Cara Menutup Rekening Jenius

by

helmy

Biaya Tutup Rekening Jenius

Blog Orang IT – Bagi Anda pengguna aplikasi perbankan digital. Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan Jenius? Di pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Jenius, keunggulan, cara menutup akun Jenius, beserta biaya tutup rekening Jenius yang akan Anda tanggung nantinya.

Apa Itu Rekening Jenius?

Jenius merupakan produk aplikasi perbankan digital yang dikeluarkan oleh Bank BTPN. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan aktivitas perbankan secara online. Mulai dari menabung, bertransaksi, mengatur keuangan, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu setelah menjalani masa pengembangan selama 18 bulan dengan total investasi mencapai 500 miliar rupiah. Dalam sistem operasionalnya, Jenius sendiri terkoneksi dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui Kartu Debit Visa dan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Total penggunanya sendiri mencapai 3,3 juta pengguna.

Keuntungan Menggunakan Tabungan Jenius

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Jenius ini. Diantaranya adalah :

  • Anda bisa melakukan berbagai transaksi perbankan secara online & real time hanya dengan smartphone saja .
  • Aktivitas bisa dilakukan melalui Video Call KYC (Know Your Customer).
  • Tanpa saldo mengendap.
  • Ada promo menarik setiap bulannya.
  • Kartu Debit Jenius terkoneksi dengan Visa dan Anda bisa tarik tunai di ATM mana saja, bahkan di luar negeri sekalipun.
  • Memiliki berbagai fitur menarik dan serbaguna yang bisa Anda manfaatkan.
  • Isi saldo mudah.
  • Ada Flexi Saver, tabungan Jenius yang bisa disetor dan ditarik kapan saja. Tingkat bunganya pun cukup tinggi yakni 2,5% per tahun atau setara dengan bunga deposito.
  • Ada Dream Saver, fitur tabungan otomatis yang dibuat khusus untukmu agar bisa merealisasikan mimpimu.
  • Ada Maxi Saver, Fitur Tabungan Deposito Berjangka dari Jenius dengan bunga hingga 4% p.a dengan jangka waktu 1 hingga 12 bulan.
  • Bagian dari Bank BTPN yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga keamanannya lebih terjamin. Selain itu, Jenius juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Cara Menutup Rekening Jenius

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang ingin menutup akun Jeniusnya. Salah satunya karena hadirnya berbagai aplikasi perbankan digital sejenis yang mampu menawarkan suku bunga yang lebih tinggi. Sebut saja, ada Seabank dan Neobank.

Nah, bagi Anda yang ingin menutup rekening Jenius, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan :

Cara 1

Cara pertama untuk menutup rekening jenius yang Anda miliki adalah datang langsung ke Bank BTPN terdekat. Pergilah ke bagian Customer Service dan utarakankanlah keinginan Anda. Customer Service Bank BTPN akan membantu Anda menutup rekening Jenius yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda mungkin harus menyerahkan beberapa dokumen persyaratan.

Cara 2

Jika Anda sedang sibuk, tidak ada Bank BTPN terdekat di sekitar Anda, atau Anda menginginkan cara yang lebih mudah tanpa harus keluar rumah. Maka, Anda bisa melakukan cara kedua ini. Cara ini dilakukan secara online dengan menghubungi Customer Service Jenius. Berikut ini Langkah-langkahnya :

Baca juga: Mengenal rekber rekening bersama

  • Siapkan beberapa data yang dibutuhkan sehingga nanti ketika Anda terhubung dengan pihak Customer Service Anda tidak perlu repot-repot mencarinya lagi. Dokumen yang Anda butuhkan berupa KTP dan beberapa berkas pendukung lainnya.
  • Pastikan Anda telah menarik semua saldo yang ada dalam rekening Jenius sebelum menutupnya. Pastikan pula tak ada tagihan yang sedang berjalan atau belum terlunasi ya.
  • Sediakan pulsa. Karena cara ini dilakukan via telp ke Customer Service Jenius. Maka, Anda harus memastikan bahwa nomor yang Anda gunakan untuk telpon memiliki saldo pulsa antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 (tergantung seberapa lama sambungan telpon berlangsung).
  • Hubungi Customer Service Jenius di nomor 1500-536
  • Begitu telepon tersambung, utarakan tujuan Anda untuk melakukan penutupan rekening jenius.
  • Akan dilakukan verifikasi data nasabah. Pihak Customer Service akan menanyakan hal-hal berikut ini : alasan penutupan rekening, nomor rekening Jenius Anda, nama dan alamat sesuai KTP, nama ibu kandung, alamat email dan nomor HP yang terhubung dengan akun Jenius, alamat koresponden/pengiriman yang terhubung di akun Jenius, nomor NPWP (bila ada), transaksi terakhir beserta dengan nominalnya, dan transaksi yang paling sering dilakukan dalam 3 bulan terakhir.
  • Setelah verifikasi berhasil, Anda harus mengikuti arahan-arahan yang diberikan oleh CS tersebut.
  • Penutupan rekening Jenius Anda akan diproses dalam waktu 1×24 jam. Untuk memastikan bahwa akun Anda sudah ditutup permanen, Anda bisa mencoba login ke aplikasinya. Apabila sudah tidak bisa maka rekening Anda sudah berhasil ditutup. Selain itu, Anda juga akan menerima email notifikasi dari Jenius perihal penutupan rekening ini.  

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menutup rekening Jenius. Mudah, bukan?

Biaya Tutup Rekening Jenius

Di beberapa jenis layanan perbankan, Anda akan dikenai biaya penutupan rekening jika ingin menutup atau menonaktifkan rekening tersebut. Lalu, berapa biaya tutup rekening Jenius? Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenai biaya apapun untuk melakukan penutupan rekening Jenius. Hanya saja, jika Anda melakukan cara ke-2 Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa.

Kesimpulan

Jenius adalah Produk Aplikasi Perbankan Digital yang diluncurkan oleh Bank BTPN tahun 2016 lalu. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuka akun Jenius ini. Untuk proses penutupannya sendiri, bisa dilakukan dengan 2 cara yakni datang langsung ke cabang Bank BTPN terdekat atau melalui telpon ke Customer Service Jenius. Biaya Tutup Rekening Jenius ini pun gratis.  

Publish di www,helmykediri,com

Related Post