5 Cara Mengetahui HP Kita Disadap Jarak Jauh

by

helmy

Blog Orang IT – Cara mengetahui HP kita sedang disadap sebenarnya sangat mudah. Terdapat beberapa tanda yang harus anda perhatikan sehingga bisa mewaspadai aktivitas penyadapan secara ilegal. Dengan memperhatikan tanda tersebut, anda  bisa tahu bahwa privasi selama menggunakan smartphone selalu terlindungi.

Jika anda  merasa sedang dimata-matai atau ada masalah dengan smartphone yang digunakan. Ada baiknya untuk mulai memperhatikan hal-hal di bawah ini dan melakukan pencegahan agar privasi anda tetap terjaga.

Tanda HP Anda Sedang Disadap

Cara mengetahui WA kita telah disadap atau smartphone disadap secara umum bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa tanda di bawah ini. Simak dengan seksama dan lakukan proses pemeriksaan secara rutin.

1. Muncul notifikasi WA aktif pada browser

Muncul notifikasi jika aktif pada browser

Ketika anda menggunakan WhatsApp melalui browser pada laptop atau komputer, biasanya akan ada tulisan atau notifikasi pada smartphone jika Whatsappweb sedang aktif digunakan.

Apabila anda  merasa tidak sedang menggunakan WhatsApp pada browser. Namun, notifikasi tersebut muncul, kemungkinannya ada dua. Pertama anda belum log out pada sesi sebelumnya. Kedua karena ada orang yang menyadap dengan cara membuka akun anda melalui tab browser.

Jika anda menggunakan facebook, coba lihat riwayat login berdasarkan lokasi perangkat.. kalau anda melihat devices yang tidak dikenal misal Redmi 7A silahkan dihapus secara permanen agar akun anda terlogout dari perangkat tersebut

2. Pesan terbaca dengan sendirinya

Pesan terbaca dengan sendirinya

Perhatikan aplikasi chat atau media sosial yang anda miliki. Apabila ada pesan yang belum terbaca/terbuka tetapi saat anda buka sudah ada notifikasi tanda centang biru 2 (untuk whatsapp dan messenger) padahal anda merasa tidak pernah membaca isi pesan tersebut berarti patut diwaspadai  kemungkinan terjadi penyadapan.

Hal ini sering sekali terjadi pada mereka yang menggunakan WhatsApp. Notifikasi pesan mendadak centang biru begitu saja padahal anda belum merasa membukanya sama sekali.

3. Ada pesan yang terkirim

Pesan jenis apapun (text, video, file) yang mendadak terkirim padahal anda tidak merasa melakukannya juga bisa menjadi pertanda telah terjadi penyadapan hp jarak jauh. Orang lain dengan sengaja mengirim pesan itu untuk kepentingan mereka sendiri.

4. Akun yang mendadak logout

Beberapa akun media sosial atau akun pribadi lain secara otomatis terlogout jika mendeteksi adanya 2 perangkat device yang online secara bersamaan. Perangkat yang online pertama akan logout sehingga perangkat kedua bisa masuk.

5. Ada notifikasi transaksi ilegal

Cara terakhir mengecek HP sedang disadap yang bisa anda waspadai adalah masuknya notifikasi ilegal. Bisa notifikasi berupa informasi kode OTP atau transaksi penjualan/pembelian padahal anda merasa tidak melakukan hal itu sama sekali.

Baca juga: Ciri-ciri baterai iphone rusak

Cara Menghentikan HP Disadap

Ada beberapa cara mengatasi HP sedang disadap atau diam-diam diambil datanya. Lakukan beberapa hal berikut secara rutin.

Selalu perhatikan 5 Ciri-ciri HP disadap yang sudah saya bahas diatas pada smartphone anda guna mencegah aktivitas ilegal yang tidak diinginkan dan pelanggaran privasi. Tanda ilegal ini sering muncul berupa notifikasi.

Hindari meletakkan smartphone pada meja, khususnya di tempat umum (termasuk meja kantor) tanpa perlindungan sandi berupa pola maupun sidik jari . Orang lain bisa dengan mudah membukanya dan melakukan proses penyadapan.

Apapun yang terjadi jangan tunjukkan kata sandi, pola keamanan dari HP anda kepada orang lain meskipun mereka adalah teman baik 

Jangan meminjamkan smartphone kepada orang lain khususnya mereka yang bukan siapa-siapa atau tidak kenal sebelumnya.

Mengunci akun penting pada smartphone dengan perlindungan kata sandi. Saat ini hampir semua merek smartphone sudah mendukung fitur penguncian aplikasi tertentu dengan kata sandi. Kunci beberapa aplikasi yang penting seperti dompet digital, M-banking, virtual rekening dsb

Cara mengetahui HP kita sedang disadap ternyata cukup sederhana namun disepelekan. anda hanya perlu memperhatikan hal-hal yang terlihat aneh atau mencurigakan pada smartphone. Seperti munculnya notifikasi atau adanya pesan yang sudah dibuka atau terkirim dengan sendirinya.

Apabila hal tersebut sudah diantisipasi namun masing sering muncul notifikasi ilegal lagi dan lagi, ada baiknya anda mulai memberikan perlindungan yang berlapis-lapis termasuk mengubah PIN pada beberapa aplikasi keuangan. 

Selain itu anda juga bisa melakukan factory reset yaitu mengembalikan pengaturan dan sistem android ke bawaan pabrik karena beberapa aplikasi penyadapan bekerja dibalik layar sehingga sulit ditemukan oleh pengguna awam.

www..helmykediricom,

Related Post