Kelebihan dan Kekurangan Windows 11 Wajib Kamu Tau

by

helmy

Blog Orang IT – Versi baru Windows kini telah hadir dan bisa digunakan oleh semua pengguna. Windows 11 memiliki banyak fitur menarik dengan kecanggihan dan tampilan baru yang sangat fantastis. Selain itu, sistem operasi Windows 11 ini pun mempunyai kinerja yang lebih cepat dan optimal dari pada Windows 10. Di samping itu semua sistem operasi baru pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri

Kekurangan Windows 11

Bagi Anda yang sudah memiliki lisensi untuk Windows 10 maka bisa meng-upgrade Windows 11 secara gratis melalui fitur windows update. Semua orang tahu bahwa windows merupakan system operasi desktop paling popular mulai dari keluaran pertama hingga seri Windows 10. Jika dibandingkan dengan beberapa keluaran lama jelas bahwa Windows 11 memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Sebagai pengguna setia pastinya anda harus mengetahui hal tersebut sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan

Nah, berikut ini saya paparkan mengenai kelebihan dan kekurangan Windows 11. Sebelum Anda memutuskan untuk memasang Windows 11 .. pastikan PC Anda memenuhi kriteria dan memiliki kapasitas yang mumpuni ya.

Kelebihan Penggunaan Windows 11

Setiap ada pembaharuan sistem pastinya ada hal yang membedakan antara sistem lama dan baru. Seperti halnya Windows 11 dan pendahulunya. Banyak sekali fitur baru yang bisa Anda miliki setelah melakukan update sistem OS.

1.Mendukung Aplikasi Android

Jika sebelumnya aplikasi BlueStack menjadi andalan bagi pengguna PC untuk bisa merasakan penggunaan aplikasi Android pada Windows. Sekarang Anda sudah bisa menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan BlueStack lagi, cukup dengan menggunakan sistem operasi Windows 11 maka Anda sudah bisa menjalankan aplikasi Android.

2.Tersedia Mode Tablet

Pada sistem operasi Windows 11, Microsoft telah memberikan mode tablet. Sebelumnya, mode tablet ini juga sudah ada di Windows 10 tapi masih banyak sekali kekurangannya. Hadirnya Windows 11 ini memberikan mode tablet yang memberikan fitur lebih lengkap seperti layar sentuh, pena digital, pengetikan suara, dan pengetikan keyboard kustom. 

3.Tampilan Grafis Menarik

Di samping banyaknya fitur baru, Windows 11 juga memberikan tampilan desain grafis yang elegan. Melalui update baru  ini Microsoft memberikan banyak perubahan yang cukup besar dari segi grafis, taksbar baru, dan kursor adaptif. Hal ini terasa pada tampilan user interface yang berbeda dari sebelumnya.   

4.Penambahan Fitur

Terdapat beberapa fitur menarik yang bisa Anda mainkan dengan menggunakan OS Windows 11 ini. Penasaran kan apa saja fitur menariknya? Yuk langsung saja simak ulasan berikut.

-Dukungan Search Engine Bing

Search Engine yang digunakan untuk Windows 11 ini menggunakan Bing. Mesin pencarian ini tidak kalah populer dengan Google, peringkatnya tepat berada di bawah google sebagai mesin pencari paling banyak digunakan. Nah, tidak jauh berbeda dengan Google, yang mana ketika Anda ingin melakukan submit artikel atau mengunduh apapun membutuhkan akun. Di sini Anda membutuhkan akun Microsoft untuk bisa mengakses Bing  

-Interface Modern

Interface yang ada di Windows 11 berupa Blending desktop dan modern interface. Kedua fitur ini memberikan kemudahan bagi user untuk menggunakan aplikasi dengan basis UI yang bisa diakses dengan menggunakan dekstop. 

Bagi Anda yang ingin merasakan fitur ini, Anda bisa mengupgrade sistem ke Windows 11. Fitur ini sebelumnya sudah digadang pada Windows 8.1, namun tampilannya berbeda dengan windows 11

-Penyimpanan Azure untuk Cloud Storage

Selanjutnya, Windows 11 menggunakan penyimpanan Azure dengan basis cloud. Hampir kebanyakan device sekarang ini sudah menggunakan cloud storage sebagai sistem penyimpanan. Tidak heran jika Windows 11 menggunakan penyimpanan cloud karena cloud bertumpu pada Microsoft.

Selain itu, fitur ini mempercepat proses pengambilan data. Anda bisa menyimpan data lebih aman dengan menggunakan penyimpanan berbasis cloud.  

