Cara install windows 11 dan cara upgrade windows 11 bagi pemula

by

helmy

Blog Orang IT – Sistem Operasi Windows 11 kini telah hadir menggantikan Windows 10. Apabila dihitung sudah sekitar 6 tahun Windows 10 ini beroperasi di tengah kemajuan teknologi. Hingga saat ini sistem Operasi Windows 11 resmi dirilis. Perubahan yang ada antara Windows 11 dan Windows 10 ini tidaklah terlalu signifikan, namun ada beberapa fitur baru serta tampilan interface yang lebih menarik.  

Pada Windows 11 ini Anda akan melihat keunikan tampilan yang ada pada posisi start menu. Di sisi tengah window tampak sedikit melengkung. Selain itu, ada beberapa fitur menarik lainnya yang mungkin membuat Anda akan semakin tertarik untuk meng-upgrade sistem windows 

windows 11 helmykediri

jendela explorer windows 11

1. Cara Install Windows 11 dengan install ulang

Kali ini saya akan berbagi cara menginstal dan upgrade Windows 11. Setelah itu, Anda bisa menggunduh dan memasang aplikasi android dengan menggunakan fitur Amazon Appstore yang terdapat pada Windows 11. Berikut ini tahapan-tahapan memasang  Windows 11 pada perangkat laptop atau PC dengan bantuan flashdisk.

Download File ISO Windows 11 (5GB)

Sebelum melakukan penginstalan pastinya Anda harus memiliki file ISO yang akan dipasang. Selanjutnya, pastikan Anda sudah melakukan back up terhadap semua file yang ada di laptop terutama pada drive C: ( folder dokumen, dekstop, download..). Anda bisa memindahkan penyimpanan dari Local disk C ke Local disk lainnya.

Hal ini dikarenakan semua file yang ada pada partisi C akan dihapus, untuk menjaga kehilangan data penting Anda. Ada baiknya partisi ini dikosongkan terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang. Setelah itu, siapkan flashdisk ukuran minimal 8 GB dengan keadaan kosong atau belum terisi. 

Selama proses penginstalan ini jangan lupa colokkan charger laptop sehingga tidak terjadi gangguan kehabisan baterai ketika proses sedang berlangsung. Jika ditengah-tengah proses menginstal windows 11 instalasi mengalami gangguan akan berpengaruh pula pada hasilnya, bisa jadi mengakibatkan kegagalan.

Langkah-Langkah Install Windows 11

Ada tiga tahapan yang akan Anda lakukan ketika menginstal ulang Windows 11 menggunakan bantuan flasdisk ini. Anda perlu membuat bootable flashdisk, pengaturan BIOS, dan proses instalasi. Nah, berikut ini tutorial lengkapnya.

1. Pembuatan Bootable Flashdisk Windows 11

Tahap pertama untuk membuat bootable flashdisk yakni menghubungkan flashdisk dengan laptop atau komputer.  Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, bahwa cara menginstal windows 11 melalui flashdisk harus dalam keadaan kosong atau tidak ada isinya. Apabila ada file dan data penting maka sebaiknya dipindahkan terlebih dahulu, karena flashdisk ini akan diformat terlebih dahulu.

Kedua, Anda juga membutuhkan aplikasi Rufus untuk membuat flashdisk menjadi bootable yang dapat digunakan sebagai media instalasi. Buka aplikasi Rufus, lalu pastikan bahwa flashdisk yang Anda tancapkan sudah terdeteksi pada menu Device dengan keterangan nama flashdisk beserta ukurannya. Setelah itu, klik “select” pada menu Boot Selection untuk mencari file ISO Windows 11.

Selanjutnya, carilah dan pilih file ISO Windows 11, lalu klik Open. Setelah itu, Anda bisa memulai untuk membuat bootable dengan klik Start. Saat proses ini Anda akan mendapat peringatan bahwa file dan data yang terdapat dalam flashdisk akan diformat. Apabila setuju maka klik Ok. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, perkiraan proses ini akan memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

2. Mengatur BIOS 

Setelah selesai pada proses pembuatan bootable via flashdisk, selanjutnya tahapan cara menginstal windows 11 yakni mengatur booting yang akan dilakukan melalui flashdisk. Untuk langkahnya, Anda hanya perlu untuk merestart laptop atau komputer Anda lalu tekan tombol F2 atau Del supaya bisa masuk ke menu BIOS.

Sebenarnya, untuk memasuki menu BIOS ini masing-masing tipe Laptop memiliki cara yang berbeda. Tombol F2 bisa bekerja pada Laptop merk ASUS, Acer, Toshiba, Samsung, dan Dell. Sedangkan untuk Lenovo memerlukan tombol fungsi yakni Fn+F2. Lalu, untuk laptop HP menggunakan tombol F10.

