Wisata Religi ke Makam Mbah Bendo Kota Blitar

by

helmy

Blog Orang IT – Blitar merupakan salah satu kota yang terkenal memiliki banyak tempat bersejarah. Meski sebenarnya kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata religi. Setiap hari tempat-tempat tersebut tidak pernah sepi dari para pengunjung yang ingin berziarah dan berdoa. Salah satu tempat ziarah yang cukup terkenal adalah Makam Mbah Bendo  

Sekilas Tentang Mbah Bendo

Makam Mbah Bendo Kota Blitar

Mbah Bendo atau yang sebenarnya bernama Kyai Alif Ahmad Kasan merupakan guru spiritual dari Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Beliau juga merupakan guru spiritual dari salah satu pejuang PETA di Blitar yaitu Sudancho Suprijadi. Lokasi Makam Mbah Bendo sendiri berada di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Jaraknya pun tidak jauh dari lokasi Makam Bung Karno yaitu sekitar 1 KM.

Makam Mbah Bendo merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Mereka yang datang ke sini biasanya setelah atau sebelum berkunjung dari Makam Bung Karno. Hal ini karena jarak kedua makam tersebut memang tidak terlalu jauh. Ketika kamu mengunjungi Makam Mbah Bendo, kamu akan merasakan suasana religi yang cukup kental. Para wisatawan yang datang ke sini karena mereka ingin berziarah.

Selain itu ada juga yang mengunjungi Makam Mbah Bendo karena mereka ingin mengetahui seperti apa sejarah atau cerita dari guru spiritual Bung Karno tersebut. Para pengunjung Mbah Bendo bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa. Para politisi pun juga banyak yang datang ke sini baik yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

2 1 Wisata Religi ke Makam Mbah Bendo Kota Blitar

Berdasarkan keterangan dari juru kunci Makam Mbah Bendo, yaitu Hartoyo Suyo Hadikusumo atau yang lebih akrab disapa Mbah Toyo ini menjelaskan bahwa kakeknya memiliki karomah dari Allah SWT. Sebuah karomah yang bisa dinalar dengan akal sehat. Maka tidak heran jika banyak orang yang berziarah ke makam ini. Setiap hari makam Mbah Bendo memang tidak pernah sepi pengunjung.

Namun Mbah Toyo juga menjelaskan bahwa karomah dan ramainya pengunjung yang datang ke sini tidak lepas dari kehendak Allah SWT.

Pemerintah Kota Blitar Terus Membenahi serta Menambah Fasilitas di Makam Mbah Bendo

Saat ini Tri Iman Prastyono menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Melalui Kepala Bidang Kebudayaan yaitu Wahyudi, dia menjelaskan bahwa Makam Mbah Bendo memang sebelumnya belum masuk ke dalam situs yang terdaftar. Namun di tahun 2020, Pemerintah Kota Blitar kemudian memasukkan nama Makam Mbah Bendo sebagai salah satu situs yang ada di Blitar. 

Dengan kata lain, pada tahun 2020 Kota Blitar sudah memiliki empat tempat ziarah yang bisa dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Keempat tempat ziarah tersebut yaitu Makam Bung Karno, Makam Aryo Blitar, Makam Pangarenan, serta Makam Mbah Bendo. Tentu saja kabar ini membuat banyak orang memberikan respon positif mengingat nama Mbah Bendo sendiri yang merupakan sosok penting bagi Bung Karno.

Selain itu, Lurah Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul yaitu Jumono mengatakan bahwa pada tahun 2020 Makam Mbah Bendo memang masuk ke dalam salah satu tempat ziarah di Kota Blitar. Jadi, jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Kota Blitar, maka jangan lupa berkunjung ke Makam Mbah Bendo. 

Pemerintah Kota Blitar juga menambah fasilitas yang ada di Makam Mbah Bendo. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat makam tersebut semakin nyaman ketika dikunjungi. Jadi, para wisatawan yang datang ke Makam Mbah Bendo bisa berlama-lama mengunjunginya. Selain itu, ini juga bertujuan untuk menarik para wisata lainnya yang ingin berziarah ke Makam Mbah Bendo. 

Tips Berziarah ke Makam Mbah Bendo

Bagi kamu yang sekarang berencana untuk mengunjungi Makam Mbah Bendo, ada beberapa tips yang akan kami bagikan.

1. Siapkan Kondisimu

Tips pertama yang kami sarankan adalah kamu harus menyiapkan kondisimu. Jika kamu berasal dari luar kota, maka kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Tentunya itu semua memerlukan kondisi tubuh yang fit. Jangan memaksa untuk mengunjungi Makam Mbah Bendo ketika sakit karena dikhawatirkan kondisimu malah semakin menurun. Akhirnya kamu tidak bisa berziarah secara khusuk.

Maka dari itu, kami menyarankan agar kamu mempersiapkan kondisi sebaik mungkin. Bahkan meskipun kamu berada tidak jauh dari Makam Mbah Bendo tetap memprioritaskan kesehatanmu. Dengan begitu, kamu bisa berziarah dengan nyaman.

2. Mengetahui Lokasi Makam Mbah Bendo

Sebenarnya tips yang kedua ini berlaku bagi siapa pun yang ingin mengunjungi sebuah tempat. Kamu harus tahu di mana destinasi tujuan yang kamu kunjungi. Makam Mbah Bendo berada di Kecamatan Kepanjen Kidul, Kelurahan Bendo, Kota Blitar. Lokasinya sekitar 1 KM dari Makam Bung Karno. Kamu bisa mendapatkan lokasinya melalui Google Maps. Dengan begitu, kamu bisa langsung menuju ke Makam Mbah Bendo dan tidak sampai salah jalan.

3. Niat Ziarah

Makam Mbah Bendo merupakan salah satu tempat wisata religi yang terkenal. Wisatawan yang datang ke sini ingin berziarah dan berdoa. Jika kamu sudah berada di Makam Mbah Bendo, ingatlah bahwa kamu niat berziarah. Bukan sibuk untuk foto selfie  

Tidak sedikit pengunjung yang malah menyibukkan diri untuk berfoto. Oleh karena itu, ketika sudah sampai di Makam Mbah Bendo, kamu harus bergegas berziarah dan berdoa. Baru setelah itu bisa berselfie namun tidak sampai berlebihan, kecuali jika kamu hendak selfie di luar area makam.

4. Mengunjungi Makam yang Lain

Saat ini Kota Blitar memiliki 4 tempat ziarah. Salah satunya adalah Makam Mbah Bendo. Jadi, kamu bisa mengunjungi tempat ziarah yang lainnya baik sebelum atau sesudah mengunjungi Makam Mbah Bendo. Dengan begitu, wisata religimu di Kota Blitar akan terasa lebih lengkap.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai Makam Mbah Bendo. Sekarang kamu bisa mulai menyusun rencana dan melakukan persiapan untuk mengunjunginya. Kamu bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga, teman, atau sendirian. Semoga bermanfaat.

www,helmykediricom

Related Post