8 Cara Memperkuat Sinyal HP Android di Desa Terbukti

by

helmy

Blog Orang IT – Pengguna HP Android terkadang mengalami masalah dengan sinyal jika berada di lokasi tertentu. Misalnya saat berada di kampung halaman atau di desa pelosok, sering sinyal operator tidak menjangkau area tersebut. 

Maka dari itu banyak yang mencari tahu seperti apa cara memperkuat sinyal HP Android di desa. Supaya memperoleh sinyal yang optimal dan membantu komunikasi yang lebih lancar sehingga betah berlama-lama dikampung halaman. 

Berikut ini kumpulan tips memperkuat sinyal handphone di desa;

1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal HP Android di desa yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. APK penguat sinyal HP di daerah terpencil ini ada beberapa macam alternatif pilihan diantaranya Signal Guard Pro, 3G/4G Speed Optimizer, dan lain sebagainya.

Cukup download aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Lalu install aplikasi pada HP Android yang dimiliki.  Cara kerjanya, saat HP kehilangan sinyal maka APK penguat sinyal akan memindai ulang jaringan kurang dari 10 detik untuk menemukan jaringan alternatif 3G/4G disekitar area. Aplikasi seperti Signal Guard pro memberi efek getaran, nada dering, 3 mode LED saat sinya HP lemah

2. Memilih Provider Seluler Terbaik

Alternatif berikutnya untuk memperkuat sinyal di tempat susah sinyal tentunya dengan memilih kartu provider seluler terbaik. Biasanya masing-masing daerah memiliki area dengan karakteristik berbeda. Sehingga dengan demikian preferensi sinyal dari kartu SIM akan berbeda-beda pula. Contoh ditempat tinggal pacar saya tepatnya desa krenceng saat memasuki lokasi tersebut bagi pengguna provider seluler Axis, XL, Indosat, 3 (Tri) langsung hilang sinyal

Coba tanyakan mana kartu Provider yang memiliki sinyal paling kuat di daerah tersebut lalu pilih Operator terbaik. Dengan demikian anda bisa tetap menikmati fasilitas jaringan untuk internetan, layanan panggilan dan SMS seperti biasa. 

Kebanyakan smartphone sekarang sudah dilengkapi baki 2 SIM Card, beberapa merek Servo juga ada yang sampai 4 Baki SIM Card jadi anda tidak perlu khawatir.

3. Lakukan Setting Mode “Only”

Kemudian tips lain bagi yang ingin tahu cara memperkuat sinyal HP Android di desa yaitu dengan melakukan setting jaringan menjadi 3G/4G “only”. Umumnya kebanyakan HP menggunakan mode Jaringan otomatis sehingga HP mengumpulkan semua jaringan yang terdeteksi, terkadang 3G-terkadang juga 4G dan tidak berganti ke mode jaringan lain meskipun jaringan yang terpilih sinyalnya lemah.

Oleh karena itu ganti settingan jaringan automatis tersebut menjadi settingan “only”. Sehingga nantinya smartphone secara konsisten hanya mencari jaringan sinyal tertentu saja. Misalnya khusus jaringan 4G LTE saja. 

Caranya buka settings > kartu sim & jaringan seluler > pilih kartu SIM utama > Tipe jaringan prioritas pilih 4G LTE > jaringan seluler > matikan mode pilih jaringan secara otomatis 

Lakukan Setting Mode “Only”

4. Mengunci Satu Jaringan

Banyak yang tidak tau bahwa mengunci smartphone hanya pada satu jaringan membantu memperkuat penerimaan sinyal pada HP tersebut. Terutama jika menggunakan HP Android yang mendukung dua-tiga SIM Cards sekaligus. Sering kali pengguna melupakan untuk memilih koneksi internet pada provider tertentu. Sehingga sinyal pada smartphone akan bergantian mencari jaringan yang sesuai.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya kunci koneksi pada satu jaringan saja. Pilih mana jaringan yang lebih kuat dengan sinyal yang lebih baik. Supaya nantinya HP Android dapat menangkap sinyal lebih baik dan berfungsi lebih optimal.

Baca juga: Mengetahui hp disadap dengan kode

5. Membuat Antena Penguat

Pasti tidak banyak yang berpikir tentang bagaimana cara memperkuat sinyal HP dengan tembaga? Padahal ini merupakan ide kreatif yang tidak memakan banyak biaya untuk dilakukan. Caranya dengan menyediakan kawat tembaga dengan ukuran kurang lebih 20-30 sentimeter saja. Kemudian jangan lupa menyediakan alat pemotong kawat atau dapat diganti dengan cutter.

