Mengenal Cara Kerja Mesin Pencari Google (Garis Besar)

by

helmy

Apa itu mesin mencari?

Mesin pencari adalah layanan online yang membantu menemukan informasi di internet. Contohnya seperti Google, bing, yandex dst… meski sebenarnya Google merupakan satu-satunya yang perlu Anda ketahui karena pangsa pasarnya sangat besar bahkan saat ini hampir setiap orang menggunakan Google.

Berdasarkan data yang saya lihat di situs Statcounter pada tahun 2022 ini, grafik pangsa pasar mesin pencari diseluruh dunia, Google berada diposisi teratas dengan 92.31% pengguna. Sementara 7.69% masih menggunakan mesin pencari Yahoo, Bing, Yandex, Baidu dan lainnya.

pangsa mesin pencari terpopuler

Cara kerja mesin pencari

Proses kerja mesin pencari terdiri dari tiga langkah utama, yaitu;

1. Merayapi

2. Mengindeks

3. Menentukan hasil 

Dan akhirnya menampilkan hasil kepada pengguna google.

alur kerja mesin pencari
Cara kerja mesin pencari

Perayapan

Perayapan adalah proses dimana mesin pencari memindai semua halaman situs di internet secara terus menerus. Ini menggunakan program kecil yang disebut crawler atau bot untuk mengikuti semua hyperlink dan menemukan halaman baru serta pembaharuan halaman yang telah ditemukan sebelumnya.
Martin Splitt, seorang analis Google Tren menjelaskan hal ini dengan cukup sederhana; “kami memulai di suatu tempat dengan beberapa URL, dan kemudian mengikuti tautan dari sana. Jadi kami pada dasarnya merayapi melalui halaman demi halaman”. (itulah mengapa membangun backlink itu penting)

Pengindeksan

Setelah situs dirayapi, informasi disimpan. Disini mesin pencari mencoba menganalisis dan memahami halaman, mengkategorikannya, dan mengindeksnya.
Indeks mesin pencari pada dasarnya seperti perpustakaan raksasa yang berisi semua situs yang telah dirayapi dengan tujuan untuk memahaminya dan menyediakannya untuk digunakan sebagai hasil pencarian.
Jika ingin mengetahui apakah halaman situs Anda telah dirayapi dan diindeks, Anda cukup membuka Google Search Console dan menggunakan tap inspeksi URL;
cek indeks url

Anda akan melihat kapan halaman terakhir dirayapi serta peringatan tentang potensi masalah perayapan dan pengindeksan yang mungkin terjadi pada halaman Anda.
 

Menentukan hasil

Setelah pengguna mengajukan permintaan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu, mesin pencari menggali ke dalam indeks dan menampilkan hasil yang dianggapnya relevan. Daftar hasil pencarian dikenal sebagai SERP {seacrh engine results page}, yang artinya halaman hasil mesin pencari.

Algoritma Google

Algoritma penelusuran Google digunakan sebagai istilah umum untuk merujuk pada semua algoritma individual, sistem pembelajaran mesin dan teknologi yang digunakan Google untuk menentukan peringkat website.
Untuk hasil terbaik, Google mempertimbangkan berbagai faktor, yaitu;
faktor pertimbangan google

Seperti halnya sistem kompleks lainnya, algoritma Google terus diperbarui dan diubah secara teratur. Selain pembaruan algoritma kecil yang terjadi setiap hari, Google biasanya meluncurkan beberapa pembaruan algoritma inti setiap tahun.
Menelusuri pembaruan algoritma inti yang paling penting saja, misalnya; pembaruan panda, penguin, hummingbird, dapat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana Google Penelusuran dan SEO berkembang selama bertahun-tahun.

Penilaian Kualitas Hasil Penelusuran

Selain algoritma, Google juga mempelajari input data manusia. Ada ribuan karyawan Google disebut sebagai Penilai Kualitas Pencarian yang mengikuti pedoman ketat
Mengevaluasi hasil pencarian secara aktual dan menilai kualitas halaman. Contoh halaman yang menjalani evaluasi ketat semacam ini adalah topik yang membahas seputar kesehatan dan gaya hidup – halaman yang membahas topik penting yang dapat mempengaruhi kebahagian, kesehatan, keselamatan atau kesejahteraan finansial seseorang
Penilai kualitas tidak mempengaruhi peringkat secara langsung, tetapi data mereka digunakan untuk meningkatkan algoritma penelusuran.

