Cara menabung di rumah dengan cepat

by

helmy

Blog Orang IT – Pada pembahasan sebelumnya, Anda telah belajar banyak bagaimana membangun mindset menabung yang benar agar memperoleh solusi cara menabung dengan cepat.  Kali ini penulis akan  berbagi kepada pembaca untuk mempelajari step-by-step bagaimana cara menabung di rumah dengan tepat untuk mencapai kebebasan  finansial. 

Cara menabung di rumah dengan cepat

Inilah langkah-langkah menabung di rumah dengan cepat:

Perbesar penghasilan

Langkah pertama yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana memperbesar penghasilan. Tentu Anda perlu mengukur penghasilan Anda sekarang dan berapa penghasilan yang ingin Anda peroleh pada bulan berikutnya atau 1 tahun ke depan. Jangan membandingkan penghasilan Anda dengan penghasilan orang lain. Tentu ini tidak tepat. 

Semakin besar potensi penghasilan Anda, maka Anda punya peluang besar untuk menabung lebih banyak. Tanpa penambahan penghasilan secara signifikan, maka menabung dalam jumlah yang lebih besar dan lebih banyak adalah omong kosong.

Perkecil pengeluaran

Memperkecil pengeluaran adalah upaya kita untuk menekan pengeluaran. Kita perlu berpikir keras dan membuat aturan bagaimana uang yang sudah masuk ke kantong kita tidak mudah keluar.  Semakin besar kemampuan Anda menahan uang keluar, maka semakin besar potensi tabungan yang Anda miliki.  

Prinsip memperkecil pengeluaran bukan berarti Anda tidak belanja sama sekali, tidak! Tetapi bagaimana agar Anda tidak mengeluarkan uang kecuali untuk sesuatu yang terpenting dan sudah direncanakan sebelumnya.

Tentukan skala prioritas

Dalam manajemen pengelolaan keuangan menentukan skala prioritas sangat penting bagi Anda. Mengapa? Karena sifat dasar manusia adalah suka belanja. Ketika tidak ada uang, seakan-akan kita tidak punya kebutuhan kecuali hanya kebutuhan dasar saja. 

Tetapi ketika uang melimpah, tiba-tiba banyak uang. Maka ada banyak keinginan untuk membeli sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk membeli. 

Maka sebelum hal ini terjadi, Anda perlu membuat skala prioritas. 

Apa saja kebutuhan pokok Anda yang harus dipenuhi bagaimanapun keadaannya.  

Menentukan kebutuhan apa saja yang bersifat sekunder yang bisa dipenuhi hanya ketika ada uang berlebih.

Apa goal Anda jangka panjang?

Faktor paling penting dalam pengelolaan keuangan adalah membuat sebuah goal. Bukan sembarang goal tetapi sebuah goal untuk mencapai kesejahteraan dengan finansial keluarga Anda. 

Menemukan dan menentukan goal finansial Anda sangat penting.  

Mengapa? Karena manajemen keuangan tanpa tujuan yang jelas dan terukur itu seperti berjalan tanpa punya arah yang pasti.  

Maka sedini mungkin Anda perlu memikirkan apa goal dan tujuan Anda dalam mengelola keuangan.  Dengan panduan goal yang baik dan benar, maka Anda sudah setengah perjalanan menuju kesuksesan finansial. 

Sisanya sebanding dengan seberapa mampu Anda mampu menerapkan perencanaan keuangan yang sudah Anda buat sebelumnya. 

Agar Anda bisa meraih impian Anda jadi orang kaya raya, maka Anda perlu berpikir keras dan cerdas bagaimana cara menabung agar cepat kaya. Inilah tip sederhana agar Anda sukses dan kaya raya:

Membuat perencanaan keuangan keluarga 

Pepatah mengatakan “Rencanakan hidupmu dan laksanakan rencanamu”. Membuat perencanaan keuangan keluarga itu penting. Mengapa? Agar semua aktivitas keuangan keluarga kita tetap terkontrol dan sesuai dengan rencana. 

