Pengertian, Perbedaan Kamera SLR Dan DSLR

by

helmy

Blog Orang IT – Orang yang berprofesi sebagai fotografer, harus paham betul saat proses pemilihan jenis kamera yang tepat untuk digunakan dalam menunjang segala aktivitas pekerjaan. Yang paling penting adalah bisa membedakan antara kamera jenis SLR dan kamera jenis DSLR. 

Perbedaan Kamera SLR Dan DSLR

Pengertian Kamera SLR

SLR merupakan kepanjangan dari Single Lens Reflex. Kamera jenis ini juga sering disebut sebagai kamera analog SLR. Cara kerja dari kamera SLR adalah mengandalkan bagian yang bernama Pentaprism untuk membuat viewfinder. Semua cahaya yang masuk melewati lensa, akan dilanjutkan ke bagian cermin dan nantinya dipantulkan ke bagian Pentaprism serta berakhir di negatif film.

1.Kontrol Pada Kamera SLR

Dengan adanya pengaturan manual yang ditawarkan oleh kamera SLR, para fotografer bisa melakukan kontrol kecepatan film (kontrol ISO), bukaan (aperture), dan kecepatan rana (shutter speed). Kecepatan film mempunyai manfaat dalam membantu mengatur tingkat ketajaman gambar yang diinginkan. 

Kemudian untuk aperture merupakan lubang yang ada di bagian dalam lensa yang bisa digunakan untuk mengendalikan kadar cahaya yang masuk. Sedangkan kecepatan rana bermanfaat mengatur seberapa lama cahaya saat masuk. Ketiganya, mempunyai kontribusi dalam menentukan kualitas foto yang dihasilkan.

2.Lensa SLR Bisa Diganti

Tak perlu khawatir, untuk mendapatkan hasil jepretan sesuai kebutuhan, lensa pada kamera SLR bisa digonta – ganti karena didesain khusus untuk mendukung aktivitas fotografi. Setiap jenis lensa, mempunyai manfaat berbeda – beda. 

Kita ambil salah satu contoh lensa tele, yang mana dibuat khusus untuk memotret berbagai aktivitas event olahraga maupun satwa liar. 

Pengertian Kamera DSLR

DSLR merupakan kepanjang dari istilah Digital Single Lens Reflex. Seperti pada penamaannya, kameran DSLR sudah dilengkapi dengan sistem digital. Dari segi cara kerja, kamera DSLR hampir sama dengan kamera SLR yang mana mengandalkan Pentraprism, hanya saja berakhir di sensor bukan di negatif film.

1.Kontrol Pada Kamera DSLR

Semua fitur kontrol yang ditawarkan oleh DSLR berbanding terbalik dengan kamera SLR karena semuanya serba otomatis. Tidak seperti kamera SLR yang serba manual.

2.Lensa DSLR Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Seperti lensa SLR, lensa pada DSLR juga bisa digonta – ganti sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Namun beberapa kamera DSLR juga tak bisa ditukar yang mana memiliki jenis lensa built ini. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli kamera DSLR, ada baiknya mengetahui detail kamera tersebut.

Lantas apa perbedaan antara kedua jenis kamera tersebut?

Perbedaan Antara Kamera SLR dengan Kamera DSLR

Untuk lebih memahami antara kedua jenis kamera ini, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan antara masing – masing jenis kamera tersebut.

Baca juga: Kelebihan kekurangan HP Xiaomi

1.Dari Segi Teknologi yang Ditawarkan

Perbedaan dari segi teknologi, jika SLR masih menggunakan metode manual, sedangkan DSLR sudah menggunakan metode sistem berbasis digital. Dalam hal ini, metode sistem berbasis digital tentu lebih unggul karena tak perlu repot – repot melakukan pengaturan secara manual. 

Namun, kembali lagi pada selera masing – masing pengguna. Untuk melatih kemampuan secara alami, penggunaan sistem manual tentu lebih direkomendasikan.

