Cara mencari keyword dan sumber artikel blog

by

helmy

Blog Orang IT – Saya ingin mempermudah semua yang berkaitan dengan blog. Keputusan untuk mengembangkannya atau tidak ada di tangan anda. Saya selalu mencari cara-cara yang sederhana ketimbang teknis yang memusingkan. 

Biasanya saya mencari sumber artikel dengan memanfaatkan media sosial, media berita seperti yahoo, trending twitter dan google ads. 

1. Melalui Yahoo Cocok untuk topik berita. 

Anda juga bisa memanfaatkan web apapun yang menyediakan daftar berita untuk penggunanya, seperti yahoo. 

berita yahoo

Bedanya, yahoo memberikan daftar berita dari berbagai sumber website. Ini lebih mudah daripada anda membuka website satu per satu dengan banyak tab di browser. 

2. Melalui Google Chrome 

Bedanya dengan yahoo, sebagian daftar berita di chrome ditampilkan berdasarkan minat kita terhadap satu atau beberapa topik berita. Misalnya anda sering membuka berita otomotif, maka perlahan berita yang ditampilkan di chrome juga berkaitan dengan otomotif. 

Ini semakin memudahkan anda untuk menemukan topik artikel baru tanpa harus repot mencarinya. Tugas anda setelahnya adalah mempostingnya dengan gaya bahasa anda sendiri ke blog anda. Daftar berita di chrome juga tidak selalu “berita”. Karena didasarkan oleh bahasa, minat dan kebiasaan pengguna, blog pribadi juga tidak jarang ditampilkan di dalamnya seperti ‘Blog Orang IT’ karena terdaftar di Gnews

Blog tutorial, masakan, kecantikan, kesehatan hingga berbahasa asing juga tampil disana, kelemahannya anda tidak bisa mengetahui topik berita yang sedang hangat diperbincangkan (viral) 

3. Melalui Twitter 

Mencari berita viral yang sedikit berbeda? Twitter jadi tempat paling cocok. . 

Daftar isi tagar trending di twitter lebih sering berubah dibandingkan dengan daftar trending di tempat lain. Banyak website mengambil trending yang ada di twitter dan memolesnya untuk kebutuhan web mereka dan berhasil viral. 

Bagian materi yang lebih lengkap dapat anda temukan dengan judul Spam Twitter. 

4. Melalui Google ads 

Cukup rumit! Jika facebook ads berfokus pada minat dan jangkauan, google ads bermain di keyword dan teks iklan.

Disini anda bisa memanfaatkan google ads untuk mendapatkan kata kunci yang terbaik sebelum mulai menulis artikel di blog. 

Jika anda belum terdaftar di google ads, silahkan mendaftar seperti biasa dan buat iklan bebas terlebih dahulu. Abaikan jika diminta melakukan pembayaran. Disini kita hanya akan menggunakan fitur pencarian keywordnya. 

Baca juga: Pengetahuan dasar blogger

a. Pastikan browser anda tidak terinstal adblock/pemblokir iklan apapun. Termasuk ekstensi VPN sekarang sudah include adblock

b. Setelah selesai proses mendaftarkan akun, anda akan membuka dashboard dengan tampilan seperti di bawah ini. Tampilan ketika anda membukanya saat ini mungkin berbeda dengan apa yang saya tampilkan di blog ini ketika ditulis. 

Jika anda masih ragu apakah nantinya akan dikenakan tagihan setelah proses pembuatan iklan baru atau tidak, anda tidak perlu khawatir. Tidak akan ada tagihan selama anda tidak mengisi detail kartu kredit atau menambahkan saldo akun google ads anda dari bank/ATM. 

c. Sekarang waktunya membuat unit iklan baru untuk melihat keyword yang nanti dibutuhkan. Klik Campaign lalu pilih tanda + dan New Campaign. 

Silahkan anda simak beberapa gambar dibawah ini dan ikuti tanda panah yang sudah ada. 

riset kw googleads1

d. Langkah berikutnya masukkan alamat blog anda 

riset kw googleads2

e. Klik continue dan atur seperti ini 

riset kw googleads3

f. Scrooll kebawah dan temukan ide saran kata kunci lainnya.. contoh : Lihat angka yang ditampilkan. Semakin tinggi berarti kata kunci itu banyak dicari dan dipakai juga. 

riset kw googleads4

Persaingan ketat tapi powerfull. Atau anda bisa gunakan kata kunci yang lebih terfokus yaitu, membangun kata kunci yang rendah dalam pencariannya dan lakukan modifikasi dari kata kunci tersebut untuk meningkatkan jumlah pencarinya.  

Sekilas Tentang Artikel Trending Blog

Trending, booming, viral dan heboh adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, dan diinginkan semua orang. Anda yang bermain di konten berita sudah jelas harus mengedepankan keyword trending ini. 

Bisa dibilang pembahasan mengenai konten yang sedang jadi perbincangan adalah yang paling mudah dituliskan tapi juga sangat mudah ditinggalkan. Untuk pembahasan yang lebih mendalam, saya akan membagi materi menjadi 2 bagian yaitu : 

1. Trending Bebas 

Dalam game ini masuk ke level mudah, ditujukan untuk web anda yang membahas segalanya, istilahnya blog gado-gado. Anda bisa menemukan bahan pembuatan artikel baru dengan sangat mudah dengan memanfaatkan yang sudah ada. 

