Rekomendasi Toko Alat Fitness di Bandung dan Manfaat Olahraga Lari

by

helmy

Blog Orang IT – Berolahraga secara rutin penting sekali untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada bermacam-macam jenis olahraga yang dapat Anda lakukan. Salah satu yang paling dikenal mudah dilakukan yaitu lari. Selain sederhana dan tidak perlu banyak biaya, lari juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Olahraga ini pun cocok dilakukan di waktu apa saja, baik di pagi, sore, atau malam hari. 

Rekomendasi Toko Alat Fitness di Bandung dan Manfaat Olahraga Lari
Manfaat Olahraga Lari

Manfaat Lari untuk Kesehatan

Bila dilakukan dengan rutin, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan latihan lari bagi kesehatan Anda, di antaranya:

1. Mengurangi Berat Badan

Olahraga lari membuat badan Anda melakukan pembakaran kalori dengan cepat dibanding aktivitas biasa. Hal ini tentu bisa membantu Anda untuk menurunnya berat badan dan menghindari risiko obesitas.

Namun, perlu diingat bahwa seberapa banyak kalori yang terbakar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain seberapa cepat dan seberapa jauh Anda berlari. Berat badan masing-masing individu juga mempengaruhi seberapa banyak kalori yang terbakar.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Olahraga lari diyakini dapat mencegah berkurangnya kepadatan tulang. Beban yang dikenakan pada tulang akibat gerakan pada latihan lari dapat merangsang pertumbuhan dan meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Sehingga, tulang pun menjadi lebih kuat dan menurunkan risiko Anda terkena osteoporosis di kemudian hari.

3. Mengurangi risiko jantung koroner

Olahraga lari terbukti dapat memperlancar aliran darah serta memicu otot dan organ jantung untuk bekerja lebih baik. Olahraga lari yang dilakukan dengan intensitas sedang cukup membuat aliran darah menjadi lebih kencang dan denyut jantung menjadi lebih cepat. 

Melatih sistem kerja jantung dan aliran darah secara rutin sangat baik manfaatnya untuk kesehatan. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang mengatakan bahwa dengan berolahraga lari secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti jantung coroner. 

Ditambah lagi, berlari selama setidaknya 30 menit setiap harinya dapat meningkatkan kadar high density lipid (HDL) atau yang biasa disebut kolesterol baik, di dalam tubuh Anda. Kadar low density lipid (LDL) atau kolesterol jahat serta kadar lemak keseluruhan dalam tubuh pun juga turut berkurang, memberikan Anda bentuk tubuh yang ideal.

4. Berlari Meningkatkan Mood Anda

Olahraga lari disebut dapat mengubah suasana hati Anda secara positif. Studi menunjukkan bahwa latihan aerobik, seperti jalan cepat, berlari atau jogging, merangsang tubuh untuk melepaskan hormon endorfin yang berperan dalam mengurangi depresi dan kecemasan. 

Hormon endorfin ini disebut juga sebagai penahan rasa sakit alami yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Berlari juga meningkatkan produksi hormon norepinefrin, zat kimia alami yang dapat menurunkan respons otak terhadap stres. 

Faktor-faktor tersebut akan berpengaruh terhadap mood Anda secara positif ketikan Anda melakukan olahraga lari. Bahkan, berlari dapat mengubah suasana hati yang tertekan menjadi lebih rileks, memudahkan Anda untuk berpikir lebih jernih dalam menghadapi masalah.

Lari di Luar Ruangan vs Lari di Atas Treadmill: Pilih Mana?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan menyimak penjelasan berikut, Anda dapat menentukan mana yang lebih cocok sesuai dengan kondisi dan kesibukan Anda sehari-hari.

Lari di Luar Ruangan

Keunggulan lari di luar ruangan adalah sebagai berikut:

1.Variasi Rute

Keuntungan melakukan olahraga lari di luar ruangan adalah nantinya Anda akan bisa memilih variasi rute lari yang sangat beragam. Anda bisa memilih rute di sekeliling kompleks rumah anda, trek lari di taman kota, ataupun jalur sepanjang pinggiran kota dan pedesaan untuk merasakan suasana yang lebih fresh dan alami. 

Anda bisa menentukan apakah akan memilih rute berputar ataupun rute yang linear. Namun perlu dicermati, jika Anda ingin meningkatkan kebugaran Anda secara kontinyu dan membakar kalori secara optimal, Anda harus mengubah rute lari Anda secara teratur. Hal ini penting agar tubuh tidak terbiasa dengan rutinitas Anda.

2.Variasi Medan

Berlari di luar ruangan menantang Anda dengan berbagai medan lari yang jauh lebih variatif dibandingkan dengan di atas treadmill. Hal ini memberikan manfaat ganda sebagai latihan keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh. 

Anda dipaksa untuk melakukan usaha ekstra dalam menjaga keseimbangan di medan yang tidak rata, seperti retakan di trotoar, gundukan di lapangan, bahu jalan, dan lain-lain.

Perlu diperhatikan beberapa hal terkait berlari di berbagai medan, terutama tentang factor keselamatan. Misalnya saat berlari di trotoar, pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. 

