Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Text Editor Laptop Terbaik Untuk Menulis Kode

Blog Orang IT - Text editor atau kode editor adalah sebuah software yang biasanya di gunakan oleh para developer dan programmer yang fungsinya adalah untuk menerjemahkan, membaca, serta mempermudah mereka untuk menulis sebuah program, istilah ini biasanya disebut dengan “ngoding”.

Text editor sangat penting bagi programmer untuk menyusun dan membuat sebuah aplikasi, selain itu text editor juga biasa digunakan oleh para web developer untuk membangun sebuah website.

Jika kamu pernah mendengar kata "Notepad" atau lebih lengkapnya "Notepad++" maka, itu adalah salah satu contoh kode editor yang tersedia di perangkat komputer yang ber-sistem operasi Windows.

Untungnya sekarang tersedia beragam text editor yang lisensi nya free alias gratis, yang bisa kamu gunakan secara bebas. Juga biasanya hampir semua text editor yang tersedia di internet saat ini dapat di unduh di sistem operasi manapun, baik di windows maupun di linux. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas 7 text editor terbaik yang penulis rekomendasikan untuk kamu para web developer!

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code

Text editor yang akan penulis rekomendasikan pertama kali adalah Visual Studio Code atau biasa dikenal juga dengan VSCode, yaitu merupakan text editor yang dibuat oleh Microsoft dan berlisensi gratis, elegan, serta powerfull.

Selain itu, ada banyak sekali fitur tambahan dengan menginstall beberapa plugin pendukung yang dapat membuatmu nyaman untuk menggunakannya. Untuk melakukan pemantauan antara satu fitur dengan fitur lainnya, kamu bisa memanfaatkan keyboard shortcut yang sudah tersedia lengkap di Visual Studio Code.

Di VSCode Editor juga terdapat fitur integrasi dengan Git, serta hadir pula fitur debugging yang dapat membantu kamu untuk memeriksa jika ada kesalahan pada baris kode. Sangat cocok sekali untuk kamu yang bergelut di dunia programming.

Meskipun pada awalnya VSCode lebih mendukung ke penggunaan bahasa pemrograman C#, namun kini Visual Code Studio juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya, seperti JavaScript dan PHP untuk bidang web development.

Silahkan kunjungi situs resmi dari Visual Studio Code di visualstudio.microsoft.com, tersedia versi gratis maupun berbayar, mendukung installasi di Windows, Linux maupun Mac OS.

2. Atom

Selanjutnya ada text editor bernama Atom. Atom disini bukanlah jenis bom, melainkan sebuah text editor ‘open source’ yang artinya juga bebas digunakan untuk umum, sama seperti Visual Studio Code yang telah kita bahas sebelumnya.

Atom

Atom Editor ini merupakan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web. Sama halnya seperti aplikasi desktop yang lain, text editor ini mempunyai menu dan dialog asli serta akses penuh ke sistem file, akan tetapi Atom Code Editor cukup banyak memakai ruang penyimpanan sehingga kurang cocok untuk device dengan spesifikasi yang tergolong rendah.

Ada banyak sekali fitur-fitur yang hadir di text ditor Atom ini, misalnya saja seperti web based, fuzzy finder, fast project-wide, file system browser, TextMate grammars, integrasi dengan Node JS, dan masih banyak keunggulan lain dari text editor ini jika kita bandingkan dengan beberapa text editor lain.

Apakah kamu berminat untuk menggunakan Atom sebagai text editor utamamu? Kamu dapat mengunduhnya situs resmi Atom di atom.io.

3. Sublime Text

Atom

Text Editor yang penulis rekomendasikan selanjutnya bernama Sublime Text, yang mana merupakan salah satu text editor multi-platform.

Salah satu keunggulan dari text editor Sublime Text ini yaitu tampilannya yang terkesan simple, dinamis, dan tentunya ringan alias tidak banyak memakan ruang penyimpanan sehingga text editor ini dapat berjalan lancar di perangkat dengan spesifikasi yang tergolong rendah sekalipun.

Sublime Text dapat kamu gunakan secara gratis akan tetapi dengan batasan waktu. Di sisi lain, Sublime Text juga menyediakan versi berbayarnya alias versi premium yang dapat kamu gunakan setelah melakukan pembayaran. Untuk mendapatkan versi lisensi penuh dari Sublime Text ini, kamu setidaknya harus mengeluarkan biaya kurang lebih sebesar 70 US Dollar.

Kamu dapat mengunjungi laman resmi website Sublime Text di sublimetext.com untuk mendapatkan file instalasinya.