Anda bisa menemukannya melalui sosial media, web atau browser. Di twitter misalnya, karena setiap trending umumnya hanya menggunakan 1 kata, maka anda bisa langsung menggunakan kata tersebut jadi fokus keyword untuk artikel anda. 

Selanjutnya mencari sumber untuk kutipan dalam artikel anda. Tulisan hasil copy paste sebenarnya tidak masalah, ibarat jawaban soal matematika, sampai kapanpun jawaban 2 + 4 = 6, dan setiap anak akan menjawab yang sama tapi bukan berarti mereka mencontek kan? 

Sebagai pembeda, dalam pengerjaan matematika biasanya ditambahkan keterangan dari setiap jawaban yang dituliskan yaitu : 

diketahui, ditanyakan dan jawaban. 

Dalam blogging, saya menyebutnya sebagai “basa-basi yang penting”. Pada prakteknya, mengambil keyword trending bebas ini cukup mudah, kita cukup mengamati keadaan, menuliskannya dan share, maka visitor langsung datang. 

Walaupun judul pada berita selalu dibolak-balik, sebenarnya pokok pembahasannya sama, saya ambil contoh saat kematian Chester bennington (vokalis linkin park), ada berapa ratus judul berbeda dari masing masing web, di 1 web bahkan terus mengubah-ubah judul padahal topik yang dibahas juga sama. Contoh : 

“Terkuak fakta baru, ternyata ini pengakuan sopir angel cunsi yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di tol pucuk lumpung ngawiro kemarin sehingga menyebabkan 3 orang penumpangnya luka-luka…”

Judulnya beda seolah-olah dibuat seperti kabar terbaru, isinya tetap sama, isi surat yang dituliskan juga sama, dan tingkat kemiripannya informasi hampir 100% tulisan sebelumnya. Yang membuatnya terdapat perbedaan antar judul tersebut adalah “basa-basi penulisnya”. 

Menurut saya, basa basi ini sangat penting khususnya di awal dan akhir dari artikel yang kita buat. Semakin banyak kata dalam satu artikel itu baik, tapi jika materinya sudah habis, jalan alternatif terbaik agar artikel kita tetap terlihat banyak adalah dengan menambahkan kalimat basa-basinya itu. 

2. Trending terfokus 

Tekniknya sama dengan trending bebas, hanya saja disini ditujukan untuk anda yang membahas topik secara lebih detail seperti olahraga, otomotif, kesehatan dan semacamnya. Misalnya saat anda membahas tentang sepakbola, anda juga bisa membahas tentang UCL, klub dan berita transfer, tapi anda tidak bisa membahas di luar itu, kecuali anda bermain dengan teknik trending bebas. 

Caranya sama, tapi disini anda harus mencari referensi/sumber yang lebih dalam dan penulisannya sebaiknya juga diperhatikan, tidak hanya menitikberatkan pada judul saja. Untuk hal ini anda bisa sepenuhnya menggunakan dekstop tanpa perlu bantuan smartphone, sekarang yang kita manfaatkan adalah yahoo news. 

Yahoo news punya tab menu yang cukup banyak dan mengambil dari sumber sumber yang lebih jelas dan disini kita akan mengembangkannya untuk isi tulisan. 

image 1 Cara mencari keyword dan sumber artikel blog

Contoh : blog saya fokus membahas seputar otomotif, kebetulan berita yang sedang trending adalah kecelakaan artis terkenal yang melibatkan mobil pajero sport.. nah disini kita bisa mengutip sedikit berita kecelakaan kemudian kita bahas tentang safety, tips berkendara dijalan tol, fitur mobil dan sebagainya

Memilih referensi artikel blog 

Meskipun disarankan mengambil referensi atau sumber yang lebih baru, sebenarnya mengambil dari sumber lama dalam beberapa hal tidak menjadi masalah. 

Tidak masalah ketika kita mengambil referensi dari tulisan yang sudah cukup lama, karena topik yang kita bahas memang sudah ada sejak dulu. Justru disini tujuan kita adalah memperbarui dan menyegarkan kembali topik tersebut. 

Apalagi jika tujuannya hanya untuk dikutip dan ditambahkan ke artikel yang dibuat, contohnya : 

“Kejadian serupa juga sebelumnya pernah terjadi di daerah Jakarta barat, tepatnya pada tahun 2006. Pada waktu itu …… “

Kelengkapan dan kejelasan artikel jadi satu tambahan nilai yang penting sekarang. Durasi pengunjung untuk tetap berada di halaman yang mereka buka di blog anda juga penting. Oleh karena itu, menambahkan lebih banyak sumber itu baik. 

Cocokkan juga dengan momen apa yang terjadi saat ini. Semua topik bisa disesuaikan dengan kepekaan masing-masing penulisnya. Tidak menjadi jaminan jika nilai keyword yang anda gunakan tinggi berarti artikel anda akan sukses sesaat setelah dipublikasikan. 

www..helmykediri.com

Related Post