Tahapan berikutnya, masuklah pada menu tab Boot. Di sana Anda akan melihat dimana prioritas booting yang tertera pada bagian atas sendiri, biasanya menunjukkan Hard Drive. Ini berarti booting dilakukan pertama kali ialah Harddisk. Nah, karena proses ini menggunakan Flashdisk maka Anda perlu memindah posisi Removable Device atau Flashdisk Anda pada bagian atas.

Tahap terakhir cara menginstal windows 11 yakni menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan dengan menekan tombol F10. Lalu, klik Yes untuk bisa masuk dalam menu selanjutnya. Apabila sudah muncul tampilan layar hitam dengan tulisan di layar, Anda tinggal klik enter atau menu lainnya. 

Baca juga: Perbedaan versi windows pro, home, enterprise

3. Proses Install Windows 11

Proses Install Windows 11 ini akan dimulai setelah kedua syarat di atas selesai. Berikutnya Anda akan melihat tampilan instalasi, lalu klik Next  dan muncul menu Install now. Apabila Anda belum memiliki kode aktivasi, Anda bisa melakukannya nanti dengan memilih menu “I don’t have a product key”.

Selanjutnya, cara menginstal windows 11 Anda akan masuk pada pilihan sistem yang akan di install. Di sini Anda bisa memilih Windows 11 dengan beberapa jenis, Anda bisa memilih Windows 11 Pro dan klik Next. Kemudian akan muncul menu pop up terkait kebijakan Microsoft yang harus Anda centang dan klik menu Next.

Berikutnya, Anda bisa memilih menu Custom: Install Windows Only (Advance). Hapus data yang ada pada partisi C: dan System Reserved. Pada tahap ini Anda harus teliti agar tidak salah menghapus data. Setelah melakukan penghapusan, Anda pun harus melakukan pembuatan partisi baru. 

Sangat di sarankan untuk membuat minimal 2 partisi selama menerapkan cara menginstal windows 11 yakni partisi C:  serta partisi lain untuk menyimpan data-data lainnya. Anda pun bisa menyesuaikan ukuran partisinya.  Apabila sudah selesai Anda bisa klik Apply.

Setelah itu, akan muncul pop up notifikasi untuk pembuatan partisi System Reserved. Anda tidak perlu mengganti apapun, tinggal pilih saja menu Ok. Tunggulah hingga proses instalasi selesai 100%. Apabila sudah selesai, biasanya komputer atau laptop akan melakukan restart sendiri.

Setelah menyala Anda akan melihat pengaturan mengenai laptop atau komputer Anda yakni mulai dari layout keyboard. Untuk pilihan ini Anda bisa biarkan pada pilihan default US dengan klik Yes. Apabila tidak ada tambahan lain Anda bisa Skip. Untuk mengatur personal use Anda bisa pilih Next, sedangkan untuk akun Microsoft bisa Anda tambahkan bisa pula tidak.

Agar komputer atau laptop Anda lebih aman, Anda bisa menambahkan password sebagai pengaman atau bisa Anda kosongi terlebih dahulu dengan klik Next. Pengaturan ini bisa Anda ubah lain kali melalui pengaturan akun dan keamanan.

2. Cara Install Windows 11 dengan upgrade

Klik tombol start > ketikkan windows update > kemudian jalankan windows update
Kalau perangkat anda mendukung upgrade ke windows 11 biasanya akan muncul notifikasi untuk mengupgrade ke windows 11 secara gratis seperti gambar dibawah
cara upgrade windows 11

Silahkan klik tombol download and install untuk mulai mengunduh update terbaru windows 11, pastikan koneksi internet lancar karena anda harus mendownload beberapa file berukuran 3-4GB

cara upgrade windows 11 helmykediri

Proses download sedang berlangsung, kebetulan saya menggunakan jaringan wifi di kantor tempat bekerja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikannya
proses download windows 11

Setelah proses download selesai akan lanjut pada proses instalasi windows 11, pada tahap ini sebaiknya anda tidak menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas berat karena nantinya sistem operasi akan berjalan lambat ketika proses installing windows 11
install windows 11 terbaru

Setelah proses instalasi selesai, silahkan restart komputer dan setelah itu tampilan antar muka serta spesifikasi sistem telah berubah selayaknya pengguna interface windows 11 meski pada awal-awal komputer saya terasa agak lemot tetapi setelah beberapa kali menjalankan pembaharuan kumulatif update, kinerja komputer sudah terasa normal
sukses upgrade windows 11 
upgrade windows 11
windows 11 preview

Apakah kalau saya upgrade windows 10 ke windows 11, data pada drive C: folder document, download akan hilang? tidak

Demikian penjelasan mengenai cara menginstal Windows 11 yang bisa dilakukan bagi pemula. Anda bisa melakukan penginstalan ini sendiri. Namun, sebelumnya Anda harus memiliki pemahaman terkait pembuatan bootable dan juga pengaturan BIOS. Agar bisa lebih mudah melakukan penginstalan. 

www,helmykediricom

Related Post