Virtual Reality merupakan bagian dari Kecerdasan Buatan

by

helmy

Blog Orang IT – Pastinya ada banyak sekali informasi mengenai virtual reality sebagai salah satu teknologi yang banyak dibicarakan saat ini. Virtual reality merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang diproduksi dengan tujuan mempermudah aktivitas manusia. 

Virtual Reality Merupakan Bagian Dari Kecerdasan Buatan

Bahkan saat ini penggunaan teknologi virtual reality sudah mulai diterapkan tidak hanya pada perusahaan besar tetapi juga pada perangkat teknologi yang biasanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti smartphone. Sebenarnya konsep kecerdasan buatan sudah digagas sejak tahun tahun 1940-an dan terus dikembangkan seiring perkembangan teknologi 

Salah satu bentuk pengaplikasian yang banyak sekali digunakan saat ini adalah virtual reality.. 

Virtual reality dapat kita jumpai pada proses belajar maupun bermain games. Jika dulu ketika ingin bermain games kita memanfaatkan layar televisi untuk menampilkan karakter dan latar permainan tetapi saat ini jauh lebih asyik jika bermain menggunakan virtual reality.  

Apa Itu Virtual Reality?

Pastinya banyak dari Anda bertanya apa itu virtual reality? 

Virtual reality merupakan salah satu teknologi yang menyebabkan penggunanya bisa berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam dunia maya. 

Hal ini dikarenakan adanya simulasi komputer sehingga pengguna seperti berada di dalam lingkungan grafis yang biasa mereka lihat pada layar monitor.. Tujuan dari penciptaan program ini awalnya adalah memberikan simulasi kasar mengenai tampilan kota Aspen yang ada di Colorado yang diciptakan oleh perusahaan MIT pada tahun 1977. 

Jadi. dengan adanya teknologi virtual reality maka pengguna bisa mengembara dalam salah satu tiga musim yang disediakan yaitu musim panas, musim dingin, dan poligon. Hingga pada akhirnya teknologi ini terus bertransformasi di mana mulai dilengkapi dengan multisensoris stimulasi sehingga para pengguna bisa melihat sambil berjalan bahkan mendengar suara

Bahkan teknologi ini juga membantu pengguna merasakan getaran saat berada didunia virtual. Apalagi sekarang penggunaan VR juga dipatok dengan harga ekonomis dengan kualitas tinggi sehingga Anda bisa merasakan hal yang berbau virtual tersebut secara nyata.

Sistem Kerja Virtual Reality

Tentunya kacamata virtual reality ini memiliki sistem kerja di mana pengguna bisa melihat dunia semu yang sebenarnya berasal dari gambaran grafis hasil rekayasa komputer. Nantinya untuk bisa melihat gambaran tersebut pengguna akan memakai kacamata khusus agar bisa berinteraksi langsung dengan dunia semu tersebut. 

Bahkan nantinya pengguna akan mendapat umpan balik sehingga terasa nyata baik secara fisik maupun fiksi. Yang bisa melihat tampilan tersebut hanya Anda saja sementara orang lain yang tidak memakai kacamata khusus ini tidak bisa melihatnya.

Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Virtual Reality

Tentunya terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh virtual reality ini di mana selain mempermudah pekerjaan juga membantu dalam proses pelatihan, salah satunya menerbangkan pesawat tanpa menggunakan pesawat asli melainkan berupa simulator saja. 

Bahkan teknologi ini juga digunakan dalam game yang menjadi salah satu media melepas stress bagi kebanyakan orang. Menggunakan teknologi ini akan terasa nyata sebab pemain merasa terjun langsung di dalam game dan berinteraksi secara virtual.  Jadi dengan adanya teknologi ini Anda bisa berkunjung ke suatu tempat yang tidak mampu Anda datangi. Bahkan tempat-tempat yang tidak mungkin Anda datangi seperti dunia fantasi

Baca juga: Menampilkan layar hp ke monitor

Manfaat Teknologi Virtual Reality

Informasi mengenai virtual reality pastinya wajib Anda ketahui terutama manfaat dari kemajuan teknologi ini. Karena teknologi ini tidak dikembangkan secara masif, berikut beberapa manfaat yang dirasakan yaitu:

1. Mempermudah kegiatan pelatihan

Seperti kita ketahui bahwa dalam teknologi virtual reality ini bisa membantu seseorang seperti berada di dalam dunia yang berbeda, jadi tidak heran jika teknologi ini juga digunakan pada berbagai pelatihan salah satunya seperti praktek dokter, mengendari mobil maupun menerbangkan pesawat. 

