Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

by

helmy

 

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Kartu ATM tertelan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna kartu ATM. Hal ini sendiri pun cukup merepotkan, selain karena Anda tidak bisa bertransaksi menggunakan mesin ATM lagi lantaran tidak ada kartu. Anda juga akan merasa was-was apabila kartu tersebut disalahgunakan oleh orang lain nantinya.

Di pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai masalah ini. Mulai dari penyebab kartu ATM tertelan, apakah aman jika kartu ATM tertelan dan cara mengatasi kartu ATM tertelan. Simak pembahasannya berikut ini :

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Mesin ATM Error

Kartu ATM tertelan bisa diakibatkan oleh mesin ATM yang Error. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti jaringan error, kondisi slot mesin, dan lain sebagainya. Biasanya, mesin ATM yang error akan di nonaktifkan sementara ataupun ditempeli dengan tulisan peringatan error sehingga Anda bisa mengetahui dan menghindarinya.

Lupa atau terlalu lama menarik kartu ATM

Terlalu lama atau bahkan lupa menarik kartu ATM juga bisa menyebabkan kartu ATM Anda tertelan. Setelah selesai bertransaksi dan ketika kartu ATM Anda sudah keluar, sebaiknya Anda segera menariknya ya.

Pemadaman Listrik

Mesin yang tiba-tiba mati akibat pemadaman listrik juga bisa jadi penyebab kartu ATM jadi tertelan. Mesin ATM sendiri tidak menggunakan UPS seperti pada komputer, sehingga ketika listrik padam mesin ATM pun akan ikut mati. Untungnya hal ini jarang terjadi, lantaran kebanyakan ATM (terutama yang 1 lokasi dengan bank) sudah dilengkapi dengan genset.

Salah Memasukkan PIN ATM

PIN bisa diibaratkan layaknya kode akses untuk bertransaksi menggunakan suatu kartu ATM. Jika Anda salah memasukkan PIN ATM Anda berulang kali secara berurutan, maka kartu ATM Anda akan tertelan atau terblokir.

Apakah Aman Jika Kartu ATM Tertelan?

Bagaimana jika kartu ATM Anda sudah terlanjur tertelan? Apakah aman jika kartu ATM tertelan? Sebenarnya, ketika kartu ATM tertelan, saldo dan uang yang masih ada dalam rekening Anda tetap aman. Uang Anda tidak akan hilang meskipun kartu ATM tertelan. Asalkan, Anda tidak memberikan PIN ATM Anda pada orang asing yang mungkin pura-pura datang ingin membantu disana.

Lalu, bagaimana jika ATM terblokir? Apakah uang Anda akan hilang? Tenang, uang yang ada dalam rekening Anda masih aman bahkan ketika kartu ATM terblokir. Untuk menggunakan layanan ATM kembali, segera datangi bank terdekat Anda.

Apakah Mengurus ATM Tertelan memerlukan Surat Kehilangan?

Tergantung bank-nya, beberapa bank mengharuskan nasabah yang ingin mengurus kembali kartunya untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian. Namun, ada juga bank yang tidak mensyaratkan surat kehilangan ini. Jadi, nasabah hanya harus membawa buku tabungan dan kartu identitas untuk mendapatkan kembali kartu ATM yang baru.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Apa yang harus Anda lakukan ketika kartu ATM tertelan? Tenang, jangan panik! Anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini :

Baca juga: Mudahnya menutup rekening jenius

Lapor satpam/telepon call center bank

Jika letak mesin ATM tersebut berada di kantor cabang bank penerbit dan masih dalam waktu operasional bank, maka Anda bisa melapor ke satpam saat itu juga. Jika lokasi ATM-nya jauh, maka Anda bisa menghubungi nomor call center bank terkait dalam waktu 1×24 jam untuk melakukan pemblokiran kartu.

Ingat-ingat lokasi dan waktu ATM Anda tertelan. Berikut ini beberapa nomor call center perbankan di Indonesia,

  • BRI: 14017
  • BNI: 1500046
  • Bank Central Asia (BCA): 1500888
  • Bank Mandiri: 14000
  • Bank Tabungan Negara (BTN): 1500286
  • Bank CIMB Niaga: 14041
  • Panin Bank: 1500-678 atau 60678
  • Permata Bank: 1500-111

Datang ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Langkah selanjutnya, datanglah ke cabang bank terdekat untuk membuat kartu ATM baru

Selanjutnya, Anda bisa mendatangi kantor bank penerbit kartu ATM & buku rekening Anda pada jam operasionalnya. Bawa persyaratan yang dibutuhkan. Antrilah di bagian Customer Service dan sampaikan kebutuhan Anda untuk membuat ATM baru karena ATM lama Anda tertelan.

Pihak Customer Service akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar diri Anda seperti nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, serta lokasi dan waktu tertelannya kartu ATM.

Anda juga harus mengisi formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru. Setelah itu, Anda akan diberikan ATM yang baru. Anda akan diminta memasukkan PIN guna mengaktifkan kartu ATM baru pada mesin Electronic Data Capture (EDC).

Untuk membuat kartu ATM baru ini, Anda akan dikenai beberapa biaya yang nominalnya tergantung dari kebijakan setiap bank. Biasanya, biaya ini akan langsung dipotong dari saldo rekening Anda. Setelah selesai, Anda pun bisa kembali bertransaksi menggunakan kartu ATM Anda yang baru. Jangan sampai kartu ATM baru Anda tertelan lagi ya.

Kesimpulan

Kartu ATM bisa tertelan akibat mesin ATM error, lupa menarik kartu, terlalu lama menarik kartu ATM, terjadi pemadaman listrik, hingga salah memasukkan PIN. Apakah aman jika kartu ATM tertelan? Uang di rekening Anda aman, selama Anda tidak membagikan PIN Anda ke orang asing yang mungkin berpura-pura membantu Anda.

Untuk mengatasi kartu ATM tertelan, Anda bisa segera telpon nomor call center bank terkait untuk melakukan pemblokiran sementara (opsional) dan datang ke bank penerbit untuk membuat kartu ATM baru.

www,helmykediricom

Related Post