Pengertian, Perbedaan Kamera Dslr Dan Mirrorless

by

helmy

Blog Orang IT – Saat ini, keberadaan kamera yang mumpuni menjadi suatu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari – hari. Tak hanya untuk kalangan profesional saja, tetapi juga untuk para amatiran alias pemula seperti saya dalam membuat dokumentasi kegiatan. 

Kualitas kamera yang bagus, tentu bisa meningkatan hasil jepretan. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang mumpuni agar bisa menemukan jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengingat tren fotografi yang kian berkembang, mempertimbangkan untuk menggunakan kamera jenis DSLR maupun Mirrorless sangat disarankan. 

Perbedaan Kamera Dslr Dan Mirrorless

Pengertian Kamera DSLR

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) menjadi salah satu jenis kamera digital yang banyak dipertimbangkan penggunaannya. Mengingat kamera ini sangat mendukung berbagai aktivitas digital. Hasil dari jepretan kamera digital, tentu bisa digunakan untuk jangka panjang. 

Anda bisa melakukan post processing dengan sangat mudah saat menggunakan kamera DSLR. Jika dibandingkan dengan kamera jenis analog SLR, dari segi efektivitas dan efisiensi jauh lebih baik kamera DSLR. 

Yang mana tidak lagi menggunakan roll film dalam penyimpanan hasil jepretan dan tak membutuhkan pencucian saat ingin mencetaknya. Dimana proses pencucian foto tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih mahal.

Sistem kerja kamera DSL memanfaatkan mekanisme dari pencerminan untuk bisa menangkap objek yang diinginkan melalui lensa. Kamera DSLR merupakan salah satu jenis kamera digital yang canggih sehingga mampu menawarkan hasil jepretan gambar dengan kualitas tinggi.

Jika Anda ingin gonta – ganti jenis lensa sesuai kebutuhan pun juga didukung. Namun jika ingin jenis lensa built ini yang tak bisa ditukar juga disediakan.

Pengertian Kamera Mirrorless

Sebelumnya, jenis kamera dalam dunia fotografi hanya terdapat pilihan kamera analog dan kamera digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul kamera jenis lain yang dikenal sebagai kamera mirrorless.

Sejatinya, kamera mirrorless merupakan kamera DSLR yang didesain khusus tanpa adanya bagian pemantul cahaya atau dikenal sebagai mirrorbox. Jadi kamera mirrorless merupakan jenis kamera yang tak mempunyai jendela bidik (viewfinder) optic dan juga tak mempunyai cermin seperti halnya kamera DSLR. 

Namun jika dilihat dari kualitas gambar yang dihasilkannya pun setara dengan kamera DSLR karena terdapat image sensor yang sama besar.

Keberadaan image sensor memudahkan para penggunanya saat melihat gambar yang telah ditangkap lensa melalui LCD kamera.

Dengan spesifikasi tersebut, membuat ukuran kamera mirrorless lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin gonta – ganti lensa pun juga didukung layaknya kamera DSLR.

Baca juga: Apk perekam layar terbaik

Perbedaan Antara Kamera DSLR dan Kamera Mirrorless

Agar tak salah pilih dan tak salah persepsi saat ingin membeli kamera, mengetahui perbedaan antara kamera DSLR dan kamera Mirorrless sangatlah penting. Lantas apa saja perbedaan keduanya?

1.Dari Segi Bentuk dan Ukuran

Seperti yang sedikit disinggung di atas, kamera DSLR memiliki ukuran dan bentuk yang lebih besar dan lebih berat jika dibandingkan dengan kamera Mirrorless. Yang menjadi pembeda dari ukuran tersebut karena ketiadaan bagian pemantul cahaya (mirrorbox) pada kamera Mirrorless. 

Bagi Anda yang suka dengan desain kamera simpel namun memiliki kemampuan yang mumpuni, kamera Mirrorless tentu sangat direkomendasikan. Saat dibawa kemana – mana tak merepotkan dan terlihat mencolok.

