Cara menganalisis metrik SEO pada blog

by

helmy

Blog Orang IT –  Analisis situs adalah bagian penting dari optimasi mesin pencari, dan ini tidak dapat dilakukan tanpa bantuan alat. Mengunakan alat yang tepat untuk melacak dan menganalisis kinerja situs akan membantu menjawab pertanyaan penting tentang SEO, diantaranya:

Kata kunci apa yang dapat rangking di Google

Berapa rasio klik-tayang halaman pada hasil pencarian

Dari negara mana pengunjung berasal

Saluran mana yang membawa trafik lebih banyak

Bagaimana pengunjung terlibat dengan halaman

Apa halaman yang sering dikunjungi

Untuk membantu Anda memahami dasar-dasarnya, kita akan membahas 2 alat analisis penting yang harus dimiliki setiap pemilik situs, yaitu:

Google Search Console,

Google Analytics, 

1. Google Search Console (GSC)

Google Search Console (GSC) adalah alat SEO gratis yang membantu webmaster melihat kinerja situs mereka di Google Penelusuran dan pengoptimalan visibilitas situs
Beranda Google Search Console

(perlu diketahui: Untuk menyiapkan GSC, Anda harus terlebih dahulu menambahkan situs dan memverifikasi kepemilikan situs.) kunjungi https://search.google.com/search-console untuk menambahkan situs dan ikti petunjuk yanga ada.
GSC terdiri dari beberapa menu mulai dari rangkuman dari kinerja situs hingga laporan masalah kristis yang harus diperbaiki
Performa – memberi wawasan tentang performa situs di hasil Google Penelusuran
Inspeksi URL – memberi informasi tentang indeks halaman Google dari setiap post
Cakupan – Menunjukkan halaman yang diindeks dan melaporkan jika ada masalah pengindeksan
Peta Situs – memungkinkan pengguna untuk menambahkan peta situs baru dan melihat kiriman URL atau masalah yang ada
Penghapusan – berfungsi untuk memblokir sementara atau menghapus halaman dari hasil pencarian
Penyempurnaan – memberikan informasi tentang penyempurnaan seperti AMP, tautan situs, news dll. 
Tindakan manual – Menunjukan apakah situs mendapat penalti manual dari Google atau tidak
Masalah keamanan – Melaporkan masalah keamanan yang terdekteksi, infeksi malware dsb
Tautan – memberikan gambaran umum tentang Internal link dan external yang terkait

Laporan kinerja situs

Laporan Kinerja memberikan gambaran rinci tentang kinerja situs di Google penelusuran. Ini terdiri dari tiga fungsi utama yang dapat di analisis untuk melihat data yang Anda butuhkan;
1. Filter teratas – memilih jenis pencarian, rentang tanggal, dan grafik
2. Metrik – 4 metrik utama; klik, tayangan, RKT, dan posisi rata-rata
3. Tab dengan tabel data – memilih data berdasarkan kueri, negara pengunjung dll yang diinginkan dalam tabel.
tab analisis webmaster

metrik search console
Selain data dasar tentang kueri pencarian dan halaman teratas, laporan kinerja adalah faktor penting dari berbagai wawasan yang lebih mendalam tentang kinerja situs pada pencarian Google. Mari kita lihat beberapa fitur penggunaan khusus:

Memecahkan masalah penurunan kinerja

Saat menganalisis perubahan kinerja situs, coba temukan akar masalahnya dengan memeriksa berbagai menu untuk menemukan apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya penurunan grafik. Terkadang kinerja situs secara keseluruhan dapat dipengaruhi oleh masalah sepele; mengganti tag negara, penurunan peringkat dari beberapa kata kunci akibat isi konten sudah kadaluarsa atau error akibat tautan mati 404 pada struktur pembangun template
Buat perbandingan   berdasarkan   kerangka   waktu   (Filter   tanggal-bulan-tahun ) untuk melihat perubahan terbesar bila dibandingkan periode sebelumnya.

Temukan halaman yang membutuhkan pengoptimalan RKT

Lihat kueri yang berkinerja terburuk umumnya memiliki rasio klik-tayangan rendah, ini dapat dilihat melalui metrik RKT rata-rata atau membandingkan jumlah tayangan dan klik.
Ada kemungkinan besara Anda dapat meningkatkan RKT dengan menulis tag judul dan deskipsi meta yang lebih baik untuk halaman yang diberi peringkat
hitung rkt

Bandingkan kinerja situs di dekstop dan seluler

Difilter bagian atas, pilih menu perangkat dan pilih sub Bandingkan. Anda akan melihat perbandingan kinerja situs di dekstop dan seluler kemudian ambil langkah yang tepat untuk mengoptimalkan situs
dekstop vs seluler

Temukan kata kunci yang dapat di rangking dengan mudah

Di tabel grafik, gunakan filter hanya untuk menampilkan kueri yang diperingkat pada posisi 20 atau kurang
Setelah menemukan kata kunci tersebut, alihkan ke tab “halaman” untuk melihat halaman yang diberi peringkat untuk itu. Ini mungkin adalah halaman yang hanya membutuhkan sedikit optimasi untuk mendapatkan peringkat #1
Lihat apakah Anda dapat meningkatkan halaman yang menargetkatkan kata kunci, atau membuat konten baru yang lebih baik.

