Berkenalan dengan Hacktoberfest, Event Open Source Tahunan

by

helmy

Blog Orang IT – Di tahun 2020, penulis diperkenalkan oleh rekan tentang event Hacktoberfest. Di waktu itu penulis masih belum mau ikutan. Mengingat penulis masih baru di dunia programming. Namun, sebenarnya itu tidaklah menjadi masalah, karena siapapun bisa mengikuti kegiatan ini tanpa memiliki basic programming sekalipun.

Ya, siapapun bisa mengikuti kegiatan open source ini, asal niatnya baik dan mengikutinya secara sukarela.

Pada artikel ini, penulis akan membahas tentang Hacktoberfest, dimulai dari apa itu Hacktoberfest.

Apa itu Hacktoberfest?

Hacktoberfest adalah sebuah gerakan untuk berkontribusi pada proyek-proyek open source. Gerakan ini berlangsung selama bulan Oktober melalui platform Github dan Gitlab.

Acara ini berlangsung secara online di seluruh dunia. Jadi, di mana pun kamu berada, kamu bisa mengikuti Hacktoberfest.

Apa itu Hacktoberfest?

Setelah mengikuti Hacktoberfest, kita akan mendapatkan hadiah atau reward berupa kaos dan sticker dari sponsor dan partner acara ini.

Tenang saja, reward ini akan dikirim ke rumah masing-masing melalui kurir. Memang akan lama sampai, karena mereka mengirim ke seluruh dunia. Terlebih, persediaan barang yang dikirim tidak hanya satu atau beberapa, tetapi banyak!

Tujuan Utama Hacktoberfest

Hacktoberfest bertujuan untuk mengundang orang untuk berkontribusi pada proyek open source. Mendengar kata open source, mungkin yang terbayangkan di dalam benak kamu adalah Linux.

Apakah itu berarti kita harus berkontribusi pada Linux? Tentu tidak, open source bukan hanya tentang Linux.

Open Source adalah cara mengembangkan perangkat lunak yang terbuka untuk umum.

Open Source telah mengubah ekosistem perangkat lunak belakangan ini. Microsoft yang dulu “anti open source” kini sangat mendukung gerakan open source. Bahkan, merilis banyak produk open source dan mengakuisisi Github.

Melalui acara Hacktoberfest ini, kita diajak untuk terlibat dalam pengembangan perangkat lunak atau software yang berbasis open source.

Karena berkat gerakan open source, software berkembang dengan sangat cepat. Maka tidak heran jika kita melihat sesekali framework baru hadir, sesekali teknologi baru muncul.

Saya Tidak Paham Programming, Apakah Bisa Ikut Hacktoberfest?

Yap! tentu saja bisa. Sebenarnya yang kamu butuhkan untuk bisa ikut Hacktoberfest adalah kemampuan untuk menggunakan Git dan Github.

Skill coding memang dibutuhkan juga, namun bukan berarti kita harus berkontribusi dalam bentuk kode.

Jika kamu bisa bahasa Inggris dan Indonesia, kamu bisa bantu menerjemahkan beberapa proyek open source ke dalam bahasa Indonesia.

Contohnya proyek Electorn, mereka membutuhkan terjemahan untuk website dokumentasinya.

Mengapa Saya Harus Berpartisipasi dalam Hacktoberfest?

Menerima kaos dan berbagai stiker limited edition itu sangat keren, akan tetapi ada alasan yang lebih penting untuk berpartisipasi dalam Hacktoberfest. Apakah kamu seorang pengelola atau peserta, kamu pasti akan belajar dan mendapat banyak manfaat dari Hacktoberfest.

Berkenalan dengan Hacktoberfest

A. Manfaat Sebagai Maintainer (Pengelola Repository)

Sebagai pengelola repositori, Hacktoberfest memungkinkan kamu untuk mengembangkan komunitas. Dengan berpartisipasi dalam Hacktoberfest, repositorimu akan menerima lebih banyak lalu lintas dari pengembang yang ingin berpartisipasi.

Jadi, bahkan ketika Hacktoberfest berakhir, jika pengembang ini menyukai pengalaman berkontribusi pada repositorimu, mereka akan kembali untuk membantu dengan lebih banyak masalah.

Mengelola proyek sumber terbuka bisa jadi sulit, terutama karena kamu mungkin kekurangan waktu untuk meningkatkan dan memperluas proyek sebagai pengelola. Jadi, Hacktoberfest adalah saat yang tepat untuk menerima bantuan tentang masalah yang telah tertunda untuk sementara waktu atau peningkatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proyekmu.

B. Manfaat Sebagai Participant (Peserta)

Terlepas dari apakah kamu seorang pemula atau tidak, selalu ada ruang untuk belajar dan memperluas pengetahuanmu. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berkontribusi pada proyek sumber terbuka.

