Ngoding di Android? Rekomendasi 5 Text Editor untuk Android

by

helmy

Blog Orang IT – Ngoding adalah sebutan untuk aktivitas coding atau memprogram aplikasi atau perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Aktivitas coding umumnya dilakukan di perangkat PC, komputer, atau laptop. Nah pertanyaan yang sering muncul adalah.. apakah bisa ngoding dengan bermodalkan handphone android? Jawabannya adalah tentu saja bisa, penulis sendiri saat sebelum memiliki laptop juga pernah merasakan serunya ngoding di android lho!

Lalu bagaimana caranya untuk memulai coding di android? Tentu saja alat dan bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu adalah text editor atau kode editor.

Apa itu text editor? Sederhananya, text editor ialah sebuah software yang dipakai oleh para programmer untuk menulis kode program. Tetapi yang menjadi poin penting disini adalah, text editor yang umumnya digunakan di laptop tentunya berbeda jenis dengan text editor untuk android.

Nah, pada artikel ini penulis akan menyajikan daftar 5 rekomendasi text editor untuk android yang sudah penulis rangkum sebagai berikut:

1. AnWriter Code Editor

Text editor yang pertama kali akan kita bahas bernama AnWriter. Text editor ini akan membantumu untuk menulis kode, serta menawarkan dukungan perlengkapan otomatis untuk bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, LaTeX (PHP, SQL dalam versi pro).

AnWriter juga mendukung teknologi modern, dan menawarkan dukungan pelengkapan otomatis untuk HTML 5, CSS 3, jQuery, Bootstrap, dan Angular dengan FTP.

Kamu dapat mengunduh file dari server FTP, mengirim file ke server FTP, dan menelusuri direktori di server FTP. Ini memungkinkan pratinjau halaman web dalam aplikasi, serta memungkinkan kamu untuk mendapatkan pratinjau cepat halaman web kamu di penampil internal.

Jadi kamu tidak perlu membuka browser untuk melihat preview dari kode yang kamu tulis di text editor ini. Bahkan, AnWiter juga dapat menampilkan konsol bug atau error pada kode JavaScript.

Dengan AnWriter, kamu akan meningkatkan kecepatan pengkodeanmu secara signifikan dibandingkan dengan notepad biasa. Keunggulan utamanya ialah, AnWriter jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan text editor pada umumnya!

2. Spck Code Editor

Spck Code Editor

Rekomendasi kedua adalah Spck Code Editor, aplikasi ini merupakan text editor yang juga memiliki fitur yang sangat lengkap. Aplikasi Scpk hampir sama dengan AnWriter yang kita bahas sebelumnya, namun Spck editor ini sedikit lebih mirip dengan text editor Visual Studio Code di komputer, karena bisa mengerjakan proyek web lebih terstruktur.

Jika kamu ingin mengerjakan proyek web yang dapat dengan mudah mengedit file berbahasa HTML, CSS, JavaScript, ataupun PHP, maka aplikasi ini adalah pilihan terbaik.

Dari segi tampilan, Scpk Editor juga sangat nyaman dipandang karena memliki kombinasi warna yang pas. Tersedia beragam pilihan tema yang bisa kamu pilih sesuai selera dan keinginan. Selain itu tersedia pula beragam pilihan jenis font yang keren.

Proyek yang dikerjakan juga bisa langsung terkoneksi dengan GitHub, yang mana sangat berguna untuk mempermudah pengerjaan proyek website kamu.

Spck Editor dapat diunduh secara gratis di playstore, tanpa versi premium. Namun untuk dianggap versi gratis pun, Spck Code Editor sudah bisa dibilang seperti aplikasi premium dengan fitur lengkap lho!

Walaupun code editor satu ini dapat kamu unduh secara gratis, namun tetap saja tidak ada iklan yang mengganggu di dalamnya. Sangat hebat, bukan?

3. Quoda Code Editor

Quoda Code Editor

Quoda Code Editor juga merupakan salah satu aplikasi untuk ngoding di android yang bisa dijalankan tanpa akses internet, alias offline. Sedikit berbeda dengan text editor AnWriter dan Spck yang kita bahas sebelumnya, Quoda Editor ini menurut penulis sedikit berat di jalankan di perangkat android yang memiliki spek rendah.

Namun jangan salah, Quoda Editor juga tak kalah saing dalam segi fitur. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur menarik seperti live preview, color picker, syntax highlighting, dan toolbar shorcut yang cukup lengkap.