Bandingkan penelusuran bermerek dan yang tidak

Anda dapat menggunakan filter teratas untuk menampilkan kueri yang menyertakan nama merek (Blog Orang IT, Mas Badak, Suhu SEO Dua etc). Anda akan melihat seberapa banyak trafik yang berasal dari kata kunci bermerek dan bagaimana kinerja kata kunci tersebut di Google Penelusuran.

2. Google Analytics (GA)

Ini adalah alat analisis situs gratis yang melacak dan melaporkan trafik serta perilaku pengguna. Masalahnya, banyak pemula yang kebingungan saat membuka GA (padahal sederhana banget interfacenya), ini wajar dikarenakan ada banyak laporan, ada banyak metrik, banyak grafik yang berbeda dan navigasi yang terlihat rumit.
Jenis data apa yang dapat ditemukan di Google Analytics?
GA terdiri dari berbagai laporan. Pada beranda menampilkan rangkuman singkat tentang metrik kinerja dasar. Untuk melihat lebih banyak, Anda dapat menavigasi ke laporan terperinci.
Laporan dibagi menjadi 5 kategori utama berdasarkan jenis data yang mereka berikan, Anda dapat menemukannya di menu navigasi sebelah kiri.
 
Kita jelaskan sedikit tentang menu navigasi
navigasi google analytic
Real-Time – aktivitas pengguna seperti yang terjadi secara real time
Audiens – Semua yang perlu diketahui tentang latar belakang pengunjung
Akuisisi – asal trafik dan halaman perujuk teratas
Perilaku – tentang yang dilakukan pengunjung
Konversi – detail tentang bagaimana pengunjung mengkonversi, misalnya pembelian, langganan, klik tautan dll.

Ringkasan data

Disetiap laporan. Anda dapat mensegmentasikan data lebih lanjut untuk melihat hasil terperinci berdasarkan kebutuhan spesifik. Segmentasi dan pemfilteran sangat penting dalam memilih data yang tepat untuk analisis Anda.
gambaran kasar

Rentang tanggal

Memilih kerangka waktu yang tepat adalah hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengoptimasi dengan layanan analitik apapun. Anda dapat mengidentifikasi setiap laporan dengan memilih rentang tanggal di kanan atas. Ini memungkinkan Anda untuk melihat perkembangan data dalam kerangka waktu tertentu atau membandingkan dua periode waktu.
Segmen
Segmen adalah sub-kumpulan berbagai data di GA. Anda dapat memilih salah satu segmen standar, misalnya trafik organik, trafik dari seluler atau membuat dan menyimpan yang baru untuk mempercepat pekerjaan Anda. Anda dapat membuat segmen tertentu yang hanya akan menampilkan trafik blog organik sehingga dapat menganalisis jangkauan organik artikel Anda secara terpisah dari halaman lain.
Berikut tampilan pengaturannya
 
Dimensi sekunder
Dimensi sekunder adalah dimensi tambahan yang dapat ditambahkan ke dimensi utama dari laporan yang diberikan. Dalam semua laporan halaman yang menampilkan halaman teratas, Anda dapat menambahkan dimensi sekunder jenis pengguna untuk melihat proposi pengunjung baru vs pengunjung kembali untuk setiap halaman.
Pencarian
Ada opsi pencarian sederhana di atas setiap tabel untuk memfilter hasil.
Laporan yang paling berguna
Untuk menjelaskan semua fitur dan laporan data yang ada di GA, mungkin Anda memerlukan panduan tambahan. Tetapi pada kenyataannya, pengguna pemula akan baik-baik saja dengan tetap berpedoman pada beberapa laporan dasar.
Berikut beberapa yang harus diperhatikan;
1. Lihat halaman yang paling banyak dikunjungi
Perilaku-konten situs-semua halaman
Laporan semua halaman adalah laporan paling dasar dan salah satu alasan utama kebanyakan orang menggunakan GA – untuk melihat berapa banyak trafik yang didapat halaman.
Ini sangat membantu dalam menentukan apa yang diminati pengguna saat mengunjungi situs Anda dan membuat keputusan tentang halaman apa yang perlu diperbaiki.
AVvXsEiTZB7VIsGjSy4ymzsaTaaa0zcq63KcM463d0Fjsg L4etWK6OrEbBYUYnMOthQOOJNitxnfjk52j5IiWkE9PaQyjvvBc 7qfhO1I Tlmy tCP7 fT0baB1gQC3o5gNK61cDAzred3qKsmT7OZIMS7RFOWWGjDKr0HAWhoGyG7m og FFGTkLGdlCl8 Cara menganalisis metrik SEO pada blog
1. Lihat halaman pertama yang dikunjungi
Perilaku-konten situs-halaman arahan
 
