Wajib Tahu Apa Saja Komponen Komputer

by

helmy

Blog Orang IT – Komputer merupakan salah satu dari barang elektronik yang memiliki peran sangat penting di kondisi saat ini. Komputer sendiri sangat membantu pekerjaan sehari-hari Anda dan sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar saat ini untuk belajar, mengerjakan tugas, serta bekerja. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, terdapat komponen komputer yang harus Anda ketahui supaya bisa lebih tahu terkait dengan perangkat teknologi yang satu ini.

Apa Itu Komputer

Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk memprogram atau menerima data mentah sebagai input dan memprosesnya dengan sekumpulan program atau instruksi supaya dapat menghasilkan sebuah output.

Fungsi Umum Sebuah Komputer

Komputer mempunyai beberapa fungsi penting seperti di bawah ini.

1. Data Output

Data yang sudah selesai diproses di dalam komputer, maka hasilnya akan tersedia dan dapat digunakan oleh pengguna untuk beberapa tujuan. Contoh dari data output adalah hard copy ke media kertas, suara audio, tampilan layar monitor dan lain sebagainya.

2. Data Storage

Data storage berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai informasi. Penyimpanan tersebut berbeda-beda. Fungsi dari salah satu komponen komputer ini adalah memudahkan pengguna untuk menyimpan dan menemukan data yang dicari atau akan digunakan lagi nantinya. Data tersebut bisa disimpan di dalam memori eksternal maupun internal dari komputer. 

hdd

HDD atau Hard Disk Drive serta SSD atau Solid State Disk merupakan contoh penyimpanan internal dari perangkat komputer dan berfungsi untuk melindungi dan merupakan rumah bagi semua data digital berupa informasi yang terdapat di dalam komputer.

3. Data Processing

Berbagai macam bentuk dari informasi dan data adalah hasil dari pemrosesan komputer. Data tersebutlah yang nantinya diproses dan menghasilkan sebuah output berupa informasi.

Pengolahan dari informasi atau data adalah salah satu fungsi langsung dari komputer. Otak dari komputer sendiri bernama CPU di mana semua data diproses. CPU sendiri merupakan sebuah chip yang umumnya mempunyai ukuran setengah inci dan berada di dalam soket dari motherboard komputer.

4. Data Input

Fungsi ini digunakan untuk menerima informasi atau data dari sumber luar. Data yang telah diterima melalui aktivitas di mouse, keyboard, maupun dari perangkat yang lain.

Komponen-komponen Komputer

Komponen dari komputer terdiri dari perangkat keras atau hardware dan juga perangkat lunak atau software. Berikut ini beberapa hardware komputer yang dapat Anda ketahui.

1. CPU

CPU sendiri mempunyai peranan penting di dalam sistem kerja sebuah komputer. Hal itu dikarenakan CPU menjadi otak yang berfungsi untuk menjalankan dan menafsirkan perintah yang telah diberikan oleh pengguna ataupun orang-orang yang sedang menjalankan atau mengoperasikan komputer.

cpu

Sistem kerja dari CPU sendiri telah didukung oleh beberapa bagian komputer yang lain, salah satunya adalah software atau perangkat lunak yang merupakan sebuah aplikasi untuk digunakan menjalankan pekerjaan tertentu.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika menjalankan fungsinya, CPU telah tersusun dari chip komputer yang terpasang transistor kecil di dalamnya sebanyak miliaran. Semua hardware lain yang merupakan komponen komputer harus sudah terhubung dengan CPU. Apabila tidak terhubung, maka hardware lain tidak akan bisa berfungsi karena tidak ada otak (CPU) yang memberikan perintah untuk mengerjakan sebuah pekerjaan.

