Mengenal Struktur Iklan pada Facebook ads dan cara menggunakannya

by

helmy

Blog Orang IT – Untuk Anda yang berencana menjalankan iklan di Facebook sebaiknya Anda pahami dulu struktur iklan ini. Mengapa struktur iklan ini penting? 

Struktur iklan dalam Facebook Ads ibarat peta yang membantu Facebook memahami tujuan iklan Anda. Dengan demikian, harapannya Facebook dengan teknologinya dapat membantu Anda mencapai sasaran yang Anda inginkan dengan menayangkan Iklan hanya kepada audiens yang sesuai dengan kriteria. 

Jika itu terjadi, maka iklan Anda akan lebih efisien secara budget karena tidak membuang uang untuk hasil yang tidak Anda inginkan. 

Mari kita berkenalan dengan struktur iklan dalam Facebook ads. Iklan di Facebook disusun dalam tiga hierarki yang disebut sebagai ‘level: Kampanye, Set iklan, Iklan.’ 

Struktur Iklan dalam Facebook ads

Campaign atau Kampanye

Kampanye adalah hierarki tingkat atas dan terdiri dari set iklan yang merupakan kombinasi dari beberapa iklan. Kampanye atau campaign dapat digunakan untuk mengiklankan beberapa produk atau layanan. 

Level hirarki ini juga digunakan untuk menargetkan orang berdasarkan minat atau demografi tertentu. Dengan kata lain kampanye adalah kumpulan iklan menyeluruh yang ingin Anda jalankan di seluruh jaringan Facebook. 

Anda juga dapat membuat beberapa kampanye dan menggunakannya untuk menargetkan audiens yang berbeda berdasarkan minat atau perilaku mereka. Misalnya, Anda dapat membuat kampanye yang menargetkan remaja dan kampanye lain yang menargetkan ibu dengan anak berusia di bawah lima tahun.

Ad set atau set iklan

Set iklan memiliki strukturnya sendiri dan dapat disesuaikan untuk memenuhi tujuan bisnis Anda. Misalnya jika Anda hanya ingin menargetkan satu kota, Anda bisa membuat kampanye yang menargetkan semua kota di Indonesia atau Anda hanya ingin menargetkan beberapa provinsi saja atau bahkan beberapa kota di provinsi yang berbeda. 

Dengan kata lain, set iklan adalah grup iklan yang muncul secara bersamaan dalam satu penempatan iklan di feed atau linimasa. 

– Set iklan menuju landing page

Anda dapat membuat beberapa set iklan, masing-masing menargetkan audiens yang berbeda dengan halaman tujuan atau kata kunci yang berbeda. Misalnya, Anda ingin membuat set iklan untuk ibu baru yang tertarik dengan produk bayi menuju suatu landing page tertentu, sementara Anda juga membuat adset dengan landing page lainnya untuk orang yang tertarik berpergian ke Aceh. 

– Set iklan dengan kelompok usia

Set iklan adalah grup dari satu atau lebih iklan yang dapat ditargetkan pada audiens atau produk tertentu. Anda bisa membuat beberapa set iklan untuk audiens atau produk yang berbeda. Anda juga dapat membuat set iklan yang berbeda untuk audiens atau produk yang sama yang menargetkan kata kunci/kategori yang berbeda. 

Misalnya, kalau Anda memiliki set iklan yang menargetkan kelompok usia tertentu (misalnya 18-25 tahun), Anda dapat membuat set lain yang menargetkan orang berusia 25-35 tahun. 

Set iklan adalah tingkat di mana Anda membuat iklan individu yang berjalan di Facebook. Setiap set iklan memiliki judul, gambar, dan deskripsinya sendiri. Anda dapat menambahkan hingga empat jenis iklan yang berbeda untuk setiap set iklan.

Ads atau Iklan

Iklan adalah tingkat hierarki terendah dan di situlah iklan Facebook Anda akan muncul di timeline pengguna. Dengan kata lain iklan adalah gambar, video, atau story yang secara individual muncul di beranda Facebook. 

Anda bisa membuat hingga 10.000 iklan individual per kampanye/set iklan/grup atau iklan/unit iklan, yang berarti Anda memiliki kemungkinan hingga 10 juta total tayangan per hari. 

Cara menggunakan Facebook ads terstruktur

Mengatur campaign

Pertama, Anda akan menuju level campaign. Kampanye Iklan Facebook adalah level teratas dari struktur dimana Anda akan objektif.  Facebook memiliki banyak tujuan. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan prospek, maka tujuan Anda akan ditetapkan sesuai dengan itu. 