Laporan halaman arahan sangat mirip dengan laporan semua halaman, tetapi hanya menampilkan laman teratas yang digunakan pengunjung untuk masuk ke situs.
Ini juga merupakan laporan yang bagus untuk digunakan saat menganalisis trafik organik dari Google (halaman yang dikunjungi dengan mengklik dari penelusuran selalu merupakan halaman arahan).
2. Temukan sumber trafik
Akuisisi-semua trafik
Anda perlu juga mengetahui darimana trafik berasal, laporan semua trafik mencakup berbagai bagian;
Saluran – lihat persentase trafik menurut saluran trafik paling umum, seperti; organik, rujukan, medsos dll.
Sumber/media – lihat asal trafik dan kategori sumber, misalnya; Google (organik), Bing (organik).
Rujukan – lihat halaman teratas yang merujuk trafik ke situs Anda.
Misalnya, Anda melihat lonjakan trafik
Anda dapat membuka laporan Sumber/media, membandingkan dua periode waktu untuk melihatmkombinasi sumber media yang memiliki peningkatan pengguna terbesar jika dibandingkan dengan periode waktu sebelumnya.
 
Setelah Anda menemukannya, Anda dapat menambahkan bebagai dimensi sekumder untuk menemukan informasi lebih lanjut, misalnya; sekunder halaman arahan untuk melihat laman yang pertama dimasuki oleh pengunjung atau dimensi sekunder negara.
3. Kenali pengunjung
Audiens-Demografi;audiens-gender-lokasi
GA dapat memberi wawasan tentang audiens. Yang bermanfaat adalah demografi; usia, jenis kelamin dan lokasi. Berikut tampilan laporan yang dimaksud:
AVvXsEjaAoVRaCsYs3KfuJyJoaPRGhHRZ 48PHA6 ZnI5K dB Wq8zuv5holU1bqQLKwXiPdxVcVTDtNQrIL1Dk4CJ5JiZexj7vvSzUrnRKxFFjeC9PNRdPkuVbktj2QCfkH9rmQBAk CKw6mlbdKE5aakjROTfNNleO7G9OecNtvZOWJIFp2B6HEkJ0Ipfm Cara menganalisis metrik SEO pada blog
Metrik yang paling berguna
GA hadir dengan berbagai metrik yang mengukur tiga hal:
Metrik akuisisi – berapa banyak trafik yang di dapatkan
Metrik perilaku – Bagaimana orang terlibat dengan situs
Metrik konversi – pencapaian sasaran
Metrik akuisisi trafik
Metrik akuisisi trafik paling umum dan sering membingungkan, jadi kita bahas sedikit perbedaan.
1. Pengguna
Pengguna adalah pengunjung individu ke situs Anda, lebih banyak kunjungan dari
pengguna yang sama tidak meningkatkan jumlah pengguna.
2. Sesi
Sesi periode waktu ketika pengguna secara aktif menjelajahi situs.
3. Tampilan halaman
Tampilan halaman dihitung setiap kali pengguna mengunjungi halaman, jika halaman dikunjungi oleh satu pengguna, beberapa tampilan halaman akan dihitung, sehingga tampilan halaman selalu lebih tinggi dsri pada jumlah sesi atau pengguna,
 
Metrik keteribatan yang menarik adalah presentase pengunjun yang kembali. Anda bisa menemukannya di ikhtisar audiens.
AVvXsEiqokWvVJf9Od0C Wds7Dfu OSfG1qUkMPREJ7Oijoji6ydcXuY66uhh5lv9CBY20ByMWKi5RdObTDLHvKIUDwQY1B72OfX9vD6vKVmrTt Cara menganalisis metrik SEO pada blog

