Tips memilih topik bahasan blog agar bisa passive income

by

helmy

Setelah membuat dan mengonline-kan blog, anda akan melanjutkan tahap pembuatan artikel. Disinilah tantangan sebenarnya muncul, anda harus menentukan topik dengan benar, apa yang hendak dibahas, ditulis, dan dipublikasikan. 

memilih topik bahasan blog agar bisa passive income

Menurut saya pribadi, tulislah yang anda ingin tuliskan terlebih dulu, seiring dengan berjalannya waktu, anda akan memahami bagaimana cara kerja seorang blogger yang benar dengan teknik-teknik terbaik hasil pengalaman selama berhari-hari. 

Pahami juga apa tujuan anda membuat web/blog tersebut. Sekedar untuk personal keperluan bacot online, mendirikan komunitas/sekte tertentu atau berbisnis dan apakah konten yang anda bagikan terfokus atau campuran? 

Arti dari blog personal disini bukan berarti blog yang hanya berisi keluh kesah seputar kehidupan penulis. Tapi blog personal berarti blog yang dikelola oleh anda sendirian, apapun niche yang dibawakan.. nulis sendiri – posting sendiri – nyebar link sendiri – sedih sendiri 

Sementara Niche adalah topik atau bahasan yang sifatnya fokus dan diminati oleh kelompok tertentu. Niche blog adalah saat kita menulis mengenai suatu topik dan hanya topik itu yang kita bahas. Contohnya, blog yang hanya membahas tentang sepakbola, isinya hanya tentang berita sepakbola. 

Selain menentukan topik pembahasan dari yang anda kuasai, anda juga bisa menentukan topiknya melalui bantuan pihak ke 3, anda bisa menuliskan topik yang mempunyai banyak peminat, misalnya dengan mencarinya di googletrend, di buku LKS, silahkan gunakan daftar isi untuk menemukan materinya, disana anda bisa memilih topik apa yang nantinya bisa dituliskan dalam blog.

Ada beberapa topik yang umumnya dipilih oleh para blogger, diantaranya : 

1. Berita (Politik, ekonomi, kriminal, dll) cari berita populer asalkan tidak hoax.. bahaya bisa ditangkap polisi

 2. Tutorial editing video dan audio 

3. Tutorial editing gambar dan desain 

4. Tutorial komputer dan gadget (pasaran serta mudah ditulis)

5. Blog makanan (hobi masak?)

6. Blog fashion (hobi cosplay) 

7. Blog travel (hobi minggat)

8. Bisnis online, cocok bagi yang suka cari refferal 

9. Toko atau jasa online 

10. Blog tentang jawaban soal (rawan banned kalau pakai blogger)

11. Kesehatan (susah SEOnya kalau situsnya abal2) 

12. Otomotif 

Daftar topik di atas merupakan topik umum pilihan blogger, masih bisa dijabarkan lagi menjadi mikroniche, contoh untuk otomotif, anda bisa membahas masalah spesifik mobil, motor bahkan ulasan merk oli kendaraan terbaik, dan apapun yang anda sukai. 

Setelah menemukan topik yang terbaik, tugas anda berikutnya mulai membuat artikel baru dengan memasukkan keyword yang paling cocok dan mendatangkan kunjungan organik. Keyword atau kata kunci ini merupakan bagian paling penting dalam penulisan, ketika menulis artikel, kita pasti mengetik banyak kata disana, kumpulan kata yang terangkai menjadi beberapa paragraf dengan jumlah huruf yang mencapai ratusan, bahkan ribuan, dan dari sekian banyaknya rangkaian yang ada, akhirnya jadi satu artikel utuh

Minimal harus ada 1 kata kunci yang menjadi fokus penulisan, yaitu kata yang akan ditembak (diunggulkan) dalam satu posting artikel yang dibuat. Untuk mempermudah, jika anda memakai wordpress, install plugin Seo Live Assistant. 

Lalu bagaimana jika tidak menggunakan wordpress atau tidak ingin menggunakan plugin? Otak kita adalah alat optimasi terbaik pemberian Tuhan, pada dasarnya kita selalu bisa melihat sekitar dan menjadikannya tulisan. Anda tidak perlu melakukan riset dengan keyword teknik yang memusingkan. 

Ketika saya mulai menulis tutorial komputer, yang saya lakukan adalah menulis semua masalah yang ada di komputer saya dan apa yang saya alami, khususnya permasalahan yang berhasil saya atasi, karena saya selalu percayadiri, semua orang yang mempunyai komputer dan mempunyai masalah yang sama.

Saya tidak menjadi satu-satunya manusia dimuka bumi yang mengalami itu sendirian. Kita tidak perlu mencari tutorial apa yang sedang trending, tapi kita buat trending versi kita sendiri. Biasanya, apa yang saya tulis hari ini baru naik serp 1 atau 2 bulan kemudian, atau bahkan 1 tahun kemudian, dan itu sangat tidak masalah buat saya. (soalnya blog saya ini sudah auto bayaran tiap bulan)

Logikanya, ketika kita terus membuat artikel tanpa henti, ketika artikel trending kita sebelumnya sudah turun, akan selalu ada artikel kita yang lain menggantikan posisinya. Saya sama sekali tidak tahu, ketika saya menulis artikel tentang game di tahun 2017, ternyata apa yang saya tuliskan dicari beramai-ramai oleh orang setahun kemudian, ketika saya mengalami kebuntuan dalam penulisan, artikel lama yang sudah diposting bisa menjadi penolong. 

