Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN

Blog Orang IT - Ketika kamu berbicara tentang jaringan komputer, maka kamu juga tidak akan lepas dari bagaimana cara jaringan tersebut saling terkoneksi. Dari mulai menggunakan kabel LAN sampai menggunakan produk SD-WAN. Namun sebelum kamu mengetahui tentang cara-cara tersebut, maka ada baiknya kamu juga paham tentang jenis-jenis jaringan komputer, seperti LAN, MAN, WAN.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer berarti sekumpulan perangkat komputer yang saling terkoneksi satu sama lain dalam sebuah jaringan yang sama. Jika dilihat dari luas dan banyaknya user, maka jaringan komputer terbagi menjadi bebrapa jenis, seperti LAN, MAN, WAN. Apa saja perbedaan dari ke-3 jenis jaringan tersebut?

1. Jaringan LAN

Jaringan LAN

LAN atau Local Area Network merupakan sekumpulan perangkat yang saling terkoneksi dalam lingkup yang kecil. Salah satu ciri dari penggunaan LAN adalah semua perangkat tersebut terkoneksi pada 1 switch yang sama. Nantinya, switch tersebut akan terkoneksi ke satu router yang akan menghubungkan ke jaringan yang lebih luas

Diantara LAN, MAN, WAN, maka jaringan LAN ini merupakan jaringan komputer yang paling mudah untuk dikonfigurasi. Jaringan ini biasanya hanya melibatkan beberapa perangkat dalam lingkup yang kecil. Misalnya, dalam satu gedung, satu divisi kerja, atau yang lainnya. Pada penggunaanya juga, LAN ini hanya membutuhkan perangkat yang saling terkoneksi menggunakan kabel LAN

2. Jaringan MAN

Jaringan MAN

Jika berbicara masalah LAN, MAN, WAN, maka jaringan MAN ini adalah jaringan yang lebih besar daripada LAN namun lebih kecil daripada WAN. MAN sendiri merupaakan Metropolitan Area Network. Dibandingkan dengan luas dan banyak perangkat, jaringan ini lebih bergantung pada area geografis. Salah satu contoh penggunaan MAN adalah penyedia layanan internet seperti ISP.

Pada penggunaan jaringan MAN ini biasanya akan lebih banyak melibatkan perangkat yang saling terkoneksi. Selain itu, penggunaan jaringan MAN juga memungkinkan untuk koneksi antar jaringan. Selain penggunaan kabel, jaringan MAN juga identik dengan penggunaan modem

3. Jaringan WAN

Jaringan WAN

Jika membandingkan dengan LAN, MAN, WAN, maka jaringan WAN ini merupakan jaringan yang paling luas. WAN sendiri merupakan Wide Area Network. Ini merupakan jarigan komputer yang akan terbentang sangat luas. Jaringan WAN ini sendiri bisa saja terdiri dari jaringan internet dalam satu negara.

Pada penggunaanya juga jaringan WAN ini bisa terdiri dari banyak jaringan LAN yang terhubung dengan jaringan LAN lainnya. Selain penggunaan kabel, jaringan WAN ini juga bisa menggunakan jaringan kabel telepon, modem atau bahkan menggunakan gelombang radio.

Karena penggunaan jaringan yang lebih luas maka jaringan ini termasuk ke dalam jaringan sangat kompleks yang memungkinkan terjadinya banyaknya konfigurasi. 

Selengkapnya: Mengenal topologi jaringan komputer

Itulah penjelasan tentang jaringan LAN, MAN, WAN yang akan kamu gunakan ketika melakukan konfigurasi perangkat komputer. Ini merupakan penggunaan jaringan umum yang sering dgunakan, sehingga cukup penting untuk kamu pahami.

www,helmykediridotcom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN"