Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 Core

by

helmy

Pada penghujung tahun 2021, Samsung kembali mengeluarkan produk HP dengan harga yang pas di kantong. Sebelumnya, Samsung kerap mengeluarkan HP dengan harga berada pada kelas menengah ke atas. Namun, semenjak Samsung Galaxy Core diproduksi, harapan bagi para pengguna Samsung semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan Samsung lebih memperhatikan kebutuhan segmen entry level para pengguna. 

Saat ini pasar smartphone semakin memanas dengan adanya kompetitor lain yang menawarkan HP murah dengan spesifikasi lebih mumpuni di kelasnya. Hal itu memang cukup menarik perhatian dari pasar. Sehingga tahun ini, Samsung kembali memproduksi Samsung Galaxy A03 Core yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 Core

Samsung Galaxy Core A03 hadir dengan varian RAM 2 GB dan ROM 32 GB. HP ini memiliki berat yang cukup ringan dan bentuk simple  dengan ukuran yang pas dikantong. Cocok bagi kamu yang menyukai HP simple dan tidak terlalu besar. 

Samsung Galaxy Core A03 terkenal dengan kapasitas baterainya tahan lama. Menawarkan sumber daya baterai hingga 5.000 mAh, meskipun memiliki harga yang terbilang sangat terjangkau untuk ukuran harga smartphone saat ini. 

Semua fitur yang tersedia dalam Samsung Galaxy A03 terbilang sederhana namun bisa menjangkau kegiatan sehari-hari yang kita lakukan. Sebelum memutuskan untuk membeli HP ini alangkah baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. 

Berikut Ini Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A03 

Kelebihan Samsung Galaxy A03 core 

1.Layar Lebar

Meski Samsung Galaxy A03 Core dibanderol dengan harga murah, namun tetap menggunakan desain layar Infinity-V yang biasa dikenal dengan port water drop. Layar water drop pada Samsung A03 merupakan peningkatan pada Galaxy A01 Core yang masih menggunakan layar FullView dengan bezel tebal. 

Itu sebabnya ukuran layar juga bertambah, dari 5,3 inci di A01 Core asli menjadi 6,5 inci di Galaxy A03 Core. Sedangkan untuk panel layar Samsung A03 Core menggunakan TFT dengan resolusi HD+ (720p). Dapat dikatakan bahwa ini adalah ponsel terbaik untuk anak-anak belajar di rumah. Keterampilan bermain yang minim, memungkinkan anak lebih fokus saat belajar.

2.Baterai tahan lama

Daya tahan baterai yang lama menjadi keunggulan utama ponsel ini. Anda bisa mengandalkannya untuk aktivitas berjam-jam. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat bepergian. Karena Samsung membekalinya dengan kapasitas baterai 5000mAh. 

Ini merupakan peningkatan yang cukup besar untuk Samsung A03 bila dibandingkan dengan Samsung Galaxy A01 Core yang hanya memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh. Setidaknya, dalam sekali charge, HP ini bisa bertahan dari pagi hingga malam, yang membuat smartphone ini nyaman untuk digunakan.

Adapun port pengisian daya, ia tidak menawarkan port USB Type-C paling umum yang tersedia saat ini. Samsung Galaxy A03 Core hadir dengan port microUSB yang berjalan dengan pengisian daya 10W.

3.Desain yang menarik

Desain Samsung Galaxy A03 Core terlihat unik karena hanya memiliki satu kamera tanpa lensa kosmetik tambahan.

Tepat di bawah kamera ada lingkaran kecil yang berfungsi sebagai lampu kilat LED. Lumayan untuk menjaga agar foto malam hari tidak terlalu gelap. Desain mod kamera ini mungkin cukup sederhana, tetapi sebenarnya memiliki nilai bagus untuk apa yang ditekankannya. 

Bagaimana tidak, Samsung Galaxy A03 Core justru terlihat simpel dan elegan dengan pola garis diagonal yang memberikan aksen visual pada modul kamera.

4.Performa

Samsung A03 Core menggunakan chipset Unisoc SC9863A dengan octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 dan 4×1.2 GHz Cortex-A55) dan GPU IMG8322. Kombinasi ini cukup untuk menjalankan banyak aplikasi.