Tanpa perencanaan yang matang maka berapa pun penghasilan Anda akan habis tanpa tersisa. mengapa bisa demikian? Karena manusia mempunyai keinginan dan kebutuhan. Dalam perencanaan keuangan keluarga membuat perencanaan termasuk membuat prioritas mana kebutuhan dan mana keinginan. 

Sehingga keluarga kita mengetahui mana kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan mana keinginan yang masih bisa ditunda. 

Lantas, apa perbedaan antara keinginan dan kebutuhan? 

Keinginan adalah segala sesuatu yang Anda atau keluarga Anda inginkan. Tidak semua keinginan harus dipenuhi apalagi sampai menghabiskan dana hasil gaji selama sebulan.

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga Anda. Kebutuhan bersifat dasar dan mendesak. Jadi harus menjadi prioritas. 

Macam-macam kebutuhan: 

Kebutuhan jangka pendek

Yaitu kebutuhan keluarga yang perlu segera dipenuhi. Misalnya saja, makanan pokok sehari-hari, biaya listrik, biasa pendidikan anak, transportasi, uang saku anak, dll. 

Kebutuhan jangka menegah

Kebutuhan jangka menengah adalah kebutuhan keluarga Anda yang sifatnya tidak mendesak dan tidak harus segera dipenuhi. Tetapi kebutuhan ini perlu dipikirkan dalam jangka panjang. Misalnya saja:

Kebutuhan mobil untuk silaturahmi kepada orang tua, saudara dan menghadiri pengajian

Kebutuhan jangka panjang 

Yaitu kebutuhan yang bersifat jangka panjang. Kebutuhan jangka panjang ini tidak  banyak tetapi nilainya bisa sangat besar. Misalnya:

Kebutuhan mempunyai rumah karena belum punya rumah. Bisa membangun atau membeli rumah jadi siap pakai.

Kebutuhan merenovasi rumah karena rumah yang Anda tempati sudah terlalu lama dan tua.

Membuat skala prioritas

Salah satu strategi bagaimana cara menabung dengan cepat adalah membuat perencanaan keuangan keluarga. Perencanaan keuangan yang matang akan memudahkan Anda dalam menjalankan pengelolaan keuangan keluarga yang baik dan benar. 

Dalam perencanaan keuangan, Anda telah membuat klasifikasi kebutuhan menjadi 3; kebutuhan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

Kali ini Anda akan belajar bagaimana membuat skala prioritas dari perencanaan jangka pendek. Planning (perencanaan ) jangka pendek sebaiknya Anda membuatnya bulanan. Sehingga akan mudah bagi Anda untuk menentukan pos-pos anggaran sesuai dengan perencanaan yang telah Anda buat sebelumnya.

Perencanaan jangka pendek:

Sedekah 10%

Sedekah perlu didahulukan daripada kebutuhan yang lain. Mengapa perlu bersedekah sampai 10% dari penghasilan Anda? Karena sedekah adalah harta Anda yang sesungguhnya. Apa yang Anda makan, akan habis dan keluar jadi kotoran. Apa yang Anda pakai akan usang dan rusak. Sesuatu yang Anda beli akan hancur juga tetapi apa yang Anda sedekahkan akan kekal dan abadi di sisi Tuhan. 

Bukan hanya itu, sedekah merupakan asuransi yang Allah berikan untuk kita. Semakin banyak sedekah, semakin banyak potensi proteksi yang Allah berikan untuk kita. Jadi saat Anda bersedekah, seketika Allah menerimanya. Harta yang Anda sedekahkan akan berlipat-lipat nilainya. Jadi intinya sedekah tidak akan membuat Anda miskin. 

Tetapi sebaliknya, sedekah akan membuat Anda kaya dan makmur. Sedekah wujud rasa syukur Anda kepada Tuhan yang telah mengaruniakan banyak nikmat tanpa batas. 

Baca juga: Aplikasi pinjol bunga rendah

Menabung 20%

Menabung adalah karakter kaya. Bukan masalah banyak atau sedikitnya tetapi seberapa mampu Anda berkomitmen terhadap masa depan. Saat Anda menabung artinya Anda mempersiapkan diri untuk menyambut masa depan dengan lebih baik. Sebaliknya, saat Anda tidak pernah menabung dan selalu menghabiskan uang hasil jerih payah Anda, artinya ada tidak peduli dengan masa depan. 

