Tips Aman Liburan ke Kota Blitar di Masa Pandemi

by

helmy

Blog Orang IT – Sudah lebih dari satu tahun berbagai kegiatan masyarakat Indonesia serba dibatasi akibat virus Corona. Sekolah, rumah sakit, tempat kerja, dan lain sebagainya harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini tidak lain bertujuan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19. Selain itu, semua aktivitas masyarakat disarankan untuk dilakukan di rumah. Maka dari itu tak heran jika berbagai kegiatan atau event dilaksanakan secara daring.

Tips Aman Liburan ke Kota Blitar

Meskipun pemerintah sudah memperingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan sebaiknya berada di rumah, ada saja yang tidak patuh dan tetap melakukan travelling. Tujuan mereka berlibur untuk menenangkan pikiran. Selain itu, liburan juga dipercaya mampu meningkatkan imun, terutama ketika berlibur ke tempat yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Tips Liburan Aman ke Kota Blitar

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi, terutama di Jawa Timur adalah tempat wisata Blitar. Kota Blitar memang memiliki banyak destinasi wisata yang membuat semua orang ingin mengunjunginya. Di sini  kamu bisa mengunjungi tempat wisata religi, bersejarah, hingga tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah. 

Namun sebelum berangkat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Terlebih kamu tidak bisa bebas berlibur dan mengunjungi semua tempat karena kondisi pandemi seperti saat ini. Dengan mengetahui tips yang akan kami bagikan disini

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Tips liburan ke Kota Blitar yang pertama yaitu kamu harus memastikan kondisi tubuhmu. Seperti yang kami jelaskan bahwa sekarang kita sedang menghadapi pandemi Covid-19. Kamu harus selalu berada dalam kondisi yang fit sehingga virus tidak mudah membuatmu sakit. Terlebih lagi jika kamu berada di lokasi yang cukup jauh dari destinasi wisata.

Jangan memaksakan untuk tetap berlibur ke Kota Blitar jika kondisimu kurang baik. Dikhawatirkan malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa mengganggu kenyamanan selama liburan. Lebih baik kamu menunggu sampai kondisimu benar-benar fit dan baru kamu bisa mulai merencanakan liburanmu. Liburan dalam kondisi yang kurang fit hanya akan meningkatkan risiko terkena virus Covid-19.

2. Memilih Tempat Wisata

Setelah memastikan kondisi tubuhmu fit dan siap berangkat ke Kota Blitar, tips yang kedua adalah menentukan tempat wisata. Seperti yang kami jelaskan bahwa Kota Blitar memiliki banyak tempat wisata. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata bersejarah, religi, serta tempat wisata dengan panorama yang sangat indah. Maka dari itu sekarang kamu harus memilih mana tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Mungkin kamu tidak bisa bebas mengunjungi banyak tempat karena kondisi sekarang. Jika kamu tetap ingin mengunjungi beberapa tempat, sebaiknya kamu mengunjungi tempat wisata yang jaraknya berdekatan antara yang satu dengan yang lain. Misalnya kamu ingin mengunjungi Makam Bung Karno. Pilihlah tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari sana jika memang kamu ingin mengunjungi lebih dari satu tempat wisata.

Selain itu, ketika sudah sampai di lokasi tujuan jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan. Kamu juga bisa mencari tempat wisata yang sekiranya tidak banyak pengunjung. Misalnya mengunjungi kebun teh, pantai, atau tempat-tempat lainnya. dengan begitu kamu bisa menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dengan lebih optimal.

3. Memastikan Tempat Penginapan Menerapkan Protokol Kesehatan

Selain tempat wisata, tips liburan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah kamu harus memperhatikan tempat penginapan yang akan kamu manfaatkan untuk beristirahat. Ini berlaku bagi kamu yang berencana berlibur ke Kota Blitar selama beberapa hari. Kamu harus memperhatikan seperti apa kondisi hotel atau penginapan. 

Pastikan tempat tersebut menerapkan protokol kesehatan yang baik. Jangan sampai asal memilih tempat penginapan. Terutama karena tergiur dengan harga yang murah padahal kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Caranya yaitu silahkan mengunjungi website tempat kamu ingin menginap. Selain itu kamu juga bisa menghubunginya melalui telepon untuk memastikan seperti apa kondisi tempat tersebut.

Kemudian baru kamu bisa memutuskan apakah ingin menginap di sana atau tidak. Mungkin terlihat sederhana namun hal ini bisa berpengaruh terhadap kenyamanan liburanmu. Maka dari itu, kamu harus selektif dalam memilih tempat untuk menginap.

4. Membawa Peralatan Pribadi

Tips yang tidak kalah penting dari kami yaitu menyarankan kamu membawa peralatan pribadi. Adapun peralatan pribadi yang harus kamu bawa antara lain sabun, handuk, sikat gigi, tempat dan alat makan, tempat minum, dan lain sebagainya. Cara ini juga mampu mencegah penyebaran virus yang mungkin saja menempel pada barang-barang yang sebelumnya telah dipakai orang lain.

Jika kamu berlibur bersama orang lain, misalnya keluargamu. Maka kamu harus memastikan bahwa semuanya membawa peralatan sendiri. Dengan begitu liburanmu selama di Kota Blitar akan aman dan terhindar dari virus Corona yang mana kamu bisa tertular kapan saja dan di mana saja.

5. Sedia Maskter dan Hand Sanitizer

Tips liburan ke Kota Blitar yang juga tidak kalah penting adalah kamu harus sedia masker dan juga hand sanitizer. Di mana pun kamu berada, pastikan bahwa kamu tetap mengenakan masker. Apalagi jika kamu berada di tempat wisata yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak. Meskipun kamu serta orang-orang sekitar terlihat sehat, jangan lupa untuk tetap mengenakan masker dan membawa masker cadangan.

Penting juga agar kamu membawa hand sanitizer. Hal ini karena kamu tidak bisa mencuci tangan di sembarang tempat. Terlebih lagi jika tempat yang kamu kunjungi tidak menyediakan tempat cuci tangan. Ini akan menyulitkan dirimu sehingga hand sanitizer merupakan solusinya. Maka dari itu jangan sampai lupa membawa hand sanitizer agar kamu tidak mengalami kesulitan ketika harus mencari tempat cuci tangan atau setelah berinteraksi dengan orang lain.

Demikian informasi mengenai beberapa tips penting jika kamu ingin liburan ke Kota Blitar. Memang liburan di masa pandemi harus lebih berhati-hati. Tujuannya agar kamu dan orang yang berlibur bersamamu tidak sampai tertular virus. Maka dari itu ada banyak hal yang harus kamu persiapkan. Akan lebih baik jika setelah pulang liburan kamu melakukan tes swab/PCR untuk mengetahui kondisi terbarumu. Semoga bermanfaat.

www,helmykediricom

Related Post