Penulisan Artikel SEO dan Teknik Copywriting

by

helmy

 Apa itu copywriting SEO?

Blog Orang IT – Copywriting SEO adalah proses menulis dan menyusun konten situs yang dioptimalkan untuk perayapan dan pengideksan mesin pencari. Proses penulisannya harus memperhitungkan niat pengguna. Ini mencakup;

Bagaimana cara pembaca menelusuri di Google dengan kata kunci?

Pertanyaan apa yang mereka ajukan?

Apa yang sebenarnya mereka ingin?

Konten harus terstruktur dengan cara tertentu agar lebih mudah “dipahami” oleh mesin pencari dan diberi peringkat posisi teratas. Apapun yang Anda tulis, harus memikirkan pembaca terlebih dahulu dan membuat mereka mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

Mengapa Copywriting SEO penting?

Tujuan utama adalah untuk memberi peringkat konten agar berada diposisi pertama halaman SERP pencarian Google sehingga menghasilkan trafik organik untuk situs Anda.

Mengapa situs atau blog baru tidak mendapatkan trafik organik?

Karena situs Anda tidak memiliki peringkat yang baik untuk istilah pencarian atau pertanyaan apapun yang dicari pengguna. Namun, Anda yakin bahwa konten berkualitas dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya dan menarik calon pelanggan baru. Anda harus melukan penulisan SEO dengan benar.

Cara menulis konten yang memenuhi kaidah SEO

Dengan sedikit metode, Anda akan mendapat hasil yang baik. Berikut topik yang akan kita bahas:

Menentukan topik utama konten

Mengoptimalkan Struktur Tulisan untuk pencarian

Menulis artikel dengan mempertimbangkan SEO

Sebagian besar pakar SEO menyarankan untuk membuat konten artikel yang panjang dan tetap fresh (hijau).

Konten tersebut merupakan topik dari berbagi sudut dengan banyak informasi terperinci. Artikel sepanjang 2000 kata ini cenderung berperingkat tinggi dan menghasilkan lebih banyak prospek.
Proses pembuatannya mudah:
Mulailah dengan topik utama dan cari kata kunci lain untuk ditargekan
Atur ide. Analisis topik yang sudah dibahas oleh situs peringkat teratas.
Tulis dan buat konten yang menarik

Memulai dengan topik yang bagus

Tentukan topik

Anda harus memulai dengan bertanya pada diri sendiri apa yang menjadi tema utama artikel Anda dan apa yang ingin dibagikan kepada pembaca. Topik dapat diringkas dalam satu kalimat yang mengungkapkan esensi konten Anda.

Riset kata kunci

Setelah menentukan topik artikel, lakukan riset kata kunci.
Anda harus harus memahami maksud pencarian pembaca. Buka Google dan tempatkan diri sebagai pembaca. Masukkan kueri penelusuran selaras dengan topik utama untuk mulai mengumpulkan ide kata kunci. Google sudah memberi Anda informasi berharga tentang maksud pencarian, ini dapat membantu untuk membuat daftar kata kunci.
suggest pencarian

Fitur Google, seperti; people also ask, suggest keyword dan related keyword.

Susun salinan draft artikel

Setelah menentukan topik dan menemukan kata kunci utama, mulailah dengan menyusun kerangka artikel Anda. buat draft struktur artikel dengan menuliskan semua ide, wawasan dan referensi yang Anda temukan tentang topik tersebut.
 

Lihat pesaing untuk membuat konten yang lebih baik

Ingatlah, Anda harus membuat konten yang luar biasa dan lebih mendalam. Buat konten yang lebih baik agar pengguna mendapat pengalaman hebat, ini akan menjadi faktor penting penentu peringkat utama.
Akan sulit untuk mendapat peringkat dengan artikel sepanjang -800 kata ketika pesaing menulis 2000+ kata. Anda harus membangun teknik yang disebut “Sky Scrapper”. Teknik ini mencakup beberapa prinsip, yaitu;
Konten harus lebih panjang
Lebih up-to-date
Dirancang lebih baik
Lebih teliti
Artinya, Anda harus membuat konten 10X lebih baik dari pesaing Anda.
Bagaimana membuat konten 10X lebih baik?
Pahami topik dan sup-topik apa yang pesaing buat. Gabungkan pengalaman Anda dan mulailah memanfaatkan konten tersebut, dan buat artikel yang lebih baik untuk menguguli halaman teratas tersebut.
Setelah Anda menemukan cara untuk mendalami suatu topik, buat konten baru dan berikan gambaran lengkap tentang subjek untuk menyenangkan pengguna. Pengalaman pengguna memainkan peran penting dalam keberhasilan situs/blog Anda. Sisanya;
  • Buat artikel terstruktur dengan baik.
  • Membuat konten yang SEO Friendy Struktur artikel yang mudah dibaca
  • Artikel Anda harus mudah dibaca dan dapat mengurai mata pembaca.
Manfaatkan 5 detik pertama saat pengguna membaca artikel, Anda harus:
Perkenalkan topik dan kata kunci utama di paragraf pertama.
Sertakan kata kunci turunan dan maksud tulisan pada paragraf kedua.
Atur artikel di sekitar heading yang jelas (H1, H2, H3) dan buat tiap paragraf tidak terlalu panjang
Tandai informasi penting dengan huruf tebal, miring atau garis bawah 
Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Buat Artikel lebih panjang

