Kelebihan dan Kekurangan Augmented Reality

by

helmy

Blog Orang IT – Kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan augmented reality, sebagai salah satu teknologi yang belakangan ini sangat gencar dikembangkan. Augmented reality (selanjutnya kita sebut AR) merupakan teknologi yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan objek tidak nyata (maya) ke dunia nyata. Teknologi ini mengalami banyak perkembangan karena pemanfaatannya yang memang cukup beragam.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi AR ini. Sebut saja, kita bisa membuat simulasi tertentu pada objek secara langsung, tanpa harus melakukan banyak perubahan. Dunia nyata seolah-olah memiliki objek-objek buatan yang dengan mudah bisa letakkan. Ini tentu saja menarik, karena realitas yang ada terasa semakin majemuk dan juga kita bisa melakukan hal-hal yang sifatnya simulasi.

Perbedaan Augmented Reality dengan Virtual Reality

Beberapa dari kita mungkin masih bingung dengan apa perbedaan teknologi AR dan virtual reality (VR). Secara sederhana, kita bisa mendefinisikan VR sebagai teknologi dimana lingkungan sekitar akan benar-benar diubah secara virtual. Biasanya ini menggunakan alat tambahan seperti misalnya kacamata VR. Teknologi VR juga menghalangi akses kita ke dunia nyata karena kita akan disuguhkan dengan pemandangan buatan yang hanya bisa dinikmati melalui layar saja dan ruang yang terbatas.

Berbeda dengan VR, teknologi AR memberikan kesempatan untuk menggabungkan objek virtual langsung ke dalam tampilan dunia nyata. Ini tentu lebih seru karena sering kali kita ingin melihat langsung bagaimana penampakan objek tersebut di dunia nyata. Teknologi AR dikembangkan dengan sangat pesat saat ini. Kita bisa melihat berbagai macam simulasi menggunakan teknologi AR ini yang tentu saja sangat mengasyikkan dan juga seru.

Penerapan Teknologi AR Saat Ini

Pada awal perkembangannya, teknologi AR masih sangat sederhana. Kita mungkin bisa takjub dengan bagaimana objek virtual 3D bisa digabungkan langsung melalui kamera. Sebut saja, beberapa game juga mengadopsi teknologi AR ini seperti misalnya Pokemon Go! Game ini bisa membuat kita melihat ke sekeliling dan menangkap ‘pokemon’ secara langsung. Ini adalah contoh paling mudah dari penerapan teknologi AR.

Penerapan Teknologi AR

Penerapan lain yang juga mulai dikembangkan adalah mengenai simulasi langsung pada arsitekural bangunan ataupun dekorasi ruangan. Beberapa layanan jual beli online juga sering memanfaatkan teknologi untuk memberikan kesempatan pada calon pembeli untuk melihat langsung bagaimana tampilan virtual dari produk mereka jika digunakan nanti. 

augment reality clothes shop

Tentu saja, ini akan semakin memperbesar daya tarik dan minat dari pembeli saat mereka benar-benar melihat wujud benda secara virtual yang bisa ditaruh langsung di lingkungan asli mereka. Ini merupakan contoh augmented reality yang mulai berkembang saat ini. Tapi, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan augmented reality itu sendiri?

Kelebihan Teknologi AR

Melihat begitu berkembangnya teknologi ini, maka tak heran jika kemudian teknologi AR memiliki banyak sekali kelebihan. Berikut adalah beberapa uraian ringkas mengenai kelebihan dari teknologi AR:

1. Interaktif dan Lebih Menarik

Teknologi AR memiliki daya tarik yang lebih dibandingkan dengan teknologi tampilan visual 2D atau 3D yang biasa. Seseorang bisa menikmati teknologi ini dengan lebih interaktif karena bisa ‘menyentuh’ objek virtual secara langsung. Lingkungan nyata yang ada di sekitaran memberikan kesempatan untuk melihat lebih jelas bagaimana gambaran jika objek virtual tersebut hadir secara nyata.

2. Pengoperasian yang Relatif Mudah

Percaya atau tidak, teknologi AR sekarang bahkan bisa diakses melalui ponsel pintar Anda. Tentu ini merupakan salah satu kelebihan dari teknologi AR. Modal yang diperlukan memang kamera dan juga ponsel yang mampu memproses AR dengan cukup mumpuni. Biasanya teknologi AR ini juga terhubung secara daring sehingga dengan mudah bisa diakses. Pilihannya pun banyak dan bervariasi. Kita bisa langsung mencobanya dengan mendownload aplikasi AR yang ada di Play Store atau App Store.

