10 Aplikasi Pendeteksi Kerusakan HP Android

by

helmy

Blog Orang IT – Penggunaan smartphone dari hari ke hari pastinya semakin meningkat. Saat ini sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan berbagai macam smartphone untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Sehingga tidak heran jika makin banyak jenis dan macam HP Android di pasaran. Bahkan aplikasi pendeteksi kerusakan HP Android saat ini juga makin banyak dicari.

Hal tersebut karena tidak semua pengguna smartphone mampu merawat HP secara maksimal. Ada kalanya smartphone atau HP yang digunakan mengalami kerusakan tanpa disadari. Sementara biaya perbaikan bisa jadi cukup mahal. Apalagi jika bukan melalui garansi resmi dari merek smartphone yang dibeli. 

Maka dari itu untuk melihat kerusakan awal, berbagai macam aplikasi yang mendukung hal ini hadir di pasaran. Pastinya kabar ini membuat banyak pengguna HP android merasa penasaran dengan aplikasi yang menarik tersebut. 

Aplikasi Pendeteksi Kerusakan

1. Antutu Tester

Aplikasi pertama yang cukup banyak digemari dan sering kali didownload oleh para pengguna smartphone yaitu Antutu Tester. Aplikasi ini cukup mudah digunakan serta dapat memantau seperti apa kinerja atau performa HP Android yang digunakan. 

Tersedia dalam dua versi, yaitu Antutu Benchmark dan Antutu Tester, aplikasi ini akan sangat membantu pengguna smartphone untuk melihat apakah smartphone berfungsi dengan baik atau tidak. Bagi yang tertarik mencobanya, dapatkan aplikasi tersebut pada link berikut ini https://antutu.com/en/index.htm. 

2. Device Assists

Aplikasi cek kerusakan HP Android berikutnya adalah Device Assists. Dengan aplikasi ini pengguna HP Android akan mendapat notifikasi otomatis jika terdapat kerusakan pada smartphone. Oleh sebab itu tidak heran jika aplikasi ini menjadi favorit para pengguna smartphone. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, klik saja link download Device Assists di https://apkpure.com/device-assist/com.google.android.apps.cavalry. 

3. CPU-Z

Kemudian untuk melakukan pengecekan suhu pada HP Android bisa memanfaatkan CPU-Z. Aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer. Namun di sisi lain juga bermanfaat untuk melihat spesifikasi smartphone, termasuk HP Android. Oleh karena itu jika tertarik menggunakannya, coba saja untuk mendownload aplikasi tersebut di link berikut ini https://cpu-z.en.softonic.com/. 

4. Z-Device Test

Jika HP Android mengalami masalah, sebaiknya jangan langsung merasa panik. Coba pengecekan melalui Z-Device Test. Dengan aplikasi ini pengguna HP Android dapat mengetahui apa masalah yang terjadi pada HP Android yang digunakan. 

Berbagai kerusakan yang bisa dimonitor dan diketahui oleh Z-Device Test termasuk layar, hardware, hingga komponen HP Android lainnya. Apabila ingin mencoba untuk menggunakan aplikasi tersebut, sebaiknya segera mendownload aplikasi ini di https://z-device-test.fileplanet.com/apk. 

5. Geekbench 4

Selanjutnya bagi yang ingin tahu apalagi aplikasi cek kerusakan HP Android yang banyak disukai pengguna smartphone bisa mencoba menggunakan Geekbench 4. Aplikasi ini termasuk yang banyak dicari dan digunakan oleh para pemilik HP Android. 

Dengan aplikasi tersebut untuk melihat apakah terdapat kerusakan pada sistem maupun memori HP Android yang digunakan. Bahkan aplikasi ini disebut-sebut sebagai saingan berat aplikasi pendeteksi kerusakan HP Android lainnya. Apabila merasa penasaran dengan kemampuan aplikasi Geekbench 4, sebaiknya segera download aplikasi tersebut di link berikut ini https://www.geekbench.com/geekbench4/. 

Baca juga: Ciri baterai iphone rusak

6. Phone Tester

Masih ada lagi aplikasi berikutnya yang tidak kalah keren membantu pengguna HP Android untuk mendeteksi potensi kerusakan smartphone. Aplikasi ini dikenal dengan nama Phone Tester. Kelebihannya, Phone Tester dapat melihat kinerja HP Android yang digunakan. 