4. Vim

Vim

Text editor berikutnya yang penulis rekomendasikan adalah Vim, ini salah satu editor yang sangat stabil dan hingga saat ini terus mengalami perkembangan demi memiliki performa yang baik dan kesan yang baik pula di kalangan penggunanya.

Text editor Vim dapat dikatakan sebagai salah satu text editor yang cukup lawas. Software ini di perkenalkan pada tahun 1991 dan menjadi salah satu text editor terbaik sampai saat ini.

Tampilan Vim yang menggunakan CLI (Command Line Interface) memang cukup memusingkan dan kurang ramah terhadap pengguna barunya. Namun jika kita bandingkan text editor satu ini dari segi kecepatan, jelas Vim tidak diragukan lagi.

Vim adalah salah satu text editor terbaik yang sangat ringan dan tentunya cepat. Jika kamu tertarik untuk mencoba Vim sebagai text editormu, kamu bisa mengunduh Vim melalui situs resminya di halaman vim.org/download.php.

Baca juga: Keuntungan menjadi programmer android

5. Notepad++

Notepad++

Text Editor yang terakhir kami rekomendasikan untuk web developer adalah Notepad++. Text editor ini merupakan bawaan dari OS Windows  yang sering kali digunakan untuk membuat file txt atau hanya untuk sekedar menulis catatan kecil.

Ada beragam fitur yang dihadirkan oleh text editor bernama Notepad++ ini, antara lain syntax highlighting, fitur auto-save, line book marking, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan berbagai plugin untuk menambah fungsionalitas pada editor ini.

Juga terdapat tampilan susunan file yang sedang kamu buka, sehingga mempermudah kamu dengan memberikan informasi posisi file di dalam folder kerja. Adapun fitur lain yang cukup bermanfaat ketika membuat program antara lain adalah text-shortening, shortcut customization, auto-completion, macro recording, dan masih banyak lagi.

Jika kamu membutuhkan text editor yang ringan, simpel dan juga mudah untuk digunakan, maka Notepad++ merupakan pilihan tepat. Notepad++ juga dapat kamu gunakan secara gratis tanpa biaya sepeser pun, mantap sekali bukan?

Jika kamu tertarik untuk mengunduh Notepad++, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di halaman notepad-plus-plus.org.

6. PHP Storm

PHP Storm

Text editor yang penulis rekomendasikan berikutnya adalah PHP Storm, ini merupakah Text Editor yang dikhususkan untuk bahasa pemrograman PHP dalam bidang web development, PHP Storm merupakan PHP IDE (integrated development environment) buatan perusahaan JetBrain.

PHP Storm editor ini telah banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia lho! Kita sebut saja seperti Salesforce dan Yahoo. PHP Storm juga menyediakan fitur pengeditan untuk beberapa bahasa pemrograman yang popular, misalnya seperti HTML, JavaScript dan juga PHP dengan analisis kode on-the-fly, pencegahan kesalahan dan refactoring otomatis untuk kode JavaScript dan PHP.

Software text editor untuk PHP ini bisa menjadi pilihan yang bagus untukmu. Terutama jika kamu memerlukan sebuah PHP editor yang mendukung berbagai framework PHP seperti Laravel, Symfony, CodeIgniter, Yii, CakePHP dan framework PHP lainnya.

PHP Storm direkomendasikan untuk kamu yang berfokus atau berprofesi sebagai PHP Developer, kamu dapat mengunjungi situs resmi PHP Storm di jetbrains.com/phpstorm.

7. Brackets

Brackets

Kemudian ada Text Editor Brackets, merupakan text editor yang di desain khusus untuk Web Designer atau web desain, Salah satu keunggulan dari Brackets adalah tampilannya yang bersih dan modern.

Software ini mempunyai beberapa fitur menarik yaitu seperti highlighting, berbagai macam shortcut, dan mode no-distraction. Tersedia juga fitur split screen untuk mengedit beberapa dokumen sekaligus dalam satu waktu.

Fitur menarik lainnya yang ditawarkan Brackets yaitu Live Preview, Kamu dapat melihat secara langsung hasil CSS/HTML terbaru menggunakan web browser default. Area ‘working file’ dapat membuka semua file di dalam satu single project.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan Brackets? Silahkan kunjungi brackets.io lalu pilih file instalasi yang akan diunduh sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Akhir Kata

Nah itulah tadi informasi mengenai 7 Text Editor Terbaik Untuk Web Developer, kamu bisa mencoba mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

www,helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk " 7 Text Editor Laptop Terbaik Untuk Menulis Kode"