3. Simulasi Produk secara Langsung

Teknologi AR memberikan kesempatan untuk melakukan simulasi secara langsung. Sebagai contoh, jika Anda berniat untuk membeli produk make up, cukup arahkan saja ponsel ke wajah Anda dan Anda bisa mulai melakukan simulasi terhadap produk make up tersebut. Ini akan memberikan simulasi yang tentu saja bisa dilihat secara langsung. Cukup menarik, bukan?

Kelemahan Teknologi AR

Walaupun terlihat unik dan cukup menarik, ada beberapa kelemahan dari teknologi AR yang mungkin saat ini masih terus dilakukan penyempurnaan. Beberapa kelemahan tersebut antara lain:

Baca juga: Apa itu securities crwofunding?

1. Terlihat Palsu

Melihat objek buatan di dalam dunia nyata secara langsung memang menarik. Namun saat ini teknologi AR memang belum terlalu smooth dalam membuat objek tersebut supaya benar-benar terlihat nyata. Gambar 3D kadang masih terlihat terlalu kartun. Oleh karenanya, tahap penyempurnaan tersebut masih terus dilakukan perkembangan. Ini juga yang menjadi alasan VR seringkali dianggap lebih mampu menciptakan kesan yang realistik. Hal ini karena memang dunia dari VR itu yang semuanya dibuat ‘buatan’ daripada AR yang berusaha menghapus batas tersebut.

2. Lambat Berkembang

Meski bisa dibilang AR sudah mulai bisa diakses melalui ponsel, namun sebenarnya ada perangkat khusus yang bisa dikembangkan. Tampilan hologram juga sebenarnya menjadi salah satu daya tarik yang membuat realitas dari AR semakin nyata. Namun demikian, pengembangan perangkat tersebut tentu saja tidak mudah. Mahalnya perangkat tersebut membuat pengembangan dari AR relatif lebih lambat.

3. Kurang Mencakup Semua Hal

Hampir mirip dengan masalah objek yang terlihat terlalu palsu, teknologi AR juga kurang bisa mencakup semua hal. Sebagai contoh, desain lingkungan mungkin hanya bisa menampilkan beberapa objek saja dan tidak menyeluruh. Tentu saja ini berbeda dengan VR yang dianggap bisa mencakup lebih banyak hal.

Penerapan Teknologi AR

Teknologi AR memiliki penerapan dan potensi yang sangat besar. Salah satu manfaat augmented reality yang bisa kita rasakan saat ini misalnya beberapa produk yang bisa dilihat secara virtual. Kita juga mungkin sering menggunakan fitur filter dari beberapa perangkat lunak untuk bersenang-senang. Itu adalah beberapa manfaat sederhana dari teknologi AR yang bisa mulai kita nikmati secara perlahan-lahan.

Ke depannya, teknologi ini juga akan semakin berkembang. Misalnya, dalam industri perfilman, teknologi AR bisa menjadi solusi untuk membuat animasi yang lebih terintegrasi dan juga proses pembuatan yang lebih cepat. Di bidang lain seperti bidang kesehatan, proses pembelajaran dengan menggunakan AR bisa semakin interaktif karena kita bisa melihat bagaimana anatomi dan struktur organ-organ secara virtual. Semua pengembangan ini masih dilakukan untuk semakin menyempurnakan teknologi AR.

Jadi, bagaimana? Cukup menarik bukan teknologi AR ini? Yang jelas, kemajuan dan perkembangan zaman akan membuat teknologi ini semakin unggul dan juga akan dimanfaatkan di berbagai macam bidang. 

Teknologi AR menawarkan berbagai macam kemudahan terutama dalam hal membuat simulasi tertentu. Ini juga memberikan kesempatan terhadap pengembangan lebih lanjut pada teknologi yang lebih maju seperti misalnya hologram yang lebih nyata. Semoga informasi kelebihan dan kekurangan augmented reality ini bermanfaat dan jangan lupa simak info seputar teknologi menarik lainnya.

www,helmykediri,com

Related Post