2.Dari Segi Fitur Penyimpanan

Tipe penyimpanan antara kamera SLR dan kamera DSLR jelas – jelas berbeda. Dalam hal penyimpanan, kamera SLR masih menggunakan film negatif. Hasil yang didapatkan pun tidak memungkinkan untuk bisa dilakukan editing maupun pembatalan. Karena sistem kerjanya yang mengandalkan proses manual, berarti proses pencetakannya pun juga harus dilakukan secara manual.

Berbeda dengan jenis kamera DSLR yang semua prosesnya sudah serba digital. Hasil dari pemotretatan dalam bentuk file gambar, sehingga mendukung langsung proses pengeditan lebih lanjut maupun proses pembatalan jika memang benar – benar tak diinginkan. Dengan begitu, memori penyimpanannya pun bisa lebih efisien.

3.Dari Segi Fitur Umum

Kembali lagi pada perbedaan sistem kerja kedua yang mana kamera SLR manual dan kamera DSLR digital, tentu menciptakan pangaruh besar pada fitur yang disediakan. Jika dihitung, fitur umum yang disediakan oleh kamera SLR lebih sedikit jika dibandingkan dengan fitur yang disediakan oleh kamera DSLR. 

Namun, untuk penentuan kualitas gambar, sangat ditentukan dengan kemampuan yang dimiliki oleh para penggunannya. Meski didukung dengan fitur yang lebih lengkap, jika kemampuan pengguna DSLR tak mumpuni, hasilnya pun besar kemungkinan lebih buruk jika dibandingkan dengan pengguna SLR profesional dan sebaliknya.

DSLR mempunyai fitur unggulan seperti pengaturan gambar yang bisa dilakukan secara otomatis. Mulai dari balancing, resolusi, cahaya, dan beberapa fitur otomatis lainnya. Beberapa tipe kamera DSLR juga sudah dilengkapi dengan fitur mode video.

4.Dari Segi Kualitas Gambar yang Dihasilkan

Mengacu pada penjabaran fitur yang dimiliki keduanya, tentu sudah bisa diprediksi jika kamera DSLR menawarkan hasil gambar yang lebih baik. Namun tidak menutup kemungkinan, seperti yang sudah diulas di atas, bahwa hasil akhir sangat ditentukan oleh kemampuan para penggunanya.

Kamera SLR yang pada dasarnya didesain khusus dengan sistem manual, tentu dapat menciptakan hasil gambar yang lebih natural layaknya pemandangan asli. Kamera SLR sangat direkomendasikan untuk para fotografer pemula. Tetapi pada kenyataannya tak sedikit pula para profesional pun juga menggandrungi kamera SLR.

Sedangkan untuk kamera DSLR, bisa menghasilkan gambar yang lebih baik karena lebih kompleks dan berbobot. Hasil gambar sangat dipengaruhi oleh efek kamera yang diatur sedemikian rupa. Kamera DSLR sangat direkomendasikan untuk kebutuhan yang sifatnya komersil. Misalnya saja untuk para konten kreator, studio fashion, studio foto, food fotografer dan lain sebagainya.

5.Dari Segi Harga

Dari segi harga, kamera SLR ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Untuk besaran nominalnya, tentu berbeda – beda tergantung dengan merek maupun tipe. Kisaran harga kamera SLR di marketplace pada umumnya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. 

Sedangkan untuk harga kamera DSLR di marketplace ditawarkan dengan besaran sekitar Rp 4 juta hingga 15 juta.

Perlu digarisbawahi, meski kedua jenis kamera ini memiliki banyak perbedaan, bukan berarti digunakan sebagai patokan keunggulan antara satu dengan yang lain. Karena pada dasarnya, kedua kamera ini memiliki masing – masing tujuan, kekurangan hingga kelebihan.

Sebagai pengguna, diharapkan Anda bisa memilihnya dengan lebih bijak sesuai kebutuhan sehingga hasil yang didapatkan pun berakhir dengan kepuasan.

wwww.helmykediricom,..

Related Post