Rekomendasi Tempat Wisata di Blitar yang Keren

by

helmy

Blog Orang IT – Nama Blitar sebenarnya adalah Balitar yang memiliki arti pulanglah tartar. Awal mulanya, Blitar dikuasai Suku Tartar yang berasal dari Mongolia. Namun Raja Majapahit pada waktu itu megusu Nilasuwarna dan pasukannya berhasil mengusir Suku Tartar. Dibalik cerita sejarahnya, ternyata tempat ini memiliki banyak tempat wisata.

Setiap hari tempat wisata di Blitar tidak pernah sepi dari para pengunjung. Mereka yang berlibur ke sini bukan hanya masyarakat Blitar dan sekitarnya, melainkan ada juga wisatawan mancanegara. Ini membuktikan bahwa tempat wisata di sini memang keren sehingga menarik minat banyak orang. 

Daftar Tempat Wisata di Blitar Terbaik dan Hits

Berikut ini merupakan daftar tempat wisata Blitar yang bisa kamu kunjungi. Adapun tempat wisata yang kami jelaskan ini sudah terkenal di mana-mana. Ada tempat wisata bersejarah, religi, sampai dengan tempat wisata yang menyajikan panorama alam yang indah.

1. Pantai Tambakrejo

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi yaitu Pantai Tambakrejo. Pantai ini termasuk salah satu destinasi wisata alam yang paling terkenal di Blitar dan tidak pernah sepi pengunjung. Ada yang bahkan rela datang jauh-jauh hanya untuk berlibur ke sini. Salah satu keindahan yang ditawarkan adalah kondisi pasirnya yang putih dan bersih. 

Pantai Tambakrejo

Selain itu, air lautnya yang jernih membuat semua orang tertarik untuk mengunjunginya. Untuk bisa sampai ke Pantai Tambakrejo, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kota Blitar. Kamu harus menuju ke arah selatan dengan menempuh jarak kurang lebih 30 KM. Pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto.

Untuk panjang pantainya sendiri mencapai 10 KM dan terbentang hingga menjadi sebuah teluk. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian untuk mandi, bermain pasir, atau hanya sekadar bersantai di bawah sinar matahari. Untuk harga tiketnya, kamu cukup mengeluarkan uang hanya Rp 2.000. Harga yang sangat murah dan semakin membuat banyak orang ingin datang ke Pantai Tambakrejo.

2. Candi Penataran

Menurut sejarah, Candi Penataran merupakan tempat di mana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang kita kenal dengan istilah Sumpah Palapa. Melalui sumpahnya itu dia berjanji akan menyatukan seluruh wilayah di Nusantara sehingga berada di bawah Kerajaan Majapahit. Lokasi candi ini berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Selain itu, candi ini berada di kaki Gunung Kelud sehingga ketika kamu berlibur ke sini maka kamu akan merasakan udara sejuk yang berasal dari gunung.

Candi Penataran

Candi Penataran merupakan kompleks percandian yang paling besar serta paling terawat yang ada di Provinsi Jawa Timur. Candi ini ditemukan pada tahun 1815 namun masih belum banyak orang yang mengenalnya. Kemudian di tahun 1850, mulai banyak orang yang mengenal Candi Penataran. Seseorang yang berjasa dalam menemukan tempat ini adalah Sir Thomas Stamford Raffles. Dia merupakan Lentan Gubernur Jendra di masa kolonial Inggris.

Candi Penataran dibagun pada tahun 1194 oleh Syrenggara atau Raja Cringa. Dia bergelar Sri Maharaja Sarweqwara Triwikramawataranindita Crengalancana Digwijayottungadewa. Raja tersebut memerintah Kerajaan Kediri mulai tahun 1190 sampai dengan 1200. Candi Penataran dibangun dengan tujuan sebagai tempat pemujaan untuk menghindari mara bahaya yang terjadi akibat meletusnya Gunung Kelud.

3. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno atau MBK memang sudah menjadi ikon dari Kota Blitar. Tempat ini berada di Desa Bendongerit dengan jarak kurang lebih 3 KM dari pusat kota. Makam Bung Karno berada di lahan yang luas di mana untuk masuk ke sini kamu tidak akan dipungut biaya apa pun. 

Makam Bung Karno

Ketika kamu sudah sampai di MBK, suasana sejarah sangat terasa. Banyak wisatawan yang berkeliling di sini sekaligus untuk mengetahui seperti apa kehidupan Bung Karno. Kami menyarankan agar kamu juga sekaligus berziarah di sini. Kamu bisa mengenal Bung Karno melalui perpustakaan yang ada. Di sana terdapat berbagai buku tulisan Bung Karno.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Banyak mereka yang mengunjungi Makam Bung Karno untuk berziarah. Di tempat ini juga menyediakan banyak spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk mengabadikan momenmu.

4. Water Park Sumber Udel

Water Park Sumber Udel

Tempat wisata di Blitar yang keempat adalah Water Park Sumber Udel. Tempat ini cocok untuk liburan bersama keluarga di akhir pekan. Wahana air ini termasuk salah satu tempat yang favorit dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk weekday serta Rp 15.000 untuk weekend. Salah satu wahana yang menjadi favorit wisatawan adalah Pemandian Sumber Udel.

Untuk lokasinya berada di Jalan Kali Brantas, Keluharan Bendo. Sementara jaraknya kurang lebih 500 M dari MBK. Di sini kamu bisa mengunjungi kolam baik untuk anak-anak maupun dewasa. Selain itu, terdapat panggung gembira, tempat sewa alat renang, dan juga taman untuk bermain. Pemandian yang ada di sini juga kerap dijadikan sebagai tempat perlombaan renang.

5. Gunung Butak

Tempat wisata di Blitar yang kelima yaitu Gunung Butak. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan serta suka mendaki. Sampai sekarang tempat ini masuk ke dalam salah satu objek wisata terbaik dan terkenal yang ada di Blitar. Terutama bagi kalangan anak muda yang memiliki fisik kuat untuk mendaki gunung.

Gunung Butak

Adapun untuk jalur pendakian favorit yaitu dari Sirah Kencong yang terdapat di Kabupaten Blitar. Sirah Kencong ini merupakan perkebunan teh yang berlokasi di Desa Ngadirenggo. Kamu akan disuguhi pemandangan kebuh teh yang hijau dan indah. Inilah yang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan sebelum mereka sampai ke Gunung Butak.

Jadi, mereka sudah bisa menikmati keindahan alam sebelum benar-benar sampai di lokasi tujuan. Kamu juga bisa mengabadikan momen liburanmu di sini. Setelah sampai di Gunung Butak, pemandangannya pun semakin indah. Pastinya akan menjadi salah satu liburan terbaik yang tidak pernah kamu lupakan.

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Blitar yang hits. Sebenarnya Blitar masih memiliki banyak tempat lainnya. Sekarang saatnya menyiapkan rencana untuk mengunjungi Blitar. Kamu bisa datang bersama teman, keluarga, saudara atau pasanganmu. Semoga bermanfaat

www,helmykediricom

Related Post