2.Dari Segi Berat

Bentuk yang berbeda, tentu berpengaruh secara langsung pada berat jenis masing – masing kamera. Kamera DSLR memiliki bobot yang lebih berat ketimbang kamera Mirrorless. Bagi Anda yang suka traveling, tapi tak ingin repot dengan banyaknya barang bawaan, kamera Mirrorless bisa jadi pilihan terbaik, mengingat keduanya menawarkan kualitas hasil jepretan yang setara.

3.Dari Segi Fitur yang Ditawarkan

Kedua kamera ini memiliki beberapa fitur yang menjadi pembeda. Dari ukuran yang lebih besar dan berat, kamera DSLR menawarkan fitur yang lebih lengkap. Beberapa fitur yang dimiliki oleh kamera DSLR, tapi tak dimiliki oleh kamera Mirrorless.

Beberapa fitur canggih yang tak dimiliki kamera Mirrorless antara lain seperti ukuran lensa yang bisa diubah – ubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya, kontrol exposure yang bisa dilakukan dengan cara manual hingga kualitas sensor yang sangat baik.

Dengan banyaknya fitur manual yang ditawarkan oleh kamera DSLR, membuat pengguna bisa lebih leluasa jika ingin mendapatkan hasil jepretan yang lebih dramatis.

4.Dari Segi Aksesoris yang Bisa Digunakan

Dari segi ketersediaan aksesoris juga bisa dijadikan sebagai pembeda paling mencolok. Meskipun dari segi ukuran lebih besar dan berbobot berat, kamera DSLR menawarkan aksesoris yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kamera Mirorrless yang memiliki ukuran lebih mungil.

Banyaknya aksesoris yang tersedia ini, tentu saja dapat memberikan pengaruh besar pada hasil jepretan yang diinginkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

5.Dari Segi Baterai

Dilihat dari segi baterai, keduanya juga menunjukkan perbedaan dari ukurannya. Kamera DSLR memiliki baterai dengan ukuran lebih besar untuk mendukung berbagai kebutuhan kerja sehingga lebih tahan lama ketimbang kamera Mirrorless. Besarnya kapasitas baterai yang ditawarkan oleh kamera DSLR, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendukung berbagai fitur yang dioperasikan secara manual.

Meskipun kamera Mirrorless mempunyai ukuran dan bentuk baterai yang lebih kecil, tidak mengurangi kualitas dari jepretan gambar yang Anda bidik. Disisi lain, ukuran kecil jelas lebih bersahabat dan fleksibel.

Baca juga: Apk edit foto terbaik

6.Dari Segi ViewFinder

Viewfinder yang dikenal sebagai jendela bidik, juga menjadi poin pembeda antara kamera DSLR dan kamera Mirrorless. Kamera Mirrorless lebih banyak memanfaatkan fitur electronic viewfinder sehingga hanya bisa melihat berbagai objek dengan hasil asli atau apa adanya. Kelebihan dari fitur ini, tentu saja bisa diatur ulang dengan sangat leluasa sesuai kebutuhan saat hendak ditampilkan pada layar LCD.

Sedangkan kamera DSLR jendela bidiknya menggunakan optical viewfinder. Inilah yang membuat kebanyakan kamera DSLR mempunyai bentuk viewfinder yang besar karena jelas – jelas akan mengikuti besaran dari optical viewfindernya. Anda tak akan bisa melihat terlebih dahulu hasil jepretan gambar di kamera DSLR sebelum tampil pada layar LCD.

7.Kelengkapan Lensa

Meski ketersediaan jenis lensa pada kamera Mirrorless cukup banyak dan beragam, namun tetap masih kalah dengan kamera DSLR yang memiliki lebih banyak pilihan lensa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para profesional.

Varian lensa pada kamera DSLR meliputi lensa fix, fish eye, hingga dilengkapi dengan tele berukuran ratusan millimeter.

8.Fitur Autofocus

Kamera DSLR terbukti mempunyai kualitas autofocus foto yang lebih baik jika dibandingkan dengan kemampuan pada kamera Mirrorless. Penyebabnya adalah adanya fitur manual yang dimiliki oleh kamera DSLR.

,wwwwwhelmykediricom

Related Post