Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Jaringan Komputer PAN, LAN, CAN, MAN, WAN

Blog Orang IT - Memahami seluk beluk jaringan komputer bagi orang awam bisa jadi tidak mudah. Termasuk dalam memahami pengertian jaringan komputer PAN, LAN, CAN, MAN, WAN yang cukup spesifik. Padahal jaringan ini cukup berguna untuk memastikan seluruh data penting dapat saling terkoneksi satu sama  lain. Sehingga pengetahuan umum tentang jaringan komputer sebaiknya dimiliki oleh pengguna komputer.

Sebagai informasi awal, jaringan komputer umumnya merupakan kombinasi dari sistem perangkat lunak dan sistem perangkat keras pada sebuah komputer. Sehingga jaringan ini dapat tercipta berkat kombinasi kedua perangkat tersebut yang membantu menghasilkan koneksi data atau pertukaran informasi sesuai kebutuhan. Pada prakteknya, ada beberapa jenis jaringan komputer meliputi jaringan PAN, jaringan LAN, jaringan CAN, jaringan MAN, serta jaringan WAN.

Adapun artikel ini akan membahas secara detail mengenai jaringan PAN, LAN, CAN, MAN serta WAN. Mulai dari pengertian, hingga kelebihan serta kekurangan dari jaringan tersebut. Supaya pengguna komputer dapat melihat dan memutuskan mana jaringan yang paling tepat untuk diimplementasikan. 

Pengertian Jaringan PAN

Pengertian Jaringan PAN

Jaringan komputer pertama yang akan kita bahas lebih lanjut bersama-sama yaitu jaringan PAN. Jaringan ini merupakan kepanjangan dari Personel Area Network. Yang mana secara terminologi jaringan PAN adalah jaringan yang menghubungkan dua buah perangkat yang saling berdekatan. Sehingga hal ini dapat membantu dua buah perangkat yang berada dalam jarak beberapa meter saling terhubung dan berbagi data

Kelebihan penggunaan jaringan PAN ini cukup banyak. Pertama yaitu membantu saling menghubungkan kedua perangkat yang berdekatan. Kelebihan berikutnya, jaringan ini memungkinkan pertukaran informasi dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan di atas, tentu saja jaringan ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan utama dari jaringan ini yaitu hubungan koneksi yang hanya dapat dilakukan dalam jarak terbatas, bahkan hanya beberapa meter, seperti yang telah diinformasikan sebelumnya. Sehingga hanya dapat digunakan untuk koneksi terbatas satu ruangan saja.

Contoh implementasi dari jaringan PAN ini kita jumpai koneksi antara perangkat laptop dengan smartphone menggunakan Bluetooth. Dimana koneksi ini hanya terbatas pada jarak yang dekat saja.

Pengertian Jaringan LAN

Pengertian Jaringan LAN

Berikutnya ada jaringan LAN singkatan dari Local Area Network. Jaringan LAN adalah jaringan yang menghubungkan satu area dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Kelebihan jaringan ini yaitu memungkinkan pertukaran data yang cepat antar perangkat dalam area tersebut. Selain itu tidak diperlukan jaringan telekomunikasi untuk membantu mendukung jaringan tersebut.

Akan tetapi di satu sisi yang lain, sayang sekali jaringan LAN ini hanya dapat mengkoneksi area tertentu saja. Sehingga tidak bisa digunakan dalam skala geografis yang lebih luas. Sebagai contoh implementasi dari jaringan LAN ini misalnya pada satu area kantor yang sama, atau pada satu gedung sekolah 

Baca juga; Mengetahui hp disadap jarak jauh

Pengertian Jaringan CAN

Pengertian Jaringan CAN

Jaringan komputer berikutnya yang tidak kalah penting yaitu jaringan CAN. Pengertian jaringan CAN ini sendiri adalah jaringan yang hanya tersedia di dalam satu area institusi pendidikan. Maklum saja, jaringan CAN merupakan singkatan dari Campus Area Network, sehingga hanya dapat diimplementasikan pada seputar gedung kampus tertentu.