Saya pernah menulis artikel tentang artikel expired, dan waktu itu hanya 3 blog saja yang muncul dihasil penelusuran (forum ads.id, blog saya, dan blog plagiat kang AGC), dan ketika saya menulisnya, saya benar-benar tidak melakukan riset apapun, yang saya pikirkan hanya, itu ilmu yang saya dapatkan hari itu.. mungkin orang akan mencari ini nanti, dan benar saja, 1 artikel itu memberi 300 pageviews harian stabil ke blog saya. Isinya hanya daftar foto dengan sedikit penjelasan yang baik, jumlah teksnya? tidak sampai 2000 kata. 

Saya tidak menyalahkan blogger yang mengedepankan optimasi, dan saya juga mengakui, optimasi baik dan disarankan untuk blog karena lebih tertarget dibandingkan menulis sembarangan hanya mengandalkan keberuntungan, tapi yang ingin saya ingatkan sekali lagi adalah konten blog tetap yang utama, bukan optimasi. 

Tingkatkan kualitas dari apa yang bisa anda berikan, asah kemampuan diri untuk melihat segala kemungkinan terbaik, daripada anda selalu menanyakan “ini di webmaster ada error ini kenapa ya ?”, “Aduh backlink saya ngga keindeks”, “Aduh artikel saya diplagiat padahal saya adalah penulis SEO 10 tahun” dan semua hal sepele yang anda pusingkan, dan akhirnya membuat banyak anda menyerah

Lebih baik buka jasa artikel SEO ketimbang posting diblog sendiri.. padahal inti dari menjadi blogger adalah menulis. Anda bisa menulis apa saja di blog sekarang. Lupakan optimasi terlebih dahulu, anda bisa lakukan 2 bulan setelahnya. Lupakan adsense, fokuskan ke menulis dan bagikan tulisan anda ke teman karena mereka pasti lebih peduli daripada orang lain. 

Bagikan artikel anda ke facebook, bagikan artikel anda ke twitter, status whatsapp, dm instagram teman dan keluarga. Dengan catatan, bagikan ke tempat yang sekiranya memberi feedback nyata. Cari grup keluarga, berkomentar dengan memberikan link anda, semua cara ini tidak masalah, pelajari dulu cara menjadi blogger dengan kontennya, setelahnya anda tidak perlu khawatir tidak bisa mendapat trafik dari google.

Misalnya, ajak keluarga anda menjadi memberi vtuber.. melalui tutorial yang anda buat step by stepnya diblog

Rumusnya, ketika artikel anda banyak dibaca oleh orang, posisi anda di google juga akan meningkat, sekalipun pembaca awal anda datang dari media sosial. Pondasi yang sudah kuat akan memudahkan anda membesarkan blog. 

Selain itu, orang-orang di media sosial juga akan mengenal blog anda, potensi mereka untuk dengan sengaja mengunjungi blog anda secara langsung cukup tinggi. Kunjungan yang mereka lakukan secara langsung ke blog anda, sama organiknya dengan kunjungan yang mereka lakukan ketika mereka mengunjungi blog anda melalui google di kemudian hari. 

Lalu bagaimana jika visitor blog saya semua berasal dari media sosial, apakah bisa didaftarkan ke adsense? Semakin bertambah hari, sumber trafik anda akan semakin meluas dan akan lebih banyak sumber yang datang. Ketika anda memulai blog baru dan semua sumber trafiknya hanya dari media sosial, saya katakan itu tidak masalah. 

Anda bisa mencoba membeli sebuah hosting dan domain, buat 1 halaman dan isi apa saja, biarkan tidak perlu dipromosikan, lihat saja trafiknya setiap hari didashboard statistik, lihat apa yang akan terjadi? Halaman anda akan terindex oleh google dengan sendirinya. Pembaca setia berdatangan untuk melihat informasi terbaru

Intinya, semua halaman yang dipublikasikan secara online dan tidak dengan sengaja dilarang untuk diindex, akan di index google. Begitupun jika anda mempromosikan blog anda di media sosial di awal pembuatannya, karena akan ada masanya blog anda akan terindex google dan bisa di halaman 1, dan ketika masa itu tiba, ini waktu yang tepat untuk memulai monetisasi blog anda.

Blog Anda bisa diterima adsense ketika berumur 2 minggu, tetapi dengan trafik yang seadanya dan umur yang sangat “balita”, income adsense tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal, sedangkan pikiran anda sudah terbebani antara blog dan adsense

Menurut saya, fokuskan dulu ke blog, lanjut ke adsense kemudian. Pilihan kembali ke anda sendiri, tapi itu yang biasanya saya lakukan. Jika anda tidak mengerti beberapa maksud dari kata yang saya tuliskan diatas, saya akan membahasnya sedikit dibawah 

1. Terindex, maksudnya blog anda bisa ditemukan di google, caranya buka google lalu masukan link blog anda atau link artikel blog anda di kolom pencarian. 

2. Page one/halaman 1, maksudnya ketika blog anda berada di urutan 1 ketika orang melakukan pencarian dengan kata tertentu di google berarti sudah berhasil

Yaah paling tidak ada progress kenaikan setiap saat bukannya malah penurunan trafik, susah emang kalau ngeblog serba sendiri

Baca juga: Rahasia blog pengunjung ribuan

Related Post