Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengetahui Perbedaan Samsung SEIN dan Global Internasional

Blog Orang IT - Siapa yang tidak mengenal smartphone merek Samsung? Sebagai produk smartphone yang populer, produk tersedia cukup banyak di Indonesia dan bahkan menyebar ke berbagai kota yang ada di Indonesia. 

Meski demikian masih banyak masyarakat yang umumnya tidak menyadari ataupun mengetahui perbedaan Samsung SEIN dan Global Internasional. 

Hal ini karena sebagian besar pengguna kurang memperhatikan adanya perbedaan tersebut. Padahal penting memahami perbedaan ini, terutama jika bermaksud untuk mengajukan garansi saat terjadi kerusakan smartphone Samsung secara resmi. Secara umum nantinya akan berbeda saat mengajukan klaim garansi Samsung SEIN dan Samsung Global Internasional.

Oleh sebab itu pastinya informasi tentang cara membedakan Samsung SEIN dan Global cukup penting terutama bagi pengguna HP samsung pertamakalinya. Supaya pengguna memiliki edukasi mengenai perbedaan garansi yang diberikan oleh keduanya, hingga cara melakukan klaim masing-masing. Supaya lebih jelas, simak saja informasinya berikut ini.

Perbedaan Samsung SEIN

Tentang Samsung SEIN

Secara umum di Indonesia, Samsung menjual dua macam produk, pertama yang merupakan hasil rakitan dalam negeri, dan kedua hasil rakitan luar negeri. Maka tidak heran jika dalam memberikan garansi terdapat dua sistem atau mekanisme. Pertama klaim garansi untuk Samsung SEIN, dan kedua klaim garansi untuk Samsung Global Internasional. 

Adapun Samsung SEIN merupakan produk smartphone milik Samsung yang dirakit di dalam negeri atau di Indonesia. Samsung ex SEIN adalah produk smartphone dari Samsung yang secara resmi diproduksi oleh PT Samsung Electronics Indonesia atau PT SEIN. 

Dari nama perusahaan tersebut, maka produk smartphone Samsung lokal dikenal juga dengan istilah Samsung SEIN. 

Perusahaan Samsung di Indonesia ini telah berdiri selama 25 tahun lamanya. Dalam memproduksi smartphone untuk pasaran lokal, PT Samsung Electronics Indonesia tersebut mengacu pada Samsung Global Internasional di Seoul, Korea Selatan. 

Jadi, jangan khawatir tentang kualitas produk yang dihasilkan oleh Samsung Indonesia ini. Karena tetap memiliki spesifikasi serta kualitas yang terjamin sesuai ketentuan umum dari pihak Samsung Global Internasional.

Tentang Samsung Global

Sedangkan Samsung Global Internasional sekilas tentu sudah cukup jelas bahwa Samsung ex Inter adalah produk smartphone Samsung yang diproduksi di luar Indonesia. Sehingga bisa saja produk ini dibuat di berbagai negara lainnya termasuk cabang utama di Seoul, ataupun produksi dari negara-negara lainnya seperti Eropa, Amerika, dan lain sebagainya. 

Maklum saja, hingga saat ini pabrik Samsung tercatat ada di lebih dari 100 negara di dunia, sehingga kemungkinan negara asal pembuatan bisa cukup beragam.

Sebagai produk smartphone keluaran dari negara di luar Indonesia, spesifikasi smartphone tentu saja tetap mengacu pada Standart Samsung Global Internasional di Seoul, Korea Selatan. Sama halnya dengan pembuatan produk smartphone Samsung di dalam negeri. 

Perbedaaan Samsung SEIN dan Global Internasional Secara Umum

Tentunya informasi di atas sedikit banyak telah memberikan penjelasan tentang perbedaan Samsung SEIN dan Samsung Global Internasional. Namun demikian, secara umum ada beberapa perbedaan mendasar yang masih perlu diketahui. 

Terutama jika membeli smartphone Samsung, perhatikan negara asal pembuatannya. Karena terdapat beberapa perbedaan mendasar yang biasanya dapat ditemukan antara kedua smartphone Samsung tersebut. Misalnya sebagai berikut.

Penangkap Sinyal Atau Frekuensi

Frekuensi atau sinyal yang berlaku pada tiap-tiap negara umumnya berbeda satu dengan yang lain. Maka dari itu tidak heran jika smartphone dari suatu negara dengan smartphone di Indonesia diciptakan dengan penangkap sinyal yang tidak sama. 

