Pengertian, Fungsi, Jenis dan Harga Baterai CMOS Komputer

by

helmy

Blog Orang IT – Beberapa di antara kalian tentu pernah melihat atau mengetahui baterai CMOS yang digunakan pada komputer. Namun sebagian besar belum mengetahui seperti apa pengertian, fungsi, jenis, dan harga baterai CMOS komputer tersebut. Padahal benda ini cukup penting untuk memastikan waktu tetap berjalan seperti seharusnya meski komputer dalam keadaan mati

Oleh sebab itu pada postingan kali ini saya akan membahas terkait pengertian hingga cara kerja baterai CMOS pada komputer. Sehingga dapat menambah pengetahun tentang seberapa penting peran baterai CMOS yang dipandang sebelah mata.  

Pengertian Baterai CMOS Komputer

Baterai CMOS Komputer

Pertama dimulai dengan memahami apa yang dimaksud dengan baterai CMOS pada komputer. Bagi yang belum pernah melihat Baterai CMOS, sebenarnya cukup mudah. Karena baterai CMOS ini biasanya terpasang pada motherboard dan terlihat cukup jelas.

Adapun baterai CMOS merupakan baterai yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan informasi terkait sejumlah konfigurasi CMOS. Umumnya baterai ini menyimpan informasi berupa tanggal maupun konfigurasi dari BIOS. Selain itu, informasi yang diterima pada CMOS berupa sinyal listrik.

Ciri Dan Karakteristik Baterai CMOS Komputer

Baterai ini juga memiliki ciri serta karakteristik tersendiri. Apalagi jika dibandingkan dengan komponen komputer lainnya. 

Pastinya CMOS memiliki ciri hingga karateristiknya yang spesifik, sebagai berikut.

• Memiliki bentuk spesifik bulat pipih seperti baterai jam.

• Baterai ini terletak pada motherboard dan dapat dilepas dengan mudah. Sehingga jika terjadi kerusakan dapat segera diganti dengan yang baru.

• Lokasi baterai biasanya diletakkan secara terpisah dengan penghubung.

• Memiliki karakteristik penting berupa ketahanan terhadap suhu panas yang tinggi, sehingga tidak mudah rusak meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

• Ciri dan karakteristik selanjutnya yaitu memiliki konsumsi energi statis yang cukup rendah. Hal ini karena sensor CMOS membutuhkan energi yang lebih sedikit.

Cara Kerja Baterai CMOS Komputer

Bukan hanya memahami tentang pengertian CMOS saja, namun mengetahui seperti apa cara kerja baterai CMOS komputer juga penting. Secara umum baterai ini bekerja dengan cara menyimpan pengaturan konfigurasi BIOS yang diberikan pada komputer. Dimana nantinya CMOS ini menghasilkan arus listrik kecil saat transistor beralih dari hidup ke mati, dan sebaliknya.

Saat menyalakan komputer, maka otomatis CMOS melakukan pemeriksaan pada komputer dan memastikan komputer tidak mengalami masalah. Diantaranya memeriksa perhitungan RAM komputer, memeriksa format disk, serta melihat konfigurasi array dan berbagai pengaturan lainnya.

Fungsi dan Manfaat Baterai CMOS Komputer

Manfaat Baterai CMOS

Selanjutnya yang juga penting untuk dipahami yakni seperti apa fungsi serta manfaat baterai CMOS pada komputer. Jika dirunut lebih jauh, memang ada beberapa fungsi penting dari penggunaan baterai ini. Adapun fungsi CMOS antara lain;

• Berfungsi Untuk Menyimpan Pengaturan BIOS (Basic Input Output System)

Fungsi utama dari baterai CMOS komputer yaitu menyimpan pengaturan atau konfigurasi pada BIOS. Sehingga dengan demikian seluruh hasil pemeriksaan pada sistem komputer akan disimpan di dalam baterai ini. CMOS juga berfungsi untuk menghindari terjadinya crash atau terjadinya gagal booting pada komputer.

