Mengenal layanan rekening bersama (rekber) dan tips memilih rekber terpercaya

by

helmy

Layanan Rekening Bersama Rekber Untuk Mengamankan Transaksi Online

Di era digital saat ini, ada banyak orang menggunakan layanan rekening bersama (Rekber) untuk mengamankan transaksi online. Meningkatnya sejumlah transaksi di dunia maya membuat kebutuhan akan penyediaan aplikasi rekber terpercaya menjadi kebutuhan. 

Apalagi banyak pembeli yang ingin memastikan bahwa transaksi yang dilakukan secara online terjamin aman dan terpercaya. Sehingga banyak yang mencari tahu seperti apa system layanan rekber dan kriteria rekber yg harus dipilih utk mengamankan transaksi

Sebelum mengetahui daftar aplikasi rekber terpercaya untuk mendukung keamanan transaksi online Anda, dibutuhkan sejumlah informasi umum yang perlu diketahui. Supaya nantinya sedikit banyak Anda memahami seperti apa cara kerja rekber dan bagaimana system transaksinya

Tentang Rekber dan Cara Menggunakannya

Dimulai dari mengerti apa itu rekber dan bagaimana system kerjanya. Rekber atau rekening bersama merupakan layanan yang membantu proses pembayaran serta penerimaan uang yang lebih aman dan nyaman. 

Melalui Rekber ini seluruh informasi yang diperlukan baik dari pihak penjual maupun pembeli akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum bertransaksi oleh penyedia rekber. Sehingga ada jaminan keamanan yang maksimal saat melakukan transaksi via rekening bersama tersebut.

Cara menggunakan Rekber sendiri sebenarnya tidak sulit. Rekening bersama ini dikendalikan oleh pihak tertentu, dimana dalam prosesnya terjadi penahanan biaya terhadap suatu transaksi. Contoh yang paling banyak yaitu pada transaksi jual beli online. Dimana sejumlah dana yang dikirim pembeli akan ditahan lebih dulu sebelum barang yang dibeli sampai ke tangan pelanggan/pembeli dengan selamat. Jika barang telah diterima, baru dana tersebut diteruskan kepada penjual. 

Mekanisme rekening bersama ini dianggap sebagai sarana transaksi pembayaran yang paling aman untuk dipilih. Karena jika produk yang dibeli tidak diterima atau tidak sesuai dan terjadi penipuan, maka dana yang dibayarkan pembeli otomatis akan dikembalikan. 

Maka dari itu banyak orang memilih menggunakan jasa rekening bersama untuk membantu memfasilitasi pembayaran transaksi jual beli yang dilakukan. Secara umum, berikut ini langkah-langkah menggunakan Rekber;

Mengenal layanan rekening bersama

• Dimulai dengan melakukan kesepakatan antara pembeli dan penjual dalam memilih Rekber yang akan digunakan.

• Kemudian pembeli akan melakukan pembayaran dengan cara transfer sejumlah dana ke rekening bersama yang telah ditetapkan oleh penyedia rekber disertai fee

• Pembayaran tersebut akan diterima oleh pihak Rekber dan pembeli akan memperoleh notifikasi terkait masuknya dana ke dalam Rekber.

• Setelahnya pemilik Rekber mengamankan dana yang masuk tersebut hingga penjual melakukan pengiriman barang yang disepakati kepada pembeli.

• Jika pengiriman berhasil dilakukan dan barang sampai ke pembeli, maka diperlukan konfirmasi dari pihak pembeli bahwa pesanan telah diterima sesuai dengan ekspetasi.

• Setelah konfirmasi diberikan oleh pembeli, maka jasa Rekber akan mengirimkan sejumlah dana yang diterima dari pembeli kepada penjual (sudah dipotong fee)

• Apabila transaksi tersebut berhasil maka penjual akan memperoleh konfirmasi tentang dana yang telah diterima.

• Dari transaksi ini maka pemilik Rekber akan mendapat sejumlah uang sebagai biaya jasa dari aktivitas sebagai penyedia Rekber. Besarannya tergantung biaya yang dikenakan di awal pada saat melakukan kesepakatan.

Syarat Penggunaan Rekber

Untuk dapat menggunakan fasilitas Rekber pada sebuah market place atau platform, umumnya ada beberapa syarat yang diminta untuk diberikan. Hal ini supaya menjamin transaksi yang jelas dan aman bagi seluruh pihak. 

Umumnya dalam menggunakan Rekber, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pihak yang memanfaatkannya. Baik untuk mengirimkan dana maupun untuk menerima dana.

• Untuk menggunakan jasa Rekber tentu saja masing-masing pihak wajib memberikan informasi yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga dalam menggunakan Rekber maka mau tidak mau baik pihak yang mengirimkan dana maupun yang menerima dana harus membagi informasi penting pribadinya. Oleh sebab itu menjamin keamanan Rekber yang dipilih adalah hal yang penting.

• Berikutnya untuk dapat menggunakan jasa atau layanan Rekber tertentu, maka baik pengirim maupun penerima dana harus sepakat terhadap biaya yang dikenakan dari transkasi ini. Dimana biaya tersebut akan dibebankan pada saat melakukan pengiriman dana, artinya dana yang terkirim sejumlah dana yang akan diterima pihak penerima ditambah besarnya biaya fee penyedia Rekber.