Kenakan pakaian dengan visibilitas tinggi agar mudah terlihat oleh para pengguna lalu lintas. Anda sebaiknya tetap berada di atas trotoar selama berlari. Namun jika Anda harus melewati jalan raya, tetaplah berada di sisi jalan yang benar dan perhatikan setiap kendaraan yang melintas mendekati Anda.

Berlari di medan berpasir seperti daerah pantai akan menguji daya tahan Anda sehingga Anda akan membakar lebih banyak kalori. 

Terlebih jika pasir yang dipijak merupakan pasir yang lembut, Anda akan semakin sulit untuk bergerak maju, sehingga tenaga yang Anda keluarkan akan semakin besar. Berlari di pasir juga memacu Anda untuk melatih keseimbangan badan.

3.Hemat Biaya

Salah satu keuntungan berlari di luar ruangan adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk melakukannya. Anda mungkin memerlukan biaya untuk membeli beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk berlari misalnya sepatu olahraga, namun hal itu tetap akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bergabung dalam gym atau membeli treadmill

Sedangkan kekurangan melakukan olahraga lari di luar ruangan yaitu:

1.Kondisi cuaca

Bila Anda berniat lari di luar ruangan, cuaca sering kali yang menjadi faktor penentu. Jika awan mendung sudah mulai membayangi bahkan disertai rintik-rintik hujan, tentu Anda akan mengurungkan dan memikirkan niat Anda tersebut. Padahal olahraga yang efektif adalah apabila dilakukan secara teratur dan rutin. Seminggu sekali dengan hari yang tidak menentu pasti tidak akan cukup. 

2.Kurang fokus.

Berlari di luar ruangan tentunya membuat Anda dapat melihat pemandangan dan menikmati keramaian. Bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan, jangan sampai tergoda dengan jajanan yang pastinya akan Anda temui di area publik. Bisa-bisa malah gagal diet. Oops.

3.Risiko Lebih

Dengan medan yang bervariasi, tentunya ada risiko lebih terutama terhadap ketahanan sendi Anda. Medan berpasir dan berbatu membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam berlari. Jika tidak, risiko terkilir dan terjatuh saat berlari tentunya menjadi hal yang tidak Anda inginkan. Perhatian ekstra juga perlu ketika Anda berlari di sepanjang trotoar jalan yang lalu-lintasnya ramai.

Lari di Dalam Ruangan

Rekomendasi Toko Alat Fitness di Bandung dan Manfaat Olahraga Lari
Treadmill Bandung

Keunggulan lari di dalam ruangan:

1.Jadwal yang Teratur

Berlari di atas treadmill menawarkan lingkungan yang konstan untuk berolahraga. Anda tidak perlu mempertimbangkan cuaca, lalu lintas, maupun faktor lain yang dapat menghambat rutinitas berlari Anda. 

Setelah Anda berada di treadmill, Anda tinggal menjalankan jadwal olahraga lari Anda dan terbebas dari gangguan yang akan Anda hadapi apabila berlari di luar ruangan.

2.Pengaturan Kecepatan

Treadmill memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan dan intensitas olahraga lari Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk merancang jadwal sesi olahraga Anda, berikut intensitas yang Anda inginkan untuk tiap sesi. 

Anda dapat mempertahankan intensitas lari Anda dengan menyeting kecepatan pada treadmill sehingga Anda lebih mudah untuk mencapai target. Jika Anda berlari di luar ruangan, Anda akan secara alami mengurangi kecepatan tanpa sadar karena tubuh Anda akan menyesuaikan diri terhadap rasa lelah yang Anda alami.

3.Risiko yang Lebih Rendah

Lari di atas treadmill lebih aman dari risiko cidera sendi dibandingkan dengan lari di jalan atau trotoar beton. Anda juga tidak perlu mencurahkan kehati-hatian ekstra terhadap lalu-lintas yang ramai jika berlari di atas treadmill. 

Namun tetap perlu diperhatikan tentang setting kecepatan yang Anda pakai, karena jika terlalu tinggi Anda tidak akan sanggup mengikutinya. Anda tentu tidak mau terlempar dari treadmill ketika berlari akibat setting kecepatan yang terlalu tinggi kan?

Kekurangan lari di dalam ruangan:

1.Biaya ekstra

Anda perlu merogoh kocek ekstra untuk membeli treadmill jika Anda memutuskan untuk berlari di dalam ruangan. Pastikan rencana finansial Anda sudah mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk membelinya ke toko jual treadmill terdekat.

Terlepas dari yang mana yang Anda pilih sebagai rutinitas lari Anda, pastikan pilihan tersebut sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Yang terpenting adalah Anda dapat berolahraga secara konsisten agar manfaatnya dapat Anda rasakan.

Nah jika Anda ingin mencoba memulai rutinitas lari di dalam ruangan, Anda bisa mencoba konsultasi dengan BandungFitness.com untuk memilih treadmill yang cocok untuk kebutuhan Anda. 

BandungFitness.com adalah toko yang jual alat fitness di Bandung dan menyediakan berbagai alat fitness termasuk treadmill. Dengan pelayanan yang professional dan menyediakan garansi pemasangan produk, tidak ada salahnya Anda memulai kegiatan olahraga lari Anda dengan treadmill dari BandungFitness.com. Pesan sekarang juga.

Related Post