Contohnya di Indonesia, frekuensi atau sinyal yang banyak digunakan oleh operator selular untuk kebutuhan 4G-LTE yaitu frekuensi dari Band 5 FDD LTE di 850MHz, Band 8 FDD LTE 900 MHz, Band 3 FDD LTE 1800 MHz, hingga Band 40 TDD LTE 2300 MHz. 

Tentu saja frekuensi tersebut akan berbeda dengan frekuensi yang dipilih oleh kebanyakan operator seluler di negara lain misalnya Malaysia. Di negara ini untuk mendukung kebutuhan 4G-LTE dipilih frekuensi LTE 700, LTE 800, LTE 850, LTE 900, LTE 1800, hingga LTE 2300 dan LTE 2600.

Oleh karena itu, umumnya smartphone Samsung SEIN akan memiliki penangkap sinyal atau frekuensi yang berbeda dengan smartphone Samsung produksi negara lain. 

Spesifikasi ROM yang Digunakan

Selanjutnya, hal yang membedakan Samsung SEIN dan Global Internasional juga terletak pada spesifikasi ROM pendukung smartphone tersebut. Biasanya antara satu negara dan negara yang lain mengeluarkan seri smartphone dengan besarnya ROM yang berbeda-beda. Bisa jadi kapasitas penyimpanan Samsung SEIN dengan Samsung produksi negara lain lebih kecil, namun ada pula tipe HP yang memiliki kapasitas ROM lebih besar. 

Meskipun pada dasarnya Samsung memberikan berbagai macam pilihan mengenai besarnya ROM, namun semua akan kembali pada permintaan pasar masing-masing negara. Misalnya jika di Indonesia kapasitas memori internal 16GB lebih diminati, maka produksi tersebut akan diutamakan. Sementara jika di Malaysia rata-rata meminta kebutuhan memori sebesar 32GB, maka spesifikasi itulah yang akan diproduksi di negara tersebut.

Nomor Serial dan IMEI

Jika melihat pada nomor serial ataupun IMEI pada smartphone Samsung antara negara satu dan yang lain akan berbeda. Maka dari itu akan mudah mengenali mana smartphone milik Samsung SEIN dan mana yang merupakan produksi dari negara lain. 

Biasanya dapat dilakukan pengecekan pada nomor serial setiap smartphone Samsung, berikut juga nomor IMEI yang tertera, untuk mengetahui asal dari pembuatan produk smartphone Samsung tersebut. Samsung SEIN sendiri memiliki nomor serial serta IMEI yang terdaftar secara spesifik untuk wilayah Indonesia.

Jadi, kalau anda membeli Samsung Global di luar negeri maka HP tidak akan bisa dipakai di negara Indonesia sampai IMEInya terdaftar ke KEMENPERIN

Jadwal Update Software

Terkait jadwal update software biasanya juga sedikit berbeda antara negara yang satu dan yang lain. Korea sebagai pusat dari smartphone merek Samsung tentu saja berhak mendapatkan update terbaru lebih dahulu dari negara-negara yang lain. 

Sehingga jangan heran jika jadwal untuk mendapatkan update di Indonesia lebih lambat dari negara asal smartphone Samsung tersebut

Perbedaan Garansi Samsung SEIN dan Global Internasional Terkait Garansi

Hal spesifik berikutnya yang membedakan Samsung SEIN dan Global yaitu terkait garansi dan cara klaimnya. Ini merupakan poin yang cukup penting di kemudian hari untuk para pengguna smartphone besutan Korea tersebut. 

Apabila terjadi kerusakan pada smartphone selama masa garansinya, kedua smartphone ini akan memiliki mekanisme garansi serta cara klaim yang berbeda.

Memiliki produk smartphone Samsung SEIN artinya memiliki hak untuk mendapatkan servis resmi dari pabrik Samsung SEIN di Indonesia. Namun apabila menggunakan smartphone Samsung Global Internasional, artinya garansi tidak berlaku di Indonesia dan hanya dapat berlaku di negara asal pembuatan smartphone Samsung tersebut. 

