10 Jenis Bahasa Pemrograman Paling Populer

by

helmy

Semakin berkembangnya dunia teknologi saat ini, membuat bahasa pemrograman pun banyak dibutuhkan. Isi dari bahasa pemrograman ini sendiri yaitu sejumlah untaian kata instruksi untuk  perintah tertentu yang nantinya dapat dipahami oleh komputer. Lebih lengkapnya, simak yuk penjelasan beberapa jenis bahasa pemrograman paling populer berikut ini. 

Apa itu bahasa pemrograman?

Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer yang digunakan programmer untuk mengembangkan sebuah program perangkat lunak, skrip, atau set instruksi lain. 

Nantinya program yang dikembangkan tersebut akan dieksekusi oleh komputer secara langsung. 

Meskipun banyak bahasa memiliki kesamaan, namun masing-masing sebenarnya memiliki sintaksisnya sendiri. 

Fungsi bahasa pemrograman 

Dengan menulis bahasa pemrograman kamu dapat memerintahkan komputer untuk melakukan beberapa jenis komputasi atau mengatur aliran kontrol antara perangkat eksternal. Contoh perangkat eksternal tersebut bisa seperti printer atau periferal apapun.

Jenis bahasa pemrograman yang paling populer

Bahasa Pemrograman Paling Populer

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya, kamu yang ingin membangun sebuah situs website bisa temukan harga hosting murah terbaik hanya di DomaiNesia

Kemudian melanjutkan tentang bahasa pemrograman, memang ada banyak sekali jenisnya, tetapi berikut ini beberapa yang paling populer untuk digunakan: 

1. Java

Java adalah pilihan teratas sebagai salah satu bahasa pemrograman paling populer. Jenis ini biasanya digunakan untuk membangun aplikasi sisi server ke video game dan aplikasi seluler. Ini juga menjadi fondasi utama untuk mengembangkan aplikasi Android 

2. Python

Python adalah bahasa pemrograman serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai bidang mulai dari analisis data, pembelajaran mesin hingga pengembangan web.

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari, dengan sintaks sederhana dan lugas. 

Python juga semakin meningkat popularitasnya karena investasi Google di dalamnya selama dekade terakhir. Dan aplikasi lain yang telah sukses dibangun dengan bahasa pemrograman Python adalah Pinterest dan Instagram.

3. C#

C# adalah bahasa pemrograman populer Microsoft yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti  pengembangan game, perangkat lunak perusahaan, video game, seluler, dan masih banyak lagi.

4. C++

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling kuat digunakan di berbagai industri. Contohnya untuk membuat VR, pengembangan perangkat lunak dan game, robotika, dan komputasi ilmiah.

5. Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman yang menjadi pemasok utama untuk aplikasi web. Karena mudah untuk dipelajari, bahasa pemrograman yang satu ini mulai banyak diminati oleh para programmer. 

6. JavaScript

JavaScript ini adalah jenis bahasa pemrograman yang berbeda dengan Java. JavaScript digunakan untuk menambahkan elemen interaktif ke situs web. 

7. PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman ini sering digunakan untuk pengembangan situs web dinamis yang padat data dan aplikasi. 

Bahasa pemrograman PHP memberikan banyak juga digunakan untuk situs website seperti WordPress dan Facebook. PHP juga mudah dipelajari karena kamu hanya harus menyematkan kode dalam HTML.

Baca juga : kompres video online

8. Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman di balik aplikasi iOS. Jenis ini merupakan titik awal bagi mereka yang ingin membuat aplikasi Apple untuk iPhone dan iPad. 

Tetapi sayangnya, bahasa pemrograman ini tidak dapat digunakan untuk semua platform termasuk Android.

9. SQL

Selanjutnya jenis Structured Query Language atau SQL yang merupakan bahasa kueri basis data untuk menarik berbagai macam informasi bermanfaat dari database besar. 

Hampir setiap aplikasi memiliki database backend, dan SQL ini menjadi bahasa pemrograman yang membantu untuk berinteraksi dengan data tersebut. 

10. C

Terakhir adalah jenis C, awal mula dari bahasa pemrograman yang lebih kompleks seperti Java dan C#. C paling baik digunakan ketika kamu ingin berhadapan dengan aplikasi tingkat rendah. 

Jenis bahasa C ini banyak digunakan untuk sistem seperti firmware televisi atau sistem operasi pesawat terbang, serta Windows. 

Kemudian untuk kelebihan dari bahasa pemrograman C yaitu datanya sudah terstruktur, sehingga mudah dikembangkan dan dipahami. Tetapi sayangnya memang sedikit membingungkan karena banyak sekali penulisan dan operator. 

Itulah pengertian, fungsi hingga jenis bahasa pemrograman yang paling populer. Jadi, bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat sebuah aplikasi maupun software yang sering kita gunakan sehari-hari. Dan untuk pengembangan perangkat lunaknya sendiri, pastikan kamu fokus pada satu bahasa pemrograman saja. 

Related Post