Menabung termasuk bagian dari merencanakan masa depan agar lebih baik lagi. Orang-orang sukses selalu merencanakan masa depan mereka. Tanpa perencanaan, maka masa depan hanya akan menjadi fatamorgana dan angan-angan belaka. 

Bukankah setiap orang pasti ingin: 

1.Kaya raya

2.Punya harta yang melimpah

3.Mempunyai mobil yang mewah 

4.Ingin mempunyai rumah mewah

5.Ingin mempunyai tabungan, rekening deposito, reksadana

Tetapi tidak mulai merencanakan sejak sekarang. Maka apa yang Anda rencanakan adalah nonsense (sia-sia). Rencana Anda hanya omong-kosong dan tidak akan pernah terealisasi dalam alam nyata. Sungguh, Anda sedang berkhayal tingkat tinggi.

Dana darurat 10%

Menetapkan dana darurat bagi sebuah keluarga sangat penting. Mengapa dana darurat penting? Dana darurat adalah dana yang hanya akan digunakan untuk kepentingan darurat. Misalnya saja:

•Ada anggota keluarga yang sakit

•Membutuhkan dana berobat ke rumah sakit

•Pembiayaan ke klinik 

Pendek kata, Anda sangat membutuhkan dana darurat ketika ada anggota keluarga yang sakit tetapi:

Anda sedang tidak ada uang

Membutuhkan dana yang cukup besar

Anda sebagai kepala rumah tangga tidak bisa bekerja karena ada suatu hal yang tidak diinginkan

Kebutuhan sehari-hari 60%

Setiap keluarga pasti ingin hidup sukses dan bahagia. Terpenuhinya kebutuhan keluarga menjadi salah satu kunci kebahagiaan dan ketenangan sebuah keluarga. 

Alokasi untuk kebutuhan keluarga nominalnya paling besar. Kisaran 60% bagi Anda yang memiliki penghasilan di bawah 5 juta. Bila penghasilan Anda lebih dari 5 juta, Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang lagi. Misalnya, menambah asuransi pendidikan anak dan lain sebagainya.  

Laksanakan rencana Anda 

Perencanaan yang baik tanpa pelaksanaan yang baik pula hanya akan sia-sia. Eksekusi Anda terhadap perencanaan yang telah Anda buat jauh lebih penting dari pada perencanaan itu sendiri. Jangan sampai Anda membuat perencanaan yang sempurna (perfect) tetap Anda lemah dalam eksekusi. 

Maka kesungguhan Anda di nilai dai seberapa Anda mampu menjalankan rencana yang telah Anda buat sebaik-baiknya. 

Kesimpulan

Menabung perlu dibiasakan sejak dini. Kebiasaan menabung akan melahirkan kebiasaan keluarga untuk hidup layaknya orang kaya. Tabungan ini Anda kumpulkan dalam waktu lama sehingga jumlahnya lumayan banyak dan masif. Kemudian uang tabungan ini Anda gunakan untuk sesuatu yang produktif. Mulai dari berinvestasi: 

1.Membeli emas batangan 

2.Membuka deposito berjangka

3.Membeli reksadana pasar uang 

Jangan sampai uang yang Anda kumpulkan dalam bentuk tabungan ini kemudian Anda gunakan untuk sesuatu yang bersifat konsumtif. Misalnya saja, membeli kulkas, membeli motor, membeli baju baru, bertamasya ke puncak dan lain sebagainya. 

Menggunakan uang hasil tabungan untuk aktivitas ini adalah pola pikir menabung yang salah. Maka tabungan yang berhasil Anda kumpulkan harus Anda investasikan agar produktif. Akhirnya Anda berhasil menerapkan strategi cara menabung dengan cepat. Sehingga uang hasil tabungan akan bekerja untuk Anda dan membuat Anda lebih kaya, lebih banyak harta dan Anda lebih makmur. 

www.helmykediricomm

Related Post