Adapun kelebihan Samsung garansi SEIN adalah sebagai berikut;
 
Pertama, dengan adanya garansi Samsung SEIN, otomatis pengguna smartphone Samsung di Indonesia tidak perlu merasa khawatir jika smartphone mengalami masalah. Terutama jika berada dalam masa garansi sesuai garansi resminya. Pengguna dapat segera menghubungi service center resmi di Indonesia

Berkat adanya garansi resmi dari Samsung SEIN ini, maka proses klaim juga dapat dilakukan lebih mudah. Cukup membuktikan pembelian dengan menunjukkan nota pembelian serta memberikan informasi berupa kartu garansi yang masih berlaku. Sehingga pihak layanan servis resmi Samsung akan membantu melakukan pengecekan hingga perbaikan.

Tidak hanya itu saja, pemilik garansi Samsung SEIN juga mendapat kesempatan untuk memperoleh penggantian spare part dengan mudah. Selain itu, harga spare part produk smartphone yang dirakit di Indonesia umumnya lebih murah serta dapat diperoleh dengan cepat.

Maka dari itulah memiliki produk smartphone Samsung keluaran SEIN banyak dipilih oleh masyarakat dalam negeri. Supaya pengajuan klaim garansi nantinya tidak mengalami kesulitan. Termasuk jika harus membutuhkan penggantian spare part tertentu saat perbaikan smartphone. 

Kekurangan Samsung garansi internasional adalah sebagai berikut;

Sebagai produk smartphone yang diproduksi oleh negara lain, maka klaim garansi yang berlaku hanya dapat diberikan di negara yang bersangkutan. Artinya jika produk ini digunakan di Indonesia dan mengalami kerusakan, maka pihak layanan servis resmi Samsung di Indonesia tidak dapat membantu melakukan perbaikan.

Sesuai ketentuan, maka pemilik smartphone Samsung Global Internasional mau tidak mau harus mengirimkan smartphone ke negara asal yang memproduksi smartphone tersebut. Contohnya jika membeli produk Samsung buatan Malaysia, maka jika terjadi kerusakan hanya dapat melakukan klaim garansi pada servis resmi Samsung yang ada di Malaysia.

Artinya setiap terjadi klaim garansi dan perbaikan kerusakan, perlu usaha lebih untuk mengirimkan smartphone tersebut ke negara asal. Sehingga hal ini membuat biaya perbaikan menjadi lebih besar, belum lagi perlu waktu yang lebih lama untuk melakukan perbaikan. 

Ditambah spare part yang diperlukan juga harus berasal dari negara yang memproduksi smartphone Samsung tersebut. Karena jika tidak demikian, bisa saja spare part yang tersedia tidak cocok dengan komponen pada smartphone Samsung tersebut.

Melakukan Pengecekan Produk Samsung SEIN

Samsung SEIN dan Global Internasional

Dengan melihat penjelasan di atas, tentunya cukup meyakinkan bahwa memiliki dan membeli produk Samsung SEIN dinilai lebih baik. Daripada membeli atau mendapatkan smartphone Samsung buatan negara yang lain. 

Apalagi tidak jarang banyak yang memburu produk ini bukan hanya di Indonesia, namun juga di negara tetangga. Sehingga membedakan produk smartphone lokal dan bukan adalah hal yang penting.

Untuk mengetahui apakah HP Samsung merupakan produk dalam negeri atau bukan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Sebaiknya ketahui dengan pasti apa saja langkah yang dapat dilakukan secara umum sebagai berikut;

• Cek Box Penjualan

Saat membeli smartphone Samsung pertama kalinya, lakukan pengecekan pada box penjualan. Biasanya box yang digunakan di setiap negara tidak akan sama persis meskipun untuk seri smartphone Samsung yang sama. Sehingga hal ini bisa menjadi parameter untuk melihat dari negara mana smartphone Samsung tersebut berasal. Seharusnya ada keterangan lokasi tempat produksi.

• Cek Serial Number

Berikutnya, bisa juga melakukan pengecekan melalui informasi serial number yang tertera pada smartphone. Cara cek Samsung SEIN melalui serial number cukup mudah yaitu dengan melihat pada kotak atau box penjualan berapa nomor yang tertera pada kotak tersebut. Sehingga dapat diketahui berapa angka serial number smartphone yang dibeli dan darimana asal smartphone tersebut.

Cek Kode IMEI
Tidak hanya serial number saja, namun biasanya nomer IMEI yang tertera pada smartphone juga dapat menunjukkan dari negara mana smartphone tersebut berasal. Lakukan pengecekan melalui smartphone dengan memencet tombol *#06# maka nomer IMEI akan diinformasikan. 

