12 Rekomendasi Pekerjaan Online dari Rumah untuk Mahasiswa/Pelajar

by

helmy

Blog Orang IT – Sebagai pelajar atau mahasiswa, Anda dituntut untuk selalu belajar dengan giat. Tetapi, di sisi lain, mencoba beberapa pekerjaan sampingan secara online tentu tidak ada salahnya. Rekomendasi pekerjaan online untuk anak SMA dan Mahasiswa pun cukup banyak. Simak beberapa daftarnya berikut ini.

Rekomendasi Pekerjaan Online dari Rumah

Mikro Online

Rekomendasi pertama adalah pekerjaan di bidang mikro online. Kapasitasnya cukup kecil dan membutuhkan waktu penyelesaian yang relatif singkat. Pekerjaannya adalah membuat ulasan produk, share halaman, membuat artikel pendek, dan beberapa pekerjaan ringan lainnya.

Tidak perlu takut tertipu, selama Anda mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, upah pasti dibayarkan tepat waktu. Website yang biasanya menawarkan pekerjaan ini adalah Amazon Turk, Micro Workers, dan masih banyak lagi. Berapa upah pastinya? Tentu sesuai dengan durasi kontrak kerja dan tingkat kesulitannya. 

Freelance Writer

Salah satu pekerjaan online yang menjanjikan untuk menambah pendapatan adalah menjadi freelance writer. Ini menarik, apalagi bagi anda yang sebelumnya memiliki hobby atau bakat dalam kepenulisan. Coba cari lowongan kerja online menulis artikel untuk website di social media seperti Instagram maupun situs freelancer online seperti fiverr.com, project.co.id dsb.

Oh ya.. blog www.helmykediri.com membutuhkan penulis artikel untuk membantu mengelola blog ini setiap harinya, bagi anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia tekno atau apapun berhubungan dengan kemajuan teknologi silahkan hubungi saya melalui kontak whatsapp tertera.  

Menjadi Dropshipper

Dropshipper sebenarnya adalah pekerjaan yang memiliki resiko cukup rendah. Hal ini karena berjualan online dengan menjadi dropshipper sama-sama menawarkan produk secara online. Bedanya kalau berjualan online berarti kita memasarkan produk offline kita secara online sementara menjadi dropshipper berarti kita menawarkan produk dari Gudang orang lain secara online. 

Jika ada yang berminat membeli, baru dipesankan ke toko online atau pihak Gudang. Keuntungan berasal dari selisih harga yang Anda pasang.

Menjadi dropshipper benar-benar tidak perlu modal. Anda tinggal mengumpulkan listing produk-produk terbaik untuk kemudian ditawarkan lagi ke social media atau toko online. Peralatan yang dibutuhkan juga hanya HP, alat tulis, atau laptop.

Tutor Online

Sekarang, sudah banyak bimbingan belajar yang dilakukan secara online. Hal ini menjadi salah satu kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan guru yang baru diwisuda atau guru honorer berpenghasilan minim, bisa juga untuk mahasiswa yang menempuh Pendidikan guru sekedar mengasah softskill.

Pekerjaannya memiliki waktu yang fleksible dan bisa dilakukan dimana saja. Kalau tertarik, usahakan memilih bidang sesuai dengan ilmu yang Anda kuasai.

Freelance Data Entry

Memiliki keahlian mengoperasikan Microsoft Excel maupun aplikasi pengolah data lainnya? Coba untuk menjadi freelance data entry. Pekerjaan ini cukup fleksibel juga cocok untuk seorang mahasiswa. Banyak pula perusahaan yang membuka lowongan kerja online input data. Keuntungannya pun cukup menjanjikan.

Anda harus bersedia mengentri ratusan hingga ribuan data dan menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline

Jualan Online

Anda memiliki keahlian berjualan? Sekarang jualan tidak selalu harus punya kios dan sejenisnya. Coba buka toko online di marketplace atau social media. Tentunya dalam membangun bisnis online ini membutuhkan kejujuran dan ketekunan.

Tetapi, karena sifatnya memang bisnis pribadi, Anda bisa mengatur waktu berjualan sesuai dengan kesibukan. Produk yang bisa dijual juga beragam, mulai dari pakaian, makanan, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan banyak pelanggan, Anda harus gencar melakukan promosi dan membuat campaign unik.

Menjadi Reseller

Berbeda dengan Dropshipper yang hanya menawarkan produk saja, kalau reseller, Anda diharuskan menyetok barang. Ada resiko modal yang harus dikeluarkan jika Anda memilih menjadi reseller. Tetapi, jika pintar mengatur waktu dan keuangan, keuntungannya juga bisa lebih besar.

Blogger

Anda senang menulis? Selain menjadi freelance writer atau mikro online, Anda juga bisa menjadi blogger. Bahkan aktivitas ini bisa dikerjakan sesuai mood dan kesibukan Anda. Selain itu, waktunya juga cukup fleksibel karena bisa dikerjakan sepulang sekolah, atau di waktu libur. 

