Skip banned adsense, menjadi publisher iklan adsense kembali

by

helmy

Blog Orang IT – Ini adalah langkah mencegah adsense terkena banned atau jika sudah terkena banned, anda bisa segera bangkit dengan menerapkan tips ini 

1. Mencegah banned adsense

Jangan memasang satu kode iklan adsense di akun yang sama di terlalu banyak blog. Meskipun bisa, anda perlu tau jika salah satu blog bermasalah dan dibanned, hampir bisa dipastikan semua blog yang terkait dan berada di 1 akun adsense yang sama akan terkena imbasnya juga. 

Ini pernah saya alami 4 tahun lalu dan membuat lebih dari 5 blog saya mati seketika. Saya berharap aturan ini segera diperbarui menjadi lebih baik. Umumnya ada 2 jenis banned adsense, yaitu banned sementara (biasanya 1 bulan) dan banned permanen. 

Untuk saat ini banned sementara sepertinya sudah digantikan dengan pembatasan akun adsense yang saya yakin banyak dari anda yang terkena masalah ini. Sedangkan untuk banned permanen, belakangan jarang terjadi lagi. 

Mungkin karena adsense kali ini lebih suka memberikan hukuman dengan opsi penghidupan dikemudian hari dengan cara melakukan pembatasan daripada benar-benar mematikan publishernya. Memperdalam copywriting juga penting, maksudnya ketika anda pada akhirnya memilih menjadi blogger yang menyalin tulisan orang lain, anda juga bisa memperbarui/edit tulisannya dengan bahasa anda sendiri daripada menyalin dan menempelnya secara utuh. 

Lirik lagu tidak masalah, tapi mengupload ulang lagu akan terkena copyright. 

2. Terkena banned permanen

Bayangkan ketika anda membuka akun google adsense tapi yang terlihat justru pengumuman kalau akun sudah dinonaktifkan 😢 Tidak masalah bersedih, tapi hidup terus berjalan. Lakukan langkah yang biasanya saya lakukan sehingga anda tidak perlu mengulang menjadi blogger dari awal. 

a. Ganti domain blog yang terbanned 

Dengan mengganti domain, blog anda akan menjadi “baru” dan kembali bersih. Tidak masalah jika trafik turun karena perubahan ini, dan ini merupakan resiko yang harus diterima jika pada akhirnya adsense anda terbanned. 

Anda tidak perlu khawatir kehilangan trafik berlebihan karena saya menyediakan script peralihan otomatis dari domain lama ke domain baru dan link yang ada akan mengikuti hingga ke artikelnya, bukan hanya peralihan di homepage. 

Paste script ini dikode template setelah tag head

<script type=’text/javascript’> var d=&#39;<data:blog.url/>&#39;; d=d.replace(/.*//[^/]*/, &#39;&#39;); location.href = &#39;http://www.helmybaru.id&#39; + window.location.pathname; </script>

Kenapa harus mengganti domain? Karena domain baru yang anda pasang di blog banned bisa kembali didaftarkan ke adsense. Anda akan mendaftarkan blog yang sama, tapi dengan domain yang berbeda, dan dengan cara ini, anda tidak perlu membangun blog dari awal dengan membuat artikel perdana, cukup meneruskan yang sudah ada. 

Ketika banned terjadi, yang menjadi korban adalah domain anda, bukan blog anda. Meskipun begitu, perbaikan pada artikel seperti dengan menyembunyikan atau menghapus artikel yang diyakini bermasalah atau dengan mengganti gambar dan artikel yang diklaim juga kadang perlu dilakukan. 

Bersyukur dengan nafas baru yang diberikan adalah cara yang baik untuk terus bertahan, tapi jangan lupakan kesalahan yang sudah dibuat sebelumnya. Perbaiki dan jangan diulangi. 

Meskipun sudah pernah diterima adsense, untuk mendaftarkan blog yang sama dengan domain yang berbeda rasanya akan tetap sulit seperti memulai dari awal. 