2. Monitor

Hardware komputer adalah perangkat keras di mana bentuk fisiknya dapat dilihat secara langsung dengan jelas. Hardware komputer selanjutnya yang sangat berperan adalah monitor. Monitor sendiri merupakan perangkat keras utama yang wajib terdapat di dalam susunan perangkat komputer. Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil atau output, grafik, dan video lain yang telah diproses oleh perintah dari CPU. 

monitor

Desktop yang telah ditampilkan pada layar monitor telah terhubung secara langsung melalui kabel yang telah dipasang di dalam kartu video komputer yang terletak di dalam sistem komputer motherboard.

Monitor komputer sendiri terdapat dua jenis, yaitu LCD dan juga CRT. LCD adalah jenis monitor terbaru dengan model lebih ringan, tipis, serta mudah untuk digunakan. Sedangkan CRT merupakan jenis monitor biasa dan umumnya dapat Anda jumpai pada komputer versi lama.

Sementara pada tablet atau laptop tidak mempunyai perangkat monitor yang terpisah. Artinya adalah menjadi satu atau bergabung sehingga desainnya terlihat lebih sederhana dan sepaket dibandingkan dengan komputer.

3. Mouse

mouse

Perangkat keras komputer lainnya adalah mouse yang merupakan perangkat input untuk operator tangan sehingga dapat digunakan untuk menggerakkan kursor di layar. Mouse ini sendiri dapat Anda jumpai dalam bentuk menggunakan kabel dan tidak terdapat kabel.

Mouse sendiri juga harus terhubung dengan CPU supaya dapat menjalankan fungsi atau tugasnya dengan benar. Di dalam bagian mouse terdapat bola laser yang berfungsi untuk menggulir ke atas dan juga ke bawah.

4. Keyboard

Selanjutnya komponen fisik yang membentuk sistem komputer adalah keyboard. Keyboard ini sendiri berupa papan yang terdiri dari tombol simbol, huruf, dan beberapa fungsi perintah lainnya agar dapat digunakan untuk memberikan masukan pada komputer.

Fungsi umum dari keyboard adalah untuk menuliskan atau mengetik teks dan juga berbagai bentuk data yang sedang Anda kerjakan. Seperti mouse, keyboard sendiri dapat Anda temui yang berbentuk kabel maupun tidak tanpa kabel.

Baca juga: Resiko tidak menginstall antivirus

5. RAM

Komponen komputer yang lainnya adalah RAM atau kependekan dari Random Access Memory. RAM ini sendiri merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi untuk menyimpan sebuah informasi dan selanjutnya akan memproses informasi yang telah diperoleh 

ram

Kecepatan dari pemrosesan yang dilakukan jauh lebih cepat apabila dibandingkan dengan hardisk. Namun, apabila sistem komputer tiba-tiba mati, maka data yang telah terekam di dalam RAM akan otomatis terhapus.

Terdapat dua jenis RAM yang umum digunakan, yaitu Dynamic Random Access Memory (DRAM) dan juga Static Random Access Memory (SRAM). DRAM umumnya digunakan pada komputer yang diciptakan saat ini (modern), sedangkan SRAM umumnya digunakan di dalam memori cache CPU.

6. Printer

Perangkat keras yang satu ini berguna untuk mencetak suatu dokumen agar dapat dilihat secara fisik. Umumnya dokumen ini tercetak dalam bentuk kertas sehingga data suatu pekerjaan yang telah dikerjakan dapat dibaca serta dilihat secara nyata. Printer sendiri terdapat beragam jenisnya dan dibedakan berdasarkan kecepatan pemrosesannya, ukuran, hingga faktor yang lainnya.

7. Hardisk

Hardisk berfungsi sebagai penyimpan data secara permanen. Hardisk sendiri merupakan sebuah komponen komputer yang umumnya perlu untuk diinstal terlebih dahulu di CPU ataupun digunakan sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa dipasang dan dilepas sesuka hati.

Itulah beberapa fungsi serta komponen komputer yang harus Anda ketahui supaya dapat merakit komputer sendiri di rumah. Dengan mengetahui dasar-dasarnya, maka anda tau mana yang menjadi prioritas saat menyicil pembelian komponen komputer

www.helmykediricom,,

Related Post