Proyek sumber terbuka biasanya menyediakan alat, perpustakaan, atau jenis layanan sumber daya lainnya untuk komunitas secara gratis. Berkontribusi kepada mereka dan membantu mereka untuk terus berjalan sangat membantu bagi komunitas, dan pada akhirnya untuk dirimu sendiri.

Karena setiap proyek berbeda, masing-masing mungkin bergantung pada bahasa pemrograman, kerangka kerja, alat, atau jenis sumber daya lain yang mereka gunakan atau sediakan. Dengan berkontribusi kepada mereka, kamu akan meluangkan waktu untuk memeriksa cara kerjanya, apa yang mereka gunakan, dan sebagainya. Kamu juga meluangkan waktu untuk memecahkan masalah atau masalah dalam proyek atau membawa peningkatan baru ke meja.

Jadi, ketika kamu berkontribusi, kmau juga menghadapi tantangan baru untuk dipecahkan, yang merupakan cara yang bagus untuk mempelajari dan melatih keterampilanmu.

Jika kamu seorang pemula, dengan berpartisipasi dalam Hacktoberfest, kamu akhirnya dapat mengatasi rasa takut yang mungkin menghalangimu untuk berkontribusi pada proyek sumber terbuka. Melalui Hacktoberfest, penulis akhirnya memulai perjalanan penulis dalam berkontribusi pada proyek-proyek open source.

Cara Berpartisipasi dalam Hacktoberfest Sebagai Maintainer (Pengelola)

Sebagai pengelola, kamu perlu melakukan hal berikut untuk memastikan repositorimu berpartisipasi dalam Hacktoberfest:

1. Tambahkan label Hacktoberfest ke repositori.

2. Tambahkan label Hacktoberfest ke masalah sehingga peserta dapat mengetahui masalah mana yang dapat mereka tangani. Ini juga berguna jika kamu ingin menarik peserta ke masalah yang lebih sederhana yang dapat mereka mulai.

3. Tambahkan panduan kontribusi ke repositorimu di contributing.md. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa peserta tahu bagaimana berkontribusi pada source code milikmu. Ini menghemat waktumu dan mereka dan memastikan riwayat commit dan source code tetap bersih dan berdasarkan konvensi proyekmu.

Baca juga: Mengenal jurusan teknik informatika

Tahun ini, Hacktoberfest tidak hanya akan memberikan reward kepada peserta yang telah mengirimkan setidaknya 4 pull request, tetapi juga maintainer atau pengelola!

Cara Berpartisipasi dalam Hacktoberfest sebagai Peserta

Berpartisipasi dalam Hacktoberfest itu mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ambil untuk mulai berpartisipasi:

1. Temukan repositori yang telah “memilih” untuk Hacktoberfest. Ini berarti repositori yang memiliki label “hacktoberfest”.

2. Di repositori ini, lihat tab Masalah mereka. Kamu harus mencoba untuk secara khusus menemukan masalah dengan label hacktoberfest, karena pengelola akan memastikan untuk menggunakan label itu dengan masalah apa pun yang menurut mereka terbaik untuk peserta Hacktoberfest. Namun, kamu masih dapat memilih masalah apa pun yang menurutmu cocok dan dapat disumbangkan.

3. Sebelum mengerjakan masalah apa pun, pastikan untuk mengomentarinya dan kamu ditugaskan untuk masalah itu. Ini menghemat waktumu dan pengelola dan menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

4. Setelah kamu diberi masalah, pastikan untuk membaca pedoman kontribusi yang ditemukan di repositori mana pun di contributing.md. Panduan ini biasanya mencakup detail tentang basis kode, cara berkontribusi ke berbagai bagian proyek, apa yang harus atau tidak boleh kamu lakukan, dan banyak lagi.

5. Jika setelah panduan kontribusimu masih bingung tentang detail tertentu, kamu tidak perlu ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada pengelola repositori. Kamu dapat melakukannya dengan mengomentari masalah atau menggunakan ‘tab diskusi’ yang seharusnya menjadi bagian dari repositori.

6. Setelah semuanya jelas, lanjutkan dengan fork repository, buat new branch (cabang baru), lakukan tugas yang telah diberikan kepadmu, dan ketika kamu akhirnya selesai, kirimkan pull request dengan semua detail yang diperlukan berdasarkan repositori yang kamu sumbangkan.

7. Jika waktunya hampir habis, artinya pull request kamu telah dikirimkan pada akhir Oktober dan pengelola tidak dapat menggabungkannya dalam waktu dekat, minta pengelola agar mereka menambahkan label yang diterima hacktoberfest ke dalam pull request kamu. Dengan begitu, itu akan tetap diperhitungkan dalam partisipasi kamu.

Akhir Kata

Ada banyak sekali proyek open source yang mencari dukungan dan kontribusi kamu, apakah kamu tertarik untuk ikut gerakan ini di bulan Oktober yang akan datang? Jika kamu punya pengalaman atau kendala saat mengikuti event ini, silahkan komen di bawah ya!

www,helmykediricom

Related Post