Serunya Liburan ke Air Terjun Coban Wilis

by

helmy

Blog Orang IT – Di Blitar, kamu bukan hanya bisa menemukan tempat wisata sejarah atau religi. Kamu juga bisa menemukan tempat wisata yang menyajikan pesona alam yang membuat siapa saja akan langsung terpesona. Blitar memang terkenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal adalah Kampung Coklat.

Sebenarnya ada juga tempat wisata lainnya yang juga cukup populer. Salah satunya yaitu Air Terjun Coban Wilis atau ada juga yang menyebutnya Grojokan Coban Wilis. Air terjun ini memang menawarkan pemandangan alam yang menawan, membuat siapa saja langsung takjub dan ingin menghabiskan waktu seharian di sini.

Air Terjun Coban Wilis berada di Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Lokasinya berada di hulu Kali Semut yang berada di kawasan Gunung Kelud. Jika kamu memiliki rencana datang ke sini, kamu bukan hanya menemukan 1 air terjun. Ternyata di sini ada 3 rangkaian air terjun yang membuatnya semakin menarik wisatawan. 

Tidak mengherankan jika Grojokan Coban Wilis selalu ramai. Mereka yang berlibur ke sini bukan hanya dari Blitar. Banyak wisatawan dari luar Blitar yang rela datang jauh-jauh karena tertarik dengan keindahannya. Bahkan mungkin kamu bisa menemukan lebih banyak pengunjung yang berasal dari luar Blitar dibandingkan masyarakat Blitar itu sendiri.

Keindahan Air Terjun Coban Wilis

Keindahan seperti apa yang dimiliki Air Terjun Coban Wilis sehingga mampu membuat banyak orang tertarik mengunjunginya? Memang air terjunnya tidak terlalu tinggi. Namun yang membuatnya unik adalah Grojokan Coban Wilis memiliki bentuk bertingkat. Untuk air terjun yang kedua memiliki ukuran paling kecil di antara ketiga air terjun.

Air Terjun Coban Wilis

Meskipun begitu, keindahannya tidak berkurang dan malah inilah yang menjadi keunikan tersendiri dibandingkan air terjun yang ada di tempat lain. Berdasarkan penjelasan dari masyarakat sekitar bahwa Air Terjun Coban Wilis ditemukan oleh seseorang bernama Pak Kastoro. Beliau merupakan warga dari Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

Ketika berlibur ke Grojokan Coban Wilis kamu bisa melihat keindahan dinding bebatuan yang mengalir air terjun. Pemandangan ini akan nampak semakin indah ketika di bawah sinar matahari karena terlihat seperti berkilauan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan lapisan hijau yaitu lumut maupun tumbuhan sehingga membuat dinding bebatuan memberikan pesona yang semakin indah. Pepohonan di sekitar yang rindang menghadirkan suasana yang sejuk nan segar. Suasana yang sangat jauh dibandingkan yang kamu rasakan di kota-kota besar.

Maka dari itu, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi untuk menenangkan pikiran. Para wisatawan memang bisa mendapatkan ketenangan serta udara sebersih seperti yang mereka dapatkan di Air Terjun Coban Wilis. Tempat ini selalu menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang memang suka mengunjungi tempat wisata bernuansa alam.

Selain itu, biasanya kamu juga dapat menemukan anak pramuka yang melakukan kegiatan di sini seperti berkemah. Pemilihan tempat ini untuk kegiatan alam memang sangat tepat dan pastinya membawa kenangan tersendiri bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke Grojokan Coban Wilis.

Akses Jalan Menuju Air Terjun Coban Wilis

Memang untuk bisa sampai ke ketiga air terjun tersebut tidak mudah. Kamu harus melewati jalan setapak yang berkelok-kelok. Perjalanan yang harus kamu tempuh pun kurang lebih 6 sampai dengan 7 KM. Waktu yang kamu perlukan kurang lebih 2 jam.

Maka dari itu, ketika kamu memiliki keinginan untuk berlibur ke Grojokan Coban Wilis maka pastikan kamu benar-benar dalam kondisi fit. Jangan sampai memaksakan kondisi fisikmu untuk berlibur ke sini karena perjalanan yang harus kamu tempuh tidaklah sebentar. Kamu harus melewati bukit yang pastinya perjalanan ini akan melelahkan.

Saar kamu sudah sampai di bukit kelima atau yang terakhir, kamu akan melewati jalan setapak yang menurun. Sekarang kamu sudah sangat dekat dengan Grojokan Coban Wilis. Sebenarnya di bukit ketiga pun kamu sudah bisa mendengar suara air terjun. Namun suara yang kamu dengar tersebut merupakan suara dari air terjun pertama.

Meskipun begitu, kamu bisa merasakan kesegaran dan kejernihan airnya. Inilah yang membuat wisatawan semakin bersemangat untuk segera sampai ke lokasi. Namun kamu masih harus menempuh perjalanan sampai kamu benar-benar tiba di air terjun yang terakhir atau air terjun utama. 

Fasilitas di Air Terjun Coban Wilis

Bagaimana dengan fasilitas di Air Terjun Coban Wilis? Kita tahu bahwa lokasinya sulit ditempuh membuat orang bertanya tentang fasilitasnya. Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu berharap dengan fasilitas yang disediakan di sini karena memang akses jalannya yang sulit. Memang ada beberapa fasilitas yang tersedia namun itu sebenarnya dari rumah masyarakat sekitar.

Kamu bisa menemukan tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, terdapat juga kamar mandi umum untuk wisatawan sebelum dan sesudah mengunjungi Air Terjun Coban Wilis. Namun kamu tidak bisa menemukan fasilitas seperti warung. Dengan kata lain, pastikan kamu membawa makanan dan minuman sebelum datang ke sini.

Apalagi perjalanan yang harus kamu tempuh tidak sebentar. Pasti akan melelahkan karena menguras banyak tenaga. Oleh karena itu, kamu jangan sampai lupa untuk membawa bekal yang cukup. 

Baca juga: Mampir yuk ke istana gebang blitar.

Spot Foto di Air Terjun Coban Wilis

Kurang puas dan kurang lengkap jika berlibur ke Grojokan Coban Wilis tanpa berfoto. Wisatawan yang berlibur ke sini tidak pernah melewatkan momen untuk mengabadikan liburan mereka. Apalagi sekarang kamu berada di tempat wisata dengan pesona alam yang mengagumkan. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak sampai berfoto di sini.

Ada banyak spot foto yang bisa kamu pilih. Seperti yang kami jelaskan bahwa ada tiga air terjun yang semuanya bisa kamu kunjungi untuk berfoto. Berlibur ke tempat ini akan sangat menyenangkan dan kemungkinan besar menjadi salah satu liburan ke tempat wisata bernuansa alam yang paling berkesan.

Jam Buka Air Terjun Coban Wilis

Kamu bisa datang ke Air Terjun Coban Wilis di hari dan jam berapa pun. Hal ini karena Air Terjun Coban Wilis dibuka setiap hari selama 24 jam. Namun sebelum datang ke sini, kami menyarankan kamu datang ketika tidak sedang musim hujan. Ketika musim hujan, dikhawatirkan medan jalannya menjadi cilin.

www..helmykediricom

Related Post