Fakto Penentu Peringkat

Mesin pencari menyimpan perhitungan yang tepat dan algoritma mereka secara rahasia. Meski demikian, banyak faktor peringkat yang sudah terkenal. Faktor penentu peringkat adalah topik yang banyak dibahas dalam dunia SEO.
Dari beberapa faktor, ada yang telah dikonfirmasi secara resmi oleh Google tetapi banyak juga yang masih dalam ranah spekulasi dan teori pakar SEO. Dari sudut pandang praktis, penting untuk fokus pada faktor-faktor yang telah dikonfirmasi dan terbukti 
Tidak semua yang dianggap sebagai faktor penentu peringkat digunakan oleh Google. Jika ada sesuatu yang berkolerasi dengan peringkat yang lebih tinggi, itu belum tentu sesuatu yang digunakan Google dalam algoritmanya.
Cyrus Sheppard memberikan 10 daftar faktor penting penentu peringkat diantaranya ;
faktor penting penentu peringkat

Penjabaran lebih lanjut;

Konten yang ditergetkan dengan baik.
Anda perlu mengindentifikasi apa yang dicari orang dan membuat konten berkualitas yang ditargetkan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Situs yang dapat dirayapi.
Jika Anda ingin mendapat peringkat terbaik, situs Anda harus mudah dirayapi oleh bot mesin pencari.
Kualitas dan kuantitas tautan.
Semakin banyak halaman berkualitas yang tertaut dan mengarah ke situs Anda, semakin besar otoritas yang Anda miliki di mata Google.
Berorientasi konten pada niat pengguna.
SEO bukan hanya tentang kata-kata apa yang Anda gunakan, tetapi juga tentang jenis konten dan kelengkapannya – membuat pengunjung senang – Google juga akan senang.
Konten unik
Berhati-hatilah mengunakan konten duplikat di situs Anda dan saya tak akan pernah menyarankannya termasuk jenis translate meskipun mereka unik.
Keahlian, Otoritas dan Kepercayaan
Hal ini dievaluasi oleh Penilai Kualitas Google. Jangan lupa untuk membangun keahlian dan kepercayaan pengguna dan hanya menulis topik yang memenuhi syarat untuk Anda (seorang dokter menulis artikel tentang kesehatan)
Konten fresh
Beberapa topik memerlukan lebih banyak pembaharuan informasi daripada yang lain, Anda harus memperbarui konten secara teratur agar tetap up to date.
Rasio Klik-Tayang
Optimalkan penggunaan tag judul dan deskripsi meta Anda untuk meningkatkan RKT halaman  
Kecepatan Pemuatan situs
Pastikan pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memuat halaman, jika tidak, ada kemungkinan besar mereka akan pergi sebelum benar-benar mengakses halaman tersebut
Berfungsi diperangkat manapun/responsif
Pastikan situs Anda tampil sempurna disemua perangkat dan dengan ukuran layar manapun
 
Faktor penting lainnya yang berdampak positif pada peringkat situs;
• Kedalaman pembahasan konten
• Pengoptimalan gambar (alt+deskripsi)
• Otoritas dari backlink
• Halaman yang terstruktur dengan baik
• Sinyal Sosial Media
• Penggunaan HTTPS

Pengalaman Pengguna

Ada banyak mesin pencari, tetapi sejauh ini hanya Google yang paling maju dalam pencarian informasi.
Saat ini, Google mampu menganalisa pengalaman pengguna setiap bulan dan mendeteksi maksud sebenarnya dari keinginan para pencari; kualitas konten, penawaran produk, desain, pengalaman pengguna.  
Akibatnya, SEO perlahan berubah dari mengoptimalkan kriteria tertentu menjadi bekerja menuju pengalaman pengguna yang lebih baik. SEO beradaptasi agar mereka melampaui kualitas backlink dan konten. Mereka harus memahami kebutuhan pencari dalam konteks kata kunci.
www,helmykediri…com

Related Post