Mulai dari kinerja layar, kinerja kamera, bahkan kinerja sensor serta kinerja komponen HP Android lainnya. Oleh sebab itu aplikasi ini juga banyak disukai sebagian besar pengguna smartphone. Untuk memperolehnya, segera saja download aplikasi Phone Tester di link berikut ini https://apkpure.com/phone-tester/nscteq.phonetest. 

7. Phone Check

Aplikasi Phone Check tidak hanya berfungsi untuk mengetahui apakah HP Android mengalami kerusakan atau tidak. Namun juga aplikasi ini dapat menjadi sebagai salah satu alternatif aplikasi cek HP bekas. 

Berkat aplikasi tersebut maka pemilik HP dapat melihat seperti apa HP Android bekerja mengoperasikan jaringan WiFi, layar, hingga CPU secara normal. Sehingga jika terjadi masalah pada smartphone, hal ini akan diinformasikan pada pengguna. 

Adapun untuk yang tertarik memakai aplikasi Phone Check dapat mendownload aplikasi tersebut di link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.inpocketsoftware.andTest&hl=en_US&gl=US. 

8. Phone Doctor Plus

Masih ada lagi aplikasi keren yang mampu mendeteksi potensi kerusakan pada HP Android yang digunakan. Aplikasi ini bernama Phone Doctor Plus. Seperti namanya, aplikasi tersebut akan bekerja untuk melihat apakah smartphone bekerja dengan baik atau tidak. 

Jika terjadi kerusakan atau kegagalan fungsi, maka aplikasi ini akan memberi informasi tentang kerusakan tersebut. Sehingga pengguna HP Android dapat mengetahui secara pasti mana bagian yang mengalami masalah dan perlu perbaikan lebih lanjut. 

Bagi yang ingin mencoba aplikasi Phone Doctor Plus, bisa segera mendonwload aplikasi ini melalui link berikut 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.idea.PhoneDoctorPlus&hl=en_US&gl=US. 

9. Dead Pixels Test and Fix

Yang sedang mencari aplikasi cek layar HP Android sebaiknya mencoba Dead Pixels Test and Fix. Sesuai dengan nama yang diberikan berfokus pada melihat kondisi layar pada HP Android. Sehingga jika terjadi kerusakan pada layar akan segera diperoleh informasi dari aplikasi yang ini.

Bukan hanya itu saja, Dead Pixels Test and Fix ini juga bermanfaat untuk memperbaiki layar LCD yang mengalami kerusakan/kurang responsif. Penggunaan aplikasinya juga tergolong mudah karena tinggal mengikuti panduan. Bila tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, bisa didapatkan dengan cara mendonwload melalui link berikut 

https://apkpure.com/dead-pixels-test-and-fix/com.zoox.deadpixelfix. 

10. Device Info

Terakhir untuk yang ingin mengetahui kondisi HP Android serta memastikan bahwa tidak terjadi kerusakan di dalamnya, bisa mencari tahu informasi ini melalui Device Info. Sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk memeriksa fungsi HP secara keseluruhan, maka aplikasi ini akan bekerja untuk memberikan informasi mengenai performa system Android, CPU, hingga memori yang digunakan. 

Sehingga bisa dikatakan bahwa aplikasi Device Info memberikan fitur yang cukup lengkap dalam melakukan pemeriksaan HP Android secara spesifik. Bahkan aplikasi ini mampu memberikan informasi perbaikan yang diperlukan. Jika tertarik untuk mencobanya, download aplikasi tersebut di link https://www.deviceinfo.app/. 

Itulah beberapa aplikasi pendeteksi kerusakan HP Android yang layak untuk dicoba. Link yang tersedia di atas memungkinkan para pemilik smartphone untuk mendownload dan menggunakannya. Maka dari itu jika seketika HP Android bermasalah, jangan cemas atau khawatir. Gunakan saja aplikasi yang disarankan tadi dan lihat lebih dulu apa yang menjadi penyebab kerusakannya.

www.helmykediricom

Related Post