Bedanya, sekarang anda sudah mempunyai blog dengan banyak konten dan sudah belajar dari sebelumnya bagaimana cara mendaftar adsense. 

b. Bila diperlukan silahkan submit ulang ke webmaster karena ini domain baru, semua ranking juga akan seperti baru, jumlah index di mesin pencari juga akan baru. 

c. Anda perlu menunggu hingga 1 bulan sebelum mencoba mendaftarkan domain baru ke adsense, atau lebih baik jika anda menunggunya lebih dari 1 bulan dan membuat trafik blog yang berasal dari google stabil terlebih dulu.

Baca juga: Memulihkan artikel blogger

Bangkit setelah banned 

Bangkit setelah banned

Script ini lulus uji coba untuk pengguna blogger.com dan belum dilakukan uji coba untuk pengguna wordpress. Meskipun begitu, jika anda menggunakan wordpress, anda bisa mempraktekkannya sendiri dan melihat hasilnya. 

Cara pertama tetap sama, yaitu dengan memasangkan domain yang terbanned ke blogger.com dan membuat peralihannya ke wordpress anda yang sudah terpasang domain baru. 

Ketika blog anda dengan domain saya.com dibanned adsense dan tetap ingin memasang adsense di blognya, yang perlu anda lakukan adalah membeli domain baru, misalnya saya.id. Setelah membeli domain, ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan : 

1. Buatlah sebuah blog baru di email yang sama, masih mengunakan blogger.com atau jika anda menggunakan wordpress, blog baru anda kali ini harus menggunakan blogger.com. 

2. Copot domain lama anda (saya.com). 

3. Copot domain saya.com dari blog anda saat ini, tempelkan domain saya.com ke blog baru yang anda buat. Setelahnya pastikan domain tersebut sudah bisa diakses dengan lancar. Jika tidak mengerti bagaimana cara memasang domain di blogger.com, anda bisa menemukan caranya di google dengan mudah. 

4. Karena domain saya.com sudah dilepas dari blog lama anda, pasangkan domain saya.id yang baru saja anda beli ke blog lama anda. 

Catatan : Blog lama anda sebelumnya menggunakan domain saya.com sekarang sudah dicopot dan diganti dengan saya.id. Domain saya.com yang anda copot, pasangkan ke blog di blogger.com yang baru saja anda buat. Biarkan blognya kosong, tidak perlu di isi apapun. Sudah paham ? 

Setelah melakukan 4 langkah diatas, berarti sekarang blog anda adalah saya.id bukan lagi saya.com, karena domain saya.com sudah dilepas dan dipasang ke blog baru yang tujuannya hanya digunakan untuk peralihan otomatis. 

Buka blog baru yang terpasang domain saya.com, masuk ke menu template/theme lalu pilih edit html dan masukan script ini tepat dibawah <head> Cari <head>, tempelkan script ini tepat dibawahnya 

 <script type=’text/javascript’> var d=&#39;<data:blog.url/>&#39;; d=d.replace(/.*//[^/]*/, &#39;&#39;); location.href = &#39;http://www.saya.id&#39; + window.location.pathname; </script> 

Simpan template. 

Sekarang cobalah anda mengakses saya.com, apakah langsung dialihkan ke saya.id? jika iya, edit kembali dan masukan url/nama domain baru anda dengan benar, bukan lagi saya.id seperti contoh diatas, atau masukan nama domain anda dengan benar sejak awal. 

Lakukan pengecekan dengan mengakses saya.com secara langsung dan pastikan akan teralihan dalam 1 detik ke saya.id. Cek juga link artikel blog anda, apakah peralihannya berhasil atau tidak. Contoh saya.com/2021/tahubulat apakah langsung dialihkan ke saya.id/2021/tahubulat ? 

Jika sudah dialihkan, berarti pemasangan anda sudah benar. Jika link di google masih menampilkan saya.com, anda tidak perlu khawatir, karena semua membutuhkan proses perubahan dan anda memang perlu menunggu beberapa saat sebelum hasil index di google menampilkan link baru blog anda. 

Menariknya, ketika orang menekan/klik link tersebut di hasil pencarian google, mereka akan langsung menuju ke blog saya.id milik anda, begitu juga dengan link artikelnya, tidak hanya homepage saja.

 

Related Post