Tingkat Bouncing / rasio pentalan
Metrik rasio pentalan menunjukkan presentase pengunjung yang meninggalkan situs tanpa tindakan apapun. Rasio pentalan yang tinggi tidak selalu merupakan hal yang buruk, tapi secara umum adalah baik jika rasio pentalan rendah.
Halaman per sesi
Metrik ini menunjukkan berapa banyak halaman yang dikunjungi penguna dalam satu sesi.
Metrik halaman per sesi dapat menjadi indikator yang baik dari keseluruhan keterlibatan. Untuk meningkatkan rasio, pikirkan tentang cara cara membuat pengunjung mengklik halaman lain.
Tambahkan postingan produk (bila ada)
Masukan kota “bacaan lebih lanjut”
Buat tautan ke halaman yang relevan dalam teks jangkar
Waktu rata-rata/ durasi sesi
Kedua metrik berbasis waktu di GA memiliki masalah dalam hal akurasi, jadi panduan ini tidak menyarankan untuk menarik kesimpulan besar berdasarkan dua metrik ini. Jika Anda ingin memilih salah satunya, waktu rata-rata di halaman adalah indikator yang lebih baik tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda.
Pelacakan peringkat
Pelacakan peringkat adalah proses memantau kinerja situs di mesin pencari untuk kata kunci terpenting. Tidak seperti Google Search Console dan Google Analytics, pelacak peringkat biasanya merupakan alat yang jauh lebih sederhana tetapi sangat efektif
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan mengakhiri bab ini dengan beberapa tips tentang cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat kemajuan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu melihat gambaran yang lebih besar daripada terobsesi dengan setiap perubahan kecil setiap hari. Disisi lain, Anda hampir tidak pernah bisa menarik kesimpulan dari laporan standar jika ada perubahan yang tidak terduga.
Aturan analitik pertama adalah selalu menggali sedalam mungkin untuk menemukan akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap saat, tetapi ada baiknya untuk memiliki gambaran dasar untuk menghindari salah tafsir data.
Selalu berusaha untuk memahami konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja tetapi cari alasan mengapa Anda harus melakukannya. Misalnya, saat mencoba memecahkan masalah penurunan peringkat, mungkin ada berbagai alasan, baik internal maupun eksternal;
Perubahan terbaru di situs
Pembaruan algoritma Google
Masalah teknis atau penghentian situs
Tindakan manual Google
Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini – yang berarti Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah selanjutnya.
Gunakan anotasi untuk menambahkan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan membantu Anda membuat anotasi untuk menambahkan kontek ke dhasbor analitik.
Anda dapat memberi anotasi ada tindakan atau peristiwa tertentu untuk melihat apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs, sebagai contoh;
 
Pembaruan algoritma Google
Setiap perubahan signifikan di situs
Pembaruan artikel
Memulai kampanye pemasaran
Masalah dan penghentian situs
Siapkan peringatan untuk diberitahu tentang perubahan dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk mengatur peringatan email yang akan memberitahu Anda jika kondisi tertentu terpenuhi. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap mendapat informasi apabila ada perubahan dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menunggu pada layar tabel data. 
Kiat dan praktik terbaik analitik
Kita akan mengakhiri bab ini dengan beberapa tips tentang cara mengukur kinerja situs
secara efektif.
Lihat kemajuan keseluruhan dan gali detailnya
Kinerja situs kemungkinan besar akan akan berfluktasi dari hari ke hari. Itula mengapa perlu melihat gambaran yang lebih besar daripada terobsesi dengan setiap perubahan kecil setiap hari. Disisi lain, Anda hampir tidak pernah bisa menarik kesimpulan dari laporan standar jika ada perubahan yang tidak terduga.
Aturan analitik pertama adalah selalu menggali sedalam mungkin untuk menemukan akar masalahnya.
Pahami metriknya
Ingatlah bahwa Anda tida perlu menaganalisis semua metrik setiap saat, tetapi ada baiknya untuk memiliki gambaran dasar untuk menghindari salah tafsir data.
Selalu berusaha untuk memahami konteksnya
Jangan mengambil data begitu saja tetapi cari alasan mengapa Anda harus melakukannya. Misalnya, saat mencoba memecahkan masalah penurunan peringkat, mungkin ada berbagai alasan, baik internal maupun eksternal;
Perubahan terbaru di situs
Pembaruan algoritma Google
Masalah teknis atau penghentian situs
Tindakan manual Google
Kesalahan dalam alat pelacak
Pemeriksaan menyeluruh pada GSC, GA dan alat pelacak akan memberi anda pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini – yang berarti Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah selanjutnya.
Gunakan anotasi untuk menambahkan konteks
GA dan sebagian besar pelacak peringkat akan membantu Anda membuat anotasi untuk menambahkan kontek ke dhasbor analitik.
Anda dapat memberi anotasi ada tindakan atau peristiwa tertentu untuk melihat apakah tindakan tersebut memengaruhi kinerja situs, sebagai contoh;
 
Pembaruan algoritma Google
Setiap perubahan signifikan di situs
Pembaruan artikel
Memulai kampanye pemasaran
Masalah dan penghentian situs
Siapkan peringatan untuk diberitahu tentang perubahan dramatis apapun
Sebagian besar alat analitik memungkinkan untuk mengatur peringatan email yang akan memberitahu Anda jika kondisi tertentu terpenuhi. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap mendapat informasi apabila ada perubahan dramatis apapun tanpa menghabiskan waktu untuk menunggu pada layar tabel data. 
www3.Helmykediricom,

Related Post