Apalagi kalau Anda memiliki sifat pantang menyerah dan berani melakukan eksperimen. Namun, membangun blog juga harus menyesuaikan dengan hobby dan minat. 

Selain itu, hasil dari blog memang tidak bisa langsung dirasakan. Anda harus membuat orang tertarik dengan isi blog, sehingga banyak orang berkunjung.

Cara menghasilkan uang dari blog cukup beragam mulai dari pasang iklan GoogleAdsense, menyediakan jasa review dan sebagainya

Baca juga: Situs penyedia loker online

Menjadi Gamers Online

Siapa bilang bermain game tidak menghasilkan uang? Anda harus pintar-pintar mencari game yang bisa menghasilkan uang dengan bermodalkan akses internet saja. 

Saat ini, banyak sekali aplikasi game online yang menawarkan penghasilan seperti ini. Tetapi, harus tetap ingat waktu supaya tugas di kampus atau sekolah Anda tidak terlupakan.

Mengikuti Afiliasi

Affiliasi merupakan salah satu metode marketing yang banyak digemari karena bisa memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan dan continue. Bayaran yang didapatkan bisa mencapai 4 sampai dengan 15 dollar jika pada produk yang Anda promosikan terbeli

Pekerjaan yang Anda lakukan adalah bekerjasama dengan badan usaha atau personal, atau bisa saja marketplace. Kerjasama ini dilakukan dengan mempromosikan produk yang dijual menggunakan link di media social. Kalau link tersebut ada yang klik dan kemudian terjadi pembelian, komisi akan diberikan.

Adapula affiliasi yang memberikan keuntungan hingga 3 turunan, misal situs panel SMM (penjual like, subscribe, follower sosmed) kalau ada yang daftar melalui tautan affiliasi anda maka setiapkali mereka deposit secara otomatis anda akan mendapat fee/bagian, berlakupula kalau bawahan anda menyebarkan link affiliasi dan berhasil mendapat member baru, Ketika member baru tersebut mengisi saldo akun, anda juga mendapat bagian dengan komisi lebih kecil

Jasa Desain Grafis

Pekerjaan online lainnya yang juga cukup menjanjikan adalah dengan menawarkan jasa desain grafis. Sekarang, jasa ini sedang banyak dicari dengan kriteria mulai dari membuat logo ataupun mendesain project grafis. Bila Anda mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang ini, akan sangat bagus jika dimanfaatkan.

Dalam pekerjaan ini, nantinya Anda juga bisa mengasah kemampuan dalam mendesain dan memperbanyak portofolio. Tentunya ketika sudah lulus sekolah atau kuliah, hal ini bisa bermanfaat.

Penerjemah

Sedang kuliah di jurusan pendidikan bahasa Asing atau memang jago dalam bahasa tersebut? Menjadi penerjemah adalah pekerjaan online yang cocok untuk Anda. Untuk awalan, cobalah menerjemahkan jurnal ataupun artikel pendek. Lakukan untuk mengasah kemampuan.

Jika sudah terbiasa, coba cari lowongan penerjemah, atau membuka jasa penerjemah online di media sosial. Jangan lupa untuk mengasah skill dengan bergabung komunitas bahasa asing dan selalu meningkatkan nilai tes TOEFL dan TOEIC supaya klien semakin percaya.

Admin Online

Zaman sekarang, pasti sudah tidak ada yang asing dengan dunia social media. Kalau ada basic suka main sosmed dan memiliki jaringan yang luas, menjadi admin online pada sebuah perusahaan perlu dicoba. Mulai dari admin instagram, admin toko online, sampai dengan admin website perusahaan bisa dilakukan. 

Tugas admin online biasanya tidak jauh dari upload foto produk, membuat caption, membalas pesan konsumen, dan sejenisnya. Tentunya pekerjaan ini tidak menyita waktu karena biasanya social media atau marketplace akan ramai pada jam istirahat kerja, ketika para konsumen mulai membuka akun social medianya.

Mystery Shopper

Ingin mencoba produk perusahaan secara gratis? Anda bisa mencoba pekerjaan menjadi Mysteri Shopper. Memang masih cukup asing, tetapi jika Anda memiliki keahlian dalam review produk, maka pekerjaan ini akan cocok.

Nantinya Anda akan menjadi agen yang mencoba dan mencari tahu produk tersebut. Jadi, garis besarnya, Anda akan berperan seperti klien pada perusahaan. Kemudian Anda akan memberi feedback  atas produk tersebut sekaligus review  

Freelance Video Editor

Keahlian menjadi video editor sekarang sangat dibutuhkan, baik untuk membuat iklan maupun konten. Bahkan, ada juga youtuber yang mencari freelance video editor untuk mengedit videonya. Jika Anda memiliki kemampuan ini, komisi yang dihasilkan juga tidak main-main.

Itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan online dari rumah untuk mahasiswa/pelajar yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan online dari Google maupun dari aplikasi penyedia lowongan pekerjaan. Emak bapak pasti bangga jika kitab isa kuliah pakai uang sendiri.

www,helmykediricomm

Related Post