Cara pembuatan, lilitkan kawat tembaga tersebut pada HP Android kalian sebanyak beberapa kali. Jangan lupa untuk menyisakan kawat tembaga sepanjang 5-10 sentimeter. Lalu ujung kawat yang tersisa ini bengkokkan hingga menghadap ke bagian atas HP hingga menyerupai antena. Sesudahnya cobalah untuk mencari sinyal dengan bantuan antena kawat tembaga tersebut. Biasanya sinyal akan lebih baik saat mengaplikasikan cara ini.

Membuat Antena Penguat

Alternatif lain untuk membuat antena penguat juga bisa menggunakan alat sederhana, yaitu memakai klip kertas dari besi. Rekatkan klip pada HP dan tempelkan ujung klip ke soket antena HP Android. Lakukan cara yang sama dalam mencari sinyal dengan menggunakan kawat tembaga. Tentu saja HP Android akan mendapatkan sinyal yang lebih baik ketimbang sebelumnya

Kenapa tembaga bisa memperkuat sinyal? sama dengan sifat logam, tembaga juga bisa memperkuat sinyal karena sifatnya mampu menghantar arus listrik dengan baik

6. Lakukan Refresh Koneksi Jaringan

Langkah berikutnya cukup sederhana untuk dilakukan yaitu dengan melakukan refresh jaringan pada pengaturan HP Android. Sering kali banyak yang tidak berpikir bahwa cara sederhana tersebut ternyata dapat membantu memperkuat sinyal pada smartphone. 

Sebelum melakukan hal ini, aktifkan lebih dulu fitur Airplane Mode selama 1 menit. Setelah beberapa saat matikan fitur Airplane Mode, sehingga smartphone melakukan refresh koneksi jaringan disekitar area tersebut. 

7. Memperhatikan Kondisi Baterai

Sering kali pengguna smartphone menghiraukan sisa sumberdaya baterai saat melakukan berbagai macam aktivitas via smartphone. Hal ini terkait dengan kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal, bisa jadi dipengaruhi oleh kapasitas baterai yang tersisa pada smartphone tersebut.

Oleh karena itu, memastikan HP Android dalam keadaan baterai yang penuh agar service-service dibelakang layer mampu bekerja secara optimal dalam mengumpulkan sinyal jaringan sehingga  dapat menangkap sinyal lebih baik di area terpencil. 

Karena beberapa HP Android berupaya keras menangkap sinyal hingga akhirnya menghabiskan sumber daya smartphone lebih cepat dan masuk ke mode hemat yang artinya beberapa aplikasi service dilatar belakang mengalami pembatasan fungsi. Sehingga untuk mengatasi hal ini tentu saja kondisi baterai harus prima dan dalam kondisi 100% penuh

Baca juga: Cara mengetahui HP disadap istri

8. Mencari Lokasi Strategis

Mencari Lokasi Strategis

Alternatif lain untuk memperkuat sinyal di tempat susah sinyal yaitu dengan cara mencari lokasi yang paling strategis. Beberapa lokasi sering kali tidak dapat menerima sinyal dengan baik karena terhalang sesuatu biasanya berupa bangunan, pepohonan besar atau pintu baja. 

Saya yakin anda juga merasakannya Ketika dirumah, saat berada di kamar sinyal HP penuh namun saat berada di dapur sinyal hp hanya menunjukkan 2 batang

Agar hal ini dapat dihindari, sebaiknya cobalah mencari sinyal di tempat yang tinggi. Disarankan untuk keluar dari gedung atau rumah meskipun cara ini tidak bisa dilakukan terus menerus. 

Apabila menemukan sinyal yang baik di lokasi tertentu, artinya lokasi tersebut merupakan lokasi terbaik yang dapat menangkap sinyal secara maksimal. Selain itu, untuk memastikan lakukan pengecekan pada bagian setting di SIM status. Disini akan terlihat seberapa kuat sinyal yang diterima HP Android. Meskipun kesannya hal ini cukup merepotkan, namun tentunya membantu memberikan kualitas sinyal HP Android yang lebih baik. 

Oh ya beberapa HP canggih sudah mendukung fitur diagnosis jaringan, letaknya di menu settings > Kartu SIM & Jaringan Seluler > setelan lanjutan > diagnosis jaringan seluler

Demikian beberapa cara memperkuat sinyal HP Android di desa terbukti berhasil versi saya. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, tentunya sinyal HP akan semakin kuat. Sehingga aktivitas komunikasi maupun penggunaan internet dapat dilakukan secara optimal. Jika anda mempunyai tips lain, bagikan melalui kolom komentar

www..helmykediricom,

Related Post