Cek Pemilik Rekening BRI Penipu

by

helmy

Cek Pemilik Rekening BRI Penipu

Opsi cek nama pemilik rekening merupakan langkah identifikasi apakah seseorang berpotensi melakukan penipuan menggunakan nomor rekening tersebut atau tidak. Biasanya nomor rekening yang kerap digunakan dalam tindak penipuan akan dilaporkan oleh para korbannya. Laporan tersebut nantinya ditampung dalam bentuk database. Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan pengecekan.

Jika ternyata nomor rekening tersebut memiliki Riwayat penipuan sebelumnya. Maka, Anda harus berhati-hati. Bisa jadi, transaksi yang Anda lakukan juga termasuk dalam tindak penipuan.

Oleh karena itulah, sebelum melakukan berbagai transaksi online. Ada baiknya Anda melakukan pengecekan nomor rekening tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek nama pemilik rekening BRI :

Melalui Kredibel.co.id

Anda bisa mengunjungi websitenya di https://www.kredibel.co.id/cek-rekening/bri  untuk mengecek nama pemilik rekening BRI dan riwayatnya. Caranya cukup mudah, cukup klik link diatas, masukkan nomor rekening yang ingin Anda cek kemudian klik “Cari”.

Untuk melaporkan rekening yang terindikasi dengan tindak pidana seperti penipuan, Anda bisa membuka laman kredibel.co.id/report Login ke akun kredibel Anda (jika belum punya, register terlebih dahulu). Isi form laporan penipuan dengan benar dan klik tombol “Kirim Laporan”.

Cek rekening sendiri merupakan sebuah layanan dari kredibel yang dapat mengidentifikasi apakah pemilik nomor rekening BRI berpotensi melakukan penipuan atau tidak, berdasarkan keluhan dan laporan pengguna yang pernah bertransaksi dengan orang tersebut.

Cek identitas pemilik rekening via Bank BRI

Cara kedua, Anda bisa langsung datang ke bank terdekat. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti tindakan penipuan yang sudah dialami oleh seseorang. 

Akan lebih baik kalau Anda membuat laporan penipuan ini,  meskipun uang yang ditipu tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan untuk membuat pelaku penipuan jera dan untuk menghindari lebih banyak korban di kemudian hari.

Langkah-langkahnya :

  • Datanglah ke Bank BRI terdekat Anda.
  • Bawa bukti pendukung terkait dengan kasus penipuan yang Anda alami. Bisa berupa bukti transfer, screenshot percakapan, dan lain sebagainya.
  • Ambil antrian di Customer Service BRI. Sampaikan kasus penipuan yang Anda alami.
  • Jelaskan kronologis kejadian dan serahkan bukti transaksinya.
  • Setelah itu, pihak bank akan mulai memproses laporan yang Anda berikan.

Setelah laporan dibuat, apakah rekening penipu telah dibekukan? Lalu, apakah uang Anda akan kembali? Perihal dana ini, Anda harus menunggu respon dari si penipu. Nomor rekening tersebut tidak akan bisa dipakai lagi selama si penipu belum melakukan ganti rugi.

Menggunakan Aplikasi Flip

Flip adalah salah satu aplikasi keuangan yang memberikan layanan transfer ke berbagai bank. Anda juga bisa melakukan cek nama pemilik rekening menggunakan aplikasi Flip ini. Dengan Flip, selain bebas biaya admin. Anda juga bisa melihat informasi terkait dengan data umum nomor rekening bank BRI Anda, salah satunya adalah informasi mengenai nama pemilik rekening.

Caranya pun cukup mudah. Buka aplikasi Flip. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mengunduhnya terlebih dulu di App Store atau Play Store kemudian register akun Anda.

Klik ikon transfer atau kirim uang. Masukkan nomor rekening tujuan. Pilih nama bank, klik cek nama. Kemudian, informasi nama pemilik rekening akan ditampilkan.

Itulah beberapa cara cek nama pemilik rekening yang bisa Anda lakukan. Selain cara diatas, masih ada banyak sekali cara lain yang bisa Anda gunakan. Contohnya saja dengan melalui M-banking, E-Banking, ataupun via transfer di ATM. Biasanya, nama pemilik rekening akan ditampilkan.

Baca juga: Mengenal layanan rekening bersama

Tips Mewaspadai Penipuan dengan Nomor Rekening

Maraknya modus penipuan dengan nomor rekening selayaknya membuat Anda harus lebih jeli dan berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Lalu, bagaimana cara mewaspadai tindakan ini? Berikut ini beberapa tipsnya :

Jangan mudah tergoda dengan barang murah atau penawaran yang tidak masuk akal

Kita semua tentunya akan tergoda jika ada penawaran barang/jasa yang harganya jauh dibawah harga normal. Terlebih dengan adanya penawaran super menarik yang kurang masuk akal. Jika Anda menemukan hal demikian. Jangan buru-buru membelinya, apalagi mentransfer uangnya.

Modus barang murah dengan penawaran wah kerap kali menjadi salah satu tipu daya penipu. Jadi, jangan sampai Anda masuk ke dalam jebakan ini.

Cek rekam jejak penjual

Kedua, cari tahu kredibilitas penjualnya terlebih dahulu sebelum mulai membelinya. Anda bisa cari terlebih dahulu review tentang toko online atau penjual tersebut di internet. Jika Anda ingin membeli barang secara online, akan lebih baik kalau Anda menggunakan berbagai aplikasi e-commerce terpercaya.

Pilih juga toko online yang telah terverifikasi sehingga kredibilitasnya lebih terjamin.

Cek nomor telepon penjual

Selain cek nama pemilik rekening, Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor telepon penjual. Anda bisa melakukanya dengan berbagai cara, salah satunya via internet dan media sosial seperti facebook. Anda juga bisa mengetik nomor tersebut di mesin pencari. Jika nomor telepon tersebut pernah digunakan dalam tindakan penipuan, maka nomor tersebut akan langsung terkait.

Simpanlah bukti transaksi

Jika Anda sudah terlanjur melakukan transferan, sebaiknya Anda menyimpan bukti transaksi tersebut. Anda juga bisa men-screenshot percakapan Anda dengan si penjual. Hal ini merupakan langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Cara cek pemilik nomor rekening BRI bisa Anda lakukan via website Kredibel.co.id, dengan datang ke Bank BRI terdekat Anda, melalui aplikasi Flip, ataupun melalui cara-cara lainnya. Agar tidak tertipu, sebaiknya Anda selalu mewaspadai tindakan penipuan online via transfer ke nomor rekening terutama via virtual akun atau bank luar negeri

www..helmykediri,com

Related Post