Cara Mengurus Buku Rekening BCA Hilang

by

helmy

Mengurus Buku Rekening BCA Hilang

Pendahuluan

Kehilangan buku tabungan memang akan sangat menyulitkan berbagai proses perbankan Anda. Anda tidak bisa melakukan tarik tunai di Teller, tidak bisa menggunakannya sebagai lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan kredit dan pinjaman, rekonsiliasi rekening dan aktivitas perbankan sejenisnya.

Kehilangan ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti : lupa menaruh buku tabungan tersebut, buku tabungan dicuri, jatuh di jalan, hilang akibat bencana alam seperti banjir, dan lain sebagainya. 

Setiap bank biasanya memiliki kebijakannya sendiri-sendiri dalam hal mengurus buku tabungan yang hilang. Salah satunya adalah Bank BCA. BCA sendiri merupakan salah satu bank dengan pelayanan terbaik yang digunakan oleh jutaan nasabah aktif di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Berikut pembahasan mengenai cara mengurus buku rekening BCA hilang dan juga Biaya Membuat Surat Kehilangan Buku Tabungan.

Kenapa Harus Segera Mengurus Buku Tabungan yang Hilang?

Ketika buku tabungan BCA Anda hilang, sesegera mungkin Anda harus mengurusnya langsung dan membuat surat keterangan kehilangan di kepolisian. Tujuannya, agar rekening tersebut tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang mungkin menemukan buku tabungan Anda di suatu tempat.

Hal ini juga dilakukan untuk mengamankan uang Anda di buku tabungan tersebut.

Cara Mengurus Buku Rekening BCA Hilang

Berikut ini beberapa cara mengurus buku rekening Bank BCA Anda yang hilang :

Hubungi Call Center Bank BCA di 1500 88

Sebagai Langkah antisipatif awal, Anda bisa langsung melaporkan kehilangan buku tabungan ini melalui call center Bank BCA di 1500 88. Hal ini dilakukan agar pihak bank bisa langsung membuat langkah antisipasi jika terdapat tindak penyalahgunaan.

Pihak Bank akan segera memblokir penggunaan sementara buku tabungan tersebut sehingga tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun. Jadi, uang Anda akan tetap aman.

Datang Langsung ke Kantor Bank BCA Terdekat

Kemudian datanglah langsung ke cabang Bank BCA terdekat atau cabang tempat Anda membuka rekening. Ambil antrian di bagian customer service dan tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil. Utarakan ke pihak customer service mengenai masalah Anda untuk memproses buku tabungan yang baru.  

Dilansir dari laman resmi bca.co.id, ketika buku rekening tabungan Anda hilang atau dicuri. Maka nasabah wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis. Pemberitahuan tersebut harus ditandatangani oleh Penabung dan diberikan kepada Kantor Cabang Bank BCA Penerbit Buku selama jam operasional.

Selain itu, Anda juga harus membawa dokumen persyaratan lain seperti :

  • Identitas diri berupa KTP atau SIM
  • Bawalah kartu ATM BCA Anda yang terhubung dengan rekening tersebut (jika ada)

Beberapa bank mensyaratkan dokumen tambahan seperti Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian sebagai syarat untuk mengurus buku tabungan hilang ini. Jadi, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu. Mengenai tata cara dan  Biaya Membuat Surat Kehilangan Buku Tabungan, Anda bisa membacanya di bagian terakhir ya.

Proses pengurusan buku tabungan yang hilang dan penerbitan buku baru akan memakan waktu setidaknya 15-20 menit. Setelah selesai, Anda akan diberikan buku tabungan baru. Untuk pergantian buku baru ini sendiri, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000.

Sebagai informasi tambahan, seluruh proses di atas harus dilakukan oleh Pemilik Buku Rekening Bank BCA sendiri alias tidak dapat diwakilkan. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor Halo BCA.

Setelahnya, simpan buku tabungan baru Anda agar tidak hilang kembali. Anda bisa menaruhnya di brankas Anda atau bersama dengan dokumen-dokumen penting lainnya.

Baca juga: Cek rekening BRI masih aktif

Cara Membuat Surat Keterangan Kehilangan Buku Tabungan di Kepolisian

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi.

  • Kunjungi Kantor Polisi di domisili Anda. Bawalah KTP Anda dan Fotokopi KTP untuk berjaga-jaga. Siapkan pula dokumen-dokumen yang berhubungan dengan barang Anda yang hilang.
  • Biasanya, di bagian gerbang ataupun di bagian depan kantor polisi. Akan ada petugas polisi yang piket untuk berjaga dan mendata tamu. Utarakan keperluan Anda untuk membuat surat kehilangan buku tabungan.
  • Masuk ke tempat pembuatan laporan, dan kemudian ambillah antrian (bila ada).
  • Setelah giliran Anda tiba, utarakan keperluan Anda secara langsung ke petugas yang ada. Anda biasanya akan ditanyai beberapa hal terkait dengan kehilangan ini. Seperti, kapan terakhir kali Anda melihat buku tabungan tersebut, dan beberapa informasi lain mengenai buku tabungan Anda yang hilang.
  • Setelah itu, tunggu proses pencetakan (print) surat kehilangan Anda. Anda nantinya akan dimintai tanda tangan di berita acara dan di surat laporan sebagai pelapor. Selesai. Mudah, bukan?

Biaya Membuat Surat Kehilangan Buku Tabungan

Lalu, berapa biaya membuat surat kehilangan buku tabungan ini? Tenang saja, biayanya gratis! Alias Anda tidak akan dipungut biaya apapun untuk membuat surat kehilangan ini.

Kesimpulan

Buku rekening tabungan bank adalah salah satu komponen penting dalam menunjang transaksi perbankan Anda. Tanpa buku ini, kegiatan perbankan Anda mungkin akan terhambat. Bahkan, hal ini cukup rawan disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab.

Untuk mengatasi hal ini, segera buat surat kehilangan buku tabungan di kepolisian dan hubungi Halo BCA di 1500 88. Biaya Membuat Surat Kehilangan Buku Tabungan ini gratis. Untuk penerbitan buku rekening baru, Anda bisa mengunjungi Cabang Bank BCA tempat Anda menerbitkan buku secara langsung dengan membawa KTP dan kartu ATM.

Sekian, semoga bermanfaat ..helmykediricom

Related Post