan Distributor

Kelebihan iPhone XR

Beberapa kelebihan yang ditawarkan olah iPhone XR :

1.Memiliki Beragam Warna Cantik

iPhone XR menyediakan berbagai pilihan warna yang cantik sehingga para penggunanya bisa lebih leluasa dan puas yakni netral hitam, netral putih, biru, koral, kuning dan merah.

2.Sistem Keamanan yang Mumpuni

Sama seperti iPhone XS, iPhone XR juga sudah didukung dengan sistem keamanan yang mumpuni yakni salah satunya adalah adanya Face ID.

3.Chipset Powerfull, Support Banyak Game

Dengan didukung oleh chipset A12 Bionic dengan kecepatan mencapai 7nm, sangat support terhadap berbagai jenis game.

4.Kekuatan Baterai yang Bisa Diandalkan

Dari seri – seri sebelumnya, iPhone XR ini menawarkan battery life yang lebih lama yakni mencapai 14 jam sampai 15 jam.

5.Harga Lebih Terjangkau

Dari seri – seri lainnya, iPhone XR ini ditawarkan dengan harga yang lebih murah. Saat pertama kali diluncurkan hanya dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan saja.

Kekurangan iPhone XR

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh iPhone XR :

1.Tidak Disertai dengan  Charger

Ini adalah seri pertama kali yang dijual tanpa adanya charger. Sehingga para pengguna harus membelinya sendiri dengan cara terpisah.

2.Masih Menggunakan Layar LCD

Bagi para pengguna yang sudah pernah memakai smartphone dengan layar yang lebih baik, tentu saja akan merasa kurang nyaman saat menggunakan iPhone XR berlayar LCD.

3.Tidak Dilengkapi dengan Lensa Ultra Wide

Meskipun pada dasarnya hasil jepretan menggunakan single kamera pada iPhone XR sudah sangat mumpuni, namun tanpa adanya lensa ultra wide menjadi kurang lengkap.

…www,helmykediricom

Related Post