Samsung hanya menawarkan satu varian memori, RAM 2GB dengan penyimpanan internal 32GB. Jika penyimpanan internalnya kurang, masih ada slot penyimpanan eksternal untuk menambah microSD hingga 1TB. Kalau saja ada lebih banyak memori yang tersedia, kinerja ponsel ini tentu saja akan meningkat.

5.Menggunakan Android Go Edition

Alasan Samsung hanya menyertakan RAM 2GB untuk ponsel ini karena Samsung A03 Core menggunakan sistem operasi versi Android Go versi 11 yang sebenarnya lebih ringan dari Android 11 biasa. Hal ini membuat performa Samsung A03 Core masih stabil walaupun hanya memiliki RAM 2 GB

6.Support 4G dan 3 card slot 

Seperti yang disebutkan, ponsel ini hanya dilengkapi dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB. Jika kita masih hidup di awal 2010, mungkin kapasitas ini masih cukup.

Dengan kapasitas 32 GB, Anda memiliki opsi yang sangat terbatas, terutama ketika Anda harus menggunakan penyimpanan file seperti foto dan video untuk membagi bagian. Untungnya, Anda dapat menyimpan file besar di kartu memori eksternal tanpa mengganggu memori internal. Kabar baiknya adalah perangkat ini dilengkapi dengan slot 3 kartu yang mendukung dual-SIM LTE dan slot microSD terpisah.

Samsung A03 memiliki Fitur konektivitas yang standar. Sudah ada dua slot SIM card di sana untuk mengakses jaringan 4G LTE. Selain itu, kemampuan Wi-Fi, Bluetooth v4.2 dan GPS (A-GPS & Glonass) juga tersedia. Namun sayang, interface USB-nya masih menggunakan tipe jadul yakni MicroUSB 2.0.

Baca juga: Terabox meningkatkan penyimpanan HP hingga 1TB

Kekurangan Samsung Galaxy A03 Core

1.Tanpa Sensor Pemindai Sidik Jari

Ponsel ini juga tidak didukung oleh sensor sidik jari yang sudah menjadi hal lumrah di ponsel masa kini. Sensor pemindai jari sudah menjadi kebutuhan. Anda dapat mengandalkan fitur pemindai wajah, tetapi tidak sepenuhnya dapat diandalkan. 

Faktanya, terkadang face unlock lebih terasa seperti untung-untungan daripada sidik jari. Fitur face unlock juga tetap bekerja anda jika sedang memakai masker atau penutup wajah.

2.Hanya Memiliki Satu Kamera Belakang

Minimnya kamera juga membuat proses fotografi kurang menyenangkan dan kurang bervariasi karena minimnya mode pemotretan.

Smartphone ini memiliki Kamera belakang dengan resolusi 8 MP (f/2.0) yang dilengkapi autofocus dan LED flash. Kamera ini diklaim mampu merekam video dalam resolusi 1080p pada 30 FPS. Sebagai ponsel murah, tentu ponsel ini tidak dilengkapi dengan fungsi EIS giroskop untuk menstabilkan perekaman video.

Sementara kamera depan Samsung Galaxy A03 Core  memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.0. Sama seperti kamera belakang, resolusi perekaman mendukung frame rate yang sama dengan yaitu 1080p, 30 FPS.

3.Bodi Agak Tebal

Dimensi bodi (P x L x D) Samsung Galaxy A03 Core adalah 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Ketebalannya mencapai 9,1 mm. Ini termasuk dalam salah satu bobot terberat di industri smartphone. Dengan HP setebal ini mungkin merasa sulit untuk menggenggamnya jika terlalu lama. Apalagi jika ponsel itu didesain sebagai hadiah untuk anak-anak. 

4.Kapasitas Memori Kalah Saing

Meski ponsel ini hadir dengan slot memori eksternal terpisah, memori 32GB masih tergolong kecil. Bahkan dengan hanya 2 GB RAM, pengguna tampaknya tidak mengalami pengalaman multitasking yang baik, terutama ketika beberapa aplikasi dibuka secara bersamaan.

www,helmykediricomn

Related Post