– Xbox Windows 11

Xbox Windows 11 ini sangat cocok sekali bagi Anda yang hobi bermain game. Tentu Anda akan merasa dimanjakan dengan adanya fitur Xbox Windows 11. Pada Windows 10 belum terdapat fitur ini, jadi bisa dibilang ini sangat baru yang mana ditujukan untuk meningkatkan pengalaman bermain bagi kalangan gamers. 

Fitur Xbox yang tersemat dalam kelebihan dan kekurangan Windows 11 menawarkan layanan yang menyenangkan dan bisa membuat gamers lebih leluasa dalam bermain game. Dengan ini Anda bisa menambah properti seperti DVR ataupun Share Connection.

– Cortana Windows 11

Fitur selanjutnya yakni Cortana. Fitur ini bisa membantu Anda mengakses file, aplikasi, data, ataupun yang lainnya. Hal ini karena fitur Cortana Windows 11 memberikan efisiensi dan kebutuhan praktis bagi pengguna. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan layanan yang diberikan oleh Google yang bisa menggunakan voice message atau memakai pesan suara untuk menemukan apa yang di cari.

Baca juga: Cara upgrade ke windows 11

Kekurangan Penggunaan Windows 11

Selain memiliki kelebihan, ada beberapa kekurangan dalam menjalankan Windows 11. Berikut ini beberapa kekurangan penggunaan Windows 11. Pastinya selain memiliki kelebihan ada pula kekurangan yang mengikutinya. Dengan begini, pengguna bisa menimbang sesuai kebutuhannya setelah melihat kelebihan dan kekurangan Windows 11.

1.Chipset Sebesar 64 bit

Windows 11 ini menggunakan chipset sebesar 64 bit. Memang hal ini tidak perlu dipusingkan dengan melihat perkembangan teknologi yang hampir semua perangkat sudah menggunakan chipset 64 bit. 

Namun, bagi Anda yang menggunakan PC atau laptop lama pastinya menjadi kendala dalam menjalankan Windows 11. Inilah salah satu kekurangan yang ditemukan ketika Anda menggunakan Windows 11 dengan PC device lama yang kurang dari 64 bit.

2. Minimal Pengosongan Memori 64 GB

Selain itu, Anda pun harus menyediakan ruangan kosong sebesar 64 GB untuk bisa mengoperasikannya. Pastinya ini tergolong cukup besar untuk pengosongan ruangan, dan sedikit sulit dipercaya apabila tidak diperhatikan bisa menyebabkan kinerja system menurun

Nah, bagi pengguna Windows 10 yang sudah berlisensi, bisa mendapatkan update Windows 11 secara gratis. Namun, di samping itu pengguna harus bisa memenuhi kebutuhan minimal hardware setidaknya udah memiliki TPM 2.0 dengan secure boot.

3. Masalah OS Windows 11

Windows 11 terbilang sistem operasi device yang baru rilis. Di mana masih ada beberapa kekurangan dan ketidaksempurnaan, sehingga masih ditemukan banyak bug. Tidak menutup kemungkinan pula ditemukan berbagai masalah OS pada pengaplikasian Windows 11   

Pastinya Microsoft sudah memberikan yang terbaik sebelum meluncurkan Windows 11 yang dikerjakan oleh tenaga ahli. Mereka memperhatikan berbagai feedback agar lebih mudah menyelesaikan berbagai problem yang nantinya ditemukan dari pengguna.

Memang setiap program ataupun sistem tertentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Melalui artikel ini pengguna bisa memilih mana yang cocok untuk dirinya. Apabila Anda menemukan hal lain mengenai kekurangan dan kelebihan dari penggunaan Windows 11 ini, silakan tambahkan melalui kolom komentar.  

Penghentian dan penghapusan fitur

Saat memutakhirkan ke Windows 11 dari Windows 10 atau saat menginstal pembaruan ke Windows 11, beberapa fitur mungkin tidak digunakan lagi atau dihapus. Silakan lihat di bawah untuk informasi mengenai beberapa fitur utama yang terpengaruh:

  • Cortana tidak akan lagi disertakan dalam pengalaman boot pertama atau disematkan ke Taskbar.
  • Wallpaper desktop tidak dapat dijelajahi ke atau dari perangkat saat masuk dengan akun Microsoft.
  • Microsoft Edge dengan mode IE menggantikan aplikasi desktop Internet Explorer 11 di Windows 11. 
  • Pintasan dari Lockscreen dan pengaturan terkait akan dihapus.
  • Alat Snipping dan Snip dan Sketsa telah digabungkan menjadi satu pengalaman dengan menggunakan nama Snipping Tool yang sudah dikenal.
  • Live Tiles tidak lagi tersedia 
  • Modus Tablet dihapus dan fungsionalitas serta kemampuan baru disertakan untuk postur pemasangan dan pelepasan keyboard.

www,helmykediricom

Related Post