Serunya Liburan ke Kampung Coklat di Kademangan Blitar

by

helmy

Blog Orang IT – Coklat adalah salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama anak muda. Konon coklat mengandung zat yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Jadi mereka yang mengonsumsi coklat akan merasa lebih tenang . Di Jawa Timur ternyata memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya adalah tempat wisata edukasi yaitu Kampung Coklat yang ada di Kabupaten Blitar. Di sini merupakan lokasi pembudidayaan buah coklat oleh masyarakat sekitar. Kamu akan melihat banyak pohon coklat yang sudah berbuah dan siap panen. Bahkan kamu bisa melihat sendiri seperti apa proses memanen buah coklat tersebut.

Selain itu, para wisatawan juga berkesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan coklat hingga siap untuk disajikan. Pengalaman inilah yang akan memberi edukasi serta menjadi salah satu liburan paling berkesan di Jawa Timur, khususnya di Blitar. 

Destinasi Kampung Coklat 

Kampung Coklat merupakan destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh semua kalangan. Kamu bisa mengunjunginya bersama teman, keluarga, saudara, dan lain-lain. Sebuah tempat wisata yang akan memberikanmu informasi tentang seperti apa proses memanen buah coklat lengkap dengan bagaimana cara mengolahnya. 

Di Kampung Coklat juga terdapat beberapa kafe atau kios yang menjual beragam olahan coklat baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Jadi, mengunjungi Kampung Coklat memang memberikan banyak manfaat. Kamu bisa menyaksikan seperti apa kondisi awal dari buah coklat sebelum benar-benar menjadi makanan dan minuman yang lezat. 

Maka dari itu, jangan sampai kamu melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata Kampung Coklat. Kamu akan mendapat beragam informasi penting. Setelah itu, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh olahan coklat yang tersedia. Kamu tinggal membeli mana olahan coklat yang menurutmu paling bagus untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi Menuju Kampung Coklat

Bagi yang belum tahu, Kampung Coklat berada di Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar. Tempat wisata yang satu ini memiliki luas kebun mencapai 750 meter persegi. Suasana yang akan kamu rasakan ketika sampai di sini pun juga sangat khas. Pihak pengelola Kampung Coklat sudah menyediakan tempat duduk bagi para pengunjung. Tempat duduk tersebut ada di bawah pohon coklat.

Kampung Coklat di Kademangan

Selain mendapatkan edukasi tentang proses pengelolaan coklat, kamu juga bisa memanfaatkan spot foto yang tersedia. Sudah banyak para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Kampung Coklat. Setiap hari tempat ini memang tidak pernah sepi dari wisatawan. Terutama mereka yang menyukai coklat.

Untuk sampai ke Kampung Coklat, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan melalui Google Maps. Kamu juga bisa mendapatkan rute terbaik melalui aplikasi tersebut. Namun kami menyarankan agar kamu sampai ke sini jam 9 pagi karena tempat wisata tersebut memang dibuka pada jam-jam tersebut.

Harga Tiket Masuk

Berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk masuk ke Kampung Coklat? Biayanya sangat terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan uang hanya Rp 5.000. Ketika sudah berada di gerbang depan, kamu akan melihat bangunan mewah yang bentuknya seperti resto elit. Namun ketika kamu sudah memasuki gerbang, kamu akan langsung melihat pepohonan yang berbaris rapi serta tempat duduk yang ada di bawahnya.

Pemandangan ini seolah-olah pepohonan tersebut sedang menyambut kedatanganmu. Sebuah pemandangan yang unik dan membawa suasana yang menyenangkan. Lokasi tempat wisata Kampung Coklat memang seolah-olah seperti kebun indoor. Ketika sudah dibuka, kamu akan diminta untuk membayar biaya tiket masuk.

Kampung Coklat di Kademangan Blitar

Di gerbang depan pun kamu juga sudah bisa merasakan bau khas coklat yang menggoda. Dijamin kamu tidak sabar ingin langsung masuk dan melihat seperti apa Kampung Coklat. Jangan lupa untuk berfoto karena ada banyak spot foto yang tersedia. 

Oleh-oleh dari Kampung Coklat

Tentunya liburan tanpa membawa oleh-oleh akan terasa kurang berkesan. Untuk itu kami menyarankan agar kamu membawa oleh-oleh ketika berlibur ke Kampung Coklat. Tidak perlu khawatir karena ada banyak oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Semuanya merupakan produk asli dari Kampung Coklat. 

Bagaimana dengan harganya? Harganya aman dan bersahabat di kantong. Untuk harga coklat sekitar Rp 9.000. Selain itu, ada banyak aneka jajanan yang tersedia di kedai coklat dan kamu bisa langsung membelinya. Untuk harganya bervariasi, antara Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000. ada juga olahan siap saji yang bisa kamu santap langsung yaitu minuman coklat panas, es krim, mie coklat, nasi coklat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Liburan ke kampung afrika

Kamu bisa membeli mana saja oleh-oleh yang ingin kamu bawa pulang. Pasti orang yang mendapat cinderamata tersebut akan senang. Bukan itu saja, ternyata masih banyak produk olahan coklat yang juga bisa kamu bawa pulang. Beberapa di antaranya yaitu kue, keripik coklat, dan berbagai bahan lainnya yang menggunakan bahan coklat seperti berikut:

• Coklat apel

• Coklat krispi

• Coklat original

• Coklat jeruk

• Coklat hitam 60%

• Coklat hitam 100%

Kamu tinggal memilih mana yang akan kamu berikan kepada saudara atau keluargamu. Namun pastinya kamu akan bingung karena ada banyak pilihan dan semuanya menawarkan cita rasa yang lezat. 

Demikian informasi terkait tempat wisata di Kampung Coklat. Kamu harus mengunjungi tempat ini ketika kamu berada di Blitar. Kampung Coklat bukan hanya menawarkan keindahan pohon-pohon coklat yang mengeluarkan aroma has. Tempat ini akan menjadi lokasi terbaik untuk menambah wawasan seputar pembibitan sampai proses memanen pohon coklat.

Namun perlu kamu tahu bahwa pembibitan di tempat wisata Kampung Coklat tidak dapat dilakukan setiap saat. Kemungkinan ketika kamu datang ke sini, para petani tidak sedang melakukan pembibitan. Meskipun begitu, kamu masih bisa melakukan aktivitas lain yang tidak kalah menyenangkan. Kamu bisa mengikuti kelas memasak atau cooking class.

Di kelas tersebut kamu akan belajar bagaimana memasak dengan bahan utama coklat. Kamu akan dipandu oleh seorang ahli. Kamu akan mengetahui bagaimana cara memasak coklat dengan benar dan seperti apa makanan olahan coklat yang bisa kamu buat.

Jadi, jangan menunda waktu lagi. Kamu harus mempersiapkan liburanmu menuju ke Kampung Coklat. Pastinya liburan ini akan menjadi salah satu libura

www..helmykediricom

Related Post