Sesudahnya cukup melakukan pengecekan pada www.samsungwarrantycheck.com atau www.imei.info untuk memastikan apakah smartphone tersebut produksi SEIN atau global.

[Cara manual] No IMEI terdiri dari kisaran 15 Digit angka acak seperti Contohnya: 8 6 9 8 0 1 0 1 0 1 2 7 3 3 6 . Dari angka ini terdapat informasi negara asal pembuatannya.

Petunjuk negara pembuat hp samsung terdapat dalam angka ke 7 dan ke 8. Angka tersebut sebagai kode negara asal pabrikan. Apabila melihat contoh no imei diatas,maka ponsel berasal dari negara filandia.
  • Kode imei 00 merupakan pabrikan asli korea / original dianggap sebagai produk samsung yang memiliki kualitas terbaik
  • Kode 01 atau 10 artinya merupakan hp pabrikan dari negara finlandia. Sama halnya versi diatas, hp pabrikan finlandia juga mempunyai kualitas terbaik.
  • Kode imei 13 berarti hp dari pabrikan dari negara Azerbaijan.
  • Kode imei 02 atau 20 smartphone pabrikan negara emirat arab.
  • Kode imei 03 atau 30 ponsel pabrikan dari china.
  • Kode imei 04 atau 40 samsung pabrikan dari negara china.
  • Kode imei 06 atau 60 hp yang di produksi dari negara china/hong kong/meksiko.
  • Kode imei 08 atau 80 dari pabrikan china/hong kong/meksiko.

• Cek Garansi Tertera

Perlu juga melihat informasi tentang garansi yang tertera. Apalagi ini merupakan hal yang penting di kemudian hari. Biasanya dalam setiap pembelian paket smartphone Samsung, akan diberi satu buah kartu garansi. 

Untuk mengetahui garansi SEIN palsu atau tidak, lihat dengan baik seperti apa informasi yang tertera pada kartu garansi dan dimana lokasi servis yang tertera pada kartu tersebut. Hal ini memberikan informasi apakah smartphone tersebut bergaransi resmi pada Samsung SEIN atau GLOBAL.

Melakukan Klaim Smartphone Samsung Garansi Internasional

Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, beberapa orang sengaja melakukan pembelian produk smartphone Samsung bukan di Indonesia. Melainkan melakukan pembelian smartphone tersebut di beberapa negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia.

Adapun cara klaim garansi internasional Samsung adalah seperti berikut ini;

Petama-tama pasti harus mengetahui lebih dulu dari negara mana produk smartphone Samsung yang dibeli berasal. Akan lebih mudah jika mengetahui tempat pembelian smartphone. Misalnya jika membeli smartphone Samsung di Malaysia, maka kemungkinan besar produk Samsung tersebut berasal dari negara Malaysia.

Apabila memiliki smartphone buatan Malaysia, maka lihat baik-baik bagaimana cara mengajukan klaim garansi pada lembar kartu garansi yang tertera. Umumnya terdapat informasi service centre yang berlokasi seputar Malaysia. Sebaiknya pilih salah satu lokasi service centre utama di Malaysia lalu kirimkan produk tersebut untuk mendapatkan perbaikan sesuai garansi.

Alternatif lain dapat juga membawa langsung produk smartphone Samsung tersebut ke service centre di Malaysia. Umumnya hal ini membutuhkan biaya lebih serta tenaga atau dana yang tidak sedikit juga. Maka dari itu banyak pengguna menghindari pembelian smartphone Samsung yang berasal dari negara lain.
  
Itulah beberapa informasi menarik tentang perbedaan Samsung SEIN dan Global Internasional. Dengan penjelasan di atas setidaknya pengguna mengetahui dua macam tipe garansi smartphone Samsung yang beredar di pasaran Indonesia saat ini. Sehingga jika melakukan pembelian dapat terlebih dahulu menanyakan informasi sekaligus mengetahui status dari smartphone tersebut.

Sangat penting memastikan apakah produk yang dibeli merupakan Samsung produksi dalam negeri atau inter. Supaya di kemudian hari tidak mengalami masalah dalam hal klaim garansi dan sebagainya. Sebaiknya pilih saja smartphone Samsung SEIN agar jika mengalami kerusakan yang tidak diinginkan, proses pengajuan klaim dan perbaikan akan jauh lebih mudah dan cepat.

www,helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Mengetahui Perbedaan Samsung SEIN dan Global Internasional"