Peran teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari

by

helmy

Peralatan teknologi saat ini akan semakin canggih, tentunya hal ini tak lepas dari pengembangan teknologi yang dilakukan oleh manusia. Singkatnya, dengan adanya teknologi ini, maka semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan, bisnis atau bahkan pendidikan dapat dilakukan secara efisien

Blog Orang IT – Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang membantu kita untuk mengolah data. Beberapa manfaat komputer diantaranya menyimpan, mengolah dan menghasilkan data baru untuk keperluan penelitian. Beberapa orang menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game atau mencari informasi dari berbagai situs salah satunya www.helmykediri.com. Dengan adanya perangkat komputer, juga dapat memudahkan kita membuat spreadsheet penyajian data, presentasi rapat atau bahkan menyelenggarakan konferensi video.

Peran teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari

Komputer generasi keempat

Tentunya, perkembangan komputer dari generasi ke generasi menghadirkan banyak perubahan. Hal itu dikarenakan ahli komputer terus menginovasi teknologi sehingga melahirkan berbagai spesifikasi baru. Pada komputer generasi keempat ini lebih dominan menggunakan chip sebagai komponen utama. 

Tentunya kapasitas penyimpanan yang ditanam pada teknologi ini akan meningkat menjadi ribuan kali. Dan perkembangan komputer pada generasi keempat juga sudah dilengkapi dengan beberapa komponen eksternal yaitu mouse, keyboard, monitor dan komponen pendukung lainnya. Salah satu contohnya adalah Apple I. Komputer ini dikembangkan oleh Steve Wozniak  bersama dengan Steve Jobs dengan memasukkan sebuah microprocessor di dalam circuit board perangkat komputer.

Jenis-jenis komputer

Kebanyakan orang jika mendengar kata komputer pasti terpikirkan tentang komputer pribadi seperti desktop atau laptop, padahal seperti yang kita tahu bahwa komputer dapat berwujud dalam berbagai bentuk dan ukuran serta mampu mengerjakan berbagai tugas yang membantu kehidupan manusia. Tanpa kita sadari saat kita mengambil uang di ATM, memindai barcode barang pada mesin kasir atau mengoperasikan aplikasi juga merupakan salah satu aktivitas yang menggunakan komputer  

1. Komputer desktop

Kebanyakan orang menggunakan komputer desktop di rumah, kantor atau sekolah. Karena komputer ini dirancang untuk ditempatkan diatas meja. Komputer desktop terdiri dari beberapa komponen penting, seperti CPU, Stabilizer, Layar dekstop, sound eksternal

2. Komputer laptop 

Untuk komputer laptop memang sudah tidak asing lagi dan pada umumnya disebut dengan laptop. Perbedaan yang sangat menonjol antara komputer desktop dan laptop adalah penggunaan sumber daya listrik dimana versi komputer dekstop mengandalkan stop kontak langsung sementara laptop memiliki sumber dayanya sendiri yang berasal dari baterai. 

Laptop juga bersifat portabel sehingga dapat dibawa kemana saja tanpa harus tergantung pada stop kontak

3. Komputer tablet

Jenis komputer ini sangat berbeda dengan kedua komputer yang telah dibahas sebelumnya. Karena komputer tablet merupakan salah satu komputer genggam atau biasa disebut dengan tablet. Memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana saja, dilengkapi fitur layar sentuh jika ingin mengoperasikannya, kamu tidak memerlukan mouse atau keyboard manual. Cukup dengan menyentuh untuk memilih menu dan mengetik paragraf.

4. Komputer server

Pada komputer jenis ini kamu dapat mengolah berbagai macam permintaan informasi pada komputer lainnya yang terhubung dengan suatu jaringan komputer yang sama. Sebagai salah satu contoh, jika kamu menggunakan server internet maka kamu dapat melihat atau mengakses berbagai informasi dari berbagai perangkat komputer yang terhubung ke server. 

Selain komputer server dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari, kamu juga bisa menggunakan beberapa resource data dari beberapa komputer secara bersamaan melalui remote server

Baca juga: Menghapus layanan yang terhubung ke komputer kita

Perbedaan PC Gaming dan PC biasa

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali kegunaan komputer. Sebagian besar digunakan untuk bekerja, mengerjakan tugas sekolah atau bermain games. Tentunya, spesifikasi komputer pada umumnya sangat berbeda dengan PC gaming yang digunakan oleh para gamers. Apa sih yang membedakan antara keduanya?  

Perbedaan yang paling mencolok tentang komputer biasa dan komputer gaming terletak pada spesifikasi komponen yang sudah di rakit sedemikian rupa. Misalnya, jika kamu membutuhkan komputer yang digunakan untuk pekerjaan kantoran, maka yang dibutuhkan biasanya program Microsoft Office untuk membuat laporan. Kamu pasti sering sekali menggunakan Microsoft Office yang tidak membutuhkan grafik tinggi 

Sedangkan untuk komputer gaming akan dilengkapi dengan berbagai komponen yang lebih tinggi dari spesifikasi komputer pada umumnya. Salah satu yang membedakan komputer biasa dan komputer gaming terletak pada Graphicscard. Apa itu graphics card? 

Graphics card sendiri mempunyai fungsi sebagai penerjemah atau mengubah sinyal digital dari komputer ke tampilan grafis pada layar monitor.  

Peran komputer di berbagai bidang

Peran komputer bagi kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Bahkan, bisa dibilang sudah mendarah daging dalam kehidupan manusia.  Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya komputer, diantaranya:

1. Sebagai alat komunikasi. 

Dengan menggunakan perangkat komputer maka kamu dapat menjalin komunikasi meskipun dengan jarak yang sangat jauh. Karena perangkat ini menyediakan fasilitas aplikasi berupa skype, email atau whatsapp yang dapat melakukan konferensi video secara virtual.

2. Sebagai sumber informasi. 

Salah satu kelebihan komputer yaitu sebagai sumber informasi yang lebih lengkap daripada perpustakaan. Jika komputer milikmu tersambung dengan internet, kamu bisa mengakses berbagai informasi seperti hiburan, berita terkini, konten rohani atau yang lainnya.

3. Sebagai sarana dalam dunia kerja. 

Dalam upaya pemanfaatan teknologi untuk menunjang efisiensi kerja, kamu memerlukan komputer untuk membantu mengolah data atau sekedar membuat presentasi pekerjaan. Menggunakan komputer juga membantu menyelesaikan pekerjaanmu dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan komputer untuk saling bertukar dokumen atau file yang diperlukan.

4. Sebagai sarana dalam pendidikan. 

Saat ini kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring membutuhkan perangkat komputer sebagai media komunikasi tatap muka virtual yang sangat diperlukan. Karena apabila pembelajaran jarak jauh tidak menggunakan teknologi komputer maka siswa akan ketinggalan banyak materi disekolahnya

5. Sebagai salah satu media untuk berbisnis. 

Dalam dunia bisnis, komputer sangat diperlukan untuk menunjang kemajuan bisnis. Seperti dalam bidang developer, programmer hingga marketer yang menggunakan komputer dalam membantu pemasaran bisnisnya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan membuka toko online pada platform marketplace yang kamu inginkan. 

Pada intinya, ada banyak sekali manfaat komputer di berbagai bidang. Kamu bahkan bisa menyesuaikan spesifikasi komputer yang kamu inginkan sesuai kebutuhanmu.  

www,helmykediricom

Related Post