Saat ini, halaman yang masuk top #1 di pencarian Google rata-rata memiliki artikel sepanjang 2000+ kata.
Jumlah kata bukanlah faktor pasti peringkat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konten sepanjang 2000+ kata lebih baik dari konten sepanjang 800 kata. Salah satu alasannya adalah artikel yang lebih panjang menghasilkan lebih banyak tautan. Dan ini merupakan faktor peringkat SEO yang penting.
Jadi, jika Anda bertanya berapa banyak kata seharusnya di setiap artikel? Jawabannya, lihat kompetitor dan buatlah lebih banyak

Sertakan gambar dan video

Gambar dapat membuat pembaca memahami konten lebih mendalam. Satu gambar bernilai seribu kata. Ini berarti, dengan gambar atau video dapat memberikan pengalaman hebat kepada audiens Anda.
Keuntungan lain, apabila konten menyertakan video, ini menambah durasi waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda. Ini juga merupakan salah satu faktor SEO. Google menafsirkan waktu yang dihabiskan di halaman sebagai sinyal positif dan mendorong konten Anda keperingkat atas.
Dari perspektif SEO Teknis, jangan lupakan atribut ALT

Buat judul yang bagus

Judul yang menarik meningkatkan Rasio Klik Tayang
Secara tidak langsung judul memiliki pengaruh SEO, judul yang baik memberitahukan Google bahwa artikel Anda layak dibaca. Beberapa studi menyarankan tag judul yang berisi pertanyaan, ini dikarenakan memilki RKT 14% lebih tinggi.
Dalam penelitian yang sama, Anda akan mendapat informasi seperti ini:
Tag judul antara 15 hingga 40 karakter memiliki RKT tertinggi.
Judul dengan Power Words, memiliki RKPT 13% lebih tinggi.
Judul dengan sentimen positif atau negatif meningkatkan RKT hingga 7%.

Buat URL Ramah SEO

URL adalah meta informasi lain yang ditampilkan kepada pembaca di SERP. Penting untuk membuat URL  terlihat pendek dan berisi kata kunci utama. URL yang mengandung kata kunci memiliki RKT 45% lebih tinggi dibandingkan dengan URL yang tidak mengandung kata kunci.
url pada address bar

Buat daftar isi

Untuk konten sepanjang 2000+ sebaiknya dibuatkan daftar isi. Ini akan membantu pengunjung mengenali konten artikel dan dapat langsung mencari bab sub bab yang mereka inginkan.
Ini menguraikan semua yang tercakup dalam artikel. Google sering menjadikan daftar isi sebagai cuplikan unggulan. Daftar isi sebaiknya diletakan sesudah paragraf 2 dan sebelum paragraf 5.

Sertakan tautan internal 

Penting untuk memperkaya isi artikel dengan konten Anda sendiri. Anda mungkin memiliki artikel lain yang memberikan informasi tambahan kepada pembaca (ini tentang meningkatkan pengalaman pengguna). Menautkan artikel lainnya dapat mendorong google memahami konten lebih mendalam.

Penutup 

Pada akhirnya, setelah dipublikasikan, kirim artikel anda ke Google Search Console untuk di Indeks. Dan jaga agar konten Anda tetap uptodate, artikel tanpa pembaruan lebih dari 3 bulan adalah kadaluarsa.
Konten masih menjadi raja. Dan konten berbasis tulisan masih merupakan konten paling populer yang banyak dicari secara online.
Dengan mengikuti proses yang sistematis, akan meningkatkan peluang peringkat tinggi di Google. Proses yang dijelaskan dalam postingan ini dapat membantu Anda menulis artikel yang komprehensif dan panjang.
www..helmykediricom

Related Post