Baca juga: Tips mencari penulis diproject.co.id

Memilih Rekber Terpercaya

Melihat informasi di atas, tentu saja hal yang penting untuk diperhatikan yaitu memastikan pemilihan Rekber yang aman dan terpercaya. Sebagai pengguna fasilitas ini sebaiknya berhati-hati dalam menentukan pilihan supaya tidak salah dalam menetapkan pihak pengelola Rekber. 

Karena resiko penipuan selalu ada dan terjadi dari sisi penyedia rekber, maka dari itu sebaiknya mengetahui dengan jelas seperti apa langkah untuk memilih rekening bersama yang terpercaya. 

Adapun secara umum supaya tidak salah memilih rekber terpercaya, cobalah beberapa tips berikut ini.

• Pastikan menggunakan jasa Rekber yang telah terbukti terpercaya dengan banyak testimonial positif dari pelanggan. Supaya baik pihak yang membayar maupun yang menerima dana tidak dirugikan nantinya.

• Tentukan penyedia Rekber yang sudah pasti menjamin keamanan data para pengguna. Baik itu dari pihak pengirim dana maupun pihak yang menerima dana tersebut. Jika penyedia rekber meminta data seperti foto ktp, foto selfy sambil memegang ktp, pastikan rekber tersebut sudah berstatus PT kalau masih CV takutnya data kita disalahgunakan untuk pinjol oleh oknum yang bekerja disitu

• Jangan lupa melakukan pengecekan terhadap biaya yang dikenakan oleh Rekber tersebut. Usahakan untuk memilih Rekber dengan biaya atau fee yang terjangkau (biasanya seikhlasnya) dan lebih murah (umumnya 12% dari total transaksi). Supaya tidak perlu membayar sejumlah fee yang terlalu mahal.

Tentu saja jika berbicara tentang Rekber ternama di Indonesia, sudah ada banyak contoh yang bisa dijadikan referensi. Sebut saja beberapa Rekber ternama yang dimiliki oleh berbagai macam market place di Indonesia. Mulai dari Rekber Tokopedia, Rekber Shopee, Rekber Bukalapak, dan lain sebagainya. 

Sebagai market place yang cukup besar dan memiliki nama baik di Indonesia, seluruh Rekber tersebut dapat dikatakan sebagai Rekber terpercaya 2022 yang memberikan fasilitas menarik dengan tarif atau fee yang cukup minim apalagi kalau pembeli menggunakan kode discount hehe

Tidak hanya di market place saja, beberapa platform lainnya yang melakukan transaksi secara online, misalnya di Projects.co.id, fiverr.com, p-store.net dsb juga memfasilitasi jual beli produk digital secara terpercaya melalui sistem rekening bersama. 

Dalam hal ini tentu saja baik pekerja ataupun pemberi kerja akan ditarik sejumlah fee atau biaya sesuai dengan ketetapan yang diberikan. Sehingga dari sini semua pihak akan mendapat keuntungan. Transaksi berjalan aman serta pemilik rekening bersama mendapatkan keuntungan dari fee yang ditarik dari para pengguna jasa Rekber tersebut.

Kalau saya pribadi dalam memilih jasa rekber memperhatikan hal berikut;

1. Menghindari jasa rekber perorangan meskipun mereka sudah terpercaya selama bertahun-tahun, Manusia itu tempatnya salah dan khilaf, saya khawatir kalau transaksi produk digital seperti jual blog dengan harga 20jt lebih, penyedia jasa rekber akan khilaf hehe

2. Menghindari jasa rekber yang meminta data KTP dan selfy KTP, saya tau niatnya bagus tetapi saya tidak percaya begitu saja meskipun mereka sudah berbasis PT. Mengaca pada bank-bank BUMN yang masih sering menjual data nasabah kepada pihak ketiga (oknum atau apa), tidak menuntut kemungkin terdapat oknum pada PT tersebut terutama saat yang bersangkutan sudah keluar dari pekerjaan namun masih menyimpan sejumlah data penting pelanggan yang bisa disalahgunakan untuk pinjol, affiliasi, referral, verifikasi akun dsb

3. Lebih pilih marketplace online seperti Lazada, Tokopedia, shopee dibandingkan market digital online seperti project.co.id dsb karena kalau dimarketplace online kita bisa pakai kupon diskon sehingga biaya lebih murah sementara di market khusus digital tidak bisa selain itu biaya feenya terlalu besar sampai 12% dari total transaksi

4. Tidak memakai aplikasi rekber, sebenarnya ada system rekber melalui aplikasi tetapi jujur karena yang memproses transaksi kita adalah system/robot, sulit untuk mendapatkan penanganan apabila terjadi trouble juga beberapa merek aplikasi statusnya masih belum jelas, illegal atau sebatas CV

Dengan membaca artikel mengenai layanan rekening bersama (Rekber) untuk mengamankan transaksi online di atas, sudah cukup jelas dengan apa yang dimaksud rekber. Selalu gunakan penyedia jasa rekber untuk menghindari penipuan.  

www..helmykediri,com

Related Post