Jadi dengan adanya teknologi ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membayar biaya pelatihan dan tentunya lebih meminimalisir resiko kecelakaan. Anda meningkatkan skill dasar dan pengetahuan tanpa harus melakukannya secara nyata tetapi benar-benar efektif. Jadi tidak heran jika banyak perusahaan menggunakan teknologi ini karena terbukti mengurangi pengeluaran anggaran

2. Dapat melakukan rapat jarak jauh

Seperti kita ketahui bahwa semua orang yang bekerja pasti melakukan rapat untuk mendiskusikan teknis pelaksaan pekerjaan. Namun dengan adanya teknologi ini maka pengguna bisa melakukan rapat tanpa harus berkumpul di sebuah tempat. Jadi nantinya seluruh anggota rapat harus menggunakan headset virtual reality dan menghubungkannya ke sebuah aplikasi. 

Apabila sudah terhubung maka anggota rapat akan merasa seperti berada di dalam sebuah ruangan, bahkan nantinya Avatar pada setiap anggota rapat juga memperlihatkan emosi dan raut wajah sehingga terasa seperti melakukannya secara langsung. Hal ini pastinya akan sangat mempermudah Anda di mana bisa melakukan rapat walaupun jaraknya berjauhan.

3. Dapat menghemat budget

Alasan utama mengapa sudah banyak perusahaan dari berbagai macam industri menggunakan teknologi ini karena terbukti bisa menghemat biaya operasional. Apalagi dalam sebuah perusahaan mereka ingin meminimalisir pengeluaran dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Bahkan teknologi ini terbukti bisa mempermudah manusia dalam kegiatan sehari-hari.

Contoh Virtual Reality

Terdapat beberapa contoh perangkat yang menggunakan sistem virtual reality diantaranya;

1.Cardboard

Untuk aplikasi yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena diproduksi oleh Google. Dengan adanya aplikasi ini maka Anda bisa menikmati langsung pengalaman mengenai dunia VR hanya bermodalkan aplikasi yang bisa terhubung langsung ke smartphone. Bahkan dengan adanya aplikasi ini dan bantuan dari Google earth maka Anda bisa mengunjungi sebuah tempat.  Jadi Anda bisa berkeliling dunia walaupun sebenarnya berada di rumah.

2.Vrse

Vrse

Merupakan salah satu produk VR yang bisa memberikan pengalaman menarik karena Anda dapat melihat video hingga mencapai sudut 360 derajat. Bahkan dengan adanya aplikasi ini akan membantu Anda untuk datang ke berbagai tempat menarik di New York hingga menikmati keindahan pantai dan suara musik.

3. Cardboard camera

Untuk aplikasi yang satu ini memiliki keunggulan yang tidak bisa ditemukan pada aplikasi virtual reality lainnya. Karena dengan aplikasi ini Anda dapat mengambil gambar dengan sudut 360 derajat sehingga gambar tersebut bisa dilihat dari berbagai macam sudut pandang. 

Bahkan ketika Anda mencoba liburan memakai produk ini bisa membantu untuk melihat panorama yang indah. Anda bisa merekam suara sekalian bernostalgia untuk mengenang pengalaman dimasa lalu. Jadi teknologi ini bisa membantu anda liburan tanpa mengeluarkan biaya pesawat dan penginapan.

Tidak heran dengan mengetahui informasi mengenai virtual reality ini diharapkan Anda mulai beradaptasi dengan teknologi yang memudahkan kehidupan, jadilah pelopor terdepan dalam memanfaatkan teknologi virtual reality di lingkungan kerja anda.

www,helmykediricom..

Related Post