• Membantu Menetapkan Pengaturan Waktu dan Tanggal

Selanjutnya baterai CMOS juga memiliki fungsi untuk mengatur waktu dan tanggal yang terdapat pada komputer. Baik dalam keadaan hidup maupun keadaan mati, CMOS menentukan tanggal dan waktu sesuai dengan settingan yang telah dilakukan oleh pemilik komputer.

• Menjadi RAM Dengan Kapasitas Kecil

Di sisi lain rupanya baterai CMOS komputer juga dapat berfungsi sebagai RAM yang minimalis. Dimana CMOS menjadi tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang sangat kecil, misalnya untuk keperluan pembacaan komponen pada komputer.

• Sebagai Baterai Komputer Berukuran Rendah

CMOS sendiri adalah baterai komputer dengan ukuran daya yang rendah. Sehingga hal ini membantu komputer untuk memiliki daya tambahan sewaktu-waktu diperlukan. Termasuk menyimpan data sementara saat komputer sedang tidak dialiri listrik.

Jenis-Jenis CMOS

Beberapa hal yang sering kali tidak diperhatikan para pengguna komputer yaitu tentang jenis-jenis CMOS. Banyak pengguna komputer awam yang berpikir bahwa CMOS untuk setiap komputer memiliki tipe dan jenis yang sama. Padahal sebenarnya hal ini berbeda-beda. Secara umum berikut jenis-jenis CMOS yang diperdagangkan di pasaran.

• Baterai CMOS CR2032 3V

Baterai ini memiliki tegangan dengan nominal sebesar 3 volt dan memiliki kapasitas nominal sebesar 210 mAh. Model baterai CMOS seri CR2032 ini umumnya memiliki dimensi 20 x 3.2 mm dan beratnya sekitar 3.1 gram.

• Baterai CMOS CR1220 3V

• Baterai ini memiliki tegangan nominal sebesar 3 volt dan memiliki kapasitas nominal sebesar 40 mAh. Model baterai CMOS seri CR1220 ini umumnya memiliki dimensi 20 x 12.5 mm dan beratnya sekitar 0.8 gram.

Baca juga: Arti bunyi beep komputer

Masalah Pada CMOS dan Cara Mengatasinya

Secara umum seperti halnya komponen lain pada komputer, baterai CMOS juga bisa mengalami masalah. Jika baterai CMOS dilepas maka secara tidak langsung seluruh informasi konfigurasi yang disimpan di dalamnya akan hilang. Sehingga pada akhirnya perlu dilakukan konfigurasi ulang saat memasang baterai CMOS yang baru. 

Oleh karena itu umumnya umur pemakaian baterai CMOS ini cukup lama, bahkan dapat menyentuh angka hampir 5 tahun. Akan tetapi jika terdapat tanda-tanda kerusakan pada baterai CMOS, sebaiknya segera ambil langkah membeli yang baru. Karena memang baterai ini tidak bisa diisi ulang, melainkan harus melakukan penggantian baterai.

Harga Baterai CMOS Komputer Terbaru

Adapun bila harus mengganti baterai CMOS pada komputer, perlu dilakukan pembelian produk baru. Banyak orang mungkin tidak memahami berapa harga baterai CMOS di pasaran saat ini. Padahal harga yang ditawarkan umumnya masih terjangkau oleh kalangan umum. Rata-rata harga sebuah baterai CMOS di kisaran Rp.5.000 – Rp.10.000 saja. Tentu saja cukup murah dan bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Meskipun pada dasarnya harga baterai CMOS juga tergantung pada jenis dan serinya, namun sering kali harga yang ada di pasaran ini tidak terlampau jauh berbeda. Maka dari itu jika CMOS mengalami kerusakan, tidak perlu khawatir.

Itulah beberapa informasi menarik tentang pengertian, fungsi, jenis, dan harga baterai CMOS komputer. Dengan informasi di atas, maka sedikit banyak dapat diketahui seperti apa pentingnya penggunaan baterai CMOS untuk operasional komputer. Selain itu lewat informasi pada artikel ini, setidaknya terdapat gambaran mengenai harga dari berbagai jenis baterai CMOS. 

wwww.helmykediricom

Related Post