Selain itu Aplikasi Quoda juga memiliki tampilan yang lebih sederhana, dengan pilihan tema dan font yang cukup beragam.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan Quoda sebagai Code Editor utamamu, kamu dapat mengunduhnya secara gratis melalui playstore. Sementara untuk versi premiumnya dapat diakses di dalam aplikasi, namun untuk versi gratisnya saja penulis rasa sudah cukup untuk kebutuhan ngoding ringan.

4. Acode Code Editor

Acode Code Editor

Acode adalah aplikasi code editor android gratis yang mendukung banyak bahasa pemrograman, misal seperti Javascript, PHP, C++, dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi Acode juga sudah terintegrasi dengan GitHub dan support FTP.

Jika ingin berbicara text editor Acode dari segi fitur, text editor ini memiliki fitur yang sangat mirip dengan aplikasi Quoda yang kita bahas sebelumya, baik dari sisi penggunaan hingga ke sisi kelengkapan fitur. 

Perbedaannya, Acode tidak memiliki toolbar seperti ketiga aplikasi sebelumnya, jadi tidak ada pintasan untuk mengetik kode dengan cepat. Oleh karenanya, kode harus ditulis dengan cara manual.

Acode Editor memiliki fitur yang bisa dibilang cukup terbatas, dan jika ingin mendapatkan akses ke semua fitur, kamu harus membeli versi premiumnya yang harganya cukup mahal. Namun hanya dengan versi gratisnya saja, penulis rasa sudah cukup untuk kebutuhan ngoding biasa.

5. TrebEdit Code Editor

TrebEdit Code Editor

Ini dia sang masterpiece-nya, TrebEdit! Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi text editor terbaik yang tersedia untuk Android saat ini, dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang tersedia di dalamnya.

Dengan aplikasi ini, kita dapat mengedit file dari berbagai macam bahasa pemrograman dengan mudah, seperti HTML, CSS, JavaScript, XML, TXT, bahkan PHP juga! Tidak sebatas itu saja, TrebEdit memiliki tampilan yang nyaman di mata, karena TrebEdit menyediakan berbagai pilihan tema cool yang memiliki perpaduan warna yang sejuk.

TrebEdit memiliki fitur yang lengkap dan sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan menulis atau mengedit kode melalui perangkat android. Yang paling penulis sukai adalah hadirnya fitur toolbar yang berfungsi mempercepat pengetikan kode, karena di sana sudah tersedia pintasan kode yang langsung bisa di klik tanpa perlu di ketik.

Tersedia juga toolbar melayang di sebelah kanan yang memiliki fungsi sebagai bilah navigasi dan juga sebagai tempat untuk pemilihan warna (color picker). Hadir pula consol JavaScript yang berguna untuk menampilkan debug dari kode JavaScript. Jadi akan lebih mudah untuk menemukan kesalahan pada penulisan kode dengan bahasa JavaScript.

Baca juga: Bahasa pemrograman paling populer

Di dalam aplikasi juga tersedia menu untuk belajar mengenai web design yang terhubung langsung ke platform w3scholls.com.

TrabEdit dapat diunduh secara gratis di playstore, juga menyediakan fitur premium yang bisa kamu beli di dalam aplikasi. Apa kelebihan fitur premiumnya? Kelebihan fitur premium salah satunya yaitu kamu dapat mengedit toolbar pintasan kode sesuai keinginanmu.

Jika kamu menggunakan TrebEdit yang versi gratis sekalipun, text editor ini tidak menampilkan iklan sama sekali, jadi tidak perlu khawatir dengan adanya iklan yang mengganggu saat ngoding. Fitur premiumnya hanya membuka beberapa fitur tambahan dan  bukan untuk menghapus iklan, karena memang TrebEdit Editor tidak menampilkan iklan sama sekali!

Akhir Kata

Itulah daftar 5 text editor untuk android yang penulis rekomendasikan. Dari kelima aplikasi kode editor yang sudah dijabarkan, penulis sangat merekomendasikan TrebEdit sebagai pilihan utama sebab aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap serta ringan untuk pemakaian. Tetapi itu tergantung kenyamanan masing-masing, jika kamu memiliki pilihan aplikasi text editor lain, silahkan tuangkan pendapatmu di kolom komentar.

www,helmykediricom

Related Post