Adapun jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN yang khusus hanya digunakan oleh institusi pendidikan. Kelebihan dari sistem jaringan komputer ini tentu saja mirip dengan kelebihan jaringan LAN di atas sebelumnya. Hanya saja area yang menjadi fokus dari jaringan tersebut yaitu area gedung pendidikan berupa kampus.

Sayangnya dalam menggunakan jaringan CAN ini hanya dapat diakses selama berada di wilayah kampus saja. Sehingga bila berada di luar area institusi pendidikan tadi, otomatis kebutuhan akses data tidak dapat dilakukan. Misalnya jika ingin melakukan akses terhadap data mata kuliah siswa.

Pengertian Jaringan MAN

Pengertian Jaringan MAN

Kemudian jaringan selanjutnya yang juga tidak kalah menarik untuk diketahui yaitu jaringan MAN  singkatan dari Metropolitan Area Network. Dari singkatan tersebut cukup jelas bahwa jaringan MAN ini merupakan jaringan yang bekerja untuk membantu transfer data antar Gedung dalam sebuah kota dengan kecepatan tinggi.

Otomatis dengan adanya jaringan MAN ini, dapat membantu menghubungkan beberapa jaringan LAN dalam sebuah kota. 

Sesuai dengan cover wilayahnya, umumnya jaringan MAN ini hanya bekerja untuk area seluas 5 hingga 50 kilometer persegi. Dimana ini merupakan luasan umum untuk daerah perkotaan. Tentu saja jaringan ini tidak akan dapat diakses diluar dari luasan area tersebut.

Adapun contoh jaringan MAN secara umum yang banyak digunakan yaitu jaringan perkantoran Pemerintah Daerah setempat. Yang mana dapat menghubungkan informasi antar instansi di satu kota. Contoh lainnya yaitu jaringan antar bank yang dapat diakses antara bank di kantor pusat dan bank di kantor cabang yang berada di satu kota. Dengan adanya jaringan semacam ini, maka pertukaran data dan informasi penting antar kantor dapat untuk dilakukan.

Pengertian Jaringan WAN

Pengertian Jaringan WAN

Selanjutnya ada juga jaringan WAN,  singkatan dari Wide Area Network. Jaringan WAN adalah jaringan komputer yang dapat diakses dengan skala lebih luas. Misalnya antar kota atau bahkan antar negara. Sehingga jaringan ini membutuhkan adanya router serta saluran komunikasi publik untuk mendukungnya.

Kelebihan menggunakan jaringan WAN tentu saja akses data dan informasi yang mudah didapatkan dimana saja. Dengan skala jaringan yang sangat besar, hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu jaringan ini membantu menghubungkan berbagai jaringan LAN maupun jaringan MAN untuk pertukaran informasi penting.

Akan tetapi saat menggunakan jaringan WAN, kelemahannya membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. Selain itu dengan luasnya cakupan area, otomatis diperlukan sistem keamanan yang lebih rumit untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Karena jaringan semacam ini rentan terhadap hacker dan pencurian data.

Contoh jaringan WAN yang paling mudah ditemukan yaitu jaringan internet. Dimana semua orang bisa melakukan akses terhadap jaringan tersebut. Selain itu contoh lain dari jaringan WAN adalah jaringan antar perusahaan internasional yang memiliki cabang di berbagai negara. Sehingga antar kantor yang satu dan yang lain dapat bertukar informasi dengan mudah.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian jaringan komputer PAN, LAN, CAN, MAN, WAN yang perlu dipahami oleh para pengguna komputer saat ini. Sehingga dengan pengetahuan umum di atas, pemilik komputer dapat mengetahui mana jaringan yang dibutuhkan. Dengan menggunakan jaringan yang tepat pada komputer, tentu saja pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan optimal. Serta pertukaran data via jaringan dapat dilakukan dengan baik.

www,helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Pengertian Jaringan Komputer PAN, LAN, CAN, MAN, WAN"