Tips Aman Berlibur ke Blitar Bagi Solo Travelling

by

helmy

Blog Orang IT – Kita semua tahu bahwa dalam kondisi pandemi seperti sekarang berbagai aktivitas masyarakat akan dibatasi. Kamu mungkin yang biasanya hobi jalan-jalan sekarang harus bersabar karena memang pemerintah menyarankan agar semua aktivitas diusahakan dilakukan dari rumah. Maka saat ini aktivitas sekolah maupun kerja pun harus dilakukan dari rumah atau istilah keren yang kita kenal adalah Work From Home (WFH).

Akan tetapi, ada juga beberapa orang yang tetap ingin berlibur karena mungkin mereka sudah terlalu lama di rumah sehingga bosan. Beberapa orang juga berpendapat bahwa berlibur juga mampu meningkatkan imun. Hal ini karena liburan mampu menenangkan pikiran dan membuat kita merasa puas dan bahagia jika berhasil mengunjungi tempat yang kita impikan.

Untuk itu, jika kamu saat ini memiliki rencana untuk berlibur ke Kota Blitar maka kami akan memberi beberapa tips penting. Di Blitar memang terdapat banyak tempat wisata menarik yang tidak pernah sepi dari para wisatawan. Mereka yang mengunjunginya bukan hanya dari Blitar baik kota maupun kabupaten. Banyak wisatawan dari luar Blitar yang jauh-jauh datang untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata di Blitar.

Tips Solo Travelling ke Blitar

Tips Solo Travelling ke Blitar

Solo travelling merupakan istilah di mana kamu liburan sendiri. Maksudnya kamu liburan tanpa ditemani siapa pun. Jadi berangkat dan pulang pun sendirian. Solo travelling memiliki banyak manfaat. Misalnya kamu tidak harus menunggu orang lain untuk berangkat bersama. Solo travelling juga membuatmu tidak memiliki tanggung jawab untuk menjaga orang lain sehingga kamu bebas ke mana saja dan melakukan aktivitas apa saja.

Meski begitu, karena kondisi sedang pandemi maka kamu tetap harus memperhatikan tips-tips penting yang kami berikan sebagai berikut. 

1. Mengurangi Interaksi

Tips solo travelling ke Blitar yang pertama yaitu dengan mengurangi interaksi. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebaran virus adalah melalui interaksi. Dengan kata lain, mengurangi interaksi merupakan cara yang harus kamu terapkan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Namun perlu diingat bahwa di sini kamu bukan berarti tidak berinteraksi sama sekali.

Maksudnya kamu berinteraksi seperlunya saja dan jangan berlebihan. Hindari interaksi yang memang tidak penting. Dengan begitu, kamu berpotensi tidak terkena virus baik ketika berangkat maupun ketika sudah sampai di rumah. 

2. Membawa Peralatan Kesehatan

Tips yang kedua yaitu pastikan kamu membawa peralatan kesehatan. Meskipun sekarang kondisimu sedang fit dan tidak sedang mengalami masalah apa pun, namun kami menyarankan agar kamu tetap membawa peralatan kesehatan. Terlebih lagi kamu sekarang melakukan solo travelling sehingga kamu harus memenuhi kebutuhanmu sendiri dan tidak ada yang menemanimu.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan kesehatan. Kamu juga perlu menyiapkan disinfektan. Beberapa peralatan kesehatan yang harus kamu bawa antara lain hand sanitizer, masker cadangan, tisu kering, sabun cair, dan lain-lain.  Memang peralatan kesehatan tersebut terkesan sederhana. Namun dapat memberikan manfaat yang besar untuk mencegah penularan Covid-19.

Kemudian untuk cairan disinfektan bermanfaat untuk membersihkan barang-barang yang sering dipegang. Biasanya ini berguna ketika kamu ingin menggunakan barang-barang di penginapan. Kamu juga bisa menggunakan cairan disinfektan ini untuk menyemprot layar smartphone. Sebelum berangkat, silakan mengecek semua peralatan kesehatan tersebut. Jangan sampai ada yang tertinggal

3. Membawa Wadah Sendiri

Tips solo travelling ke Kota Blitar yang nomor tiga yaitu usahakan kamu membawa wadah sendiri. Mulai sekarang kamu harus menyiapkan botol minum dan wadah makan sendiri. Usahakan membawa peralatan makan yang terbuat dari plastik agar tidak terlalu berat. Selain bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus, cara ini juga bermanfaat untuk mengurangi sampah plastik.

Beberapa peralatan yang harus kamu bawa yaitu sendok, piring, maupun garpu jika diperlukan. Kamu juga perlu membawa botol minuman dengan ukuran antara 500 sampai 600 ml. Tips yang ketiga ini juga sangat berguna ketika kamu berada di tempat penginapan. Kamu tinggal menggunakan wadahmu sendiri.

4. Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Menjaga jarak, memakai masker, dan rajin cuci tangan merupakan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga protokol kesehatan. Ingat, kamu harus menerapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada. Apalagi jika kamu memiliki rencana untuk mengunjungi tempat wisata yang memiliki jumlah pengunjung lebih banyak dari tempat lainnya. Ini bukan hanya kamu terapkan ketika di perjalanan. Ketika berada di penginapan maupun tempat makan pun kamu juga harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk memilih tempat penginapan yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Jika kamu sudah melakukannya, maka kamu bisa liburan ke Kota Blitar dengan nyaman. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di sana dengan aman dan tidak terlalu merasa khawatir karena kamu sudah menerapkan protokol kesehatan serta lingkungan tempat penginapan sudah bersih.

5. Pilih Tempat Wisata yang Jaraknya Berdekatan

Tips selanjutnya yaitu usahakan tempat wisata di Blitar yang kamu kunjungi memiliki jarak yang berdekatan. Misalnya saja kamu ingin mengunjungi Istana Gebang. Jika ingin mengunjungi tempat wisata yang lain, kamu pertimbangkan terlebih dahulu apakah tempat wisata tersebut jaraknya berdekatan dengan lokasi yang kamu kunjungi atau tidak.

Tujuannya agar kamu tidak harus menempuh jarak yang terlalu jauh. Selain itu, tips ini juga bertujuan untuk membuatmu terhindar dari keramaian selama di perjalanan. Untungnya, di Kota Blitar terdapat beberapa tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh. Bisa dikatakan ini merupakan keuntungan tersendiri karena kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

6. Membawa Dokumen Swab atau Rapid

Tips solo travelling yang terakhir dari kami adalah kamu harus membawa dokumen hasil rapid atau swab. Dokumen ini menjadi salah satu syarat penting yang akan kamu butuhkan ketika naik transportasi umum seperti kereta api. Mungkin saja meskipun kamu naik sepeda motor ke Blitar tetap akan dimintai surat ini. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga jangan sampai lupa membawa dokumen tersebut. 

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan. Semoga setelah memahami tips aman solo traveling selama pandemi Covid-19 ini dapat membantumu menyiapkan segala keperluan yang ada. Akhirnya kamu bisa berlibur ke Kota Blitar dengan nyaman tanpa ada kendala.

www,helmykediricom

Related Post