Cara Ekstrak RAR Online (daftar situs extract file rar online)

by

helmy

Blogger Kediri Orang IT – Banyaknya file yang ingin kita kirim, seringkali menjadi kendala. Tidak mungkin kan saat kita hendak kirim file banyak dilakukan secara manual satu persatu. Cara ini pastinya buang – buang waktu saja dan membuat Anda pusing. 

Belum lagi pihak penerima yang juga akan merasa kerepotan karena harus download file satu persatu. Ditambah pula harus mencari deretan file yang sudah didownload tadi, rasa pusing kian memuncak.

Mulai sekarang jangan lagi pakai cara lama yang tidak efektif dan efisien tersebut. Jika ada cara yang lebih mudah, mengapa tidak dimanfaatkan saja? Anda bisa mengirimkan banyak file dengan sangat mudah, dengan mengubahnya ke dalam satu wadah. Pengirimannya pun cukup 1 lampiran saja. Kok bisa ya?

Mau tau caranya? baca sampai selesai ulasan yang diberikan di bawah ini!

Konversi File atau Folder ke Format RAR Manual (Offline)

Sudah pernah mendengar format RAR? Format RAR adalah hasil dari konversi beberapa file yang disatukan menjadi satu tempat dengan ukuran yang lebih kecil. Cara ini sangat efektif dan efisien untuk membantu Anda dalam mengirim file dalam jumlah banyak. Terutama saat ingin membagikan file tersebut melalui email, whatsapp maupun media lainnya.

Lantas bagaimana cara konversi file atau folder ke format RAR tersebut?

Untuk bisa merubah file ke format RAR, Anda harus menggunakan bantuan aplikasi khusus yang sudah banyak beredar di internet. Langkah – langkahnya antara lain :

Siapkan file atau folder yang ingin diubah formatnya.

Jika sudah, langsung saja klik kanan pada file atau folder tersebut.

Cari fitur Winrar (https://www.win-rar.com/download.html) kemudian pilih Add to Archive.

Kemudian akan muncul jendela General.

Silahkan isi Archive Name sesuai nama file atau folder yang diinginkan dengan tetap menambahkan (.rar).

Pilih Archive format RAR dan terakhir klik oke.

Secara otomatis file atau folder Anda akan berubah menjadi format RAR.

Konversi File ke Format RAR Online

Jika Anda tak memiliki aplikasi Winrar di laptop atau PC, cara online bisa dijadikan sebagai alternatif tanpa harus menginstal aplikasi apapun terlebih dahulu. Langkah – langkahnya antara lain :

Silahkan buka browser yang ada di laptop atau PC Anda terlebih dahulu (disarankan untuk menggunakan browser google chrome saja).

Salah satu rekomendasi website yang bisa digunakan adalah Anyconv.com.

Pada halaman utama, Anda akan menemukan button ‘Choose File berwarna merah.

Langsung saja klik button tersebut dan pilih file mana yang ingin dikonversi menjadi format RAR.

Setelah file berhasil terupload, silahkan klik tanpa panah ke bagian bawah untuk menentukan format mana yang akan digunakan (pilih RAR atau ZIP). 

arsip rar online

Lanjutkan dengan mengklik button ‘Convert’.

Tunggu sebentar sampai proses convert selesai (kecepatannya tergantung pada kondisi jaringan internet).

Setelah selesai, silahkan langsung download saja file berformat RAR tersebut.

Cara Memberi Kata Sandi (Password) Pada RAR

Agar data Anda lebih aman, setiap RAR yang dianggap penting, ada baiknya diberikan perlindungan sebelum dikirim ke pihak lain untuk menjaga keamanan data itu sendiri. Caranya bisa membekali RAR menggunakan kata sandi atau password. Lantas bagaimana caranya?

Siapkan file yang ingin diubah formatnya menjadi RAR

Klik kanan pilih Winrar (https://www.win-rar.com/download.html) kemudian Add to Archive

Kemudian akan muncul jendela General.

Silahkan isi Archive Name sesuai nama file atau folder yang diinginkan dengan tetap menambahkan (.rar).

Pilih Archive format RAR.

Silahkan klik button Set Password dan tetapkan password (hindari penggunaan nama, tanggal lahir maupun kombinasi antara keduanya)

Klik Oke, Anda akan kembali ke jendela General dan klik Oke kembali

Secara otomatis file atau folder Anda akan berubah menjadi format RAR disertai dengan fitur keamanan.

Cara ini hanya bisa dilakukan dengan melalui cara manual saja ya, dengan menggunakan aplikasi Winrar.

Daftar Situs Extract File RAR Online

Untuk memudahkan proses extract file menjadi format RAR secara online, Anda bisa menggunakan beberapa situs populer yang banyak digunakan para pekerja kantoran maupun pebisnis di bawah ini. Apa saja rekomendasi situs extract file RAR terbaik yang bisa digunakan? Ini dia rekomendasinya!

Baca juga: Cara buat winrar menjadi full version

1.AnyConv.com (https://anyconv.com/)

Situs ini menawarkan kemudahan dan tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengkonversi segala bentuk file menjadi format RAR tau ZIP. Langkah – langkahnya sangat mudah yang bisa Anda ikuti seperti penjelasan di atas tadi.

2.EzyZip (https://www.ezyzip.com/)

Untuk bisa menggunakan EzyZip juga direkomendasikan untuk membukanya dengan browser google chrome saja. Langkah – langkah extract file menggunakan EzyZip bisa Anda ikuti seperti cara di bawah ini :

Buka situs https://www.ezyzip.com/.

Klik button ‘Select File to Archive’ berwarna biru di sudut kiri atas yang ada pada halaman utama.

Klik file yang ingin di extract dan klik Open.

Jika Anda salah pilih file, bisa langsung menggunakan fitur Reset.

Kemudian untuk melanjutkan klik  Zip File (terdapat tiga kategori yang bisa Anda pilih pada tanda panah ke bawah yakni No Compression, Medium Compression dan Max Compression).

Silahkan klik Save Zip File, beri nama, pilih tempat penyimpanan yang mudah ditemukan (Dekstop) dan klik oke.

Secara otomatis file RAR atau ZIP sudah muncul di Desktop.

3.Situs Files2Zip.com

Cara penggunaan situs ini hampir sama dengan situs RAR lainnya. Silahkan kunjungi Files2Zip.com terlebih dahulu. Nantinya Anda akan menemukan dua pilihan button yakni “ Select File dan Select Folder” yang disediakan secara terpisah. Untuk selanjutnya, silahkan ikuti langkah – langkah sesuai petunjuk saja.

4.B1 Online Archiver (http://online.b1.org/online)

Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mengunjungi situs http://online.b1.org/online terlebih dahulu. Pada halaman utama, Anda akan menemukan button berwarna biru “Click Here (to select an archive from your computer)”. Silahkan klik dan pilih file atau folder yang ingin diubah formatnya. Klik open, tunggu sampai proses ekstraksi selesai dan Anda bisa langsung mendownloadnya.

Selain itu, masih ada beberapa rekomendasi situs lain yang juga bisa Anda manfaatkan seperti ekstrak.me, funzip, extendsclass, unzip-online.com, aspose, 11zon, zip extractor dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara hingga situs online yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan proses konversi file atau folder menjadi berformat RAR. Dengan menggunakan cara ini, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan space penyimpanan bisa lebih hemat.

…helmykediri..com

Related Post