Dengan cara ini, Facebook hanya menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan dikonversi menjadi prospek. Hal yang sama berlaku untuk tujuan lain yang mungkin ada dalam pikiran Anda: meningkatkan penjualan atau trafik ke website Anda.

Mengetahui tujuan apa yang harus dipilih dalam kampanye Facebook sangat penting karena menentukan jenis pesan yang Anda sampaikan. Jadi, kami menyusun artikel ini untuk membantu Anda memahami opsi Anda dan memutuskan mana yang terbaik untuk strategi dan sasaran spesifik Anda. 

Akhir-akhir ini, Facebook telah menyederhanakan proses pemilihan objective bagi penggunanya dan mengurangi daftar tujuan yang tersedia dari 11 opsi menjadi 6. Berikut daftar Facebook ads objective terupdate:

Facebook ads objective

Mengatur Ad set

Kalau diibaratkan kereta, campaign adalah lokomotif yang memutuskan ke arah mana iklan akan di optimasi, maka Adset ibarat gerbong-gerbong di belakangnya yang dibagi menjadi beberapa level. Ada adset yang diperuntukkan bagi gerbong eksekutif dengan penumpang berusia 35-50 tahun. 

Ada Ad set yang diperuntukan untuk gerbong bisnis yang memiliki target penumpang berusia 25-34 tahun.

Dalam Adset banyak variabel saling terkait yang harus diatur untuk menentukan performa iklan Anda nantinya. Namun untuk memudahkan Anda, sebelum Anda mengatur Ad set cobalah jawab beberapa pertanyaan ini :

● Berapa budget iklan yang Anda ingin habiskan?

● Dimana lokasi audiens iklan?

● Berapa usia audiens target iklan?

● Apa jenis kelamin audiens iklan Anda?

● Apa minat mereka?

● Apa demografi target audiens?

● Online behavioral mereka seperti apa?

● Dimana saja iklan ingin ditampilkan?

● Seperti apa metode optimasi yang Anda pilih?

Kalau Anda sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, maka menjalankan iklan Facebook bukanlah masalah. Anda tinggal membiasakan diri untuk mengatur dan memilih set audiens di atas pada dashboard ads manager. 

Baca juga: mengembalikan akun facebook nonaktif

Namun, jika Anda belum bisa menjawab pertanyaan tersebut, mungkin ini saatnya Anda mencari bantuan. Kabar baiknya adalah ada banyak agensi di luar sana yang berspesialisasi dalam jasa iklan Facebook, dan mereka semua memiliki pendekatan yang berbeda. Mereka akan membantu Anda untuk menentukan audiens seperti apa yang akan Anda jadikan target di ad set. 

Membuat Iklan

Kita tadi sudah bermain-main dengan data dan target audiens. Sekarang saatnya Anda menggunakan sisi kreatif Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, Iklan atau Ads adalah tempat dimana Anda akan memproduksi visual yang akan ditampilkan di feed atau linimasa audiens yang Anda tuju. Secara garis besar, komponen Ads adalah :

● Headline

● Description

● Caption

● Foto / video

● URL link

Sebagai tips selain memikirkan dari sisi creative seperti gambar atau video yang digunakan. Anda juga perlu memperhatikan sisi tulisan. Headline, description, dan caption juga memiliki andil dalam menentukan apakah kamu akan menarik perhatian dari audiens. 

Iklan Anda harus menarik perhatian dengan menonjolkan benefit, memecahkan masalah, bersifat emosional. 

Terakhir, yang terkadang dilupakan oleh pengiklan adalah hal-hal teknis. Jangan sampai ketika ads Anda sudah menarik perhatian dari audiens, namun ketika di click, urlnya tidak dapat ditemukan. 

Sebelum Anda membuat iklan, pastikan juga Anda sudah memenuhi Facebook Ad Policy dan Guidelines. Iklan Anda harus relevan dengan penawaran yang Anda promosikan dan juga dengan target audiens Anda. 

Jangan sampai Anda membuat audiens merasa tertipu karena promo yang ditampilkan di Iklan berbeda dengan yang ada di landing page. 

Kesimpulan 

Sekarang, Anda sudah mengenal ketiga struktur iklan Facebook yang perlu Anda pahami. Saat membaca artikel ini, mungkin Anda masih kebingungan. Tenang saja. Menjalankan iklan di Facebook memang ada seni dan tantangannya. Ketika Anda sudah memahami struktur iklan dalam Facebook, Anda akan lebih mudah menjalankannya karena sudah mengetahui fungsi dan bagaimana menggunakannya.

www,helmykediricomn

Related Post