7 Aplikasi Untuk Membuat Mind Mapping Terbaik

by

helmy

Blogger Blog Orang IT – Mind Mapping merupakan salah satu metode brainstorming yang banyak digunakan untuk menuangkan ide – ide kreatif tentang berbagai hal. Pada tahun 1974, Tony Buzzerlah yang menjadi pencetus dari konsep pemetaan pikiran ini.

Tak hanya dijadikan sebagai suatu cara untuk membantu memudahkan banyak orang memahami informasi yang didapatkan, mid mapping juga sudah disajikan dalam bentuk grafis. Hal ini bertujuan untuk bisa menggali potensi kreativitas lebih tinggi hingga membantu pola pikir otak menjadi lebih optimal. 

Membuat Mind Mapping Terbaik

Awalnya, dalam menerapkan konsep mind mapping, masyarakat memanfaatkan kertas dan krayon sebagai alat utamanya. Kemudian beberapa alat pendamping seperti pensil warna dan spidol. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini mind mapping bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yakni menggunakan aplikasi khusus untuk mind mapping.

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Mind Mapping

Untuk memudahkan aktivitas mind mapping sehari – hari, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi mind mapping yang kami rekomendasikan di bawah ini. Apa saja?

1.Aplikasi Mind Mapping Mindomo

Rekomendasi aplikasi mind mapping yang pertama adalan Mindomo. Aplikasi ini mendukung para kreator dengan menyediakan berbagai template menarik dan bisa diakses secara cuma – cuma. Secara umum, banyak pengguna yang merasakan pengalaman “user friendly” pada aplikasi Mindomo. Apalagi bagi mereka yang menggunakan smartphone android. 

Untuk mengenalnya lebih jauh dan ingin menggunakannya sehari – hari, Anda bisa mengunduhnya langsung melalui Playstore atau bisa juga dengan mengunjungi situs resminya Mindomo.com. Seperti aplikasi pada umumnya, Anda harus melakukan login terlebih dahulu.

Beberapa mind mapping yang disediakan seperti Mind Mapping for Education, Mind Mapping for Business, Mind Mapping Personal Development, dan Mind Mapping Benefits

2.Aplikasi Mind Mapping MindMeister

Rekomendasi aplikasi mind mapping yang kedua ialah MindMeister. Jika dilihat dari tampilan grafisnya, MindMeister tampak begitu menarik dan terlihat mengesankan. Ditambah lagi banyak template yang bisa digunakan secara gratis untuk beragam kebutuhan. 

Selain itu, fitur menarik yang ditawarkan oleh MindMeister adalah salah satunya bisa berbagi ide dengan pengguna lain. Caranya cukup dengan menambahkan anggota saja pada mind map yang sudah Anda buat di MindMeister. Setelah berhasil, para anggota bisa memberikan kritik, saran hingga komentar terkait dengan pekerjaan yang sudah Anda kerjakan.

Berbagai kemudahan hingga banyaknya fitur keren yang bisa dinikmati gratis, tentu tak luput dari perhatian para pengguna. Sampai saat ini, setidaknya sudah lebih dari 13 juta yang mengunakan aplikasi Mind Mapping dari MindMeister. Angka yang begitu fantastis.

Mind Mapping dari MindMeister bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti brainstorming, kantor, pendidikan hingga berbagai karya kreatif lainnya. Untuk bisa mengaksesnya, Anda bisa menggunakan versi aplikasi yang bisa didownload langsung melalui Playstore atau versi web dengan mengunjunginya langsung melalui situs MindMeister.com

3.Aplikasi Mind Mapping Ayoa

Aplikasi Ayoa menjadi rekomendasi ketiga aplikasi mind mapping yang bisa Anda gunakan. Ayoa cenderung memiliki kesan dan gaya modern serta dilengkapi dengan banyak desain hingga elemen menarik. Menu pendukung yang bisa Anda gunakan pada Ayoa meliputi organic maps, white board, radial view, mind map dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum menggunakan Ayoa, Anda diminta untuk registrasi terlebih dahulu dan kemudian login. Aplikasi ini disediakan khusus dalam  dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar.

Untuk penggunaan versi gratis, tentu terdapat banyak pembatasan. Yang mana Anda hanya bisa membuat 5 desain board saja dengan batas maksimal hanya 500 elemen pada setiap board yang dibuat. Selain itu, Anda juga disediakan fitur menarik lain yang bisa diakses gratis seperti whiteboard dan real time collaboration.

Agar bisa mengakses fitur lebih lengkap dari Ayoa tanpa adanya batasan, Anda bisa berlangganan dengan biaya perbulan sebesar 10 dollar AS atau berkisar Rp 150 ribu.

4.Aplikasi Mind Mapping MindMup

Rekomendasi ke empat ada MindMup. Anda bisa menggunakan sepuasnya tanpa harus bergabung menjadi member terlebih dahulu. Aplikasi ini memang benar – benar bisa dianggap sebagai surganya para kreator karena bisa mendapatkan berbagai fitur gratis tanpa adanya batasan sama sekali. 

Hanya saja setiap dokumen mind mapping yang Anda buat, memiliki masa kadaluarsa yakni 6 bulan terhitung sejak pembuatan dokumen tersebut.

Untuk bisa menggunakan aplikasi MindMup, Anda bisa mengunjungi situs MindMup.com, kemudian silahkan Create a Free Map. Selanjutnya, Anda sudah bisa berkreasi sesuka hati dengan beragam templat yang sudah disediakan.

5.Aplikasi Mind Mapping Coggle

Rekomendasi kelima aplikasi mind mapping yang bisa Anda gunakan ada Coggle. Untuk para pemula dan penggemar dunia desain minimalis, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda semua pilih. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat mind mapping dengan menerapkan konsep diagram alir (flowchart).

Coggle juga bisa digunakan secara gratis dengan banyak fitur menarik tanpa adanya batasan. Misalnya saja seperti menyisipkan link, membuat cabang tanpa batas, hingga mendownload dokumen yang sudah Anda buat dalam bentuk format JPEG, PDF dan TXT.

Untuk bisa menggunakannya, Anda bisa mengakses situs resminya di Coggle.it. Lalu silahkan registrasi dengan akun email pribadi dan login untuk menikmati segala fitur yang ditawarkan.

6.Aplikasi Mind Mapping Simple Mind

Selanjutnya, ada aplikasi mind mapping dari Simple Mind yang kami rekomendasikan untuk Anda. Hanya dengan memanfaatkan smartphone saja, Anda sudah bisa membuat peta konsep dengan tampilan menarik secara gratis. 

Meski disediakan dalam versi gratis, Simple Mind juga tak terlihat memunculkan iklan, sehingga Anda bisa lebih leluasa dan nyaman saat sedang menggunakan beragam fitur yang disediakan oleh Simple Mind.

Untuk bisa menggunakan dalam versi aplikasi berbasis android, silahkan lakukan pengunduhan terlebih dahulu melalui Playstore. Namun jika Anda lebih nyaman menggunakan versi web juga disediakan dengan mengunjungi situs SimpleMind.eu (khusus untuk layanan versi berbayar).

7.Aplikasi Mind Mapping Canva

Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia desain grafis, pastinya tak akan asing lagi dengan aplikasi satu ini. Rekomendasi terakhir ada aplikasi dari Canva.

Ternyata, Canva tak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat presentasi atau poster saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat mind mapping.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, silahkan ketikkan mind mapping pada pencarian. Tak butuh waktu lama akan banyak templare yang relevan mulai bermunculan dan bisa Anda gunakan untuk membuat mind mapping.

www3.helmykediri..com

Related Post